home -> Lainnya -> 10 Perusahaan Tertua Di Dunia
27 November 2022 06:50

10 Perusahaan Tertua Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 15, 2022

Sebuah perusahaan ketika berhasil bertahan selama puluhan atau bahkan ratusan tahun, perusahaan tersebut tentu sangat hebat. Perusahaan tersebut berhasil bertahan dan beradaptasi seiring berjalannya waktu. Mungkin kalian akan kaget bahwa di dunia ini ada banyak sekali perusahaan yang usianya sudah lebih dari ratusan tahun dan masih berfungsi hingga sekarang. Perusahaan apa saja itu dan bergerak di bidang apa?

10. Nakamura Shaji - 970

Nakamura Shaji

Membahas tentang perusahaan tertua di Jepang ternyata banyak perusahaan tua yang berlokasi di Jepang. Ini membuat Jepang mendominasi daftar ini. Pertama-tama dimulai dari perusahaan bernama Nakamura Shaji. Nakamura Shaji menjadi salah satu perusahaan tertua di Jepang yang bergerak dalam hal konstruksi bangunan.

Nakamura Shaji berdiri pada tahun 970 dan telah berusia lebih dari 1000 tahun. Berlokasi di Perfektur Aichi, Nakamura Shaji berfokus dalam hal perkayuan. Kayu yang diproduksi oleh Nakamura Shaji lalu digunakan untuk membangun kuil Buddha dan Shinto. Ketika perusahaan Kongo Gumi yang juga bergerak dalam hal konstruksi mengalami masalah, Nakamura Shaji menjadi perusahaan yang mengambil alih bisnis di bidang konstruksi.

9. The Royal Mint - 886

The Royal Mint

Pernah bertanya-tanya dimanakah koin Inggris dibuat? Koin yang menjadi mata uang Inggris dibuat di perusahaan bernama The Royal Mint. Berdiri di tahun 886 menjadikan The Royal Mint sebagai perusahaan pencetak uang koin tertua yang ada di Inggris. Perusahaan ini telah bertahan selama lebih dari 1000 tahun.

Perusahaan ini ternyata telah berubah fungsi menjadi museum. Yang namanya museum tentu saja terbuka untuk siapa saja yang ingin berkunjung. Meski dibuka untuk umum tidak membuat kalian bisa benar-benar melihat bagaimana caranya koin dibuat. The Royal Mint beroperasi di bawah nama legalnya, The Royal Mint Limited dan dimiliki oleh Majesty's Treasury.

8. Tanaka-Iga - 885

tanaka-iga

Begitu banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Jepang. Rasa-rasanya liburan selama 1 bulan tak akan cukup untuk bisa menggali hal menarik yang ada di Jepang. Tapi jika kalian tertarik dengan hal-hal yang berbau religius, bisa coba ke Tanaka-Iga. Tanaka-Iga adalah sebuah perusahaan sekaligus toko penjual barang-barang religius.

Perusahaan Tanaka-Iga telah berdiri sejak tahun 885 dan selama itu juga mereka memproduksi barang-barang religius, terkhususnya untuk mereka yang menganut agama Buddha. Hampir semua produk yang dijual merupakan hasil produksi asli dari Tanaka-Iga. Lokasi tepatnya berada di Manjuji Nishinotoin di Shimogyo-ku.

7. Monnaie de Paris - 864

monnaie de paris

Berbicara soal Perancis bukan cuma soal busana dan Menara Eiffel, ada banyak bangunan bersejarah yang bisa dijumpai di sana. Salah satunya adalah Monnaie de Paris. Bagi kalian yang baru mendengarnya, Monnaie de Paris adalah perusahaan tertua yang ada di Perancis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 864.

Monnaie de Paris memproduksi koin yang digunakan sebagai mata uang di zaman dulu. Uang koin ini tersebar ke seluruh wilayah di Perancis. Bahkan saat Perang Dunia II terjadi dan terjadi krisis, koin yang digunakan adalah koin buatan Monnaie de Paris. Kemudian Monnaie de Paris berganti memproduksi Euro setelah Perancis bergabung dengan European Union.

6. Staffelter Hof - 862

staffelter hof

Staffelter Hof menjadi perusahaan tertua di Jerman yang berhasil masuk dalam daftar perusahaan tertua di dunia. Di Jerman boleh saja dia menjadi  yang paling tua, tapi jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang ada di dunia, Staffelter Hof hanya berada di urutan 6. Perusahaan ini sudah berdiri dari tahun 862.

Staffelter Hof berfokus pada hospitality dan juga winery. Kalian yang berlibur ke Jerman dan ingin mencari guest house bisa mencoba Staffelter Hof. Bukan hanya tempatnya yang indah dan bersejarah, kalian juga bisa mencoba dan membeli wine asli dari daerah sana. Di zaman dulu, wine hasil produksi Staffelter Hof sangat terkenal dan banyak dibeli oleh tentara Romawi.

5. Genda Shigyo - 771

genda shigyo

Boleh saja Cina berbangga karena berhasil membuat inovasi kertas. Dari inovasi kertas ini yang lalu berkembang lagi menjadi buku dan lain sebagainya. Meski begitu, perusahaan kertas yang tertua di dunia bukanlah berasal dari Cina. Justru Jepang lah yang memiliki perusahaan kertas berusia ribuan tahun bernama Genda Shigyo.

Genda Shigyo bermarkas di Kyoto, Jepang dan memiliki spesialisasi dalam hal membuat kertas. Kertas yang dibuat Genda Shigyo biasanya digunakan untuk acara seremoni tertentu. Perusahaan ini diketahui berdiri sejak tahun 771. Terlepas dari banyaknya saingan dan masalah yang dihadapi, Genda Shigyo masih beroperasi hingga sekarang.

4. Hoshi Ryokan - 718

hoshi ryokan

Banyak hotel tua yang ada di Jepang dikelola oleh keluarga secara turun temurun. Salah satu hotel tersebut bernama Hoshi Ryokan dan terletak di Perfektur Ishikawa. Pendiri adalah Keluarga Hoshi dan sudah dikelola sejak tahun 718. Ini menjadikannya sebagai salah satu hotel tertua yang ada di Jepang menemani Nishiyama Onsen Keiunkan dan Koman Hotel.

Sudah disebutkan bahwa Hoshi Ryokan dikelola secara turun temurun oleh Keluarga Hoshi. Tapi tahukah kalian bahwa sudah berapa generasi Keluarga Hoshi yang mengurus tempat penginapan ini? Sebanyak 46 generasi Keluarga Hoshi, sungguh luar biasa. Tempat penginapan ini bisa kalian kunjungi karena hingga sekarang masih berfungsi layaknya penginapan pada umumnya.

3. Koman - 717

Koman

Sebuah hotel tua dan sederhana berada di Kinosaki, Jepang. Hotel ini didirikan di tahun 717 dan membuatnya menjadi hotel tertua kedua di Jepang setelah Nishiyama Onsen Keiunkan. Layaknya hotel, Koman Hotel atau Sennen no Yu Koman memiliki tempat mandi communal dan lantai yang terbuat dari tatami.

Yang membangun hotel ini adalah Gonnokami Hiuke. Ia membuat Koman Hotel setelah ia mendapatkan mimpi tentang 4 dewa Jepang. Di dalam mimpi tersebut, sang dewa berpesan agar Gonnokami Hiuke tinggal di sebuah tempat bersama dengan keluarga besarnya. Lalu Gonnokami Hiuke membangun sebuah hotel dan di dekatnya dibangun juga sebuah kuil yang didedikasikan untuk para dewa.

2. Nishiyama Onsen Keiunkan - 705

Nishiyama Onsen Keiunkan

Berbicara soal Jepang, tidak bisa lepas dari budaya mereka yang disebut dengan onsen. Onsen adalah istilah yang digunakan oleh orang Jepang untuk sumber air panas. Berendam di air panas memang diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan dan di Jepang sendiri ada banyak sekali onsen yang beroperasi.

Salah satu onsen tertua di Jepang dapat ditemukan di Hayakawa bernama Nishiyama Onsen Keiunkan. Didirikan di tahun 705 dan berhasil masuk dalam Guinness Book of Records sebagai hotel tertua di dunia. Memiliki kamar sebanyak 37 kamar dan dikelola secara turun temurun oleh Keluarga Fujiwara Mahito. Air panas yang digunakan oleh Nishiyama Onsen Keiunkan berasal dari Pegunungan Akaishi.

1. Kongo Gumi - 578

kongo gumi

Perusahaan Kongo Gumi menjadi perusahaan paling tua yang ada di muka Bumi ini. Pertama kali didirikan pada tahun 578 dan berlokasi di Osaka. Kongo Gumi diketahui merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Perusahaan tersebut terus berjalan hingga akhirnya mengalami likuidasi di tahun 2006.

Mampu bertahan hingga ribuan tahun tentu saja menjadi hal yang sangat luar biasa bagi Kongo Gumi. Pendiri dari Kongo Gumi adalah Keluarga Kongo dan diketahui mempekerjakan karyawan sebanyak lebih dari 100 orang di tahun 2005. Setelah mengalami kebangkrutan besar dan likuidasi di tahun 2006, Kongo Gumi lalu dibeli oleh Takamatsu Construction Group.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas