home -> Unik -> 10 Ikan Purba Yang Masih Hidup Hingga Sekarang Ini
26 April 2017 12:53

10 Ikan Purba Yang Masih Hidup Hingga Sekarang Ini

Oleh admin dalam Unik pada December 20, 2013

Kata purba mengingatkan kita akan dinosaurus yang sudah punah namun ternyata tidak bagi penghuni laut ini. 10 ikan ini bertahan hidup melewati masa ke masa dan bertahan hingga sekarang ini. Berikut 10 Ikan purba yang masih hidup hingga sekarang ini.

10. Arapaima

Arapaima adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Merupakan salah satu ikan air tawar terbesar di dunia yang merupakan hewan lokal perairan tropis Amerika Selatan, khususnya Sungai Amazon. Salah satu karakteristik unik dari ikan ini adalah ia membutuhkan oksigen yang didapatkannya dari udara di luar air. Disebut-sebut dapat tumbuh hingga 4,5 meter namun karena spesiesnya yang semakin langka, sekarang ini yang dapat ditemukan hanya hingga sepanjang 2 meter. Diperkirakan telah ada sejak sekitar 24 juta tahun yang lalu.

9. Sturgeon

Sturgeon adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Diperkirakan telah ada sejak 200 juta tahun yang lalu dan merupakan salah satu sumber utama makanan kelas atas, tidak lain dan tidak bukan adalah caviar. Ironisnya, karena hal inilah ikan ukuran jumbo ini berada dalam status terancam. Walaupun dapat tumbuh hingga 6 meter, ikan ini biasanya tidak berbahaya bagi manusia karena hanya makan hewan laut kecil di dasar laut. Namun jika mereka diprovokasi, ada kejadian dimana mereka dapat membunuh manusia dengan melompat keluar dari air dan menimpa manusia atau kapal manusia.

8. Lancetfish

Lancetfish adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

6 gigi tajam di rahang mereka seperti barracuda, tubuh pipih seperti belut dan sirip di punggung mereka menyerupai ikan layar. Karakteristik-karakteristik perpaduan barracuda, belut, dan ikan layar ini merupakan karakteristik dari Lancetfish, yakni ikan yang telah bertahan hidup melewati 250 juta tahun hingga sekarang. Sangatlah ganas, makanannya adalah ikan yang lebih kecil, cumi-cumi dan juga terkadang spesiesnya sendiri.

7. Polypterus Senegalus

Belut Dinosaurus adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Ikan afrika ini sering disebut juga sebagai "belut dinosarus" karena penampilannya yang menyerupai dinosaurus dengan sirip-sirip di punggung mereka. Telah ada sejak sekitar 100 tahun yang lalu dan sering dijual sebagai hewan peliharaan eksotis. Perlu diketahui bahwa ikan ini sering kabur keluar dari tangki mereka karena mereka dapat melompat dan bertahan hidup di luar air selama kulit mereka basah, ini menyebabkan mereka dapat kabur cukup jauh dari akuarium atau tangki mereka.

6. Sawfish

Ikan Gergaji adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Hewan purba pasti memiliki karakteristik yang aneh, hal ini juga berlaku bagi Sawfish atau ikan gergaji. Telah ada sejak sekitar 100 juta tahun yang lalu dimana "gergaji" mereka digunakan untuk senjata dan juga mengetahui pergerakan bahkan detak jantung makanan mereka. Seperti kebanyakan hiu lainnya, hiu gergaji juga masuk dalam kategori terancam karena perburuan yang menginginkan sirip mereka.

5. Alligator Gar

Alligator Gar adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Predator purba berkulit tebal ini telah ada sejak 100 juta tahun yang lalu dan dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Meksiko Utara atau Timur. Merupakan ikan perairan tawar terbesar di Amerika Utara namun juga terkadang dapat ditemukan di lautan. Memiliki nama Alligator (Buaya) Gar karena penampilan mereka yang menyerupai reptil dan rahan panjang dengan barisan gigi tajam mengitari rahang tersebut. Uniknya, ikan ini dapat hidup di luar air hingga 2 jam namun untungnya tidak bisa berjalan di luar air karena pernah ada kasus dimana ia sering menggigit perenang manusia.

4. Hagfish

Ikan Hag adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Sering disebut juga sebagai salah satu hewan laut paling menjijikkan, namun juga ternyata juga merupakan hewan laut purba yang telah bertahan hidup selama 300 juta tahun. Penemuan fosil membuktikan bahwa mereka telah hidup jauh lebih lama daripada dinosaurus yang sudah terkenal purbanya.

Kadang disebut juga sebagai belut lendir, padahal mereka bukanlah belut namun juga mungkin bukanlah ikan. Tubuh mereka sangat berlendir dan jika digabungkan dengan air akan menjadi cairan yang sangat lengket. Hagfish memakan bangkai hewan yang jatuh ke dasar laut dengan cara menempelkan diri mereka ke bangkai dan merobek daging bangkai tersebut, kemudian memakannya dari dalam. Benar-benar bukan cara makan yang sopan.

3. Frilled Shark

Ikan Berjumbai adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Hiu yang disebut-sebut sebagai fosil hidup karena penampilannya yang aneh ini telah ada sejak zaman purba dimana T-Rex masih sangat menyeramkan, yakni pada periode Cretaceous atau sekitar 100 juta tahun yang lalu. Tidak berbahaya bagi manusia dan kenyataannya, mungkin spesies mereka hidup tanpa pernah bertemu manusia karena ada di perairan sedalam 5.000 kaki.

2. Coelacanth

Coelacanth adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Salah satu ikan purba yang paling terkenal sebagai "fosil hidup" dan disebut-sebut telah ada sejak 350 juta tahun yang lalu. Sebelumnya dikira telah punah hingga ditemukan kembali pada tahun 1938. Dapat tumbuh hingga 2 meter dan sangatlah jarang terlihat, kemunculan pertama ditemukan di Afrika Selatan dan kedua kalinya di Indonesia. Walaupun jarang ditangkap atau diburu karena rasa mereka yang sangat buruk, Coelacanth tetap masuk dalam status hampir punah (Critically Endangered).

1. Goblin Shark

Hiu Goblin adalah salah satu hewan laut purba yang masih bertahan hingga sekarang ini

Memiliki bentuk benar-benar seperti mahluk yang baru keluar dari mimpi buruk seseorang. Hiu Goblin ini benar-benar menyerupai alien karena bentuk 'hidung' yang panjang, kulit bewarna pink gelam, gigi yang menyeramkan, dan dapat tumbuh hingga 14 kaki. Hidup di perairan sedalam ribuan kaki dan diperkirakan telah ada sejak 125 juta tahun yang lalu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas