home -> Lifestyle -> 10 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh Anda
17 Desember 2017 07:17

10 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh Anda

Oleh raza dalam Lifestyle pada March 05, 2014

Kebanyakan orang menganggap mandi air dingin sangatlah tidak menyenangkan, apalagi jika bisa memilih mandi air dingin atau mandi air panas dengan sesuka hati. Namun tahukah Anda bahwa ternyata mandi air dingin itu sebenarnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda? Berikut 10 keuntungan bagi tubuh jika Anda mandi dengan air dingin.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi air dingin dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda

Ternyata mandi air dingin dapat mencegah anda dari penyakit flu dan infeksi. Hal ini diketahui dari riset dan ekperimen efek air dingin pada tubuh para atlet muda. Mereka diminta mandi dengan menggunakan air dingin yaitu 14 Celcius derajat setiap 3 - 6 kali dalam 1 minggu.

Riset itu menemukan bahwa peredaran sel darah putih dalam tubuh mereka meningkat hingga 2 kali lipat dan hal itu membuat tubuh para atlit muda ini meningkat dalam hal metabolisme. Tubuh mereka aka berusaha untuk menghangatkan badan sehingga daya tahan tubuh dan respon sel darah putih meningkat.

2. Meningkatkan Mood

Dengan mandi air dingin maka mood Anda akan lebih baik

Mendapatkan mood yang baik di pagi hari bukanlah hal yang mudah, tapi tidak begitu halnya jika Anda mandi dengan air dingin. Ini karena mandi air dingin dapat meningkatkan keseimbangan otak dyang mengarah ke relaksasi dalam tubuh Anda. Air dingin dapat menstimulasi peredaran darah di otak yang dapat mengurangi jeleknya mood atau perasaan serta mencegah depresi. 

3. Mendetoksifikasi Tubuh Anda

Mandi air dingin dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dan membuat tubuh Anda lebih sehat

Alasan lain mengapa Anda merasa terkejut dan menggigil saat mandi air dingin adalah karena tubuh Anda juga sedang berusaha menghilangkan racun-racun dalam tubuh keluar melalui kulit Anda. Ini mencegah racun-racun tersebut berada dalam tubuh Anda dan menyebabkan infeksi atau sejenisnya. Mandi air dingin jugalah yang menyebabkan sistem limfatik dalam tubuh Anda bekerja lebih aktif.

4. Mengurangi Berat Badan

Mandi air dingin juga dapat mengurangi berat badan Anda

Beberapa dari Anda mungkin merasa hal ini sulit dipercaya. Bagaimana mungkni mandi air dingin dapat menyebabkan berat badan Anda berkurang? Namun ternyata hal ini benar apa adanya. Pada saat kita mandi air dingin, begitu merasakan dinginnya air tersebut tubuh kita pasti menggigil. Ternyata itu adalah respon alami dimana tubuh kita sedang berusaha menghasilkan yang namanya lemak coklat.

Lemak coklat itu memiliki banyak manfaat seperti melawan penuaan, melawan obesitas, melawan diabetes, dan melawan penyakit jantung. Terlebih dengan menggigil maka secara tidak langsung tingginya metabolisme tubuh akan membuat berat badan kita berkurang.

5. Membuat Kulit dan Rambut Sehat

Mandi air dingin akan membuat rambut dan kulit rambut Anda lebih kuat

Tahukah Anda kalau mandi air panas sebenarnya membuat kulit dan rambut anda kering, sedangkan air dingin dapat membuat kulit dan rambut anda lebih berkilau? Air dingin mengakibatkan pengecilan pori-pori pada rambut dan kulit kepala. Pengecilan pori-pori ini akan membuat tubuh kita lebih kuat dan mencegah adanya kotoran masuk ke dalam pori-pori tersebut. Dengan rambut yang lebih kuat maka tentu saja kemungkinan rontok akan berkurang.

6. Meningkatkan Energi

Mandi air dingin akan membuat Anda lebih berenergi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme dan memperlancar sirkulasi darah. Hal itu akan membuat jantung Anda memompa peredaran darah keseluruh tubuh dengan baik.

Bahkan di Jepang di katakan bahwa samurai pada jaman dahulu memulai hari mereka dengan seember air dingin dari sungai yang disiramkan ke kepala dan wajar mereka agar mereka dapat memulai hari lebih segar dan mendapatkan energi lebih untuk beraktivitas.

7. Meningkatkan Kesuburan

Dengan mandi air dingin maka secara tidak langsung Anda akan lebih subur

Bagi pria yang ingin memiliki anak berusahalah sering-sering mandi dengan air dingin agar hormon reproduksi Anda meningkat. Ini karena mandi air dingin dapat meningkatkan berbagai produksi hormon dibandingkan mereka yang mandi air panas seperti hormon testosterone yang berkaitan dengan kesuburan contohnya.

8. Menjaga Temperatur Tubuh

Mandi air dingin menjaga temperatur tubuh Anda

Mandi air dingin telah banyak menunjukkan membantu menjaga temperatur tubuh manusia, memastikan jumlah keringat yang dapat Anda keluarkan. Ini berarti jika Anda menderita dari tangan atau kaki dingin, atau jika Anda merasakan berkeringat dalam jumlah yang tidak seharusnya, maka mandi air dingin dapat membantu Anda. Tidak hanya itu saja mandi air dingin juga membantu Anda lebih tahan menghadapi cuaca dingin yang berarti kurangnya kemungkinan flu dan sejenisnya.

9. Membantu Tidur

Mandi air dingin membantu Anda dapat tidur lebih cepat dan mengurangi insomnia

Salah satu alasan baik lainnya untuk mandi air dingin adalah membantu Anda tertidur lebih cepat. Bagi Anda yang sering menyebut diri menderita Insomnia maka cobalah untuk mandi air dingin sebelum Anda tidur. Mandi air dingin akan membuat tubuh Anda terkejut atau menggigil namun begitu Anda menyentuh ranjang, perasaan relaks akan mulai terasa dan Anda akan lebih mudah tidur. 

Dan ketahuilah bahwa kepercayaan umum mengenai rematik dan mandi di malam hari itu sebenarnya salah, salah satu alasan mengapa mandi di malam hari itu buruk adalah kemungkinan Anda terkena flu karena cuaca yang sangat dingin.

10. Pernapasan Yang Lebih Baik

Mandi air dingin membuat pernapasan Anda lebih baik

Salah satu efek yang dapat dilihat secara nyata dari mandi air dingin secara teratur adalah pernapasan Anda yang mulai lebih panjang atau dalam. Ini adalah sebagai akibat mandi air dingin dimana tubuh Anda mulai beradapatasi dengan mengambil oksigen yang lebih banyak dan membuat tubuh Anda hangat. Hal ini sebenarnya justru malah sangat baik karena membuat Anda tidak cepat lelah dan dapat melakukan olahraga lebih lama.

BAGAIMANA MEMULAI MANDI DENGAN AIR DINGIN ?

Jika Anda sudah terbiasa mandi air dingin maka sebaiknya anda tidak langsung mandi dengan air. Hal ini dikarenakan tubuh harus menyesuaikan diri atau beradaptasi terlebih dahulu, jika dipaksakan maka malah akan mengakibatkan stres pada tubuh Anda sendiri. Oleh karena itu hal yang dapat anda lakukan adalah :

  1. Mulailah hari Anda dengan rutinitas mandi air dingin yakni secara perlahan mengubah temperatur air Anda setiap Anda mandi yaitu 30 detik sampai 1 menit.
     
  2. Biarkan tubuh Anda terbiasa dengan suhu air tersebut, dianjurkan untuk tidak benar-benar langsung mandi sepenuhnya dengan air dingin ketika anda terbiasa dengan air panas atau air hangat.
     
  3. Lakukan hal ini sebagai rutinitas Anda mandi setiap hari, jika tubuh anda sudah terbiasa dengan suhu air dingin tersebut, Anda boleh mandi sepenuhnya dengan air dingin 3-6 kali dalam seminggu.
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas