home -> Teknologi -> Menggunakan Handphone Selagi Berjalan Ternyata Jug...
18 Juli 2018 10:18

Menggunakan Handphone Selagi Berjalan Ternyata Juga Dapat Berbahaya

Oleh admin dalam Teknologi pada February 18, 2014

Kita sudah sering mendengar menggunakan telepon genggam atau handphone selagi mengemudi itu berbahaya tapi ternyata menggunakannya selagi berjalan juga dapat berbahaya bagi penggunanya. Baik itu hanya untuk SMS, teleponan ataupun bermain, mereka yang menggunakan hp ataupun smartphone selagi jalan dapat meletakkan diri mereka dalam bahaya bahkan juga untuk orang lain.

Penelitian Yang Dilakukan

Berjalan di garis lurus menunjukkan bahwa menggunakan hp atau ponsel selagi berjalan dapat berbahaya

Beberapa peneliti dari Universitas Queensland, Australia, menarik kesimpulan itu dari sebuah studi terhadap 26 sukarelawan. Pada awalnya, setiap partisipan diminta berjalan 9 meter pada sebuah garis lurus tanpa ada gangguan apapun. Kemudian, hal itu dilakukan lagi dengan berbagai gangguan seperti dari ponsel atau hp,dan SMS selagi berjalan.

Penelitian itu menunjukkan bahwa yang paling mempengaruhi partisipan dan membuat mereka keluar dari garis lurus adalah SMS. Tidak hanya itu saja, mereka juga berjalan lebih lambat dengan postur yang kaku. SMS di sini tidak hanya terbatas ke pesan sms tradisional, namun juga bisa saja mengacu kepada membalas chat atau apapun yang membutuh Anda mengetik.

Walaupun aktivitas menggunakan handphone lainnya juga terkadang membuat partisipan keluar dari jalur namun yang paling fatal atau paling banyak keluar dari jalur adalah saat mereka melakukan SMS. Dari hal itu didapatkan bahwa menggunakan handphone khususnya SMS selagi berjalan juga dapat berbahaya bagi si pelaku.

Bahaya Yang Terjadi dan Denda Yang Dikenakan

Bahayanya menggunakan handphone selagi berjalan

Penelitian ini juga dilakukan bukanlah tanpa dasar. Pada 18 December tahun lalu, ada sebuah kejadian dimana seorang turis wanita berjalan di tepi dermaga sembari menggunakan handphonenya untuk bermain Facebook, namun tiba-tiba ia terjatuh ke air yang dingin. Buruknya lagi turis wanita itu tidak bisa berenang, untungnya ada seseorang yang melihat kejadian itu dan langsung meminta bantuan orang sekitar. Turis wanita itu berhasil diselamatkan dan meminta maaf atas kejadiannya sambil masih memegang ponsel atau hpnya.

Tidak hanya kejadian ini saja, analisis dari data rumah sakit juga menunjukkan bahwa telah banyak kecelakaan yang terjadi di antara tahun 2005 sampai 2010 terkait dengan penggunaan handphone selagi berjalan. Bahkan sebuah kota di Amerika tepatnya Fort Lee, New Jersey, akan mengenakan denda sebesar $85 atau setara dengan sekitar 990 ribu bagi siapapun yang menggunakan handphone mereka selagi berjalan, khususnya untuk SMS. Ingatlah bahwa SMS di sini tidak hanya mengacu ke pesan tradisional namun juga chat dari Facebook, atau social messenger lainnya.

Tips dan Trik Mengantisipasinya

Baik menggunakan handphone selagi berkendara ataupun berjalan selalu memiliki resikonya sendiri. Namun kita sudah terlalu bosan mendengarkan hal itu dan tetap mengabaikannya. Menyadari hal itu, berikut ini adalah tips dan trik mengantisipasi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi saat Anda menggunakan handphone Anda selagi berkendara ataupun berjalan. Berikut ini adalah video tips dan trik terkait hal itu dari Lifehacker.

Dari video di atas, Lifehacker mengatakan bahwa jika Anda sedang ingin menyebrangi jalan maka sebrangilah terlebih dahulu sebelum Anda melihat atau menggunakan handphone Anda lagi, baik kalaupun handphone Anda berbunyi abaikan terlebih dahulu. Kemudian selagi berjalan coba posisikan handphone Anda lebih ke atas dan memperbolehkan Anda melihat apa yang ada di depan Anda. Ini mungkin akan membuat Anda terlihat sedikit aneh, namun lebih baik daripada Anda menabrak, ditabrak, jatuh, atau berada dalam situasi bahaya lainnya.

--

Namun cara terbaik tentunya adalah menyingkirkan handphone Anda selagi Anda berada di jalan baik saat Anda mengemudi ataupun berjalan. Kalaupun Anda memang harus membalas sebuah pesan atau mengangkat panggilan telepon, maka berhenti dan menepilah sebelum Anda melakukan hal itu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh reagan dalam Teknologi
  10. 10
    oleh reagan dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas