home -> Lifestyle -> 10 Tips Menjalani Diet Setelah Liburan Panjang
08 Februari 2023 19:48

10 Tips Menjalani Diet Setelah Liburan Panjang

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada January 04, 2023

Melakukan diet memang tidak mudah, tapi ketika sudah menjadi kebiasaan maka hal tersebut sudah menjadi biasa dan tidak berat lagi. Tapi tantangan besar akan datang lagi ketika libur panjang. Misalnya seperti libur Natal dan Tahun Baru. Di masa-masa ini orang akan menjalani liburan dan melupakan diet yang pernah dilakukan. Lalu ketika libur panjang usai dan harus kembali ke diet semula, rasanya sangat berat. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar bisa kembali ke track. Apa saja tipsnya?

10. Ingat Goal Yang Ingin Dicapai

ingat goal

Ketika awal mula menjalani diet banyak orang merasa sedang menjalani jalan yang begitu terjal. Rasanya begitu sulit dan malas untuk melakukan diet.Tapi ketika sudah terbiasa, diet tak lagi menjadi beban melainkan kebiasaan. Ketika masuk libur panjang dan kita terbebas dari diet yang selama ini dijalani, begitu mau mulai diet kesulitan yang dulu dirasakan kembali datang.

Rasa malas, lelah, bosan, dan masih ingin makan bebas kembali menghantui pikiran. Tapi apa mau dikata, diet tetap harus dijalankan lagi. Kalau kalian pernah merasakan rasa malas dan bosan, coba ingat kembali masa-masa dulu ketika baru memulai diet. Ingatlah tujuan yang ingin kalian capai, ini bisa membuat kalian semangat lagi untuk menjalani diet.

9. Mulai Secara Perlahan-Lahan

mulai perlahan

Suatu kebiasaan kadang bisa terlupa karena satu dan banyak sebab. Menjalani diet yang semula menjadi kebiasaan, bisa lupa ketika libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru tiba. Semua makanan lezat yang ada di depan mata begitu sulit untuk dihindari dan akhirnya diet yang selama ini dijalani, buyar begitu saja.

Menjalani diet setelah libur panjang memang bukan hal yang mudah buat sebagian orang. Kalau merasa terlalu sulit untuk memulai lagi suatu hal yang dulu pernah menjadi kebiasaan, bisa dilakukan secara perlahan terlebih dahulu. Makanan manis dan gorengan bisa dikurangi sedikit demi sedikit saja itu sudah menjadi awal yang bagus.

8. Menimbang Berat Badan Setelah Liburan

timbang berat badan

Orang melakukan diet tentu dengan tujuan ingin mendapatkan berat badan yang diinginkan. Ada yang kurus dan ingin menaikan berat badan dan ada juga yang gemuk dan ingin menurunkan berat badan. Ketika menjalani diet tersebut, orang akan mengatur makanan apa saja yang dikonsumsi dan mengukur berat badan dengan cara menimbangnya di timbangan. Kalau arah jarum pada timbangan sudah mengarah ke arah yang diinginkan, rasa senang akan muncul.

Liburan menjadi salah satu momen dimana orang melupakan dietnya. Ini tentu saja berdampak dengan berubahnya angka pada timbangan. Jika kalian ingin kembali menjalani diet tapi sedang dalam masa malas, kalian tidak perlu mencari motivasi dari quotes yang ada di internet. Kalian cukup menimbang kembali berat badan kalian. Ini sangat ampuh untuk membuat kamu kembali menjalani diet yang dulu pernah dilakukan.

7. Ganti Snack Dengan Buah

fruits

Libur panjang digunakan oleh banyak orang untuk memuaskan diri dengan cara makan makanan yang disuka. Biskuit, kue basah, kue kering, coklat, dan apapun itu dimakan selama menjalani liburan. Tidak masalah melakukan hal tersebut, tapi ingat ketika libur sudah usai harus kembali ke diet awal dan memperbaiki berat badan yang tentu berubah akibat makan makanan yang disuka tersebut.

Rasa malas seringkali muncul ketika libur sudah usai dan harus menjalani aktivitas seperti biasa, termasuk juga diet. Tidak perlu stres dan bingung, kalau kalian termasuk orang yang tidak bisa langsung berganti kebiasaan dalam waktu singkat, tidak perlu langsung menjalani diet yang biasa kalian lakukan sebelum libur. Bisa melakukan diet dengan pelan-pelan seperti mengganti snack yang biasa kalian makan dengan buah. Ini jauh lebih sehat dan mengenyangkan.

6. Jangan Lewatkan Sarapan

jangan lupa sarapan

Libur panjang bukan hanya digunakan oleh banyak orang untuk jalan-jalan tapi juga melupakan diet dan bangun siang. Hal ini tidak bisa dilakukan di hari biasa karena sejumlah orang memiliki kewajiban seperti pergi ke sekolah atau bekerja. Jadi mereka harus bangun pagi dan sarapan sebelum melakukan aktivitas tersebut.

Ketika libur, kita jadi bisa bangun sesuka hati dan lupa dengan yang namanya sarapan. Padahal sarapan adalah hal yang sangat penting untuk memulai hari. Ketika libur telah usai dan tiba waktunya untuk melakukan aktivitas seperti normal, jangan pernah melewatkan sarapan. Tubuh kalian telah beristirahat dalam waktu yang lama dan perut dalam kondisi kosong. Mengkonsumsi sarapan pagi yang tepat bisa memberikan kalian tenaga untuk melakukan aktivitas di pagi hari.

5. Olahraga

olahraga

Semua orang pastinya sudah paham bahwa diet saja masih kurang untuk mencapai berat badan yang diinginkan. Ada satu hal lagi yang musti dilakukan untuk mencapai goal tersebut yakni dengan cara olahraga. Olahraga yang dilakukan bisa apa saja, di jam berapa saja, yang penting dilakukan secara rutin agar target yang diinginkan bisa cepat tercapai.

Masalahnya, ketika orang menjalani libur, tidak hanya diet saja yang libur tapi olahraganya juga ikut libur. Sekarang, libur telah usai dan saatnya kembali ke kebiasaan sehat yang dulu pernah dilakukan. Ingat lagi target yang dulu pernah dicapai dan jadikan itu motivasi untuk memulai lagi kebiasaan sehat seperti diet dan olahraga.

4. Atur Jam Tidur

atur jam tidur

Selain diet dan olahraga, ternyata ada satu hal lagi yang juga perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan fit. Hal itu adalah tidur. Sebelum libur, orang masih semangat untuk diet, olahraga, dan tidur, namun semua bisa berubah ketika libur tiba. Diet dilupakan, olahraga jadi malas, dan begadang karena saking asyiknya menikmati libur panjang.

Libur panjang usai dan kembali melakukan kebiasaan sehat seperti yang pernah dilakukan belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Ada sejuta alasan yang diberikan ketika susah menjalani diet, olahraga, dan tidur. Diet dan olahraga sudah berhasil dilakukan, tapi istirahatnya yang kurang. Semua pekerjaan kantor dikerjakan hingga larut malam sampai lupa tidur. Jangan biarkan kebiasaan buruk ini menjadi penghalang, atur kembali jam kerja agar jika sudah waktunya istirahat, kalian bisa istirahat yang cukup.

3. Minum Air Putih Yang Cukup

minum air putih

Menjalani diet setelah sekian lama libur bukan hal yang mudah. Sejumlah orang ada yang merasa kesulitan dan malas untuk melakukan diet lagi. Pikiran masih teringat dengan makanan dan minuman enak yang disantap pada saat liburan. Tapi untuk kembali ke diet yang sehat ternyata tidak sesulit yang orang kira.

Orang menganggap diet berat setelah libur karena mereka berpikir untuk langsung lompat ke diet yang dulu pernah dlakukan. Ini seperti kalian baru bermain game dan berada di level 1 tapi sudah ingin melawan boss di level 100. Kembali menjalani diet yang sehat bisa dilakukan dengan cara yang mudah misalnya seperti minum air putih. Bawa air putih ke mana saja kalian pergi dan minum jika mulut terasa kering.

2. Menyiapkan Catatan Belanja Sebelum Pergi Ke Pasar/Supermarket

grocery list

Selama liburan, sejumlah kebiasaan sehat yang biasa dilakukan jadi dilupakan sementara. Yang semula kita berbelanja sendiri bahan makanan yang diperlukan, jadi tidak dilakukan. Orang cenderung akan menjalani libur semaksimal mungkin, misalnya menikmati makanan yang dihidangkan di restoran atau keluarga.

Saat liburan selesai, semua hal menyenangkan yang dilakukan saat liburan harus dilupakan. Saatnya kembali ke track yang dulu dijalani. Berbelanja makanan ke pasar atau supermarket harus dilakukan. Agar tidak membeli hal yang tidak diinginkan, buat catatan belanja yang diperlukan. Tentu yang dibeli adalah bahan makanan untuk diet.

1. Langsung Mulai Diet

langsung diet

Ketika orang sedang malas menjalani diet, maka dia akan benar-benar malas. Orang tipe ini akan memulai diet ketika niat dan moodnya sudah muncul. Tapi ada tipe orang yang merasa menjalani diet itu berat dan sangat malas tapi tetap melakukan diet tersebut tanpa menjadikan alasan-alasan tidak masuk akal untuk membenarkan tindakan malasnya.

Orang yang malas tapi tetap melakukan diet ini tidak perlu dorongan dan motivasi dari luar untuk menjalani diet. Tanpa harus disuruh, orang tipe ini akan menjalani diet tersebut meski rasanya berat. Dia bisa langsung lompat ke diet yang dulu pernah dilakukan tanpa harus mulai perlahan-lahan. Kalian yang ogah-ogahan menjalani diet setelah libur panjang bisa menjadi orang ini sebagai contoh agar kalian bisa semangat lagi menjalani diet.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas