home -> Unik -> 10 Pedang Misterius Paling Terkenal Dalam Sejarah ...
26 April 2017 13:04

10 Pedang Misterius Paling Terkenal Dalam Sejarah dan Legenda

Oleh admin dalam Unik pada November 22, 2013

Sebuah pedang dapat sangat terkenal dan disebut mematikan karena kisah misterius di belakangnya, baik dalam sejarah maupun legenda fiksi. Kisah-kisah ini sangatlah mengagumkan sampai pada batas sulit dipercaya namun hal inilah yang membuat mereka dikenal dunia. Berikut 10 pedang misterius paling terkenal dalam sejarah dan legenda dunia.

10. The Glory of Ten Powers

Cool Looking Sword
Gambar di atas hanyalah ilustrasi

Pedang Glory of Ten Powers adalah pedang legenda Cina yang dikatakan dibuat oleh sepasang suami istri penyihir dari Tibet. Cinta pasangan ini membuat pedang ini dimasuki roh agung dan mendapatkan kekuatan untuk melindungi pemiliknya melawan kekuatan apapun khususnya magis. Pada akhirnya pedang ini diambil dan dibakar dan dibentuk menjadi sebuah jimat magis.

Diceritakan jimat itu dimiliki oleh Hua Tuo, seorang tabib atau dokter legendaris yang hidup di Cina saat Zaman Tiga Kerajaan. Jimat ini sering disandingkan dengan kekuatan Excalibur Raja Arthur dari Inggris dan sama halnya seperti Excalibur, tidak ada yang tahu kebenaran dari pedang The Glory of Ten Powers ini.

9. Pedang Gram

Pedang Gram
Gambar di atas hanyalah ilustrasi

Menurut mitologi Norwegia, Odin, sebagai Ayah dari Para Dewa, menancapkan sebuah pedang ke pohon Barnstokkr dan mengatakan barang siapa yang menarik pedang ini akan mendapatkan hadiah. Hanya Sigmund, pahlawan dalam mitologi Norwegia, yang berhasil melakukannya.

Di kemudian hari, dalam sebuah pertempuran Sigmund melawan kakek tua yang ternyata adalah Odin. Odin kemudian menghancurkan pedang tersebut menjadi berbagai pecahan dan akhirnya Sigmund-pun terbunuh oleh lawan-lawannya. Menjelang kematiannya, ia memberitahukan istrinya bahwa anaknya akan menciptakan sebuah pedang dari pecahan-pecahan tersebut.

Ramalan tersebut menjadi nyata, anaknya, Sigurd, berhasil menciptakan sebuah pedang dengan gagang, pelindung dari perak yang dihiasi dengan berbagai detail emas 24 karat, pedang itu diberi nama Gram Sword. Dengan pedang inilah Sigurd dikisahkan berhasil membunuh seekor naga bernama Fafnir dan akhirnya pedang ini dikenal dengan nama Balmung. Namun mitologi adalah mitologi dan pedang ini tidak terbukti kebenarannya, namun sering muncul dalam berbagai media.

8. Pedang Wallace

Pedang William Wallace

Wallace Sword atau Pedang Wallace sangatlah terkenal karena kemunculannya dalam film Mel Gibson, Braveheart. Tidak hanya itu saja, pedang ini sendiri dapat dilihat secara nyata pada museum nasional Wallace Monument, walaupun sudah mengalami perubahan dari bentuk aslinya.

William Wallace sendiri merupakan seorang pahlawan nasional dalam kemerdekaan Skotlandia melawan Inggris dan dalam pertempurannya, Wallace menggunakan pedang ini. Salah satu hal yang menyebabkan pedang ini misterius adalah sarungnya, dikatakan bahwa sarung pedang Wallace ini seperti Frankenstein, yang dibentuk dari berbagai bahan mengerikan. Dimulai dari daging seorang bendahara Scotlandia sampai kulitnya, bahkan Raja James IV mengubah pedang ini karena dikatakan pedang kualitas tinggi ini tidak cocok dengan aksesoris yang mengitarinya.

7. Pedang Tujuh Cabang (Seven Branched Sword)

Seven Branched Sword

Pada 1945, sebuah pedang misterius ditemukan di Kuil Isonokami, Jepang. Pedang itu memiliki bentuk yang sangat aneh, 6 cabang di sisi dan ujungnya sebagai cabang ketujuh. Pedang ini sendiri memiliki tulisan yang terukir sepanjang tubuhnya, sayangnya kondisinya sudah sangat buruk. Pedang ini masih dapat dilihat di Kuil Isonokami, Prefektur Nara, Jepang.

Yang dapat diketahui dari tulisan itu adalah pedang ini dibuat dari baja yang dikeraskan 100 kali, dengan pedang ini akan mengalahkan 100 tentara, dan cocok untuk raja yang bijak. Pedang ini merupakan bukti nyata dari keberadaan Permaisuri Jingu, Permaisuri yang berkuasa pada tahun 201 dan dikatakan membawa kemenangan melawan Korea. Tidak ada yang tahu apa maksud jelas dari bentuk unik pedang ini.

6. Kusanagi

Kusanagi Sword
Gambar di atas hanyalah ilustrasi

Pernah mendengar kisah Yamata no Orochi, yakni ular berkepala depalan? Pedang Kusanagi ini dikatakan adalah pedang yang lahir dari salah satu kepala mahluk legendaris tersebut dan ironisnya juga pedang yang membunuh mahluk ini. Dalam legenda diceritakan bahwa pedang ini memiliki kekuatan mistis yang dapat mengendalikan angin.

Walaupun dikatakan pedang ini ada di Kuil Atsuta, Prefektur Nagano, Jepang, dan sampai sekarang belum ada yang pernah melihat kemunculannya selama berabad-abad jadi banyak yang mengatakan ini semua hanyalah cerita palsu dan fiksi.

5. Zulfiqar

Zulfiqar Sword
Gambar di atas hanyalah ilustrasi

Zulfiqar atau Dhu al-Fiqar adalah pedang yang sangat terkenal dalam sejarah islamik dan pada awalnya merupakan kepemilikan Nabi Muhammad. Nabi Muhammad kemudian memberikan pedang ini ke Syaidina Ali dan mengatakn "Tidak ada pahlawan seperti Syaidina Ali dan tidak ada pedang kecuali Zulfiqar." Pedang ini masih dapat dilihat hingga hari ini dan disimpan atas nama Imam Muhammad al-Mahdi.

Syaidina Ali kemudian menggunakan pedang ini dalam banyak perperangan yang salah satunya adalah melawan Amr ibn Abdawud, yang kekuatannya dapat dibandingkan dengan seribu prajurit. Walaupun begitu Ali membunuhnya hanya dengan 1 tebasan yang membuat Amr ibn Abdawud dan perisainya terbelah dua.

4. Pedang Terkutuk Muramasa

Muramasa Cursed Sword
Gambar di atas hanyalah ilustrasi

Berdasarkan legenda, Sengo Muramasa adalah pembuat pedang dari Jepang kuno yang berdoa agar pedangnya dapat menjadi "penghancur nomor satu." Karena perdangnya yang memiliki kualitas sangat tinggi, Para Dewa mengabulkan keinginannya dan membuat pedang-pedang Muramasa dirasuki roh yang haus darah.

Dikatakan begitu pedang ini dikeluarkan dari sarungnya maka setidaknya ia harus mencicipi darah dan jika tidak maka akan membuat pemiliknya menjadi gila dan berubah menjadi pembunuh yang akhirnya bunuh diri. Banyak sekali kisah yang mengatakan pemilik pedang Muramasa dirasuki roh haus darah ini. Pedang Muramasa sendiri juga sering muncul dalam kebudayaan modern dalam kisah literatur dan berbagai media lainnya sebagai pedang yang sangat mematikan.

3. The Sword of Goujian

Sword of Goujian

Sebuah pedang luar biasa ditemukan di Cina pada tahun 1965. Walaupun sudah berumur lebih dari 2.000 (dua ribu) tahun, tidak ada tanda karat sedikitpun pada pedang ini. Bahkan pedang ini masih sangat berkualitas tinggi dimana hana dengan satu sentuhan seorang peneliti jarinya langsung terluka. Ini benar-benar misteri, bagaimana mungkin pedang ini dapat bertahan selama dua ribu tahun dan masih dapat memiliki kualitas serta detail kualitas tinggi.

Studi lebih lanjut menemukan ternyata merupakan kepemilikan dari Raja Yue, Goujian, dan dipercaya adalah pedang legenda dalam sejarah Yue. Dikatakan pedang ini sangat luar biasa dan merupakan upaya gabungan antara Surga dan Bumi. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa ternyata pedang ini memiliki bahan kimia anti karat dan sarungnya mencegah adanya udara yang masuk membuat pedag ini tetap dalam kualitas tertingginya.

2. Pedang di Batu (The Sword in The Stone)

Excalibur Sword in the Stone
Gambar di atas hanyalah ilustrasi

Beberapa menyebut pedang ini sebagai Excalibur, beberapa lainnya menyebut Excalibur dan Pedang di batu ini merupakan kedua hal yang berbeda. Legenda mengatakan siapapun yang berhasil menarik pedang ini dari batunya dapat menguasai Inggris. Tidak ada yang berhasil melakukan hal tersebut kecuali satu orang yaitu Raja Arthur. Begitu ia berhasil menarik pedang ini dari batunya dikisahkan langit menjadi cerah dan keajaiban terjadi di Inggris.

Hal ini terkesan sangatlah fiksi dan mitos, namun ternyata ada sebuah bukti yang menunjukkan bahwa pedang ini ternyata nyata. Dalam sebuah gereja di Monte Siepi, Itali, ada sebuah pedang kuno yang tertancap ke batu dan dikatakan merupakan awal mula dari legenda ini.

Pedang di Itali tersebut dikatakan merupakan kepemilikan Pendeta Galgano di abad ke-12 dimana suatu hari Malaikat Michael memintanya bertobat. Galgano mengatakan hal itu sangatlah sulit seperti membelah batu dan mencoba membuktikannya dengan berusaha membelah batu terdekat dengan pedangnya. Legenda mengatakan pedangnya menancap ke batu tersebut seakan-akan batu tersebut adalah mentega. Namun tidak ada yang tahu apakah pedang di Itali ini benar-benar merupakan pedang Galgano tersebut.

1. Honjo Masamune

Honjo Masamune Sword

Jika pedang ciptaan Sengo Muramasa disebut sebagai pedang terkutuk yang akan membelah segalanya, maka pedang ciptaan Goro Masamune adalah kebalikannya. Pedang Muramasa dan Masamune sering dibandingkan kualitasnya dan beberapa sumber mengatakan Muramasa adalah murid dari Masamune.

Dalam legenda dikatakan Masamune dan Muramasa bersaing untuk membuktikan kualitas pedang mereka dengan menancapkan masing-masing pedang mereka ke dalam sungai, pedang milik Muramasa akan memotong apapun menjadi dua dimulai dari ikan yang berenang ke arah pedang itu, daun yang mengalir, hingga udara. Sedangkan pedang Masamune menolak memotong apapun ikan akan berenang mengitari pedang, daun akan bergeser melewati pedang dan udara akan mengitari pedang tersebut. Inilah yang menjadi cikal bakal pedang Masamune disebut pedang kebaikan dan pedang Muramasa adalah pedang iblis yang mematikan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas