home -> Lainnya -> 10 Dokter Paling Kejam Di Dunia
08 Februari 2023 21:15

10 Dokter Paling Kejam Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 25, 2023

Dokter adalah salah satu pekerjaan mulia yang ada di dunia ini. Kenapa? Karena dokter memiliki tugas untuk menyembuhkan orang yang sakit. Ketika kalian sakit, tidak tahu penyebabnya apa, dan lama tak sembuh, pasti kalian akan lari pada dokter. Kalian akan rela mengeluarkan berapa pun uang untuk bisa sembuh kembali. Tapi tentu yang kalian ingin datangi adalah dokter yang memang dokter asli dan ahli dalam bidangnya. Kalau datang ke dokter yang salah, bukan cuma penyakit yang tidak sembuh, kalian malah bisa saja mengalami malprakter. Dari sekian banyak dokter yang ada dalam sejarah, tercatat ada 10 di antaranya yang bukan dokter baik-baik alias dokter jahat dan psikopat. Bukannya menyembuhkan pasien, dokter ini malah melakukan percobaan mengerikan dan bahkan ada yang membunuh pasiennya. Kalian pasti tidak mau kalau sakit sampai dirawat oleh dokter ini.

10. Harold Shipman

harold shipman

Ketika sakit dan pergi ke dokter, harapannya adalah untuk bisa sembuh dari sakit. Itu bisa terjadi kalau kalian datang ke dokter yang tepat. Kalau kalian datang ke dokter bernama Harold Shipman, kalian bukan hanya sembuh tapi juga meninggal dunia. Mayoritas pasien yang ditangani oleh pria asal Birmingham ini dipastikan meninggal dunia.

Karena tingginya persentase pasien yang meninggal dunia ketika ditangani oleh Harold Shipman, memunculkan kecurigaan pada dirinya. Terutama Linda Reynolds yang seorang dokter bedah di Hyde. Sampai akhirnya kecurigaan terbukti ketika pasien terakhirnya yang bernama Kathleen Grundy meninggal dunia. Polisi pun segera menangkap Shipman.

Di pengadilan, Shipman divonis bersalah atas kematian sebanyak 15 orang. Tapi ada dugaan yang mengatakan bahwa korban Shipman mencapai 250 orang. Shipman ditemukan bunuh diri di dalam penjara ketika merayakan ulang tahunnya ke-58 tahun.

9. Walter Freeman

walter freeman

Pernahkah kalian mendengar istilah kesehatan lobotomi? Lobotomi adalah tindakan pembedahan otak yang pertama kali diperkenalkan oleh Antonio Egas Moniz. Moniz adalah seorang ahli saraf asal Portugal. Metode pembedahan ini ditujukan untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa seperti skizofrenia, depresi, gangguan bipolar, dan PTSD (Post-traumatic stress disorder). 

Di Amerika terdapat seorang dokter bernama Walter Freeman. Dokter ini adalah salah satu dokter paling kejam yang pernah hidup di dunia dan memiliki spesialisasi dalam hal lobotomi. Pasien yang ditangani oleh Walter Freeman mayoritas meninggal dunia karena metode lobotominya. Ketika melakukan lobotomi, Walter Freeman menggunakan pemecah es dan dipalu ke sudut mata. Hal ini dilakukan untuk memutus koneksi ke korteks prefrontal.

Ketika melakukannya, Walter Freeman tidak menggunakan yang namanya obat bius atau anestesi. Walter Freeman diketahui telah melakukan metode lobotomi ini sebanyak 4000 kali dalam kurun waktu lebih dari 4 dekade. Lebih dari 100 pasien meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami masalah dengan fisik dan juga mental selama hidupnya. Izin melakukan lobotomi Freeman dicabut dan ia tinggal di California, membuka klinik secara biasa.

Freeman meninggal dunia karena mengalami komplikasi setelah menjalani operasi kanker pada 31 Mei 1972.

8. John Bodkin Adams

john bodkin adams

Ada satu dokter asal Inggris yang terkenal karena kegilaannya, dokter tersebut bernama John Bodkin Adams. Jika dokter diharapkan untuk bisa menyembuhkan pasiennya sebanyak mungkin, John Bodkin Adams malah melakukan hal sebaliknya. Lebih dari ratusan pasien meninggal dunia karena ditangani oleh Adams.

John Bodkin Adams beroperasi sebagai dokter dalam kurun waktu 1946 sampai 1956. Sebanyak 160 pasien meninggal dunia karena malpraktik yang ia lakukan. Dan kebanyakan yang meninggal adalah mereka yang sudah berusia tua. John Bodkin Adams sangat bisa meyakinkan pasiennya untuk membayar uang dalam jumlah besar dan memberikan harta benda untuknya sebagai bayaran.

Meski ia berhasil dibawa ke pengadilan, John Bodkin Adams tidak terbukti bersalah. Karenanya, ia terus melanjutkan praktiknya sampai ia tutup usia pada 4 Juli 1983.

7. Arnfinn Nesset

arnfinn nesset

Bukan perawat sembarangan melainkan perawat sekaligus pembunuh berantai. Di adalah Arnfinn Nesset, seorang perawat asal Norwegia yang divonis bersalah atas kematian 22 pasien. Ia lahir pada 25 Oktober 1936 dan aksi kriminalnya terjadi dalam rentang tahun 1981 sampai 1983. Di masa ia beraksi inilah, ia membunuh sebanyak 22 orang.

Sebenarnya Arnfinn Nesset memang belajar untuk menjadi seorang dokter, tapi akhirnya ia memilih untuk menjadi perawat. Sebanyak 22 pasien yang meninggal dunia tersebut mati karena disuntukan curacit. Curacit adalah sebuah obat yang bisa membuat otot menjadi rileks. Kalau digunakan melebihi dosis, kematian adalah hal yang pasti terjadi.

Arnfinn Nesset ini sulit dibuktikan bersalah karena curacit ini adalah obat yang sulit dilacak ketika sudah masuk ke dalam tubuh. Investigasi yang dilakukan membutuhkan waktu selama 2 tahun sampai akhirnya dia divonis bersalah. Arnfinn dihukum kurungan penjara selama 21 tahun yang mana merupakan hukuman penjara maksimum di Norwegia. Di tahun 2004 ia bebas dan tinggal di suatu tempat di Norwegia dengan identitas baru.

6. Michael Swango

michael swango

Ketertarikan Michael Swango dengan kematian sangatlah besar. Ketertarikan ini sudah muncul ketika ia belajar di Southern Illinois University Medical School. Pemilik nama lengkap Michael Joseph Swango ini adalah salah satu pembunuh berdarah dingin terkenal di Amerika. Diketahui ia meracuni sebanyak 60 pasien dan kolega.

Ketika ia hampir dikeluarkan dari kampus, ia berhasil lulus dan mendapatkan pekerjaan di Ohio State University Medical Center. Di sanalah Michael Swango beraksi, banyak pasien sehat yang dibuat meninggal dunia ketika ditangani oleh Swango. Meski banyak perawat yang sudah melapor pada senior, semua tuduhannya mentah.

Berkali-kali pindah tugas tapi tetap saja banyak pasien yang dibuat meninggal oleh Swango. Sampai akhirnya di tahun 1997 ia ditangkap terlepas sudah mengganti nama menjadi Daniel J. Adams. Swango terbukti bersalah dengan tuduhan 3 kasus pembunuhan. FBI percaya bahwa korban Swango lebih dari 60 orang. Swango dihukum penjara tanpa pembebasan bersyarat.

5. Carl Clauberg

carl clauberg

Psikopat, begilah kata yang tepat diberikan untuk Carl Clauberg. Carl Clauberg adalah seorang ginekolog asal Jerman yang melakukan eksperimen media pada manusia yang ditahan di kamp konsentrasi di Auschwitz. Ginekolog adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari penyakit sistem reproduksi wanita.

Clauberg ditugaskan di Auschwitz karena berhasil meyakinkan banyak orang bahwa ia menemukan cara untuk mensterilkan perempuan. Metode  yang digunakan Clauberg terbilang sangat sadis. Ia menggunkan formaldehyde dan asam dan menyuntikannya ke dalam uterus perempuan. Hasilnya, ovarium mengalami kerusakan dan harus diangkap. Ovarium tersebut dikirim ke Berlin untuk dilakukan tes.

Banyak wanita yang meninggal dunia karena disuntikan formaldehyde dan asam ke dalam uterusnya. Sebanyak lebih dari 700 wanita menjadi korban kegilaan Clauberg. Clauberg ditangkap oleh tentara Rusia di tahun 1945 dan dijatuhi hukuman penjara selama 25 tahun. Clauberg dibebaskan di tahun 1955 dan kembali ke Jerman menjalani hidup baru. Amarah publik yang memuncak karena Clauberg dibebaskan membuat Clauberg ditahan lagi. Clauberg meninggal dunia ketika menunggu jadwal persidangan.

4. Morris Bolber

Morris Bolber

Ketika bertemu dengan seorang dokter, sepertinya tidak ada yang terpikirkan bahwa dokter tersebut memiliki koneksi dengan gangster berbahaya. Wajar saja karena dokter biasanya diasosiasikan dengan orang yang rajin membaca buku untuk menambah pengetahuan di bidang kesehatan dan bertemu dengan orang-orang yang memang berada satu lingkar pertemanan di bidang kesehatan.

Tapi ini tidak terjadi dengan Morris Bolber. Pria ini adalah dokter berdarah Rusia-Yahudi yang juga seorang imigran. Dirinya tergabung dengan gang bernama Philadelphia Poison Ring yang mana gangster ini merupakan gang terkenal di tahun 1930an. Perkumpulan ini terlibat dengan banyak tindakan kriminal seperti pembakaran, pemalsuan, dan penipuan.

Tugal Bolber di dalam gang tersebut sebenarnya untuk memberikan suntikan obat untuk membuat anggota gang menjadi kuat. Bukannya melakukan tugas tersebut, Bolber malah menyuntikan arsenik dan membunuh sejumlah anggota gangster. Sebanyak 30 sampai 50 orang yang menjadi korban Bolber. Atas aksinya, Bolber dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan meninggal dunia pada tahun 1954.

3. H. H. Holmes

h. h. holmes

H. H. Holmes memiliki nama lengkap Herman Webster Mudgett atau Henry Howard Holmes. Dia merupakan dokter asal Amerika yang terkenal bukan karena track recordnya di dunia kesehatan tapi dia terkenal sebagai penipu dan pembunuh berdarah dingin. Dia lahir di Gilmanton pada 16 Mei 1861. Holmes pernah bekerja dalam beberapa waktu di wilayah Pennsylvania.

Pernah salah memberikan obat pada seorang anak sehingga mengakibatkan anak tersebut meninggal dunia, Herman Webster Mudgett kabur ke Chicago dan mengganti namanya menjadi Henry Howard Holmes. Di kota inilah Holmes membangun rumah bertingkat yang dia gunakan untuk menjual obat-obatan terlarang. Obat yang ia buat berhasil membunuh banyak orang. Media memberikan label Murder Castle untuk Holmes.

Ketika rumahnya diperiksa, ditemukan ruangan rahasia yang berisikan alat-alat mengerikan yang digunakan untuk menyiksa orang. Ditangkap oleh pihak berwajib, Holmes mengakut telah membunuh sebanyak 27 orang. Ia dieksekusi mati dengan cara digantung pada 1896 di usia 34 tahun.

2. Shiro Ishii

shiro ishii

Dunia tidak akan lupa dengan perang yang terjadi di tahun 1939 sampai 1945. Perang yang berlansung panjang dan sengit tersebut dinamakan Perang Dunia II atau World War II. Perang ini melibatkan kubu Barat melawan Uni Soviet. Yang namanya perang tentu disertakan juga tim medis lengkap dengan dokter dan perawat.

Dari Jepang, terdapat seorang dokter yang mengurus divisi senjata biologis di Unit 731. Selama bertugas sebagai dokter, bernama Shiro Ishii. Shiro Ishii melakukan banyak percobaan mengerikan terhadap tahanan dan penduduk sipil. Shiro Ishii mencoba memasukkan penyakit dari tikus ke tahanan, melakukan operasi pada pasien hidup, memaksa sejumlah wanita untuk hamil, dan menginduksi stroke dan serangan jantung untuk melihat efeknya.

Agar terlepas dari hukuman penjara, Shiro Ishii memberikan semua informasi mengenai penelitiannya ke Amerika dan diberi kekebalan hukum. Shiro Ishii menghabiskan waktunya hidup di Jepang dengan menggunakan nama baru dan akhirnya meninggal karena kanker tenggorokan di usia 67 tahun.

1. Josef Mengele

josef mengele

Menyebut jahat sepertinya masih kurang untuk mendeskripsikan Josef Mengele. Dokter satu ini lebih cocok disebut sebagai iblis. Josef Megele adalah seorang officer asal Jerman sekaligus dokter. Ia bertugas di momen World War II. Atas praktek sadisnya, Josef Mengele mendapatkan julukan Angel of Death atau Malaikat Kematian.

Mengele bergabung dengan Partai Nazi di thaun 1937 dan pangkatnya naik dengan cepat. Mengele memiliki ketertarikan dengan genetik dan ditugaskan di Auschwitz. Ia diberikan kebebasan dalam melakukan eksperimen dan ia manfaatkan secara seenaknya. Banyak operasi mengerikan yang ia lakukan pada tahanan.

Mengele pernah menyuntikan cairan kimia ke mata tahanan untuk melihat apakah warna matanya bisa berubah atau tidak. Mengele juga pernah mengamputasi bagian tubuh seseorang tanpa menggunakan obat bius. Ia juga pernah menyatukan anak kembar yang kemudian meninggal dunia karena mengalami pembusukan.

Pernah ditangkap, Mengele berhasil lepas karena menyembunyikan identitas aslinya. Mengele kabur dari Eropa ke Amerika Selatan. Selama 30 tahun ia berhasil kabur dari kejaran pihak berwajib. Di usia 67 tahun, Mengele meninggal dunia karena tenggelam akibat stroke.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas