home -> Lainnya -> Tips dan Trik Agar Dapat Tertidur Lelap Lebih Cepa...
19 Oktober 2018 02:17

Tips dan Trik Agar Dapat Tertidur Lelap Lebih Cepat

Oleh admin dalam Lainnya pada January 19, 2014

Saat kita ingin tidur di malam hari terkadang banyak pikiran terlintas di benak kita dan membuat ktia susah tertidur lelap bahkan membutuhkan waktu lama. Jika Anda membutuhkan waktu 15 menit untuk dapat tertidur maka itu berarti setiap tahunnya sudah 91 jam Anda habiskan hanya untuk itu. Berikut tips dan trik agar dapat tertidur lelap lebih cepat di malam hari.

Waktu rata-rata orang normal agar dapat tertidur lelap

Waktu rata-rata orang normal sebelum dapat tertidur lelap

Tidur di malam hari dengan suasana yang tenang terkadang tidak selalu mudah dan kita semua pasti pernah mengalami yang namanya "tidak bisa tidur," dimana waktu yang dibutuhkan kita untuk tertidur jauh lebih lama daripada biasanya. Tapi berapa lamakah sebenarnya waktu rata-rata yang dibutuhkan orang normal sebelum ia dapat benar-benar tertidur?

Biasanya waktu tersebut sangatlah relatif tergantung dari masing-masing orang antara 5 hingga 20 menit. Akan tetapi, ada orang-orang yang juga membutuhkan waktu hingga berjam-jam sebelum ia tertidur dan beberapa lainnya membutuhkan obat tidur. Faktor-faktor tersebut dapat dipengaruhi oleh stres atau kondisi medis yang pada akhirnya mengarah ke sebuah kondisi medis ternama yakni insomnia, atau sebuah kondisi dimana kualitas tidur benar-benar buruk.

Matikan lampu saat Anda tidur

Matikan lampu saat tidur agar kualitas tidur lebih baik

Langkah awal untuk membantu Anda tertidur lelap adalah matikan lampu saat Anda tidur. Dalam artikel "Pastikan Lampu Mati Saat Tidur," kita telah membicarakan bagaimana tidur dengan lampu menyala dapat menyebabkan kualitas tidur terganggu seperti membuat Anda tetap terjaga dan mengganggu Ritme Sirkadian Anda, yakni proses jam biologis tubuh Anda yang berakitan erat dengan cahaya.

Lalu bagaimana jika Anda sudah terbiasa tidur dengan lampu menyala? Jika begitu maka gunakanlah lampu kemerahan yang redup, jangan lampu berwarna biru. Ini karena penelitian menunjukkan walaupun biru memberikan nuansa tenang, warna ini sangatlah sesuai dengan jam biologis tubuh Anda di siang hari yang memacu mood, reaksi dan fokus.

Tips dan trik agar dapat tertidur lebih cepat

Setelah Anda mengambil langkah awal di atas, maka berikutnya adalah langkah-langkah terkait dengan penyebab kesulitan tidur Anda. Cara ini sangatlah berbeda tergantung dari masing-masing orang dan masih banyak sekali cara tidur cepat lainnya selain di bawah ini, namun berikut adalah yang paling banyak terbukti efektif.

Gunakan F.lux

f lux dapat membantu Anda tertidur lebih cepat

Bagi Anda yang sebelum tidur selalu berhadapan dengan layar komputer, layar tablet, atau layar smartphone, maka pertimbangkanlah untuk menginstall f.lux di komputer, table atau smartphone Anda. F.lux sendiri adalah sebuah aplikasi yang akan mengatur terangnya layar Anda tergantung dari waktu aktivitas Anda, hangat di malam hari dan bersinar di siang hari.

Ini karena dengan melihat cahaya terang sebelum Anda tidur, akan membuat diri Anda mengalami kesulitan tidur. Hal ini didasarkan pada teori dimana cahaya terang tersebut akan memacu diri Anda tetap aktif walaupun seharusnya Anda sudah lelah.

Gunakan peredam suara

Sleepphones dapat membantu Anda meredam suara sekitar saat tidur

Suara berisik tentunya adalah salah satu kemungkinan besar penyebab mengapa Anda tidak bisa tidur, baik karena suara ngorok pasangan tidur Anda, suara motor liar, atau apapun itu. Jika hal ini adalah penyebabnya, maka gunakanlah peredam suara khusus untuk Anda seperti SleepPhones contohnya, sebuah alat menyerupai ikat kepala yang berguna pas di telinga.

Mandir air hangat sebelum tidur

Cobalah mandi air hangat sebelum tidur jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur

Perubahan temperatur tubuh secara akan membantu Anda dapat tertidur lelap. Ini karena hal tersebut akan menandakan tubuh Anda bahwa itu adalah waktunya istirahat, dan merelaksasikan tubuh Anda.

Oleh karena itu mandi air hangat selama 5-15 menit sebelum tidur mungkin adalah salah satu alternatif terbaik Anda. Pastikan temperatur air adalah temperatur air hangat normal agar Anda mencegah malah membuat Anda lebih bersemangat. Jika hal ini sulit, maka secara perlahan kurangi temperatur air hangat tersebut.

Bayangkan Anda benar-benar sangat lelah

Bayangkan Anda benar-benar lelah agar dapat tertidur lebih cepat

Pikiran kita adalah hal yang menakjubkan dan dikatakan merupakan ruang yang tidak terbatas, ini juga tidak berlaku saat kita ingin tidur. Cobalah bayangkan diri Anda benar-benar sangat lelah, seperti mata benar-benar tidak bisa terbuka, mulut terbuka lelah, tangan terasa berat, tubuh seperti tertimpa, dan ingin benar-benar tidur melupakan segala kelelahan tersebut.

Cara seperti ini mungkin dapat mencegah Anda memikirkan berbagai hal di benak Anda serta membantu Anda tertidur lebih cepat.

Membuat jurnal

Cobalah buat jurnal sebelum tidur dan apa yang harus dilakukan keesokan harinya

Salah satu alasan terbesar mengapa Anda tidak bisa tidur adalah karena banyaknya pikiran di benak Anda. Sebagaimanapun Anda berusaha menyingkirkan pikiran tersebut, hal itu tetap saja terlintas kembali dan membuat Anda memikirkannya lagi dan lagi.

Jika ini adalah penyebabnya, maka pertimbangkanlah membuat jurnal sebelum tidur. Jurnal tersebut tidak perlu secara lengkap seperti diari, namun tuliskan saja apa yang ada di benak Anda dan apa yang harus Anda lakukan keesokan harinya. Ini akan membantu diri Anda lebih tenang dan membuat Anda dapat memikirkan hal tersebut keesokan harinya.

Gaya tidur folifasik

Gaya tidur folifasik adalah gaya tidur baru yang hanya membutuhkan waktu tidur 4 jam

Jika semua cara sudah dilakukan dan waktu tidur Anda sangat terbatas maka sekarang ini sedang muncul yang namanya gaya tidur folifasik dengan model everyman dan itu dapat menjadi pertimbangkan Anda. Gaya tidur folifasik sendiri adalah sebuah gaya tidur yang berbeda dari umumnya dimana dengan gaya ini Anda dapat tidur hanya 4 jam satu hari, berbeda dari umumnya dimana adalah 6 jam atau lebih.

Gaya tidur ini membagi waktu tidur Anda menjadi 2 bagian, pertama adalah tidur inti selama 3 jam biasanya di antara jam 2 hingga 7 pagi, kemudian 3 kali tidur singkat yang masing-masingnya terjadi selama 20 menit. Hal ini menyebabkan total waktu tidur adalah 4 jam. Namun perlu diketahui bahwa gaya tidur ini harus dilakukan dengan benar agar Anda dapat mencapai hasil yang optimal serta pada awalnya Anda akan benar-benar merasa lelah jika belum terbiasa.

Perlu diketahui bahwa cara-cara di atas tentunya harus didahului dengan pola hidup yang baik seperti menghindari kafein sebelum tidur, minum air cukup, dan berbagai pola hidup lainnya yang memang mencegah Anda tertidur.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas