home -> Lainnya -> Apakah Membunyikan Jari dan Persendian Lainnya Ber...
20 Juni 2018 12:13

Apakah Membunyikan Jari dan Persendian Lainnya Berdampak Buruk?

Oleh admin dalam Lainnya pada January 03, 2014

Membunyikan ruas jari atau persendian lainnya sudah sangatlah sering terlihat dan sering disebut dapat menyebabkan arthritis. Namun ternyata hal itu hanya mitos dan tidak memiliki dukungan fakta yang jelas. Jadi apakah meletukkan jari benar-benar berdampak buruk?

Apa sebenarnya yang membuat bunyi tersebut?

Apa sebenarnya yang terjadi pada saat Anda membunyikan tangan atau sendi Anda

Pada saat kita meregangkan tubuh kita baik pada jari, punggung, ataupun leher, terkadang peregangan tersebut membuat sendi-sendi di tubuh kita berbunyi. Hal ini karena setiap sendi di tubuh kita dihubungkan oleh sebuah jaringan penghubung yang dikenal dengan nama joint capsule atau connective tissue capsule, dan jaringan ini memenuhi ruang sendi yang ada.

Dengan meregangkan tubuh kita maka tulang yang satu dengan tulang yang lain akan saling menjauh dan joint capsule ini juga akan merenggang, menyisakan ruang sendi yang lebih besar. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat joint capsule tersebut merenggang maka akan ada sebuah gas di ruang sendi yang membentuk sebuah gelembung. Gelembung gas inilah yang pecah dan menyebabkan suara tersebut. Proses ini sendiri dikenal dengan nama cavitation.

Mitos Arthritis

Mitos Arthritis terkait membunyikan tangan atau persendian lain

Ada mitos bahwa terlalu sering membunyikan sendi sangatlah buruk dimana dapat menyebabkan kondisi medis pada sendi yang dikenal dengan nama Arthritis atau Radang Sendi. Arthritis sendiri adalah sebuah kondisi medis persendian dimana terjadi peradangan di satu sendi atau lebih. Namun ternyata ini memang hanya sekedar mitos dan terbukti tidak ada dukungan nyata atas fakta ini.

Jadi Apakah Membunyikan persendian dapat berdampak buruk?

Apakah membunyikan leher, tangan, atau persendian lainnya memiliki dampak negatif

Jika Arthritis hanyalah sekedar mitos, jadi apakah membunyikan atau meletukkan persendian tidak dapat berdampak buruk? Belum diketahui secara pasti apakah membunyikan persendian Anda dapat berdampak buruk, namun salah satu penelitian menyebutkan bahwa dengan sering melakukan hal ini akan membuat sendi Anda lebih besar dan seiring berjalannya waktu, kekuatan genggaman Anda akan terus berkurang (pada tangan).

Sedangkan penelitian lainnya menyebutkan bahwa membunyikan persendian sama sekali tidak berdampak buruk, bahkan orang yang sudah melakukan hal ini selama 30 tahun sama sekali tidak memiliki perbedaan besar pada sendi mereka. Namun jika Anda merasakan rasa sakit atau nyeri pada saat membunyikan persendian Anda maka kemungkinan ada kondisi medis terkait hal itu dan baiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter.

--

Akhir kata adalah lebih baik tidak perlu membunyikan persendian Anda, karena walaupun mungkin tidak ada dampak negatif terkait hal ini namun juga tidak ada dampak positif dari hal ini. Jika Anda memang sudah terbiasa akan hal ini, mungkin Anda dapat mengurangi keseringan atau interval seberapa sering Anda meletukkan persendian atau jari Anda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas