home -> Lainnya -> Tips Tetap Sehat Walau Kerja Shift Malam
16 Juli 2019 21:28

Tips Tetap Sehat Walau Kerja Shift Malam

Oleh admin dalam Lainnya pada November 27, 2013

Bekerja pada shift malam terkadang harus dihadapi beberapa orang dan dapat berdampak negatif bagi tubuh mereka.  Berikut tips tetap sehat dan fit bagi para pekerja shift ketiga atau jam malam yang harus dihadapi dalam tuntutan pekerjaan mereka.

Biasakan diri lebih awal

Adapatasikan Diri Anda

Jika Anda memiliki kesempatan, cobalah untuk membiasakan diri Anda terlebih dahulu dengan shift jam malam tersebut. Sebagai contoh jika Anda tahu shift malam Anda adalah pada hari senin maka lakukan perubahan pada untuk beradaptasi pada hari Sabtu dan Minggu. Lihatlah berapa lama waktu Anda berada di jalan untuk pergi ke kantor pada jam tersebut, biasakan diri Anda untuk bangun mengikuti shift malam tersebut dan seterusnya.

Pastikan tidur nyenyak dan tidur cukup

Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tentunya salah satu tantangan utama bekerja di shift malam adalah waktu tidur. Berbeda dari umumnya, Anda akan bangun di saat matahari terbenam dan pulang di saat matahari terbit. Buatlah Anda mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak sebelum Anda bekerja pada shift ketiga tersebut. 

Untuk mendapatkan hal tersebut adalah buat ruangan gelap, atur alarm Anda, usahakan jam tidur Anda sama dengan jam tidur Anda di shift umumnya, dan hindari menekan tombol snooze. Intinya adalah usahakan tidur Anda menyamai kondisi tidur pada hari-hari umumnya.

Jika ternyata Anda masih mengalami kesulitan membiasakan diri Anda untuk tidur, maka ada kemungkinan masalah medis terjadi. Hal ini dikenal dengan Shift Work Sleep Disorderyakni sebuah kondisi dimana tubuh Anda tidak bisa beradaptasi karena perubahan jam kerja yang berbeda dari umumnya. Perlu diketahui bahwa kondisi ini dapat bersifat permanen.

Makan secara teratur dan hindari makan sebelum tidur

Makan Teratur

Kebanyakan orang yang bekerja shift malam pada akhirnya tidak dapat mengatur jam makan dan makanan mereka sendiri. Ini karena pada jam tersebut sangatlah susah untuk mencari makanan seperti sarapan pada shift pagi dan makanan yang tersedia biasanya adalah makanan yang harus dihindari seperti makanan cepat saji contohnya. Ditambah lagi dengan situasi bahwa selalu bergadang dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes.

Untuk mengantisipasi ini, cara terbaik adalah menyiapkan bekal atau makanan Anda sendiri yang tentunya lebih hemat dan makanan yang lebih baik. Namun jika hal ini tidak bisa dilakukan maka cobalah untuk mencari makanan yang sehat serta mengantisipasinya dengan menyiapkan makanan sebelum Anda tidur.

Cobalah untuk menghindari makan sebelum tidur karena jika Anda makan sebelum tidur makan tubuh Anda akan mengalami kesulitan mencerna makan tersebut, ini akan mengakibatkan tidur Anda tidak nyenyak serta dapat membuat Anda gendut.

Jika bisa, hindari kafein namun tetap jangan lupa minum air

Hindari Kafein

Jika sudah terkait kafein, bagi beberapa orang ini adalah hal yang sangat sulit. Beberapa dokter bahkan akan memberitahukan Anda untuk berhenti meminumnya, tapi yang namanya shift malam sering sekali terkait dengan kopi atau teh, dan beberapa orang sudah sangat terbiasa akan hal itu. Semua ini sebenarnya sangat bergantung kepada diri Anda sendiri, jika Anda adalah penggemar hal ini maka aturlah sendiri jumlah dan kapan waktu terbaik untuk meminum kopi atau teh tersebut dengan memperhitungkan shift malam Anda.

Jangan lupa untuk minum air sebanyak mungkin karena dehidrasi dapat mengarah ke kram serta sakit kepala. Hal ini malah akan mengakibatkan bekerja menjadi tidak nyaman.

Jangan lupakan olahraga

Olahraga Rutin

Tentu daftar terkait kesehatan tidak akan lengkap tanpa adanya tips olahraga. Namun memiliki shift kerja malam ada sisi menguntungkannya karena selagi yang lain sedang bekerja Anda bisa bebas berolahraga dan suasana gym-pun kemungkinan besar sepi. Olahraga adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tidur nyenyak dan salah satu kunci kesehatan tentunya. 

--

Sekilas mungkin terlihat semua tips di atas adalah tips-tips umum yang juga dapat diterapkan untuk semua shift, hal ini karena tips di atas juga berguna sebagai pengingat bahwa walaupun Anda bekerja shift malam jangan lupakan kebiasaan hidup sehat. Tips ini juga berguna sebagai informasi untuk membiasakan diri Anda terhadap shift malam.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas