home -> Lainnya -> Nasihat Yang Seharusnya Diberitahukan Ke Mereka Ya...
27 April 2018 00:17

Nasihat Yang Seharusnya Diberitahukan Ke Mereka Yang Baru Lulus SMA

Oleh admin dalam Lainnya pada May 27, 2014

Ternyata ada banyak nasihat yang seandainya jika kita diberitahukan saat kita baru lulus SMA maka mungkin hidup kita akan berbeda dari sekarang ini. Oleh karena itu bagi Anda yang baru mau lulus sekolah tinggi (SMA), bacalah nasihat-nasihat berikut ini dan barulah pertimbangkan apa yang ingin Anda lakukan berikutnya.

Anda Tidak Harus Kuliah Kecuali Jika Anda Benar-Benar Yakin

Selesai SMA, Anda sebenarnya tidak harus langsung masuk kuliah

Sering sekali kita mendengar nasihat untuk selalu kuliah sesudah kita lulus SMA. Pada kenyataannya hal itu sama sekali tidak benar, banyak di antara mereka yang mengambil keputusan itu dan pada akhirnya menyesal dengan berhenti kuliah, pindah fakultas, pindah universitas, tidak berniat kuliah, dan banyak lainnya.

Jika ditanyakan ke mereka yang memasuki dunia perkuliahan mungkin ini adalah salah satu penyesalan paling umum sesudah mereka lulus SMA. Jangan ambil keputusan kuliah hanya untuk mengikuti nasihat umum di sekitar Anda, ketahuilah bahwa kuliah itu memakan waktu bertahun-tahun dan ada banyak kesempatan di luar sana yang mungkin tidak Anda ambil karena keputusan kuliah tersebut.

Cobalah jelaskan alasan mengapa Anda ingin kuliah (tentunya alasan "untuk pengetahuan" bukan alasan tepat), kecuali jika Anda benar-benar sudah menetapkan pikiran Anda mengapa Anda ingin kuliah, barulah Anda masuk kuliah. Jika tidak, maka Anda akan hanya menghabiskan waktu bertahun-tahun dan uang berjuta-juta untuk tujuan yang tidak jelas. Bayangkan kesempatan seperti apa yang dapat Anda ciptakan dengan waktu dan uang tersebut, serta pengalaman adalah hal yang paling berharga melebihi sekedar teori pengetahuan. Banyak orang yang dapat sukses di karir mereka dengan pengetahuan otodidak, dan pengetahuan tersebut telah melebihi teori kecil yang diberikan di perkuliahan.

Jangan Tentukan Masa Depan Anda Berdasarkan Teman Anda

Jangan menentukan masa depan Anda berpusatkan atas teman-teman Anda

Masa SMA adalah masa dimana kita dikelilingi dengan banyak teman dan kehidupan kita akan berpusatkan komunitas sosial tersebut. Ada banyak alasan mengapa pertemanan ideal dapat membantu kehidupan Anda, namun di antara banyaknya alasan tersebut menentukan masa depan berdasarkan teman Anda tidak termasuk di dalamnya.

Banyak sekali orang-orang di luar sana yang mengambil keputusan untuk kuliah hanya karena sebatas teman-teman mereka juga pergi ke perkuliahan tersebut. Bahkan lebih buruknya lagi, banyak juga orang-orang yang memilih penjurusan yang sama hanya agar mereka dapat tetap bersama. Sadarilah bahwa itu benar-benar keputusan yang salah, masa depan Anda adalah milik Anda sendiri dan Andalah yang harusnya mengontrol masa depan Anda. Teman Anda mungkin memilih kuliah Teknologi Informasi (IT) karena ia memang memiliki passion untuk itu, namun apakah hal itu sama untuk Anda?

Berikan Waktu Untuk Mengetahui Keinginan Anda - Namun Jangan Menyia-nyiakannya

Berikan waktu untuk diri Anda agar Anda dapat menemukan apa sebenarnya passion Anda dan siapakah Anda

Saat seseorang baru lulus SMA, tidaklah jarang ia akan menemukan dirinya tidak tahu apa sebenarnya passion atau keinginan yang ia inginkan ke depannya. Itulah alasannya mengapa kuliah bukanlah jawaban dari ketidakyakinannya. Berikanlah waktu bagi diri Anda untuk mencari tahu apa passion sebenarnya yang Anda miliki. Cobalah hal-hal berbeda setiap harinya.

Jika Anda sudah tahu apa passion Anda namun belum yakin apakah hal itu tepat untuk Anda, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan keinginan Anda ke depannya. Beberapa hal itu adalah cobalah untuk bekerja internship dan lihatlah dunia tempat dimana passion Anda berada, kerjakan project personal kreatif berskala besar, atau ikut serta dalam organisasi atau komunitas terkait.

Jagalah Hubungan Keluarga dan Pertemanan (Teman Baru atau Lama)

Jagalah relasi sekitar Anda baik dalam hal keluarga maupun pertemanan

Dengan memasuki komunitas yang baru baik dalam bekerja ataupun kuliah, maka kita akan menemukan diri kita menemukan teman-teman baru. Jika kita memang merasa lebih nyaman akan teman-teman yang baru ini maka tidak ada salahnya kita memilih komunitas tersebut dibandingkan komunitas kita saat di SMA. Hal ini karena kebanyakan orang akan mempertahankan pertemanan mereka di SMA, walaupun sebenarnya mungkin mereka merasa tidak nyaman menjadi bagian dair komunitas pertemanan tersebut.

Namun jika Anda merasa nyaman akan kedua komunitas ini, Anda tidak perlu memilih satu dibandingkan yang lainnya. Sadarilah bahwa pertemanan itu sangat berharga karena seiring Anda bertambah dewasa, mencari teman baru itu sangatlah sulit dan komunitas pertemanan Anda mungkin sama sekali tidak akan berbeda dibandingkan sebelumnya.

Akhirnya, Apapun Yang Anda Pilih, Jangan Pilih Uang - Kejar Passion

Pada akhirnya, ingatlah untuk selalu mengejar passion Anda, jangan uang

Uang dan materi adalah salah satu kebutuhan utama semua manusia, namun itu tidak berarti semua keputusan kehidupan yang Anda ambil harus berpusatkan atas untung atau rugi finansial. Jika Anda sudah tahu akan passion yang Anda inginkan maka kejarlah, pada akhirnya kelebihan finansialah yang akan mengikuti passion Anda. Lihatlah orang-orang sukses di sekitar Anda yang mengejar passion mereka, bandingkan dengan mereka yang tidak mengejar passion mereka, mereka yang mengejar passion mereka akan lebih bahagia dalam hidupnya dan tidak merasa bahwa pekerjaan mereka keras.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas