home -> Unik -> 10 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Hewan Panda
23 Maret 2023 21:15

10 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Hewan Panda

Oleh serba_tahu dalam Unik pada March 04, 2023

Siapa sih yang tak kenal dengan hewan lucu bernama panda? Panda adalah salah satu hewan asli dari Cina. Hewan satu ini populer karena karakteristiknya yang lucu. Besar, berwarna putih-hitam. dan gemar makan. Untuk tingkah lucunya seperti apa, kalian bisa melihatnya di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan juga Youtube. Kalau kalian mengaku suka pada panda, seharusnya kalian juga akan tertarik dengan sejumlah fakta unik dan menarik tentang hewan ini. Inilah dia 10 fakta unik dan menarik mengenai panda yang wajib kamu ketahui.

10. Warna Hitam-Putih Untuk Kamuflase 

warna

Seperti yang semua bisa lihat, panda memiliki warna yang unik yaitu kombinasi warna hitam-putih. Bagian hitam ada di kedua tangan, kaki, telinga, dan juga mata. Sisanya berwarna putih. Sepertinya memang sudah cocok saja wanr hitam-putih ini pada panda. Tapi warna ini bukannya tak ada maksud, ada manfaatnya untuk panda.

Warna hitam-putih pada panda disesuaikan dengan habitat tempat tinggalnya yang ada di daerah bersalju. Warna putihnya bisa membantu kamuflase panda di salju. Sedangkan warna hitamnya membantu mereka bersembunyi di bawah bayangan dari objek yang besar. Warna hitam-putih ini membantu panda berkamuflase dan menghindar dari serangan predator seperti serigala dan leopard.

9. Sangat Protektif Terhadap Anaknya

protective

Mungkin banyak di antara kalian yang menganggap bahwa hewan adalah hewan yang tidak punya hati nurani, hanya hidup berdasarkan insting. Mungkin ada benarnya, jika di momen terdesak, hewan bisa meninggalkan kelompok atau keluarganya untuk menyelamatkan diri sendiri. Tapi masih ada juga hewan yang perduli dengan kelompok dan keluarganya. Panda adalah salah satu contohnya.

Panda dikenal sebagai salah satu hewan yang sangat perduli pada anak-anaknya. Ketika anak panda lahir, induk panda akan menjaga anaknya tersebut dengan sangat baik. Induk panda akan sangat protektif pada anaknya, memberi susu dan memeluknya dengan dua tangannya dengan erat. Induk panda akan menjaga anaknya dengan hati setidaknya untuk kurun waktu 18 bulan.

8. Jago Berenang dan Memanjat Pohon

jago berenang

Melihat perilaku panda pastinya semua orang setuju bahwa binatang ini sangat lucu. Dikenal sebagai binatang yang malas karena hobinya hanya makan dan main, memunculkan anggapan bahwa panda ini adalah hewan yang pemalas. Mana mungkin panda bisa berenang apalagi memanjat pohon. Ternyata anggapan bahwa panda tidak bisa berenang dan memanjat pohon adalah anggapan yang salah.

Panda adalah hewan yang jago berenang dan juga memanjat pohon. Ketika usia panda mencapai 5 bulan, anak-anak panda mulai belajar bagaimana cara memanjat pohon dan berenang, Tentu dengan melihat bagaimana induk dan panda lain ketika berenang dan memanjat pohon. Semakin dewasa, semakin bisa mereka hidup independen dan mencari makan sendiri di air dan juga di pohon.

7. Makan, Makan, dan Makan

makan

Jika orang tua perduli dengan kesehatan anaknya, biasanya orang tua akan memperingatkan anaknya ketika sudah terlalu banyak makan dan malas bergerak. Orang tua memperingatkan bahwa kalau terus makan tapi malas olahraga nanti bisa jadi gemuk seperti panda. Panda memang diketahui sebagai hewan yang hobi makan.

Makanan yang biasa dimakan oleh panda adalah bambu. Perlu kalian ketahui bahwa panda menghabiskan kesehariannya dengan makan. Dalam satu hari, panda menghabiskan waktu sekitar 10-16 jam hanya untuk makan. Selama perutnya masih bisa diisi oleh makanan, panda akan terus makan. Total bambu yang bisa dimakan oleh panda dalam sehari bisa mencapai 12 kg.

6. Omnivora

omnivore

Masih berkaitan dengan hobi makan dari panda, orang pada umumnya hanya tahu bahwa makanan yang dimakan oleh panda hanya bambu saja. Panda adalah hewan omnivora yang berarti mereka adalah hewan yang memakan segalanya. Karena memang panda selalu dilihat memakan bambu yang membuat orang berasumsi bahwa hewan ini tidak suka daging.

Panda ternyata ada makan daging, hanya saja jarang kita lihat. Sebagai hewan omnivora, kira-kira daging apa yang termasuk dalam menu diet dari panda? Panda bisa makan telur dan hewan kecil lain seperti ikan. Panda juga bisa makan buah-buahan seperti pumpkin, makanan babi, dan gandum. Jika dihitung secara persen, 99% menu makan panda adalah tumbuhan, sisanya bisa makan bebas.

5. Pencernaan Yang Sangat Lancar

pencernaan

Melihat hewan yang suka makan, akan memunculkan pertanyaan seperti apa pencernaan mereka? Seberapa sering mereka buang air? Berbicara soal panda, hewan lucu ini dikenal sebagai hewan yang suka makan. Sehari-harinya panda dihabiskan untuk makan, makan, dan makan. Fakta unik mengenai panda, ternyata pencernaan panda sangat lancar.

Kita semua pernah mendengar bahwa kalau mau pencernaan bagus harus rajin makan serat yang mana bisa diperoleh dari sayuran. 99% menu diet dari panda adalah vegetarian yang mana favoritnya adalah bambu, Pencernaan panda sangat lancar, dia bisa buang air besar sebanyak 40 kali dalam sehari. Kotoran panda ternyata ada manfaatnya loh.

Kalau kalian tahu, ada satu jenis teh yang terbuat dari kotoran panda. Teh ini dinamakan panda tea atau panda dung tea. Diproduksi di Ya'an Mountain, di daerah Sichuan, Cina. Kotoran panda dikumpulkan lalu difertilisasi sehingga menjadi teh.

4. Tidak Melakukan Hibernasi

hibernasi

Apakah kalian tahu bahwa panda termasuk dalam golongan beruang? Salah satu karakteristik dari beruang, beruang akan makan dalam jumlah yang banyak sebelum akhirnya mereka tidur panjang ketika musim dingin tiba. Tidur panjang yang dilakukan oleh beruang dinamakan dengan hibernasi. Meski panda termasuk dalam golongan beruang, panda tidak hibernasi.

Seperti biasa, panda akan mencari makanan yang bisa mereka makan. Mereka akan terus makan sampai kenyang. Ketika musim dingin tiba, panda tidak akan mencari tempat yang aman untuk tidur panjang atau hibernasi. Yang panda lakukan adalah mereka akan berpindah dari tempat yang dingin ke tempat yang lebih hangat. Mereka tidak tidur dan tetap makan bambu.

3. Rentan Punah

status

Panda sempat memasuki menyedihkan beberapa tahun yang lalu. Statusnya pernah menjadi endangered alias terancaman bahaya karena populasinya terus berkurang. Ada 3 penyebab utama kenapa populasi panda berkurang. Pertama karena sifat panda yang malas kawin, habitat yang rusak sehingga populasi bambu semakin berkurang, dan terakhir karena perdagangan ilegal.

Karena status panda yang terancam bahaya, pemerintah Cina melakukan usaha keras untuk meningkatkan kembali populasi panda. Usaha tersebut berhasil, di tahun 2016, status panda yang dari endangered naik jadi vulnerable. Masih belum mencapai target aman, setidaknya ada perkembangan untuk menjaga dan meningkatkan populasi panda.

2. Memiliki 6 Jari

6 jari

Berbicara mengenai hewan panda memang tidak akan habis dan bosan. Hewan lucu berbulu ini memiliki tingkah yang lucu dan banyak hal unik dan menarik yang bisa digali dari mereka. Salah satunya adalah dari anatomi tubuh. Tahukah kamu bahwa panda memiliki 6 jari? Kelebihan jari satu ini ternyata ada manfaatnya bagi panda.

Kalau manusia memiliki 5 jari yang terdiri dari jari kelingking, manis, tengah, telunjuk, dan ibu jari. Ibu jari mememiliki fungsi yang besar karena tanpa ibu jari, maka manusia akan kehilangan sebagian besar kemampuan tangannya. Pada panda, bonus 1 jari ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan ibu jari pada manusia. Jari ke-6 sebenarnya adalah tulang pergelangan panda yang tidak biasa yang menonjol. Fungsinya untuk membantu panda memegang makanan.

1. Giant Panda Berbeda Dengan Red Panda

giant panda red panda

Nama panda ternyata bukan ekslusif milik panda saja. Panda memiliki nama asli giant panda, tapi ada juga hewan lain yang ada kata panda. Hewan yang dimaksud adalah red panda. Jika giant panda memiliki warna kombinasi hitam-putih, red panda memiliki warna tubuh yang sesuai dengan namanya yakni merah.

Sama-sama lucu memang, red panda memiliki ukuran yang mirip seperti kucing dan banyak ditemukan di Pegunugan Himalaya Timur. Karakteristiknya memiiki bulu panjang berwarna merah, ekor panjang berbulu, mirip seperti tupai tapi lebih besar. Menu makan dari red panda juga sama seperti giant panda yakni bambu.

Meski sama-sama lucu dan ada unsur panda, mereka berdua tidak berasal dari family yang sama. Giant panda termasuk dalam family Ursidae sedangkan red panda berasal dari Ailuridae. Kalau giant panda termasuk golongan beruang, red panda yang bisa dikatakan benar-benar pantas dikatakan sebagai panda. Memiliki nama yang hampir hanya karena mereka memiliki karakter wajah yang sama dan sama-sama suka bambu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas