home -> Misteri -> 10 Suara Misterius Yang Pernah Terekam
08 Februari 2023 19:55

10 Suara Misterius Yang Pernah Terekam

Oleh serba_tahu dalam Misteri pada January 11, 2023

Dunia ini sangat luas dan masih ada banyak hal yang masih belum diketahui atau dijelaskan oleh manusia secara ilmiah. Termasuk di dalamnya adalah tentang suara. Ketika kalian mendengar suatu suara, respon umum yang dilakukan adalah menoleh dan mencari dari mana arah suara tersebut dan apa yang membuat suara tersebut. Masalahnya, tidak semua suara yang terdengar memiliki asal-usul yang jelas. Siapa yang mengeluarkan suara tersebut, di mana, dan kenapa suara tersebut bisa muncul dan terekam. Dan biasanya jika ada suatu suara yang aneh atau misterius, tidak diketahui siapa yang membuat suaranya, akan membuat pendengarnya jadi membayangkan hal yang tidak-tidak dan merinding. Berikut ini adalah sejumlah suara misterius yang berhasil terekam namun sulit diketahui asal-usulnya.

10. Slow Down

Mengawali daftar suara misterius yang bisa membuat orang merinding dengan Slow Down. Slow Down merupakan istilah yang digunakan oleh banyak orang untuk mengidentifikasi suara yang muncul secara tiba-tiba pada 19 Mei 1997. Karena di zaman tersebut teknologi dan informasi masih terbatas, sulit untuk menentukan suara apakah itu.

Banyak orang berusaha untuk menebak Slow Down itu suara apa. Ada yang menebak bahwa itu adalah suara dari cumi-cumi raksasa. Ada juga yang berpendapat bahwa itu adalah suara iceberg. Slow Down sendiri terdengar selama 7 menit lalu perlahan-lahan suara tersebut menghilang. Itulah alasannya kenapa diberi nama Slow Down.

9. The Whistle

Suara aneh terdengar pada tanggal 7 Juli 1997 dan berhasil direkam. Suara ini hanya satu dari sekian banyak suara yang berhasil direkam dan berasal dari bawah laut. Ketika ada fenomena yang muncul di laut, maka pihak yang akan menelitinya adalah National Oceanic and Atmospheric Administration atau disingkat NOAA.

Suara yang muncul begitu tiba-tiba dan mengejutkan banyak orang. Satu microphone yang digunakan oleh NOAA untuk merekam suara aneh tersebut. Tentu saja para ahli di NOAA berusaha untuk mencari tahu asal-muasal dari suara tersebut. Informasi mengenai lokasi dan terbatasnya data serta informasi membuat misi untuk memecahkan misteri ini menjadi misi yang mustahil dilakukan.

8. The Hum

Ada fenomena unik sekaligus aneh yang terjadi tidak hanya di satu lokasi saja melainkan di banyak negara. Sebuah suara aneh yang terdengar di langit dan diberi nama "The Hum". Suara "The Hum" ini paling sering terjadi di United Kingdom dan Amerika Serikat. Suara yang terdengar memiliki nada rendah dan samar.

Banyak orang yang mencoba membandingkan suara ini dengan suara mesin yang berada di kejauahan atau perangkat listrik. Segala macam teori mengenai asal-usul suara ini masih misterius. Lokasi tepatnya suara ini berasal dan apa yang menimbulkan suara ini tidak diketahui. Mereka yang mendengar suara ini memiliki berbagai macam reaksi. Ada yang merinding dan ada yang merasa pusing ketika mendengarnya terlalu lama. 

7. Suara Planet Saturnus

Mungkin kalian akan terkejut ketika mengetahui bahwa planet yang ada di luar angkasa bisa mengeluarkan suara. Yang terdengar sangat jelas dan cukup menyeramkan adalah Saturnus. Planet Saturnus adalah planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter. Material yang paling banyak ditemukan di Saturnus adalah gas.

Di tahun 2009, sebuah pesawat luar angkasa bernama Cassini berhasil merekam suara yang dihasilkan oleh Saturnus. Suaranya sangat aneh dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Ada 2 sinyal suara yang terdengar. Satu dari kutub utara dan yang lainnya dari kutub selatan. Perpaduan suara tersebut menghasilkan sebuah suara yang lumayan bisa membuat orang merinding.

6. The Upsweep

Laut yang sangat luas dan dalam, masih banyak hal yang belum berhasil diungkap oleh para ahli. Jadi ketika ada suatu hal aneh terjadi, kita tak perlu kaget. Seperti sebuah suara aneh yang terjadi di tahun 1991. Ada suara yang entah dari mana asalnya, tiba-tiba terdengar dan terekan. Suara tersebut disebut dengan nama The Upsweep.

The Spsweep belum ada yang berhasil mencari tahu siapa yang menciptakan suara tersebut dan lokasi pastinya. Para ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration memperkirakan suara tersebut berasal dari Pacific. Suara ini muncul di tiap musim tertentu dan paling terdengar di saat musim semi dan gugur.

5. Mysterious Booms

Seorang pria bernama James Fenimore Cooper membuat cerita pendek di tahun 1850 mengenai suara aneh yang ia dengar. Ia menamakan suara tersebut dengan nama "The Lake Gun". Suara ini didengar sekitar area Seneca Lake yang ada di New York. Cooper menceritakan suara yang ia dengar ini seperti suara ledakan artileri berat.

Setelah cerita yang dibuat oleh Cooper, banyak orang lain yang tinggal di luar New York juga melaporkan bahwa mendengar suara yang sama seperti yang diceritakan Cooper. Contohnya warga di Alabama, Georgia, dan Wisconsin yang melaporkan kejadian yang sama. Ilmuwan menebak-nebak bahwa suara tersebut karena gempa bumi kecil namun rasanya cukup terasa oleh orang sekitar. Atau juga suara tersebut dihasilkan oleh sonic boom dari pesawat jet.

4. UVB-76 'The Buzzer'

Buat kalian yang menyukai film konspirasi dan agen rahasia, mungkin akan tertarik dengan suara berikut ini. Oleh banyak orang, suara yang diberi nama UVB-76 "The Buzzer" ini diyakini sebagai kode rahasia yang hanya berisikan pesan penting. Karena ada suara berbahasa Rusia yang menyelingi suara tersebut, banyak orang berasumsi ini ada hubungannya dengan negara Rusia.

Suara UVB-76 adalah suara gelombang misterius yang terdengan di radio tower di Utara Moscow. Suara ini muncul di tahun 1980an dan dibroadcast dalam selang waktu tertentu sampai akhirnya berhenti total di Agustus 2010. Ketika suara tersebut terdengar, ada suara pria yang juga ikut terdengar, berbicara dengan bahasa Rusia. Asumsi banyak orang, suara yang berisikan pesan ini ditujukan untuk agen rahasia.

3. Badai Jupiter

Selain Saturnus yang bisa menghasilkan suara, ada planet lain yang juga melakukan hal yang sama. Planet tersebut merupakan planet terbesar di tata surya kita yaitu Jupiter. Planet urutan ke-5 dalam tata surya kita ini menghasilkan suara mengerikan yang terekam oleh pesawat luar angkasa bernama Juno milik NASA.

Ketika Juno berhasil mencapai Jupiter pada 4 Juli 2016, Juno melintasi medan magnet kuat yang mengelilingi Jupiter. Juno merekam suara yang dihasilkan oleh planet Jupiter dan hasilnya sangat mengejutkan. Ternyata planet Jupiter menghasilkan suara deru keras dan menggema seperti badai luar angkasa yang sedang mengamuk.

2. The Wow Signal

Satu pertanyaan yang sampai sekarang masih belum ada jawabannya. Apakah ada kehidupan lain di luar angkasa selain di Bumi? Segala macam usaha dilakukan untuk mencari apakah ada makhluk hidup lain selain di Bumi namun belum ada hasilnya. Sampai di tahun 1977, ada sebuah suara dari luar angkasa yang sangat aneh dan misterius.

Suara aneh ini oleh para ilmuwan dinamakan dengan "The Wow Signal". The Wow Signal memiliki kekuatan 30 kali lebih keras dari suara yang ada di luar angkasa dan hampir mencapai 1.420 megahertz. Suara misterius tersebut berlangsung selama 72 detik. Banyak studi yang dilakukan untuk mencari tahun dari mana asal suara tersebut tapi hasilnya masih nihil.

1. The Bloop

Ada satu suara misterius lain yang juga ditemukan di bawah permukaan air laut yang sangat dalam. Sangat beruntung suara misterius tersebut berhasil direkam oleh U.S. National Oceanic and Atmospheric Adminstration di tahun 1997. Sejak direkamnya suara tersebut hingga sekarang, masih belum bisa dipastikan dari mana suara tersebut berasal.

Dari beberapa hal yang diketahui, suara yang dijuluki "The Bloop" ini memiliki durasi sekitar 1 menit dan diprediksi jaraknya sekitar 5.000 km jauhnya. Jika dari jarak sejauh itu saja bisa terdengar suara yang begitu keras, berarti sumber suara memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi lagi. Diperkirakan sumber suara berada di dekat Antractic Circle tapi hewan apa yang mengeluarkan suara itu, masih tidak diketahui.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Misteri
  7. 7
    oleh raza dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh admin dalam Misteri
  7. 7
    oleh admin dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas