home -> Lifestyle -> 10 Diet Ekstrim Yang Orang Lakukan Untuk Menurunka...
27 November 2022 04:42

10 Diet Ekstrim Yang Orang Lakukan Untuk Menurunkan Berat Badan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 26, 2022

Memiliki berat badan yang ideal adalah mimpi dari sejumlah orang. Untuk mencapainya bisa dilakukan dengan cara olahraga dan mengkombinasikannya dengan diet. Di poin diet ini yang cukup sulit dilakukan karena tipe tubuh orang berbeda-beda dan jenis diet ada banyak sekali. Yang paling aman adalah menkonsultasikan pada ahli kesehatan mengenai diet apa yang sekirannya tepat dan aman untuk dilakukan. Di internet, kita bisa menemukan banyak sekali jenis diet tapi tidak semuanya bisa berhasil dan ada juga yang tergolong ekstrim dan bisa membahayan kesehatan. Tapi karena saking tidak sabarnya ingin mencapai berat badan yang diinginkan, orang nekat melakukan diet ekstrim dan berbahaya tersebut. Inilah beberapa diet ekstrim dan berbahaya yang orang nekat lakukan agar bisa menunrunkan berat badan.

10. Master Cleanse

master cleanse

Banyak orang yang mengidolakan superstar, model, selebriti, artis, dan aktor sampai ingin menjadi seperti mereka. Segala macam hal diikuti mulai dari gaya jalan, fashion, olahraga, sampai diet yang mereka lakukan. Padahal belum tentu semuanya bisa diaplikasikan ke gaya hidup kita. Apalagi jika membahas mengenai diet.

Kita sepakat bahwa Beyonce adalah sosok penyanyi wanita yang sangat terkenal. Dia cantik, bersuara merdu, dan memiliki tubuh yang dianggap ideal dan seksi oleh sejumlah perempuan. Beyonce melakukan sebuah diet yang bernama master cleanse. Diet ini dijalani Beyonce dengan cara mengkonsumsi cairan air, maple syrup, lemon juice, cayenne pepper, dan semuanya dicampur menjadi satu.

Cairan ini diminum oleh Beyonce sebanyak 6 sampai 12 gelas setiap harinya dalam waktu 10 hari. Ditambah lagi dengan menyesap air garam dan teh herbal. Kalau yang dikonsumsi hanya cairan jelas saja berat badan akan turun. Tapi tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang seharusnya didapat dari makanan sehari-hari.

9. Diet Makanan Mentah

raw food

Tidak semua makanan itu bisa dimakan mentah. Ada banyak makanan yang harus melewati berbagai proses sebelum bisa dimakan. Mulai dari dicuci, dipotong, lalu dimasak. Contohnya seperti daging, telur, dan beberapa sayuran harus dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan.

Sempat ada satu macam diet yang bernama diet makanan mentah, diet ini menganjurkan pelaku diet untuk mengkonsumi makanan tanpa harus melalui proses memasak alias makan makanan mentah. Kalau itu buah dan sayuran mungkin masih bisa dimakan mentah, tapi kalau daging, kacang, telur, itu tidak bisa dimakan mentah karena ditakutkan adanya bakteri.

8. Diet Arsenik

arsenic diet

Beruntung kalian yang sudah hidup di zaman seperti sekarang karena setiap produk diet sudah ada yang melakukan review dari pelaku dietnya dan juga ada badan kesehatan yang siap memberikan komentar terkait aman atau tidaknya suatu metode atau produk diet. Di zaman dulu, tidak ada itu yang namanya review dari orang banyak dan juga badan kesehatan. Jadi, ketika ada orang yang mempromosikan produk diet, orang akan terima-terima saja.

Tahun 1900an jadi tahun yang mengerikan karena adanya sebuah produk diet yang berbahan dasar arsenik. Arsenik adalah unsur kimia yang sangat berbahaya dan beracun bagi manusia. Di masa itu, ada sebuah pil diet yang menggunakan bahan arsenik. Orang-orang yang mengkonsumsi pil diet arsenik tersebut akan mengalami keracunan, mual, muntah, diare, kram, dan mati.

7. Diet Makanan Bayi

baby food diet

Makanan untuk bayi dan orang dewasa itu berbeda. Di usia tertentu, bayi belum tumbuh gigi. Di level ini, bayi diberikan makanan yang bisa ditelah dengan mudah agar tidak tersedak. Tidak hanya mudah untuk ditelan tapi makanan yang dimakan juga yang mudah dicerna. Biasanya makanan bayi itu tidak ada seratnya.

Ada satu cara diet yang bernama diet makanan bayi. Diet ini diperkenalkan oleh trainer selebriti bernama Tracy Anderson. Jika ingin berat badan turun, disarankan untuk mengganti makanan biasa menjadi makanan bayi. Dalam satu hari harus makan 14 toples makanan bayi dan satu makanan normal. Kenapa ini berbahaya? Diet ini membuat pelakunya jadi tidak terpenuhi kebutuhan seratnya. Padahal untuk orang dewasa, serat sangat penting untuk pencernaan.

6. Diet Sleeping Beauty

sleeping beauty diet

Tidur membuat tubuh mengistirahatkan diri, mengisi ulang tenaga, dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tentu saat seseorang tidur, dia tak melakukan aktivitas lain. Tidak mungkin orang tidur bisa makan bukan? Lalu muncul sebuah ide diet yang bernama sleeping beauty diet. Jadi, ketika kalian merasa lapar, tinggal tidur saja.

Memang ini ide yang menarik karena ketika tidur, seseorang tidak mungkin melakukan aktivitas lain. Makanya kalau kalian lapar, daripada makan lebih baik untuk tidur. Karena tidak adanya makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka berat badan tidak akan naik. Bagi yang memiliki masalah insomnia, disarankan untuk mengkonsumsi obat tidur. Jika metode diet ini dilakukan secara terus menerus, bukan cuma berat badan saja yang turun tapi kamu bisa mengalami yang namanya malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

5. Diet Rokok

cigarettes diet

Ingin berat badan yang ideal memang bisa dilakukan dengan cara diet. Tapi ada beberapa jenis diet yang bukannya bisa memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan tapi malah sebaliknya, memberikan efek buruk. Seperti diet yang bernama diet rokok ini. Bukannya diet untuk tidak merokok tapi malah kita disarankan untuk merokok sebagai pengganti makan.

Diet ini sempat ada di tahun 1920an. Tidak main-main, yang menyarankan untuk diet rokok ini adalah sejumlah dokter. Dikatakan bahwa rokok bisa menekan nafsu makan seseorang. Memang benar bahwa merokok bisa membuat orang jadi malas makan, tapi merokok juga bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan terutama di pernapasan. Tidak hanya berat badan yang turun tapi kesehatan paru-paru juga terganggu.

4. Diet Ular

slimming soap diet

Tidak semua orang yang mengaku sebagai trainer bisa memberikan metode diet yang tepat dan aman. Makanya kita sebagai orang harus melakukan research juga terkait metode diet yang orang lain berikan pada kita. Ini agar kita terhindar dari masalah kesehatan yang serius di masa mendatang. Kenapa hal ini dibahas, itu karena ada satu diet yang diperkenalkan oleh seorang trainer asal Amerika bernama Cole Robinson dan diet tersebut bernama diet ular.

Ular adalah hewan melata yang memiliki pola makan unik. Ular makan besar dalam sekali waktu dan kemudian berpuasa dalam waktu yang lama. Kita disarankan untuk mengikuti pola makan seperti ular tersebut. Makan satu kali lalu melakukan puasa selama beberapa hari. Memang benar bahwa ini bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat, tapi untuk jangka panjang, diet ini bisa membahayakan kesehatan.

3. Vinegar Diet

vinegar diet

Inggris memiliki seorang pembuat puisi yang sangat terkenal bernama George Gordon Byron. Banyak orang yang mengenalnya dengan nama Lord Byron. Dia pembuat puisi asal Inggris di tahun 1820an. Tidak hanya itu, Lord Byron juga mempopulerkan sebuah diet yang dinamakan vinegar diet atau diet cuka.

Diet ini populer di tahun 1820an dan sesuai dengan namanya, diet ini mengharuskan seseorang untuk meminum cuka dalam jumlah yang banyak. Cuka dicampurkan dengan segelas teh dan telur mentah lalu diminum, cara diet ini bagi yang tidak terbiasa bisa mengakibatkan muntah dan hilangnya nafsu makan. Bahaya lain yang bisa saja muncul akibat terlalu banyak mengkonsumsi cuka seperti ketidakseimbangan potassium, iritasi perut, dan erosi enamel gigi.

2. Cotton Ball Diet

cotton ball diet

Kalian tahu fungsi kapas? Kapas biasa digunakan di dunia kesehatan untuk mengobati luka. Kapas bukanlah sesuatu yang boleh untuk dimakan. Tapi ternyata ada sebuah cara untuk menurunkan berat badan dengan cara menggunakan bola kapas. Bola kapas ini nantinya yang harus ditelan sebagai pengganti makanan.

Tidak sekedar bola kapas, bola kapas tersebut harus dibasahin dengan berbagai macam cairan sebelum dimakan. Cairan tersebut seperti smoothies atau jus. Jelas ini adalah diet yang sangat berbahaya. Kapas dibuat dari bahan yang berbahaya seperti pemutih dan bisa menyumbat di saluran pencernaan. Mau dibasahi dengan cairan apa pun itu, tidak seharusnya kapas dimakan.

1. Tablet Tapeworm

tapeworm tablets

Jika kita cacingan tentu akan panik setengah mati. Cacingan bisa menyebabkan banyak hal tak enak seperti gatal di anus, gangguan organ pencernaan, diare, mual, muntah, dan menurunnya berat badan secara drastis. Ini karena gizi yang harusnya diserap oleh tubuh, dihisap oleh si cacing ini. Makanya muncul yang namanya obat cacing untuk mengatasi masalah cacingan.

Tapi ada masa di mana orang memanfaatkan cacing sebagai metode diet. Ini terjadi di awal tahun 1900an. Karena efek cacing yang bisa membuat berat badan turun, dibuatkanlah sebuah tablet yang berisikan telur cacing pita atau tapeworm. Telur cacing ini nantinya akan menetas dan cacing akan menetap di dalam pencernaan. Cacing tersebut akan menyerap semua nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh dan menyebabkan turunnya berat badan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas