home -> Lainnya -> 10 Pemain Sepakbola Yang Jago Free Kick
08 Februari 2023 20:10

10 Pemain Sepakbola Yang Jago Free Kick

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 09, 2023

Di sepakbola, ketika dihadapkan dengan tendangan bebas atau istilahnya free kick, biasanya pemain yang ditunjuk untuk mengeksekusi free kick tersebut adalah pemain yang memang handal mengambil tendangan bebas. Bagi kalian yang tidak tahu apa itu free kick, free kick adalah tendangan yang dilakukan oleh salah satu pemain ke gawang lawan. Tendangan ini diambil ketika ada pemain lawan yang melakukan pelanggaran. Hukuman atas pelanggaran tersebut membuat wasit memberikan hak pada pemain yang dilanggar untuk melakukan tendangan bebas. Di sepakbola, ada banyak pemain yang sangat jago dalam melakukan free kick. Siapa mereka?

10. Rogerio Ceni

Rogerio Ceni

Biasanya pemain yang diberikan tugas untuk mengambil tendangan free kick adalah pemain aktif seperti striker, gelandang, atau bahkan bek. Jarang ada kiper yang diberi tugas untuk mengambil free kick. Tapi di sepakbola ternyata ada satu kiper yang selalu dipercaya untuk mengemban tugas tersebut. Dia adalah Rogerio Ceni.

Rogerio Ceni adalah pemain sepakbola asal Brazil yang memiliki posisi sebagai kiper atau penjaga gawang. Sebagian besar karirnya ia habiskan bermain untuk Sao Paulo. Sepanjang karirnya bermain untuk Sao Paulo, Rogerio Ceni berhasil mencetak lebih dari 100 gol. Dan banyak di antaranya dibuat melalui tendangan bebas. Mungkin Rogerio Ceni menjadi satu-satunya penjaga gawang yang handal untuk urusan menendang free kick.

9. Diego Maradona

Diego Maradona

Ketika melihat pemain sepakbola bertubuh pendek mungkin banyak orang akan berpikir bahwa pemain pendek tidak akan bisa memberikan dampak apa-apa pada tim yang dibela. Anggapan itu sangat bisa dipatahkan. Berikan saja contoh Diego Maradona, pemain asal Argentina itu meski bertubuh pendek hanya 165 cm tapi bisa melakukan hal menakjubkan di lapangan hijau.

Memang benar Maradona sudah meninggalkan dunia ini untuk selamanya pada 25 November 2020, tapi sejarah telah mencatatkan namanya sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang sejarah. Bermain sebagai gelandang serang, Diego Armando Maradona memiliki kecepatan, kepintaran, dan akurasi passing yang bagus. Untuk melengkapi kemampuan sepakbolanya, Maradona juga mampu untuk mencetak gol dari jarak jauh, terutama dari tendangan bebas.

8. Zico

Zico

Brazil tidak pernah kehabisan stok pemain hebat. Ronaldinho, Ronaldo, Rivaldo, Kaka, Roberto Carlos, dan Zico. Bagi anak zaman sekarang mungkin sedikit yang mengenal dengan sosok Zico. Itu wajar saja karena Zico aktif bermain sepakbola di tahun 1980an. Sekarang ia sudah ganti profesi sebagai pelatih profesional.

Sebagai pemain, Zico lebih banyak bermain sebagai gelandang serang. Sebagai gelandang serang tentunya harus memiliki kemampuan passing yang bagus, cerdas, dan tendangan jarak jauh. Pernah bermain di Flamengo dan Udinese, ketika dihadapkan dengan free kick, maka yang mengambil tugas itu kemungkinan besar adalah Zico. Tendangan keras dan akurasi tinggi yang dimilikinya semakin memperkuat posisinya sebagai gelandang serang.

7. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

Masa-masa mengerikan Andrea Pirlo adalah ketika dia berkostum AC Milan. Di AC Milan, ia memiliki posisi penting sebagai gelandang yang mengatur serangan timnya. Kejeniusannya dalam memberikan passing membuatnya mendapat gelar maestro di lapangan hijau. Selain jago dalam melihat celah untuk passing, ketika menghadapi free kick, Pirlo juga yang mengambil tugas tersebut.

Pemain yang juga pernah membela Inter Milan, Reggina, Brescia, Juventus, dan New York City ini kini sudah beralih profesi sebagai manager. Legenda AC Milan ini pernah menangani mantan clubnya yaitu Juventus. Karena memiliki akurasi tendangan yang sangat tinggi, selain mengambil tendangan free kick, tugas mengambil tendangan sudut atau corner kick juga diambil oleh Pirlo.

6. Lionel Messi

Lionel Messi

Di zaman dulu perdebatan mengenai siapa pemain sepakbola terhebat akan berputar antara Pele dan Maradona. Sekarang, perdebatan sengit akan berputar antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Lionel Messi bermain sebagai striker dan kemampuannya dalam mencetak gol sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Sebagai striker, Lionel Messi termasuk striker yang komplit. Gesit, dribbling cepat, mampu mencari ruang kosong, dan mencetak gol dari jarak jauh. Bisa mencetak gol dari mana saja, termasuk dari tendangan bebas. Sudah puluhan gol yang berhasil ia ciptakan dari tendangan bebas baik untuk club dan timnas Argentina. Sangat tidak bisa dibayangkan jika Messi suatu saat memutuskan untuk pensiun bermain sepakbola.

5. David Beckham

David Beckham

Banyak atlet sepakbola yang memiliki tendangan melengkung atau tendangan pisang yang bagus. Tapi salah satu pesepakbola yang mempopulerkan tendangan pisang adalah sosok David Beckham. David Beckham yang merupakan suami dari Victoria Beckham ini adalah pemain sepakbola yang hebat pada masanya. Meski sekarang sudah pensiun, ketika membicarakan Beckham pastinya tidak lepas dari tendangan jarak jauhnya yang cantik.

Beckham adalah salah satu pemain binaan dari Manchester United. Selama membela Setan Merah, Beckham mengenakan kaus nomor 7 yang legendaris. Saat di Manchester United lah ia berkembang menjadi pemain bintang dan mengembangkan teknik tendangan melengkung. Di masa itu, tidak ada pemain lain yang bisa melakukan tendangan melengkung dengan sudut lengkungan seperti yang dilakukan oleh Beckham.

4. Roberto Carlos

Roberto Carlos

Ada satu lagi pemain hebat asal Brazil yang jago dalam hal free kick dan ia adalah Roberto Carlos. Jika penendang free kick kebanyakan berposisi striker atau gelandang, Roberto Carlos ini memiliki posisi sebagai bek kiri. Memiliki tinggi hanya 168 cm, tapi Roberto Carlos memiliki keunggulan lain yakni tendangannya yang keras.

Ketika ada space kosong dan tidak dalam penjagaan lawan, Roberto Carlos bisa melancarkan tendangan jarak jauhnya. Sedikit orang yang berani menahan tendangan dari Carlos karena tendangan kaki kirinya terkenal sangat keras. Makanya di setiap video game sepakbola, Roberto Carlos dimanfaatkan sebagai striker atau penendang free kick.

3. Ronaldinho

Ronaldinho

Salah satu pemain terhebat dunia, Ronaldinho. Pemain asal Brazil ini di setiap game yang ia mainkan, selalu bisa tampil dengan senyuman. Permainannya pun juga sangat cantik. Dribbling skillnya selalu bisa menyihir lawan dan juga penonton. Ditambah lagi kemampuannya dalam mengeksekusi tendangan free kick.

Pemain yang pernah bermain Barcelona, Paris Saint-Germain, dan AC Milan ini menempati posisi playmaker. Jika permainan sedang buntu, cukup oper bola padanya dan Ronaldinho akan melakukan hal yang ajaib. Ketika bermain di Barcelona, Ronaldinho sedang berada di puncak karirnya. Banyak gol yang ia ciptakan dari berbagai cara, salah satunya melalui free kick. Free kicknya yang keras, melengkung, dan terukur membuat kuper sulit untuk menepisnya.

2. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Manchester United benar-benar tepat untuk membeli Cristiano Ronaldo dari Sporting Lisbon di tahun 2003. Dengan cepat pemain tersebut menjelma menjadi sosok penting untuk Manchester United. Diberikan nomor punggung 7 yang selalu diidentik dengan pemain hebat seperti George Best dan David Beckham, Cristiano Ronaldo juga menjadi salah satu pemain hebat yang pernah bermain untuk tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

Ketika bermain di Manchester United, Cristiano Ronaldo rajin mencetak gol. Tidak hanya gol dari tendangan jarak jauh, penalti, corner kick, tapi juga dari free kick. Cristiano Ronaldo memiliki tendangan jarak jauh yang keras, akurat, dan sulit dibaca oleh kiper lawan. Teknik tendangan yang dilakukan oleh Ronaldo dikenal dengan sebutan knuckleball. Teknik tendangan itu terus dilatih dan dilakukan oleh Ronaldo sampai ia pindah ke Real Madrid, Juventus, dan akhirnya kembali lagi ke Manchester United.

1. Juninho Pernambucano

Juninho Pernambucano

Berbicara mengenai penendang free kick terbaik dunia tentu tidak bisa lepas dari sosok Juninho Pernambucano. Dia termasuk dalam salah satu pemain hebat asal Brazil yang juga jago dalam mengeksekusi tendangan bebas. Jika timnya mendapatkan tendangan bebas, maka Juninho akan mengambil kesempatan tersebut dan gol pun tercipta.

Pemain kelahiran 30 Januari 1975 ini pernah bermain untuk Vasco da Gama, Kyon, Al-Gharafa, dan New York Red Bulls. Sayang di tahun 2006 ia memutuskan untuk pensiun dari timnas Brazil dan memutuskan untuk berkarir di level club saja. Pemain dengan posisi gelandang serang ini memiliki gaya tendangan yang sama dengan Cristiano Ronaldo yakni knuckleball.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas