home -> Teknologi -> Project Ara: Google Akan Merealisasikan Phonebloks...
10 Desember 2018 07:57

Project Ara: Google Akan Merealisasikan Phonebloks Melalui Motorola

Oleh admin dalam Teknologi pada November 13, 2013

Smartphone seperti lego yang dapat dibentuk, diperbaiki dan diupgrade sesuka hati, itulah Phonebloks. Sekarang, Motorola ingin merelasisasikan hal tersebut dengan mengumumkan bahwa perusahaan teknologi yang baru diakuisisi Google tersebut sekarang bekerjasama dengan Phonebloks untuk membuatnya menjadi benar-benar nyata.

Update (29/01/2014): Lenovo telah melakukan akuisisi terhadap Motorola Google sebesar 2,9 Miliar US Dolar. Untungnya, projek Ara Phonebloks ini tidak termasuk di dalam akuisisi tersebut dan telah dialihkan untuk masuk ke dalam tim Android.

Tahap 1: Phonebloks

Sebelumnya, phonebloks telah pernah kita bahas pada artikel "Phonebloks: Smartphone Seperti Lego yang Dapat Dibentuk Sesuka Hati Anda," yakni merupakan sebuah ide dan konsep jenius oleh Dave Hakkens dimana setiap bagian smartphone dapat dicabut pasang seperti lego sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada artikel itu atau melalui video di atas.

Awal kemunculan Phonebloks ini sendiri di Youtube adalah pada bulan September 2013 dan langsung mendapatkan jutaan respon dari berbagai belahan dunia, serta muncul juga berbagai debat apakah teknologi ini benar-benar dapat dimunculkan. Sekarang, ini bukan lagi sekedar konsep dan telah masuk ke dalam tahap pengembangan melalui kerjasamanya dengan Motorola dalam sebuah project yang disebut Project Ara.

Tahap 2: Project Ara

Setelah berhasil mendapatkan jutaan respon dari berbagai belahan dunia kini saatnya Dave Hakkens pencetus ide Phonebloks merealisasikan konsep tersebut. Hal ini dimulai dengan melihat berbagai perusahaan teknologi yang memang berpotensi untuk mengembangkan konsep yang disebut-sebut merupakan konsep jenius tersebut.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, yang terpilih adalah Motorola, yakni perusahaan yang pada Agustus 2013 lalu baru saja diakuisisi oleh Google dan sekarang menjadi perusahaan teknologi yang berada di bawah naungan Google. Motorola sendiri dipilih sebagai pengembang dari Phonebloks karena selain mereka memang memiliki dasar yang cukup kuat, mereka juga sebelumnya telah mengembangkan project serupa yang disebut dengan Project Ara. Project Ara inilah yang pada akhirnya akan merealisasikan Phonebloks menjadi smartphone untuk 'seumur hidup'.

Phonebloks Made Real Through Project Ara

Sama seperti Phonebloks, Project Ara berisikan kerangka terstruktur yang memegang modul-modul smartphone seperti processor, layar, keyboard, baterai, camera dan hardware-hardware lainnya. Melalui project Ara, mereka ingin merealisasikan sama halnya apa yang telah dilakukan Android untuk software hanya saja kali ini lingkupnya untuk hardware dimana memperbolehkan inovasi terbuka untuk siapa saja di antara user, developer dan smartphone mereka. 

Apakah Phonebloks Benar-Benar akan Terealisasi?

Tujuan ideal mereka adalah membuat smartphone dimana kitalah yang menentukan bagaimana bentuknya, apa dan dimana ia dibuat, berapa harganya dan berapa lama kita akan menyimpannya.

Phonebloks Platform Will be Realized by Google

Terdengar sangat ideal, namun apakah ini benar-benar bisa menjadi nyata? Saat Phonebloks dikenal dunia, banyak sekali engineer yang menolak konsep dan ide tersebut. Bahkan sebuah topik di Reddit mengatakan koneksi melalui komponen-komponen dengan frekuensi-frekuensi berbeda di pcb akan berteriak "integrasi!" Belum lagi diperhitungkan segala hal mencakup proses kompleks pembangunan smartphone tersebut, topik tersebut mengatakan tidak sepadan untuk dilakukan.

Setelah melalui riset dan tur terkait hal ini, Motorola dan grup project Ara ini menemukan bahwa pergabungan smartphone Motorola dan 3D printing membuat hal ini menjadi memungkinkan. Kemudian mereka bertemu dengan Dave Hakkens dan memutuskan untuk menggabungkan pekerjaan teknis yang telah dilakukan Motorola dengan komunitas Phonebloks bersamaan dengan segala sumber daya dari Google.

Sekarang, user dari berbagai belahan dunia dapat secara sukarela bergabung dalam Project Ara dan grup mereka akan mengirimkan undangan untuk berbagai developer dalam beberapa bulan untuk menciptakan platform Project Ara ini.

--

Jadi walaupun ada berbagai keraguan terkait hal ini, Motorola, Google, dan komunitas Phonebloks percaya bahwa smartphone berbasis Phonebloks sangatlah mungkin. Mari kita lihat saja apakah hal ini benar-benar dapat direalisasikan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Artikel Serupa dari Portal Tahupedia
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh reagan dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas