home -> Lainnya -> Mengapa Sulit Untuk Membuat Teman Baru Sehabis Kul...
21 Januari 2018 06:06

Mengapa Sulit Untuk Membuat Teman Baru Sehabis Kuliah dan Cara Mengakalinya

Oleh admin dalam Lainnya pada January 09, 2014

Kapankah terakhir Anda berteman dengan teman baru yang bukan hanya sekedar rekan kerja atau partner kerja, tapi seseorang yang sangat dekat? Sehabis Anda selesai kuliah atau memasuki dunia kerja, biasanya hal ini sudah sangatlah sulit untuk dilakukan. Berikut ini alasan dan cara mengakalinya.

Penyebab Umum: Kerja, Keluarga, Keterbatasan Waktu

Penyebab umum mengapa Anda sulit membuat teman baru adalah kurangnya waktu dan kesibuikan

Biasanya seiring kita semakin tua, menambah teman baru sangatlah sulit. Hal ini mungkin terjadi karena kita mulai kerja, menikah, mempunyai anak, mendapat tanggung jawab baru, dan tidak ada lagi waktu untuk hal-hal yang lain. Bahkan menurut sebuah penelitian, mayoritas wanita rumah tangga berumur 25-54 tahun hanya mempunyai waktu pribadi kurang dari 90 menit setiap harinya, bahkan 29% hanya mempunyai waktu kurang dari 45 menit.

Ini tidak berarti Anda tidak bertemu dengan orang-orang baru dalam kehidupan Anda. Dalam dunia kerja, komunitas Anda akan semakin luas namun Anda mungkin menyadari ada semacam tembok tidak terlihat yang membatasi Anda untuk membuat orang-orang yang Anda kenal benar-benar menjadi teman baik Anda.

Dalam sebuah studi, Laura L. Carstensen, professor psikologi menemukan bahwa dalam diri manusia ada semacam alarm internal. Seperti seiring Anda berumur 30, Anda akan menemukan diri Anda mulai jarang melakukan hal-hal baru dan hanya berkonsentrasi pada hal-hal tertentu. Ini juga dapat diterapkan seperti membuat teman baru. Pada saat Anda remaja, Anda mungkin dapat menyebut teman Anda Teman Baik Selamanya (BFF), namun begitu Anda memasuki dunia kerja, Anda hanya menyebut mereka teman saja.

Teman baru bukanlah lagi kebutuhan utama

Teman baru bukanlah lagi kebutuhan utama, Anda bisa sendiri tapi tetap senang

Walaupun tidak disadari, pada saat Anda masih muda kebutuhan akan teman sebenarnya adalah kebutuhan utama dan dapat dikatakan berguna untuk kelangsungan hidup Anda. Berteman dengan teman-teman Anda adalah bagian penting dari kehidupan sosial dan pengembangan kepribadian Anda. Ini karena Anda berusaha menemukan siapa diri Anda, dalam kehidupan sosial seperti apa Anda dapat berbaur, berinteraksi, dan seterusnya.

Namun seiring kita bertambah dewasa, kepribadian kita sudah mulai terbentuk dan alasan kita membutuhkan teman baru semakin tidak relevan. Inilah juga yang menjadi salah satu penyebab mengapa sulitnya kita mebuat teman baru yang benar-benar dapat kita andalkan saat kita sudah memasuki dunia kerja atau lulus kuliah.

Cara Mengakalinya

Bagaimana mendapatkan teman-teman baru sehabis kuliah

Bagi Anda yang ingin menemukan teman baru dan ingin benar-benar berteman dengan mereka — baik karena berbagai alasan seperti pindah kota, pindah kerja, atau hilangnya kontak dengan teman-teman lama — ini dapat sangatlah sulit dilakukan. Jadi apakah ini berarti begitu Anda berumur 30-an Anda harus menyerah mendapatkan teman baru? Tentu saja tidak, ada berbagai cara untuk melakukan hal tersebut.

  • Internet adalah hal yang menakjubkan. Melalui Internet Anda dapat menemukan berbagai komunita di dekat tempat Anda tinggal atau komunitasyang memiliki hobi yang Anda sama dengan Anda. Salah satu website yang menyediakan hal ini adalah Meetup.com.
     
  • Masuk ke dunia kerja bukan berarti Anda tidak dapat lagi menambah pengetahuan Anda. Ada berbagai cara untuk mengambil kelas-kelas atau aktivitas yang memiliki komunitasnya sendiri, bahkan beberapa cukup unik seperti kelas mencicipi wiski di Living Social misalnya.
     
  • Anda adalah orang yang sering pergi beribadah? Maka itu mungkindapat menjadi salah satu tempat dimana Anda dapat bertemu dengan teman baik Anda berikutnya.
     
  • Jika Anda memiliki peliharaan seperti anjing atau kucing, membawanya berjalan-jalan akan membuat Anda memiliki kemungkinan bertemu dengan teman-teman baru.
     
  • Masih banyak sekali cara untuk menemukan komunitas baru seperti mengikuti komunitas sukarelawan, atau bahkan traveling.

Setelah Anda mendapatkan teman baru, Anda dapat memperdalam pertemanan Anda dengan menyarankan melakukan aktivitas umum sebagai teman dan bertemu sesekali. Jika Anda berpikir Anda adalah seseorang yang introvert dan susah berteman dengan orang tidak dikenal, kemungkinan ini masih ada karena pertemanan adalah mengenai keberuntungan dan kecocokan. Mungkin saja itu terjadi kepada Anda besok.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas