home -> Lifestyle -> Posisi Tidur Manakah Yang Paling Baik Untuk Keseha...
17 Desember 2017 07:23

Posisi Tidur Manakah Yang Paling Baik Untuk Kesehatan?

Oleh admin dalam Lifestyle pada April 05, 2014

Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda dan tidaklah jarang pertanyaan posisi tidur seperti apa yang paling tepat dan terbaik untuk kesehatan muncul di dalam benak beberapa orang. Posisi tidur yang salah akan berakibatkan sakit leher, kepala, masalah perut, dan kerutan prematur. Inilah posisi tidur paling tepat dan paling baik untuk kesehatan Anda.

Terbaik: Telentang

Tidur dengan telentang itu ternyata adalah posisi paling baik untuk kesehatan

Tidur telentang akan membantu kepala, leher, dan tulang belakang Anda untuk berada dalam posisi yang alami. Anda tidak memaksa tulang belakang atau punggung Anda untuk melengkung. Ditambah lagi dengan adanya bantuan bantal yang baik, maka kepala kita akan berada pada posisi yang lebih tinggi dibandingkan perut kita sehingga makanan ataupun racun hasil metabolisme tidak akan kembali ke atas.

Pada saat seseorang menempelkan mukanya ke bantal selagi ia tidur, sebenarnya hal itu akan mempecepat proses kerutan di muka. Dengan tidur telentang maka seseorang mencegah terjadinya kerutan prematur dan bagi wanita, payudara Anda akan tertopang secara alami mencegahnya cepat "kendor". Melalui berbagai keuntungan ini maka dapat dikatakan posisi tidur yang paling baik dan tepat untuk kesehatan Anda adalah tidur telentang, namun berhati-hatilah dengan dengkuran (ngorok) yang keras.

Baik Untuk: Mencegah sakit leher dan sakit punggung, mencegah naiknya asam lambung, mencegah kerutan prematur, memelihara payudara agar tetap kencang

Buruk Untuk: Tidur telentang akan sering membuat seseorang mendengkur lebih keras

Terbaik Berikutnya: Tidur Menyamping

Tidur menyamping adalah posisi tepat kedua setelah tidur telentang saat tidur

Secara keseluruhan, tidur menyamping sebenarnya baik untuk kesehatan. Ia membantu mengurangi dengkuran, membuat tulang belakang Anda bertumbuh lebih panjang, mencegah naiknya asam lambung, dan sangat baik untuk wanita yang sedang hamil karena membantu memperlancar aliran darah.

Sayangnya, dampak negatif dari tidur menyamping sangat buruk untuk kecantikan khususnya wanita. Apabila seseorang tidur menyamping, sebagian mukanya pasti akan menempel ke bantal ataupun ranjang dan hal itu akan mempercepat munculnya kerutan prematur. Efek negatif lainnya berdampak bagi wanita, payudara akan lebih cepat kendur karena salah satu payudara Anda akan menggantung ke bawah.

Baik Untuk: Mencegah sakit leher dan punggung, mencegah naiknya asam lambung, mencegah dengkuran, membantu tidur berkualitas saat kehamilan

Buruk Untuk: Kulit dan payudara

Tidak Ideal: Melengkung atau Menggulung (Foetus Position)

Tidur seperti janin adalah salah satu posisi tidur yang paling tidak ideal

Posisi tidur ini menyerupai tidur menyamping, hanya saja posisi ini menyerupai janin dalam kandungan dengan lutut menekuk dan kepala mendekati dada. Anda yang sudah pernah tidur dengan posisi ini pasti akan dapat langsung merasakan salah satu efek negatifnya yaitu pegal-pegal atau sakit punggung. 

Kekurangan lain dari posisi ini adalah menghalangi pernapasan diafragma, mempercepat terjadinya kerutan prematur, mempercepat kendurnya payudara bagi wanita. Jika ini memang adalah posisi tidur Anda yang paling nyaman dan tepat untuk Anda, maka cobalah untuk membuat posisi tubuh Anda sedikit lebih lurus, jangan terlalu melengkung atau menggulung.

Baik Untuk: Mengurangi dengkuran, membantu tidur berkualitas saat hamil

Buruk Untuk: Punggung dan leher, kerutan prematur, dan payudara

Yang Terburuk: Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap adalah posisi tidur paling buruk yang dapat dilakukan seseorang

Tidur degan perut Anda alias tidur tengkurap adalah posisi tidur yang paling tidak tepat dan buruk untuk Anda. Posisi ini akan membuat berbagai persendian dan perut Anda merasa tertekan yang mengarah ke iritasi saraf, rasa sakit, dan kesemutan. 

Tidak hanya saat Anda tidur, jika Anda memaksa leher Anda untuk melihat ke satu arah hanya dalam waktu 15 menit saja tentu Anda sudah akan merasakan rasa pegal dan sakitnya, apalagi jika sepanjang malam. Namun untungnya, posisi tidur seperti ini menawarkan satu kelebihan, yaitu mengurangi dengkuran. Jika Anda ingin tidur dengan posisi ini, pastikan Anda tidak memiliki sakit leher atau punggung dan gunakan bantal yang tipis atau tidak sama sekali.

Baik Untuk: Mengurangi dengkuran

Buruk Untuk: Leher dan punggung, kerutan prematur, dan payudara

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas