home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30
08 Februari 2023 20:23

10 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 10, 2023

Usia 20-29 tahun dianggap sebagai usia yang paling menyenangkan tapi juga krusial. Apa yang kalian lakukan dalam rentang usia ini akan menentukan seperti apa hidup kalian nanti ketika sudah menginjak usia 30. Di satu sisi kalian harus bisa bersenang-senang, di sisi lain kalian harus mempersiapkan banyak hal agar kalian di masa depan atau tua nanti akan berterima kasih pada dirimu yang dulu. Lalu, apa saja yang harus kita lakukan dan persiapkan sebelum usia menginjak 30 tahun?

10. Traveling

traveling

Pernahkah kalian melihat meme yang menunjukkan bahwa saat muda, orang punya waktu, uang, dan energi untuk melakukan segala hal yang diinginkan. Tapi ketika tua, uangnya ada, tapi waktu dan energi sudah tidak ada. Jika kalian sudah memasuki usia 30 dan merasakan bahwa uang ada tapi waktu dan tenaga sudah tidak ada, ini adalah salah satu tanda bahwa kalian tidak menggunakan masa muda dengan baik.

Di usia muda sudah bekerja keras dan mengumpulkan uang untuk di usia tua nanti tidak hidup susah memang bagus. Tapi bukan berarti yang kalian lakukan hanya kerja, kerja, dan kerja saja. Boleh kok kalian mengambil waktu senggang dan menggunakannya untuk liburan. Liburan ke tempat yang belum pernah kalian kunjungi dan nikmati benar waktu liburan tersebut agar di usia tua nanti kalian tidak menyesal dan ada kenangan yang bisa diingat kembali.

9. Asuransi

insurance

Tidak ada yang bisa menebak masa depan nanti akan ada kejadian apa. Bencana alam, kecelakaan, dan gangguan kesehatan bisa saja terjadi. Jika kita tidak melakukan sesuatu untuk mengatasi hal tersebut, tidak menutup kemungkinan kita akan mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya. Makanya penting untuk memiliki yang namanya asuransi.

Jenis asuransi ada banyak, ada asuransi untuk barang, jiwa, dan kesehatan. Sisihkan sebagian uang kalian untuk mendaftarkan diri ke asuransi. Dengan asuransi, kalian jadi ada proteksi lebih dari ketidak pastian yang akan terjadi di masa depan. Kalau kalian sudah dijamin oleh asuransi, maka uang yang harus dikeluarkan akan lebih sedikit karena asuransi yang akan menutupnya.

8. Mencoba Banyak Hal Baru

trying something new

Ada beberapa orang tua yang memberi nasehat pada anaknya agar memiliki satu hal yang dikuasai. Berbeda dulu, berbeda lagi sekarang. Sekarang ini kalau hanya memiliki satu kemampuan yang diandalkan, tidaklah cukup. Sekarang malah seseorang harus bisa menguasai banyak hal. Kalau kalian menguasai banyak hal, maka besar kemungkinan kalian bisa bertahan hidup di dunia yang keras ini.

Jika sudah memasuki usia tua, kemampuan untuk mempelajari hal baru itu akan lebih sulit. Berbeda dengan mereka yang masih muda, mereka bisa mempelajari banyak hal dan lebih cepat mengerti. Tidak ada salahnya kalian banyak belajar di usia muda. Mungkin dari sekian banyak hal tersebut, kalian malah bisa menemukan hal menarik yang mungkin bisa dijadikan sebagai pekerjaan baru yang bisa menghasilkan keuntungan.

7. Medical Check Up

medical check up

Masa-masa muda memang paling enak untuk bersenang-senang. Jalan-jalan ke mall, liburan ke luar negeri, makan sesuka hati, jarang ada yang memperhatikan dengan yang namanya kesehatan. Padahal apa yang kita lakukan saat masih muda, efeknya akan terasa di kemudian hari. Apalagi jika kalian sudah menginjak usia 30 tahun. Mulai sesak nafas, susah bergerak karena berat badan naik, dan pinggang yang mudah sakit.

Bukannya melarang kalian untuk tidak bersenang-senang, tapi jangan sampai kalian lupa dengan kesehatan diri. Mulailah rajin check up ke dokter, periksa apakah ada masalah dengan kesehatan. Rajin check up kesehatan membuat kalian akan lebih tenang ketika sudah memasuki usia tua. Kalau ada masalah kesehatan pun bisa segera ditangani agar tidak berkembang menjadi lebih parah.

6. Belajar Memasak

cooking

Tidak selalu memasak adalah tugas wanita. Pola pikir atau stigma yang mengatakan bahwa wanita tugasnya adalah memasak adalah salah. Sekarang zaman sudah berubah, memasak tidak lagi menjadi tugas wanita tapi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua orang. Mau itu pria atau wanita, harus bisa memasak.

Kalian harus bisa memasak sendiri agar tidak memiliki ketergantungan pada orang lain. Asisten rumah tangga suatu saat bisa libur atau berhenti, restoran bisa ada hari off, kalau kalian tidak bisa memasak dalam kondisi seperti itu pasti sangat merepotkan. Makanya kalian harus bisa memasak, kalau bisa kalian sudah belajar memasak sejak usia muda.

5. Coba Mencuci Pakaian Sendiri

washing clothes

Ada banyak hal yang diidentik dengan perempuan seperti memasak, mencuci pakaian, dan membersihkan rumah. Mulai sekarang, pikiran tersebut harus diubah. Hal-hal tersebut bukan menjadi tugas dari salah satu gender saja, melainkan hal yang harus bisa dilakukan oleh tiap individu. Bisa melakukan hal tersebut malah bisa membuat kalian dianggap mandiri dan keren.

Mencuci baju misalnya, mencuci pakaian yang kita pakai sendiri seharusnya bukan menjadi hal yang memalukan. Justru kita harus malu kalau pakaian pribadi kita sampai dicuci oleh orang lain. Tidak bisa cuci baju secara manual? Sekarang sudah ada yang namanya mesin cuci. Kalian tinggal memisahkan pakaian kotor berdasarkan warna, masukan ke dalam mesin cuci, tuang sabun, dan biarkan mesin cuci yang membersihkan.

4. Mengatur Pola Makan

diet

Apa yang kita lakukan selama usia muda akan menjadi penentu nasib kita saat usia tua nanti. Mau itu hal kecil atau hal besar, semuanya bisa berpengaruh. Termasuk dengan apa yang kita makan. Saat muda, kita bisa makan semua makanan enak yang ada di depan mata. Tak perduli bagaimana cara diolah dan efeknya apa. Hasilnya, tak sedikit anak muda yang sudah mengalami obesitas.

Sebenarnya tidak hanya obesitas yang bisa menghantui, masalah kesehatan lain juga bisa menyerang jika kita tidak bisa mengontrol apa yang kita makan. Jika ingin di usia tua kalian masih tetap sehat, maka sejak muda harus bisa mengatur pola makan. Makan makanan cepat saji, makanan olahan, makanan berminyak, silahkan saja. Tapi harus bisa dibatasi, jangan terlalu sering.

3. Olahraga

workout

Kebiasaan mager atau malas gerak banyak ditemukan di remaja sekarang. Situasi yang membuat malas gerak juga semakin mendukung. Mau beli barang tinggal pesan di online shop, mau beli makanan tinggal delivery. Pokoknya semuanya sudah dimudahkan dan kita cukup tinggal di rumah saja. Tidak heran kalian banyak anak muda yang berat badannya naik.

Perlu diingat kembali bahwa apa yang kita lakukan semasa muda akan menjadi tabungan kita di masa tua nanti. Kalau di masa muda kalian sudah malas-malasan seperti itu, di usia tua nanti akan banyak masalah kesehatan yang datang. Lakukanlah olahraga secara rutin untuk menjaga tubuh kalian tetap sehat. Tubuh yang sehat dan fit akan membuat kalian sulit diserang penyakit.

2. Istirahat Cukup

rest enough

Siapa di antara kalian yang suka begadang setiap hari? Mumpung usia masih muda ya kan, saatnya dihabiskan untuk melakukan apa saja sampai larut malam. Misalnya seperti pergi ke bar, nonton film, main video game, dan hal menarik lain yang bisa membuat kalian tetap terjaga sampai pagi. Jelas ini bukanlah suatu hal yang bagus untuk kesehatan.

Mungkin kalian belum merasakan dampaknya, tapi tunggu saat kalian tua nanti pasti akan terasa dampaknya. Tubuh cepat capek, lemas, mengantuk, dan tidak semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Kalau tidak mau usia 30 nanti kalian sudah seperti orang tua yang gampang capek, di usia muda kalian harus cukupi kebutuhan istirahat. Tubuh kita bukanlah mesin, mesin saja butuh istirahat dan dirawat agar tetap bisa bekerja dengan baik.

1. Belajar Investasi

invest

Banyak anak muda yang tidak paham dan takut untuk melakukan investasi. Ketakutan terbesar para anak muda ini sebagian besar adalah rugi. Sama seperti judi, salah melakukan investasi juga bisa menyebabkan kerugian. Daripada rugi, lebih baik uang yang dipunya dipakai untuk bersenang-senang, kira-kira begitulah pikir mereka.

Tapi tidak mungkin kalian akan bersenang-senang sampai tua. Menabung di bank juga bunganya naik turun. Mau tidak mau kalian harus coba berinvestasi. Kalau tidak paham, maka belajar terlebih dahulu. Belajar dari orang yang ahli atau banyak membaca buku tentang pasar saham. Investasi harus dilakukan agar kalian tidak hanya bergantung pada bunga bank. Dan siapa tahu juga yang kalian investasikan malah bisa membuat kalian untung besar.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas