home -> Lainnya -> Mengalahkan Bau Mulut Tidak Sedap Sekali Dan Untuk...
23 Oktober 2018 09:41

Mengalahkan Bau Mulut Tidak Sedap Sekali Dan Untuk Selamanya

Oleh admin dalam Lainnya pada May 23, 2014

Sangatlah memalukan saat seseorang mengatakan bahwa nafas Anda bau atau menghindari kita karena bau mulut yang tidak sedap. Tidak ada yang dapat Anda perbuat saat itu kecuali mencari permen penyegar napas, namun jika Anda lebih mengantisipasi halitosis atau lebih dikenal bau mulut tidak sedap ini maka situasi itu dapat dihindari. Berikut tips untuk mengantisipasi nafas bau sekali dan untuk selamanya.

Penyebab Bau Nafas Tidak Sedap

Penyebab paling umum dari nafas yang bau adalah karena mulut kering dan berkumpulnya bakteri di mulut

Salah satu penyebab paling umum dari halitosis atau dikenal lebih umum sebagai nafas yang bau adalah mulut yang kering, itu jugalah sebabnya mengapa nafas  bau ini lebih dikenal sebagai bau mulut tidak sedap. Mulut yang kering sebagai akibat dari kurangnya minum air, tidur, atau perjalanan yang panjang, akan menyebabkan tubuh Anda kurang menghasilkan air liur yang mengarah ke mulut kering.

Mulut kering itu pada akhirnya akan menyebabkan sel-sel mati di mulut Anda, dan bakteri akan berkumpul menyebabkan bau tidak sedap yang kita kenal sebagai nafas bau.Tidak hanya dapat terjadi di lidah Anda saja, bakteri tersebut juga dapat berkumpul di bagian mulut lainnya seperti makanan yang nyangkut di gigi. 

Penyebab lainnya adalah makanan yang Anda makan. Secara umum kita sudah tahu bahwa makanan yang mengandung banyak bawang dapat menybabkan bau tidak sedap atau juga mungkin karena rokok. Di sisi lain, masih banyak sekali penyebab mengapa nafas Anda bisa menghasilkan bau tidak sedap yang juga dapat mengarah ke kondisi medis seperti infeksi paru-paru, diabetes, dan banyak lainnya. Untuk masalah bau mulut yang umum, tips di artikel ini seharusnya sudah dapat membantu Anda.

Mengecek Apakah Nafas Anda Bau

Salah satu cara paling mudah dalam mengecek bau nafas yang tidak sedap adalah dengan menjilat bagian belakang telapak tangan Anda

Sebelum Anda mulai mengalahkan bau nafas tidak sedap, Anda tentu harus menyadarinya terlebih dahulu. Lalu bagaimana caranya? Karena penyebab paling umum dari nafas tidak sedap adalah lidah maka itulah penanda yang dapat kita gunakan. 

Kita sering sekali melihat orang-orang mengetes bau nafas mereka dnegan meniupkan nafas mereka ke tangan mereka dan kemudian menciumnya, namun sebenarnya cara seperti itu tidaklah efektif. Cara paling mudah adalah dengan menjilat sisi belakang dari telapak tangan Anda, membiarkannya mengering, dan kemudian menciumnya apakah bau atau tidak.

Selain cara ini masih ada banyak sekali cara untuk mengetes apakah Anda memiliki bau mulut yang tidak sedap, beberapa caranya adalah dengan melihat sekilas yakni jika bewarna keputihan dan kering maka itu tidaklah baik, sedangan jika bewarna pink dan bersinar basah maka itu baik. Cara lainnya adalah dengan menggunakan ujung sendok dan menempelkannya ke bagian belakang lidah, membiarkannya mengering, dan menciumnya.

Cara Paling Efektif Dalam Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Judul dari artikel ini sendiri adalah mengatasi bau mulut tidak sedap sekali dan untuk selamanya, namun sayangnya pada kenyataannya tidak ada solusi yang benar-benar hanya dapat dilakukan sekali dan berlaku selamanya. Namun jika dilakukan sebagai bagian dari pola hidup kebiasaan kita, maka tentu akan mengurangi seberapa bau nafas kita dan seberapa cepat nafas kita akan menjadi bau. Berikut beberapa tipsnya.

Minum Air Secara Teratur

Minum air teratur adalah salah satu cara paling umum dan efektif untuk mencegah bau mulut

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mulut yang kering akan menyebabkan bakteri berkumpul dan salah satu cara paling jelas untuk melawan kekeringan itu tentu adalah minum air. Jika mulut Anda dapat menghasilkan air liur dengan baik, maka kemungkinan bau mulut tidak sedap atau nafas bau akan dapat dihindari.

Menggunakan Pembersih Lidah (Tongue Scraper)

Gunakan pembersih lidah untuk mencegah nafas tidak sedap

Cara paling efektif untuk melawan bau mulut tidak sedap adalah membersihkan bagian belakang lidah dengan teratur. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakn tongue scraper yang diarahkan untuk kebersihan bagian tengah dan bagian belakang lidah. Tongue scraper atau pembersih lidah ini dapat mengurangi konsentrasi uapan belerang di lidah kita dan mengurangi bau tersebut.

Gunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur adalah salah satu cara mencegah bau mulut tidak sedap

Berkumur dengan obat kumur akan dapat membersihkan bakteri-bakteri atau sisa makanan dalam mulut yang mungkin tidak terbersihkan dengan sikat gigi. Sayangnya, hal ini tidaklah seefektif membersihkan lidah Anda dengan pembersih lidah serta jika Anda menggunakan cara ini, kumur-kumurlah setidaknya selama 30 detik dan Anda tidak boleh merokok atau makan 30 menit sesudahnya. Ditambah lagi hindarilah obat kumur beralkohol karena justru obat kumur beralkohol dapat menyebabkan bau mulut.

Menggunakan Benang Gigi

Gunakan benang gigi untuk mencegah nafas bau tidak sedap

Makanan yang nyangkut di sekitar gigi akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan mejadi sumber dari bau yang tidak sedap itu. Dengan menggunakan benang gigi maka penyebab itu dapat dihindari sehingga kemungkinan masalah utama hanyalah lidah Anda.

Hindari Makanan Penyebab Bau Tidak Sedap

Hindari makanan yang memang adalah sumber bau tidak sedap sepertibawang putih atau carilah makanan penangkal bau tidak sedap itu

Di antara banyaknya makanan sekitar kita pasti ada makanan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap, tapi ternyata juga ada makanan yang dapat melawan bau tidak sedap itu. Seperti teh hijau, cinnamon, buah-buahan, lemon, dan banyak lainnya. Jika Anda tahu penyebab bau mulut Anda adalah karena makanan maka hindarilah makanan tersebut atau lawanlah dengan makanan yang dapat menetralisir baunya. Sebagai contoh, susu dapat melawan bau bawang, buah-buahan dapat melawan bau anggur, atau jika mulut Anda memang sudah bau maka cobalah makan apel atau minum air teratur untuk mengurangi bau tersebut.

--

Berdasarkan penjelasan melawan bau mulut tidak sedap atau nafas bau ini maka semoga saja Anda dapat mengalahkannya sekali dan untuk selamanya. Selamat mencoba.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas