home -> Unik -> 10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Keluarga Kerajaa...
23 Maret 2023 20:57

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Keluarga Kerajaan Inggris

Oleh serba_tahu dalam Unik pada March 04, 2023

Beberapa negara di dunia masih ada yang menganut sistem monarch, monarki, atau kerajaan. Dan Inggris adalah salah satunya. Jika di negara lain, keluarga kerajaan dianggap sebagai yang paling tinggi dan memiliki peran di dunia perpolitikan, di Inggris tidak. Keluarga Kerajaan Inggris atau The Royal British Family murni hanya keluarga kerajaan yang dihormati saja. Mereka tidak memiliki peran dalam hal mengambil keputusan politik untuk Inggris. Meski sering muncul di media, tapi ternyata masih ada banyak hal dari Keluarga Kerajaan Inggris yang tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut sejumlah fakta unik dan menarik tentang The Royal British Family.

10. Sumber Keuangan Keluarga Kerajaan Inggris

income source

Keluarga Kerajaan Inggris mendapatkan uang dari mana? Itulah pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh orang-orang. Orang biasa mendapatkan uang dengan cara bekerja di kantor atau mengambil pekerjaan apa saja yang bisa menghasilkan uang. Apakah Keluarga Kerajaan juga bekerja layaknya orang biasa? Tentu saja tidak.

Di Inggris juga ada yang namanya pajak. Pajak ini yang diambil sekian persennya untuk diberikan pada Keluarga Kerajaan Inggris. Tapi itu bukan menjadi satu-satunya uang yang didapat oleh Keluarga Kerajaan, Pendapatan utama Keluarga Kerajaan Inggris didapat dari gelar Duchy of Lancaster, perkebunan dengan luas 1000 acre, dan properti komersial.

9. Menikah Dengan Anggota Keluarga Kerajaan Tidak Otomatis Jadi Keluarga Kerajaan

menikah

Pasti ada saja orang yang bermimpi untuk bisa menjadi anggota Keluarga Kerajaan Inggris. Dengan segala macam positif dan negatif tentunya, tetap ada orang yang punya mimpi untuk menikah dengan anggota keluarga kerajaan dan masuk menjadi keluarga kerajaan. Di Inggris, menjadi anggota Keluarga Kerajaan Inggris tidak semudah itu.

Jika seorang wanita menikah dengan raja, otomatis wanita tersebut menjadi ratu. Tapi ketika seorang pria menikah dengan seorang ratu tidak membuatnya otomatis menjadi raja. Contohnya saja ketika Prince William menikah dengan Kate Middleton. Kate Middleton otomatis menjadi princess meski ada juga aturan ketat yang harus ditaati oleh Kate Middleton untuk menikah dengan Prince William dan menjaga status bangsawannya.

Contoh lainnya adalah ketika Queen Elizabeth menikah dengan Prince Philip. Prince Philip tidak otomatis menjadi seorang raja.

8. Queen Elizabeth II Menemukan Ras Anjing Baru

dorgi

Sulit untuk bisa membenci dengan hewan yang namanya anjing. Anjing dikenal sebagai sahabat terbaik manusia yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Ada yang memanfaatkan anjing sebagai penjaga, gembala, berburu, dan ada juga yang memelihara anjing sekedar untuk peliharaan yang bisa diajak main. Anjing sendiri dibagi lagi menjadi sejumlah ras yang masing-masing ras memiliki karakter yang unik.

Salah satu fakta menarik yang banyak diketahui oleh banyak orang, Queen Elizabeth adalah pecinta anjing, DIketahui bahwa Queen Elizabeth memelihara 2 anjing jenis corgi. Ketika Queen Elizabeth meninggal dunia, dua corginya turut dibawa ke pemakamannya. Tahukah kalian bahwa Queen Elizabeth berhasil menemukan anjing ras baru? Anjing dengan ras dorgi adalah hasil ciptaan dari Queen Elizabeth. Dorgi adalah campuran anjing corgi dengan dachsund.

7. King Charles Tidak Menekan Pasta Giginya Sendiri

pasta gigi

Menyikat gigi menjadi kewajiban karena dengan rutin sikat gigi akan membuat kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. The Royal British Family juga melakukan ritual tersebut setiap pagi. Raja, ratu, pangeran, dan putri Inggris, membersihkan giginya setiap pagi. Tapi ternyata ada satu hal unik mengenai ritual sikat gigi dari King Charles.

Yang namanya menyikat gigi pastinya membutuhkan sikat gigi dan juga pasta gigi. Pasta gigi ditekan dan dioleskan ke sikat gigi baru kita bisa menyikat gigi. King Charles ini agak berbeda ketika menyikat gigi. Masih menggunakan sikat gigi dan pasta gigi, hanya saja pasta giginya ditekan oleh asistennya. Yang dengan kata lain, sikat gigi King Charles disiapkan oleh asisten atau pembantu. King Charles tidak pernah menekan pasta giginya sendiri.

6. Gaun Pernikahan Princess Diana Dihiasi 10.000 Mutiara

princess diana wedding dress

Princess Diana memang sudah meninggal dunia. Dan setelah ia meninggal dunia, muncul banyak konspirasi terkait kematian sang princess. Tapi kita tidak akan membahas tentang konspirasi terkait kematian Princess Diana. TahuPedia akan menarik mundur jauh ke belakang pada saat Princess Diana menikah dengan Pangeran Charles.

Saat itu King Charles masih bergelar sebagai Prince, ia menikah dengan Princess Diana pada 29 Juli 1981. Pernikahan dirayakan semeriah mungkin mengingat ini adalah pernikahan yang melibatkan Keluarga Kerajaan. Gaun pengantin yang dikenakan oleh Princess Diana dibuat secara khusus. Gaun tersebut dihias sebanyak 10.000 mutiara dan memiliki panjang 7,5 meter.

5. Keluarga Kerajaan Inggris Tidak Memiliki Paspor

paspor

Ketika kalian mau bepergian ke luar negeri pasti membutuhkan yang namanya paspor dan visa. Kalau bepergian masih dalam lingkup dalam negeri, tidak membutuhkan paspor. Untuk membuat paspor diperlukan beberapa dokumen yang harus dilengkapi untuk bisa paspor dikeluarkan. Untuk mereka yang sibuk, bisa menggunakan jasa untuk membuat paspor.

Keluarga Kerajaan Inggris juga sama seperti kita, suka bepergian ke luar negeri. Hanya bedanya, mereka tidak membutuhkan paspor sama sekali. Tanpa adanya paspor membuat Keluarga Kerajaan Inggris bisa bebas pergi ke mana saja. Anggota Keluarga Kerajaan Inggris hanya memerlukan nama lengkap, usia, alamat, kebangsaan, gender, dan tanggal lahir saat tiba di suatu negara.

4. Tidak Diperbolehkan Menyentuh Anggota Keluarga Kerajaan

tak boleh disentuh

Menjadi anggota Keluarga Kerajaan Inggris itu tidak melulu mendapat yang enak-enak saja. Ada banyak aturan ketat yang harus ditaati. Jika melakukan pelanggaran yang dianggap fatal, ada kemungkinan kehilangan statusnya di kerajaan. Dari sekian banyak aturan tersebut, ada satu aturan yang melarang anggota kerajaan disentuh oleh orang biasa.

Hanya mereka yang memiliki darah bangsawan atau berasal dari kerajaan lain yang diperbolehkan untuk menyentuh anggota Keluarga Kerajaan Inggris. Tapi aturan tersebut hanya berlaku di zaman dulu. Sekarang ini aturan tersebut dianggap usang dan mulai ditinggalkan. Apalagi di tahun 2009, Queen Elizabeth bertemu dengan Michelle Obama yang menjabat sebagai istri presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Michelle Obama pada saat itu tidak hanya menyentuh tapi juga memeluk Queen Elizabeth. 

3. Keluarga Kerajaan Inggris Tidak Terlibat Dengan Politik

polithics

Monarki adalah salah satu sistem pemerintahan yang mana negara tersebut dipimpin oleh raja atau ratu. Suara yang dikeluarkan oleh raja atau ratu adalah mutlak. Beberapa negara yang menganut monarki adalah Brunei, Oman, Saudi Arabia, dan Thailand. Inggris juga menganut sistem monarki, tapi ada beda dengan negara monarki lain.

Perbedaan sistem monarki di Inggris terletak di posisi The Royal British Family di pemerintahan, Meski termasuk dalam The Royal British Family, mereka tidak memiliki peran dalam dunia perpolitikan Inggris. Orang yang berhak menentukan kebijakan di Inggris adalah Perdana Menteri. The Royal British Family hanya keluarga bangsawan yang dihormati dan tetap diperbolehkan melakukan voting. 

2. Keluarga Kerajaan Dilarang Memberikan Tanda Tangan

autographs

Semua orang pasti memiliki tanda tangan. Jika belum, mereka harus melatih untuk memberikan tanda tangan. Tanda tangan adalah salah satu hal sangat penting yang digunakan dalam kondisi penting. Misalnya saat membuka rekening, membuat paspor, menanda tangani dokumen penting dan lain sebagainya. Anggota Keluarga Kerajaan Inggris juga bisa melakukan tanda tangan tapi tidak diperbolehkan untuk melakukannya.

Semua anggota Keluarga Kerajaan dilarang untuk memberikan tanda tangan. Mau itu raja, ratu, putri, dan pangeran, semuanya tidak diperbolehkan untuk memberikan tanda tangannya. Pihak kerajaan takut bahwa jika ada anggota Keluarga Kerajaan memberikan tanda tangan, tanda tangan tersebut akan ditiru oleh orang untuk melakukan tindakan kriminal.

1. Raja dan Ratu Inggris Merayakan Ulang Tahun 2 kali Dalam Setahun

birthday

Orang biasa memiliki hari ulang tahun hanya 1 kali. Ya kalau dipikir secara logika memang harusnya demikian karena orang lahir cuma satu kali. Tapi ketika membahas tentang Keluarga Kerajaan Inggris, karena mereka adalah keluarga yang spesial, maka mereka mendapat perlakuan yang spesial juga. Perlu kalian tahu bahwa raja dan ratu Inggris memiliki 2 hari ulang tahun.

King Charles dan Queen Elizabeth memiliki 2 ulang tahun. Tak ada asap jika tak ada api, pasti ada alasan kenapa raja dan ratu Inggris memiliki 2 ulang tahun. Hari ulang tahun yang resmi atau asli dari raja dan ratu Inggris dirayakan secara private bersama dengan anggota keluarga yang lain. Lalu yang kedua dirayakan di bulan November. Alasannya agar saat ulang tahun bisa diadakan parade keliling kota.

Kenapa November, karena November iklimnya lebih hangat. Daripada diadakan sesuai dengan tanggal lahir resmi raja dan ratu, itu jatuhnya tepat saat musim dingin.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas