home -> Unik -> 10 Kesalahan Mengenai Dinosaurus Yang Dipercaya Ba...
08 Februari 2023 20:37

10 Kesalahan Mengenai Dinosaurus Yang Dipercaya Banyak Orang

Oleh serba_tahu dalam Unik pada January 20, 2023

Kemunculan film Jurassic Park pada tahun 1993 membuat mata banyak orang mulai terbuka mengenai dinosaurus. Hewan raksasa yang menghuni Bumi jutaan tahun yang lalu ini memang selalu menarik perhatian kita. Sang sutradara, Steven Spielberg berhasil meramu film tersebut hingga menarik dan ditonton oleh banyak orang. Makanya di tahun 2015, 2018, 2022 dibuatlah kembali film tentang dinosaurus dengan cerita dan grafis yang lebih modern meski sutradaranya bukanlah Steven Spielberg. Dari film tersebut kita banyak belajar hal mengenai dinosaurus, sepertinya seperti itu. Tapi ternyata kenyataan yang diungkap oleh para peneliti dinosaurus mengungkap hal berbeda. Apa yang ditunjukkan di film ternyata ada banyak yang tidak sesuai. Apa saja kesalahan mengenai dinosaurus yang dipercaya oleh banyak orang?

10. Pterosaurs dan Pteranodon Tidak Bisa Mengangkat Manusia

Pterosaurs and Pteranodon

Baik itu di laut, darat, dan udara, digambarkan ada spesies dinosaurus yang ditakuti. Untuk di udara, yang menjadi penguasanya ada Pterosaurus dan Pteranodon. Kedua spesies dinosaurus ini memiliki ukuran besar, paruh panjang tajam, dan bisa mengangkat korbannya terbang ke udara. Manusia pun juga bisa diangkat oleh mereka.

Ada beberapa hal yang perlu diluruskan mengenai Pterosaurus dan Pteranodon. Mereka memang berbagi habitat bersama dengan dinosaurus lain tapi ternyata Pterosaurus dan Pteranodon bukanlah dinosaurus. Pterosaurus dan Pteranodon adalah reptil yang bisa terbang dari era Triassic dan Cretaceous. Mereka menjadi vertebrata pertama yang dapat terbang.

Kesalahan lain mengenai Pterosaurus dan Pteranodon, mereka memangsa korban dengan cara mencapit dan mengangkatnya ke udara. Layaknya burung, Pterosaurus dan Pteranodon mengincar makhluk laut dan memangsanya seperti pelikan.

9. Mosasaurus Memiliki Ukuran Tubuh Sama Seperti T-Rex

mosasaurus

Jika di darat ada dinosarus yang sangat ditakuti bernama Tyrannosaurus Rex, tidak seru kalau di laut tidak ada sosok yang ditakuti oleh dinosaurus lainnya. Dan dihadirkanlah Mosasurus. Mosasurus adalah kelompok reptil squamata yang hidup di era Late Cretaceous. Ukurannya besar, bahkan lebih besar dari Tyrannosaurus rex kalau dilihat dari film.

Selain ukurannya yang besar, ditampilkan juga bahwa Mosasaurus bisa lompat keluar dari air dan memangsa dinosaurus yang ada di darat. Di kehidupan nyata, Mosasaurus memiliki ukuran yang sama seperti Tyrannosaurus Rex. Kesalahan selanjutnya adalah Mosasaurus tidak bisa melakukan aksi melompat dari dalam air dan memangsa dinosaurus yang ada di darat seperti di film. 

8. Bentuk Velociraptor Yang Salah

velociraptor

Tentunya penonton akan bosan jika terus menerus ditampilkan tyrannosaurus rex. Memang benar bahwa Tyrannosaurus Rex besar, kuat, cepat, dan menakutkan, tapi di dunia dinosaurus tidak mungkin yang mengerikan hanya Tyrannosaurus Rex saja. Makanya ditampilkan dinosaurus karinovora lain yang tak kalah menakukan dengan Tyrannosaurus Rex yakni Velociraptor.

Velociraptor digambarkan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari Tyrannosaurus Rex tapi cepat, hidup berkelompok, dan sangat cerdas. Velociraptor memiliki ukuran asli setara dengan kalkun yang digunakan untuk perayaan Thanksgiving dan juga memiliki bulu di tubuhnya. Yang ditunjukkan di film malah lebih mirip dengan dinosaurus lain bernama Deinonychus.

7. Dinosaurus Berlari Seperti Kangguru

dinosaur run

Ketika mengejar mangsa, kira-kira seperti apa pose tubuh dinosaurus saat berlari? Kalau melihat di film-film, dinosaurus berlari dengan posisi tubuh tegak atau cenderung condong ke depan, dengan dua tangannya menekuk dan sikunya berada di samping tubuh. Kesan ini mirip seperti kangguru yang sedang mendorong kereta belanja.

Para Paleontologists, berargumen bahwa dinosarus tidak berlari seperti itu. Dinosaurus justru berlari dengan posisi tangan seperti menggemgam sebuah bola. Apalagi adanya adegan di film-film yang mana ada dinosaurus yang bisa membuka pintu. Memang ada dinosaurus yang cerdas, tapi tidak bisa menggunakan tangannya untuk membuka pintu.

6. Dilophosaurus Tidak Memiliki Leher Yang Bisa Mengembang dan Tidak Beracun

Dilophosaurus

Ada satu jenis dinosaurus yang sangat unik. Dinosaurus tersebut memiliki leher yang bisa mengembang ketika marah atau terancam dan mengeluarkan ludah beracun. Ludah beracun ini jika terkena mata dari predator atau mangsanya, maka bisa menyebabkan kebutaan. Dinosaurus yang dimaksud bernama Dilophosaurus.

Gambaran Dilophosaurus tersebut didapat dari film Jurassic Park yang mana gambaran tersebut hanyalah untuk keperluan film saja. Kenyataannya Dilophosaurus tidak memiliki leher yang bisa mengembang dan ludah beracun. Bukannya leher yang bisa mengembang, tapi Dilophosaurus ada memiliki bulu yang menutupi bagian belakang kepalanya.

5. DNA Dinosaurus Yang Bisa Diekstrak Dari Nyamuk

dinosaurs dna

Ketika muncul film mengenai dinosaurus di tahun 1993, banyak orang berdecak kagum menontonnya. Diceritakan bahwa dinosaurus yang sudah punah bisa dihidupkan lagi dengan mengekstrak darah nyamuk yang terawetkan oleh getah pohon. Nyamuk tersebut menghisap darah dinosaurus dan karena terbungkus oleh getah pohon, darah dinosaurus tersebut ikut terawetkan.

Apakah benar bisa menghidupkan lagi dinosaurus yang punah dengan cara itu? Jawabannya adalah tidak. DNA dari dinosaurus itu terlalu tua dan rumit. Tidak bisa mendapatkan data yang lengkap dari darah nyamuk yang terawetkan. Bagaimana juga mengidentifikasi itu darah dinosaurus apa dari seekor nyamuk yang sudah terkubur selama puluhan juta tahun.

4. Brachiosaurus Tidak Bisa Berdiri Dengan Kaki Belakang

Brachiosaurus

Ketika Dr.  Alan Grant, Dr. Sattler, dan Dr. Malcolm pertama kali melihat dinosaurus, mereka sangat terkesan dan kagum ketika melihat Brachiosaurus. Brachiosaurus adalah spesies dinosaurus raksasa pemakan tumbuhan. Brachiosaurus bisa berdiri menggunakan kedua kaki belakangnya dan menggapai daun yang tinggi.

Braciosaurus memang memiliki ukuran yang besar. Panjangnya bisa mencapai 23 meter dengan tinggi 12 meter. Dijelaskan oleh Live Science bahwa Brachiosaurus tidak bisa menggapai daun yang tinggi dengan cara berdiri dengan dua kaki belakangnya. Kaki belakang Brachiosaurus tidak kuat untuk menopang berat dinosaurus tersebut yang diperkirakan bisa lebih dari 28 ton.

3. Tyrannosaurus Rex Memiliki Bulu

t-rex berbulu

Di filmnya, dinosaurus tidak memiliki bulu, hanya memiliki sisik yang tebal dan keras. T-Re pun juga digambarkan seeprti itu, tidak memiliki burung. Penampilan di film itu yang kemudian dipercaya oleh banyak orang bahwa dinosaurus itu bersisik dan tidak berbulu. Anggapan tersebut tentunya berubah ketika berhasil ditemukannya sejumlah spesies dinosaurus yang memiliki bulu.

Banyak spesies dinosaurus terutama jenis pemakan daging atau karnivora yang memiliki bulu di tubuhnya. T-Rex pun juga ditemukan memiliki bulu. Dijelaskan bahwa dinosaurus yang memiliki bulu menggunakan bulu tersebut untuk keperluan proteksi diri. Proteksi dari predator dan juga cuaca. Bisa juga digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis di musim kawin.

2. Penglihatan T-Rex Buruk

t-rex eye

Penonton Jurassic Park mungkin masih ada yang ingat dengan adegan Dr. Alan Grant dan cucu dari John Hammond yang dikejar oleh T-Rex. Agar tidak menjadi mangsa dari dinosaurus pemakan daging tersebut, Dr. Alan Grant menyuruh cucu dari John Hammond untuk diam. Dia mengatakan bahwa T-Rex memiliki penglihatan buruk dan hanya bisa melihat objek yang bergerak.

Jika T-Rex masih hidup sekarang dan kita mengikuti saran tersebut, kita pastinya akan berakhir di mulut T-Rex. Merupakan anggapan salah yang mengatakan bahwa T-Rex memiliki penglihatan yang buruk. Justru T-Rex memiliki penglihatan yang sangat tajam, setajam burung predator seperti elang. T-rex bisa melihat seekor tikus dari jarak jauh dengan sangat baik. Kalau pun penglihatannya buruk, T-Rex memiliki penciuman yang tajam sehingga mereka bisa mengiidentifikasi mangsanya dari bau.

1. T-Rex Tidak Bisa Mengalahkan Kecepatan Mobil

t-rex run

Besar, bergigi tajam, kuat, dan cepat, lengkap sudah hal-hal yang membuat T-Rex ditakuti oleh dinosaurus lain yang berukuran lebih kecil. Ketika melihat T-Rex, mencoba lari pun akan sia-sia karena T-Rex memiliki lari yang cepat. Bahkan di film diceritakan bahwa T-Rex bisa mengejar mobil yang sedang berlari kencang.

Mungkin anak kecil yang melihatnya akan percaya-percaya saja dengan apa yang dilihat di film. Tapi yang namanya film, semuanya adalah fiksi. T-Rex tidak sanggup berlari mengejar mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi. T-Rex diketahui hanya mampu berlari maksimal 30 km per jam. T-Rex tidak membutuhkan lari yang cepat karena mangsanya yang herbivora sangat lamban.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas