home -> Lifestyle -> 10 Cara Untuk Mencerahkan Kulit
27 November 2022 05:29

10 Cara Untuk Mencerahkan Kulit

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 28, 2022

Warna kulit yang gelap, kusam, dan berpigmen menjadi mimpi buruk banyak orang mau itu pria, wanita, muda, dan juga tua. Penyebab kulit bisa seperti itu ada banyak seperti sinar matahari, kurang gizi, dan kulit kering. Jika sudah demikian, selain warna kulit sudah kusam, kulit juga tidak sehat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa cara atau tips yang bisa kalian lakukan untuk mencerahkan kulit. Inilah cara yang bisa kalian lakukan.

10. Masker Kunyit dan Aloe Vera

turmeric and aloe vera

Untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, terutama kulit wajah bisa menggunakan masker. Jika kalian langsung memiliki niat untuk menggunakan masker yang merupakan hasil buatan pabrik, tunggu sebentar. Kita bisa kok membuat masker sendiri dengan bahan alami. Bahannya mudah ditemukan, mudah dibuat, dan tidak ada efek samping.

Bahan seperti kunyit dan aloe vera bisa digunakan untuk membuat jadi masker. Kunyit yang termasuk dalam salah satu rempah-rempah bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit. Vitamin C nya bagus untuk mencerahkan kulit. Aloe vera atau lidah biaya bisa membantu sebagai penyembuh, pencerah, dan memperlambat penuaan.

Campur setengah sendok makan kunyitt dengan 2 sendok teh aloe vera. Aduk dan diamkan di wajah selama 20 sampai 30 menit lalu bersihkan. Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Krim Pemutih

whitening cream

Kalau kalian termasuk orang yang malas untuk membuat masker dari bahan alami sendiri, kalian bisa mencari produk-produk yang bisa membuat kulit menjadi cerah. Berkat teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah semakin maju, sudah semakin banyak produk kecantikan yang mengklaim bisa mencerahkan kulit. Krim pemutih adalah salah satu contohnya.

Jika kalian pergi ke toko kosmetik, kalian bisa menemukan banyak krim pemutih dari berbagai brand. Pastikan kalian konsultasi ke ahli sebelum membeli dan menggunakannya sesuai dengan instruksi. Krim pemutih adalah solusi tercepat dan mudah bagi mereka yang ingin mencerahkan kulit wajah dengan cepat.

8. Vitamin C

vitamin c

Vitamin C tidak hanya memberikan manfaat untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Itu hanya salah satu manfaat yang umum diketahui oleh banyak orang. Ada lag manfaat lain dari vitamin C yakni dalam kesehatan kulit. Vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencerahkannya.

Vitamin C ini kalian bisa temukan di buah-buahan dan juga suplemen. Kalian yang konsumsi buahnya kurang bisa lari ke arah suplemen. Vitamin C bisa membantu menetralkan radikal jahat yang bisa merusak kulit. Vitamin C juga bisa mendorong produksi kolagen yang membuat kulit bisa jadi cerah, sehat, dan halus.

7. Masker Kulit Jeruk

orange peel mask

Daripada menggunakan obat yang memiliki kandungan kimia memang lebih baik menggunakan masker. Masker memang ada juga yang buatan pabrik tapi kita juga bisa membuat masker wajah sendiri dari bahan sederhana yang jauh lebih alami. Cukup dengam kulit jeruk dan susu sudah bisa membuat masker.

Kulit jeruk bisa membuat kulit jadi cerah. Kalian bisa menggiling kulit jeruk segar dengan campuran susu dingin. Setelah menjadi pasta, luluri wajah dan leher menggunakan pasta tersebut. Lakukan metode ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Kalian bisa mendapatkan hasil kulit wajah yang cerah dan segar.

6. Cold Rose Water

cold rose water

Kulit yang tidak dijaga kesehatannya juga bisa mengalami masalah kesehatan seperti inflamasi. Tapi tenang saja, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Kalau kulit mengalami inflamasi, ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah air dari bunga mawar. Ini sangat efektif dalam meredakan inflamasi.

Air bunga mawar bisa diaplikasikan ke area kulit yang mengalami inflamasi dengan cara disemprot. Air ini bisa membuat kulit wajah jadi segar serta mencerahkan. Tidak sulit untuk membeli air bunga mawar ini jadi kalian sebaiknya menyimpannya di rumah. Ini lebih baik dan aman daripada menggunakan obat.

5. Moisturizer

moisturizer

Kalian tinggal di daerah mana? Jika tinggal di daerah yang panas dan kering, maka ini bisa berbahaya untuk kulit. Kulit yang terus menerus terkena sinar matahari dan kering bisa membuat kulit jadi kendur, keriput, dan warnanya juga berubah. Butuh usaha untuk bisa mengembalikan kulit ke keadaan semula.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mencegah hal tersebut. Ada sebuah produk yang bernama krim pelembab atau moisturizer. Mouisturizer bisa menjaga kelembapan kulit. Penggunaan mouisturizer bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau membaca keterangan yang tertera. Jika ingin hasil yang maksimal, jangan lupa juga untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan minum air putih.

4. Facial steam

facial steam

Menjaga kesehatan kulit itu sangat penting. Kalian tidak mau kan kulit kalian tampak seperti orang tua, keriput, kendur, dan kusam. Orang yang sudah tua saja ingin kulitnya kencang dan cerah seperti muda. Semakin ke sini, semakin banyak cara yang bermunculan yang efektif untuk membuat kulit jadi cerah, kencang, dan sehat.

Kalian pernah coba yang namanya facial steam? Facial steam adalah cara membersihkan wajah dengan cara membersihkan kulit wajah dengan menggunakan uap air. Gunakan kulit lemon, air hangat, dan biarkan uap air panas tersebut membasahi wajah. Lakukan selama beberapa menit dan bersihkan menggunakan handuk bersih. Vitamin C dari lemon bisa mencerahkan kulit wajah.

3. Gunakan Sunscreen

sunscreen lotion

Tinggal di daerah yang tropis ada manfaat positif dan negatif. Kalau itu manfaat positif, rasanya tidak perlu diambil pusing. Justru efek negatif ini yang harus diwaspadai. Tinggal di daerah beriklim panas dan menghabiskan waktu lebih banyak di luar ruangan, di bawah terik matahari bisa membuat kulit jadi rusak. Bahkan menggunakan pakaian lengan panjang tak cukup membantu.

Maka dari itu penting bagi kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari membutuhkan yang namanya sunscreen atau lotion pelindung. Radasi matahari bisa membuat warna kulit berubah jadi hitam dan rusak. Jika memang diharuskan untuk ke luar, pastikan untuk mengenakan sunscreen agar kulit terlindungi.

2. Banyak Minum Air

drink water

Seberapa sering kalian minum air putih? Jangan-jangan kalian malas minum air putih atau mungkin kalian lebih memilih untuk mengkonsumsi soda? Minuman bersoda memang nikmat, tapi resikonya bisa membuat berat badan jadi naik karena minuman bersoda mengandung gula dan kalori yang tinggi. Berbeda dengan air putih yang 0 kalori dan memang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika kurang minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi. Jika sudah demikian, maka fungsi tubuh akan menurun. Sulit konsentrasi, pusing, ginjal bermasalah, dan kulit berubah jadi kusam. Untuk menghindari hal semua itu, selalu minum air putih. Tidak perlu menunggu sampai haus baru minum air. Apalagi air juga bisa membantu membuang racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

1. Istirahat Cukup

rest

Bisa jadi warna kulit jadi kusam karena kamu kurang tidur. Banyak orang kurang tidur dengan berbagai macam alasan seperti belum ngantuk, lapar, asik nonton film, main video game, main handphone, dan mungkin saja ada yang karena tuntutan pekerjaan. Padahal istirahat penting juga loh untuk kulit.

Kurang tidur bisa membuat kulit tubuh jadi kusam. Justru tidur bisa memberikan waktu bagi tubuh melakukan regenerasi sel-sel yang rusak, termasuk juga kulit. Tidur cukup kurang lebih 7 sampai 9 jam memungkinkan kulit bisa mengganti sel-selnya yang rusak dengan yang baru. Jika kalian bisa melakukan tidur yang cukup secara rutin, kulit bisa jadi cerah dan juga kencang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas