home -> Lainnya -> Melihat Lebih Jelas Tanpa Kacamata Hanya Dengan Ta...
18 Agustus 2019 11:41

Melihat Lebih Jelas Tanpa Kacamata Hanya Dengan Tangan Anda

Oleh admin dalam Lainnya pada May 07, 2014

Jika Anda mengenakan kacamata, mungkin Anda sudah pernah mencoba berbagai macam trik untuk membantu penglihatan Anda selagi Anda tidak menemukan kacamata atau lensa kontak Anda. Dimulai dari menyipitkan mata, hingga mendekatkan kertas ke mata Anda. Namun ternyata ada cara sederhana untuk membantu penglihatan Anda hanya dengan tangan Anda. Berikut caranya.

Video Penjelasan Oleh Minute Physics

Berikut adalah video sekilas mengenai menggunakan tangan atau tepatnya genggaman tangan untuk membantu penglihatan Anda. Jika Anda terlalu malas untuk menonton video berikut ini, penjelasan lebih lanjut dan ringkasan dari video ini dapat dilihat di bawahnya.

Tidaklah jarang kita menemukan sulitnya untuk mengenakan kacamata atau lensa kontak secara terus menerus saat kita sedag ingin melihat sesuatu. Ternyata ilmu fisika sederhana dapat membantu kita memiliki penglihatan yang lebih baik hanya dengan bantuan tangan kita.

Trik sebenarnya didapatkan dari video YouTube di atas melalui channel Minute Physics, dan secara mengejutkan ternyata terbukti benar-benar membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan kacamata atau lensa kontak dalam penglihatan mereka.

Menggunakan Tangan Untuk Membantu Penglihatan

Melihat lebih jelas hanya dengan menggunakan tangan

Caranya sangatlah sederhana, Anda hanya perlu membuat sebuah lubang kecil dengan jari Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan melekukkan jari telunjuk Anda dan melihat melalui lubang tersebut. Apapun yang Anda lihat, baik teks, objek, atau hal serupa seharusnya dapat relatif terlihat lebih jelas.

Walaupun mungkin tidak akan membantu sebaik bantuan optik namun daripada menghabiskan waktu mencari-cari kacamata atau mengenakan lensa kontak, cara ini dapat dikatakan cukup efisien.

Penjelasan Di Balik Trik Ini

Alasan mengapa kita bisa melihat lebih jelas hanya dengan melalui lubang kecil

Sebenarnya, hal ini bukanlah sesuatu yang sangat mengejutkan karena jika dipikirkan kembali ini hanyalah fisika sederhana. Saat mata kita melihat sebuah objek, sebenarnya mata kita menangkap cahaya yang dipantulkan ke objek tersebut. Selagi mata kita menangkap cahaya tersebut, retina kita akan menyesuaikan diri untuk membuat cahaya itu terfokus ke satu titik di belakang mata kita, itulah saat sebuah objek terlihat tidak jelas atau kabur. Sesudah cahaya itu sudah terfokus barulah kita dapat melihat dengan jelas objek terkait.

Lalu apa hubungannya dengan lubang kecil saat kita melihat sesuatu? Sebuah lubang yang kecil dapat membantu kita mefokuskan cahaya dari jarak apapun, itu dikarenakan pembukannya yang memang kecil dan cahaya akan masuk lewat lubang kecil tersebut. Hal itu akan menyebabkan semua langsung terfokus.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas