home -> Lainnya -> Lingkungan Yang Dingin Ternyata Membantu Menurunka...
20 Januari 2018 13:45

Lingkungan Yang Dingin Ternyata Membantu Menurunkan Berat Badan

Oleh admin dalam Lainnya pada January 23, 2014

Lingkungan yang panas sering dikatakan dapat membantu menurunkan berat badan, namun ternyata itu juga dapat dikatakan ke cuaca atau temperatur dingin. Jika sauna bukan pilihan diet Anda, maka ac yang sangat dingin dapat menjadi alternatif Anda dalam kiat menurunkan berat badan.

Lingkungan Dingin

Cuaca bertemperatur dingin ternyata dapat membantu menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan berada di lingkungan yang bertemperatur dingin maka seseorang juga dapat menurunkan berat badannya. Ini karena tubuh manusia akan berusaha melawan rasa dingin tersebut dengan menggigil, hal itu akan menghasilkan panas tubuh dan itulah salah satu alasan mengapa temperatur dingin dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Studi sebelumnya di Jepang juga menemukan terjadinya penurunan berat badan pada orang-orang yang menghabiskan waktu 2 jam per hari dalam sebuah ruangan yang bertemperatur 17 derajat Celsius. Namun tubuh manusia adalah hal yang luar biasa, setelah 10 hari berada dalam ruangan yang bertemperatur sampai 15 derajat Celsius, maka seseorang akan dapat beradaptasi dengan memiliki lebih banyak lemak coklat dan menggigil juga berkurang.

Lemak coklat sendiri adalah sebuah jaringan lemak yang daripada menyimpan kalori mereka lebih bersifat membakar kalori untuk melawan rasa dingin. Panas tubuh yang dihasilkan dari pembakaran lemak coklat ini sendiri dapat mencapai 30%.

Lingkungan Panas

Inilah bagaimana lingkunan bertemparatur panas dapat membantu menurunkan berat badan Anda

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa lingkungan panas memang dapat menurunkan berat badan, namun bagaimana sebenarnya proses di balik hal itu?

Pada saat tubuh kita mencapai tingkat panas tubuh tertentu, maka untuk melawannya tubuh kita akan bereaksi dengan berkeringat untuk mendinginkan temperatur kulit. Keringat itu sebenarnya merupakan cairan tubuh yang muncul dalam bentuk air dan elektrolit. Cairan tubuh yang hilang ini akan dapat kembali begitu Anda makan atau minum yang cukup.

Oleh karena itulah lingkungan bertemparatur panas seperti sauna dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Di samping itu, dengan berada di cuaca yang panas maka nafsu makan seseorang juga akan berkurang dan itu tentunya tidak akan membuat Anda makan berlebih serta membantu diet Anda.

Efek Samping

Baik berada di lingkungan dingin ataupun lingkungan panas dapat memiliki efek sampingnnya sendiri

Jadi lingkungan yang panas dan lingkungan yang dingin dapat membantu bagi Anda yang sedang melakukan diet. Namun bagaimana dengan efek sampingnya? Semua hal ini tentu memiliki efek samping sendiri jika dilakukan secara berlebihan.

Dengan berada di suatu tempat yang bertemperatur sangat panas maka tubuh kita akan berhadapan dengan berbagai resiko, namun salah satu yang paling utama adalah dehidrasi. Ini karena tubuh kita akan terus mengeluarkan cairan untuk melawannya. Akibat dari dehidrasi ini sendiri adalah rasa pusing, muntah-muntah, kram otot, pingsan, dan dehidrasi berlebih dapat merusak ginjal yang menyebabkan kematian.

Untuk berada dalam lingkungan bertemperatur dingin, belum diketahui secara pasti apa yang dapat terjadi jika hal ini berlangsung dalam jangka panjang. Namun beberapa mengatakan bahwa nafsu makan malah akan meningkat dan ada berbagai resiko kesehatan yang mengancam seperti stroke dan seterusnya.

Jangan Lupakan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat dapat dicapai dengan berjalan setidaknya 30 menit setiap hari

Jadi sebagaimana kedua hal ini dapat membantu seseorang menurunkan berat badan, ia tetap harus memperhatikan berapa lama ia telah berada dalam kondisi tersebut. Tidak ada jalan pintas untuk mencapai pola hidup yang sehat dengan bentuk tubuh ideal, cara satu-satunya untuk mencapai kedua hal ini adalah tentunya dengan menjalankan pola hidup sehat.

Anda mungkin adalah orang yang sangat sibuk namun ternyata Anda tidak perlu pergi ke gym dan melakukan olahraga berat agar dapat sehat. Dengan berjalan saja Anda dapat mencapai hal itu, berjalanlah setidaknya selama 30 menit setiap hari maka tubuh Anda akan mendapatkan manfaat yang sehat. Selain itu lebih jauh lagi jika Anda benar-benar ingin melakukan pola hidup sehat maka jaga pola makan dan minum serta hindari diet tidak teratur.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas