home -> Unik -> 10 Museum Teraneh Yang Ada Di Dunia
26 April 2017 13:06

10 Museum Teraneh Yang Ada Di Dunia

Oleh admin dalam Unik pada February 08, 2014

Tidak seperti kebanyakan museum lainnya, museum-museum berikut ini dapat dikatakan sebagai museum terunik atau bahkan teraneh di dunia. Jika biasanya museum berisikan mengenai informasi sejarah atau kebudayaan, museum-museum berikut ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Berikut 10 Museum aneh dan unik yang ada di dunia.

10. The Dog Collar Museum - Kent, England

Museum kalung anjing atau The Dog Collar Museum adalah salah satu museum teraneh dunia

Anjing Anda mungkin tidak akan suka museum ini, namun para penggemar anjing peliharaan mungkin akan tertarik melihat lebih dari 100 desain kalung anjing di sini. Terletak di kastil yang memang sudah menjadi tujuan para turis, yakni Leeds Castle. Galeri di museum ini dikatakan akan menamilkan berbagai keunikan serta sejarah mengenai kalung anjing.

Dimulai dari kalung anjing sejak abad ke-15 yang ditujukan untuk anjing pemburu hingga kalung anjing modern pada zaman sekarang ini yang ditujukan untuk anjing pudel. The Dog Collar Museum bangga menjadi satu-satunya museum yang memiliki koleksi sejenis itu di sepanjang Britania Raya.

9. The Salt and Pepper Shaker Museum - Tennessee, US

Inilah salah satu museum teraneh di dunia, yakni salt and pepper shaker museum

Salt and Pepper shaker sebenarnya adalah penampung yang biasa kita lihat di restoran-restoran untuk menampung garam atau merica. Kebanyakan dari kita mungkin tidak ada yang memperhatikan mengenai hal sepele itu, namun ternyata hal sepele itu memiliki museumnya sendiri di Tennessee, US, dan didirikan oleh sepasang suami istri bernama Rolf dan Andrea Ludden.

Memiliki lebih dari 20.000 set penampung merica dan garam dari berbagai dunia. Museum ini menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan terkait garam dan merica, yakni: "Penampung manakah yang paling banyak memiliki lubang, untuk merica atau untuk garam?" Beberapa penampung unik yang ada di sini memiliki bentuk dimulai dari buaya, tengkorang, kaki, hingga ketombe.

8. The Museum of Bad Art (MOBA) - Brookline dan Massachusetts, US

Museum of Bad Art, salah satu museum paling aneh namun unik di dunia

Jika biasanya Anda pergi ke museum untuk menyaksikan sesuatu yang menakjubkan maka The Museum of Bad Art (MOBA) ini juga tidak kalah menakjubkannya, walaupun dalam konotasi yang berbeda. Museum ini didedikasikan untuk koleksi, pemeliharaan, serta galeri, semua kesenian jelek dalam berbagai bentuk.

Walaupun banyak sekali kritikus kesenian yang memandang buruk MOBA, founder dari MOBA ini membantah semua itu dengan mengatakan bahwa museum itu didedikasikan untuk upaya dari para seniman dimana ia mengatakan museum itu ada untuk menghargai hak artist untuk gagal. Bahkan museum itu memiliki tujuan untuk menghargai upaya para artist atau seniman yang keseniannya tidak akan dihargai di forum-forum lain.

7. Museum of Burnt Food - Massachusetts, US

Museum of Burnt Food, salah satu museum paling aneh namun unik di dunia

Seperti namanya, Anda akan dapat melihat banyak makanan gosong di museum ini. Semua ini bermula pada akhir tahun 1980, seorang musisi bernama Deborah Henson-Conant memanaskan sari buah apel, namun ia mendapat panggilan telepon. Begitu ia kembali, ia menemukan masakannya sudah benar-benar gosong. Itulah yang menjadi cikal bakal dari Museum makanan gosong ini. Sejak saat itu banyak makanan gosong yang masuk ke dalam koleksi Museum of Burnt Food.

Sayangnya, Museum of Burnt Food ini lebih ke arah pribadi dan jarang terbuka untuk umum. Museum ini memiliki moto: "Tinggalkan api dalam keadaan kecil... dan kemudian tidur sianglah yang lama."

6. The Icelandic Phallological Museum - Reykjavik, Islandia

The Icelandic Phallological Museum, salah satu museum paling aneh namun unik di dunia

Museum di Islandia ini menyatakan keunikannya dengan secara terang-terangan mengatakan bahwa ia mungkin adalah satu-satunya museum di dunia yang berisikan koleksi spesimen phallic dari berbagai mamalia termasuk manusia di negara tersebut. Phallic sendiri dapat dikatakan sebagai penis dalam kondisi ereksi.

Dikenal juga sebagai Phallus Museum, museum ini menyatakan keseriusannya dengan menunjukkan dunia phallology. Dimulai dari studi penis, sejarah, kesenian, hingga keberadaannya dalam masyarakat. Koleksi yang ditunjukkan dalam museum ini berisikan lebih dari 200 koleksi phallic. Jadi bagi Anda yang benar-benar ingin mendalami dunia Phallological, maka museum ini adalah tujuan paling tepat bagi Anda.

5. Sulabh International Toilet Museum - New Delhi, India

Sulabh International Museum adalah museum yang berisikan koleksi toilet dari berbagai zaman

Di Sulabh International Toilet Museum, Anda dapat melihat evolusi toilet dalam sejarah dimulai dari yang paling kuno hingga sekarang ini. Semua itu adalah ide dari Dr. Bindeshwar Pathak, seorang ahli dalam hal kebersihan di India. Ia melihat bahwa toilet merupakan bagian penting dalam kebersihan serta kemajuan umat manusia dan peradabannya.

Ke museum untuk melihat toilet-toilet dari dudukan hingga tutupannya mungkin terdengar aneh bagi Anda. Tapi tidak bagi Pathak yang juga ternyata adalah konsultan bagi Dewan sosial dan ekonomi United Nations.

4. International Cryptozoology Museum - Maine, US

International Cryptozoology Museum adalah museum untuk para penggemar mahluk misterius

Banyak sekali orang di dunia menyukai misteri dunia seperti Loch Ness, Big Foot, Yeti dan seterusnya. Menyadari hal itu, International Cryptozoology Museum di Maine, US, mengabadikan misteri keberadaan mereka dengan memiliki lebih dari 10.000 koleksi yang ditujukan untuk studi hewan tersembunyi atau tidak dikenal.

Dalam website resmi mereka, museum ini mengatakan bahwa mereka adalah satu-satunya museum di dunia yang mendedikasikan diri mereka untuk studi mahluk misterius. Beberapa koleksi dalam museum ini adalah Fiji Mermaid, Yeti, Sasquatch, Swamp Monster dan banyak lainnya. Bagi Anda yang suka mahluk misterius maka mungkin museum ini dapat menjadi tujuan Anda.

3. Meguro Parasitological Museum - Tokyo, Jepang

Meguro Parasitological Museum di Tokyo Jepang merupakan salah satu dari 10 museum teranen dunia

Kapankah terakhir kali Anda membayangkan parasit terbesar di dunia? Atau parasit terganas di dunia? Mungkin tidak terlalu sering, namun begitu Anda mengunjungi Meguro Parasitological Museum di Tokyo, maka Anda akan selalu membayangkannya setiap saat. Museum ini memiliki lebih dari 300 jenis parasit, termasuk di dalamnya adalah cacing pita sepanjang 9 meter yang didapatkan dari seorang wanita karena memakan sushi.

Tidak hanya itu saja, museum ini juga menampilkan berbagai efek mengerikan yang diakibatkan parasit tersebut ke inangnya. Untungnya, museum ini gratis, yang berarti Anda dapat menghabiskan uang Anda untuk berbagai oleh-oleh seperti gantungan kunci dengan spesimen mati di dalamnya.

2. Museum of The Holy Souls in Purgatory - Roma, Italia

Museum of The Holy Souls in Purgatory adalah salah satu dari 10 museum teraneh dunia

Sebenarnya merupakan sebuah ruangan kecil yang terletakndi Gereja Sacred Heart, Suffrage, Roma. Di dalam ruangan itu adalah sebuah museum yang menjadi rumah bagi beberapa barang yang dikatakan telah disentuh mereka yang memasuki purgatory. Bagi Anda yang tidak tahu, dalam agama Katholik, Purgatory adalah sebuah tempat dimana roh-roh orang meninggal akan menebus dosa mereka. Semakin lama seseorang bertobat di dunia, maka waktu di Purgatory akan semakin sebentar. 

Museum ini terinspirasi saat founder museum, Victor Jouet, melihat sebuah bekas terbakar yang menyerupai muka manusia saat sebuah bagian gereja terbakar, ia percaya itu adalah penampakan dari roh mereka yang memasuki Purgatory.

1. Museum of Broken Relationship - Zagreb, Kroasia

Museum of Broken Relationship, salah satu museum paling aneh namun unik di dunia

Jika Anda putus hubungan setelah berjalan selama 4 tahun lebih maka mungkin kenangan-kenangan hubungan tesebut dapat Anda abadikan di museum ini daripada dibuang. Pada awalnya ditujukan hanya untuk sebuah pertunjukan di tahun 2006 yang berisikan semua barang-barang hasil donasi keluarga dan teman-teman yang putus hubungan setelah 4 tahun menjalani hubungan percintaan mereka. Namun karena popularitasnya, di tahun 2010 ide tersebut mendapatkan tempatnya tersendiri sebagai Museum of Broken Relationship.

Hingga sekarang, museum ini setiap tahunnya mendapat kunjungan hingga 40 ribu pengunjung setiap tahun dan merupakan satu-satunya museum pribadi di kota tersebut. Telah ada hingga sekitar 100 koleksi yang ditunjukkan di museum ini, dibagi berdasarkan lamanya hubungan yang telah dijalani, diikuti dengan deskripsi yang menyesalkan, seperti: "Aku tidak pernah memakainya. Mungkin jika iya, hubungan ini akan bertahan lebih lama."

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas