home -> Lainnya -> 10 Tips Agar Teman Mau Bayar Hutang
27 November 2022 05:31

10 Tips Agar Teman Mau Bayar Hutang

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 21, 2022

Ketika teman sedang dalam kesulitan dan butuh bantuan uang dan meminjam uang pada kita, kita sebagai teman tentu akan membantunya. Mungkin ada juga yang tidak mau membantu, tidak apa-apa. Tapi ada juga yang punya rasa kasihan dan memutuskan untuk meminjam uang dengan jumlah nominal tertentu. Yang namanya pinjam tentu harus dibayar karena kalau hutang akan dibawa sampai mati kalau kata orang banyak. Tapi ada momen kita sulit untuk menagih hutang tersebut. Kalau ditanya alasannya, selalu saja ada alasan yang digunakan. Padahal kita tahu dia ada uang dan malah lebih parahnya, uang tersebut dia pakai untuk bersenang-senang. Bagaimana cara yang tepat untuk membuat orang seperti ini mau membayar hutangnya? Inilah tips yang bisa kalian gunakan. 

10. Bicarakan Berdua

bicarakan berdua

Ada sejumlah kejadian dimana ada seseorang yang meminjamkan uang pada temannya tapi temannya tersebut tidak segera melunasi hutangnya. Diajak ketemu susah, dihubungi juga susah, jadinya orang yang meminjamkan uang malah menceritakan kejadiannya di sosial media. Alhasil, teman yang minjam uang malah melaporkannya ke polisi atas pencemaran nama baik.

Sebelum kalian ikut-ikutan menceritakan momen ini ke sosial media dan malah dikasuskan ke polisi, sebisa mungkin kamu coba dulu ajak ketemu teman kalian tersebut. Ajak ketemu dan bicarakan maslah hutang tersebut secara langsung. Tanyakan apa yang menjadi alasan dia tidak segera melunasi hutangnya. Jika masih tidak mau melunasi, kalian yang bisa mengancamnya duluan ke polisi atau memberikan tenggat waktu bersyarat padanya.

9. Katakan Sedang Butuh Uang

butuh uang

Sesama makhluk sosial biasanya akan langsung tergerak hatinya ingin membantu ketika ada seseorang yang mengalami kesulitan. Apalagi jika itu adalah teman sendiri dan dia meminta bantuan pada kita dengan beralasan sedang dalam kondisi sulit dan butuh bantuan uang. Kita pun kasihan dan memberikannya uang dengan harapan ia bisa keluar dari kesulitan dan menggantinya suatu saat nanti.

Tapi ada masa dimana dia tidak segera melunasinya. Dari berbulan-bulan hingga bertahun-tahun masih juga belum dibayar. Agar dia mau melunasi hutangnya, kalian bisa menggunakan jurus yang sama yang teman kalian pakai ketika meminjam uang yaitu menggunakan alasan sedang kesulitan. Kalian lihat, apakah dia akan melunasi hutangnya atau tidak.

8. Ketika Pergi Bersama Dia, Dia Yang Bayar

dia yang bayar

Punya teman yang pernah minjam uang tapi tidak pernah melunasi hutangnya memang mengesalkan. Lebih mengesalkan lagi ketika hutang yang lama belum lunas tapi dia masih berani minjam lagi. Padahal kalau kalian lihat dari sosial medianya, ia selalu posting foto atau video saat jalan-jalan dan beli barang bagus.

Ada satu tips bagi kalian yang dihutangi tapi belum dibayar agar si penghutang tersebut mau segera bayar. Suatu saat, ajak teman kalian yang punya hutang tersebut untuk jalan-jalan. Ajak makan, nonton, atau minum kopi. Saat mau bayar, bilang saja kalau kamu lupa bawa dompet, supaya dia yang membayari kamu. Bilang saja nanti kalau dia yang bayar, nanti hutangnya akan dipotong.

7. Tambahkan Tenggat Waktu Dengan Syarat

tenggat waktu

Punya teman yang masih punya hutang dalam jumlah banyak tapi hidupnya seperti tidak ada beban memang paling membuat kesal. Ketika ditagih, selalu berkelit dengan segudang alasan. Ketika kita sedang kesusahan keuangan, dia pura-pura tidak tahu. Salah satu cara agar dia mau melunasi hutangnya adalah coba ajak bertemu dan minta dia segera lunasi hutangnya.

Biasanya sih yang punya hutang akan minta tenggat waktu untuk melunasi hutangnya. Tapi kalau dia sudah kebiasaan minta tenggat waktu tapi masih ngaret juga, kalian tembak saja dia boleh dikasih tenggat waktu tapi dengan syarat. Agar lebih valid lagi, suruh buat perjanjian hitam di atas putih ditambah dengan materai. Jadi kalau dia melanggar janjinya tersebut, dia bisa dilaporkan ke polisi.

6. Cicil

cicil

Yang namanya hutang ya harus segera dilunasi. Karena jika tidak dilunasi, selama hidup pasti akan tidak tenang dan akan menjadi bahan pembicaraan orang. Bahkan katanya sebelum meninggal, hutang harus dilunasi agar bisa meninggal dengan tenang. Tapi tidak semua orang punya kesadaran untuk bayar hutangnya.

Jika kalian punya teman yang model seperti itu, punya hutang tapi enggan melunasinya, bisa memintanya untuk mencicil hutangnya tersebut. Hal ini harus dilakukan agar perlahan-lahan hutangnya bisa segera lunas. Tidak perduli sekecil apa uang yang harus dicicil, lebih baik terima sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali.

5. Sindir Halus

sindir halus

Zaman sekarang dunia sepertinya sudah terbalik. Jika dulu orang yang punya hutang akan takut ketika ditagih hutangnya, sekarang malah yang punya hutang yang lebih galak dari yang meminjamkan uang. Walaupun kesal tapi kan kita butuh agar orang tersebut agar segera melunasi hutangnya. Tapi kalau diajak ketemu sulit, giliran ketemu, malah dia yang marah.

Jika teman kalian ada yang tipenya seperti ini, setiap kali ketemu atau tidak, sindir saja dia secara halus. Misalnya ketika di sosial media dia posting lagi liburan bersama keluarga atau beli barang yang sepertinya mahal, bisa komentar seperti. "wah asik nih sedang liburan" atau "barang yang dibeli bagus ya". Kalau orang tersebut masih punya perasaan dan akal, harusnya malu jika disindir seperti itu.

4. Minta Tolong Temannya

minta tolong teman

Tidak semua orang meminjam uang atau berhutang punya kesadaran untuk melunasi hutangnya. Meski sudah ditagih, selalu menghindar dengan berbagai macam alasan. Sampai akhirnya kita yang geleng-geleng kepala melihat sikapnya. Tak perlu stres menghadapi teman yang seperti ini, kita bisa kok minta tolong bantuan teman-teman si punya hutang untuk mendorongnya segera membayar hutang.

Ya mau tidak mau memang kita harus menceritakan kejelekan si punya hutang ini pada teman-temannya. Paling enak kalau kalian masih dalam satu circle pertemanan jadi enak menceritakannya. Bilang saja kalian sedang stres karena kesulitan uang. Dan ada satu teman yang punya hutang denganmu tapi kalau ditagih selalu menghindar, Nah, minta bantuan pada teman kalian untuk ikut membantu kamu dengan mendorong si punya hutang agar segera bayar.

3. Buat Perjanjian Dengan Materai

perjanjian

Kesal memang ketika ada teman yang punya hutang tapi ketika ditagih selalu pakai berbagai macam alasan agar terus diberikan tenggat waktu. Kalian tentu bosan kan jika terus menerus diulur tapi belum dibayar-bayar juga. Mending kalau dia mencicil hutangnya, tapi ini tidak dibayar sepeser pun. Mungkin kalian perlu cara yang lebih serius yakni dengan membuat perjanjian.

Bukan perjanjian biasa tapi perjanjian dengan ditambah materai dan ditanda tangani olehnya. Suruh dia buat tulisan tangan mengenai hutangnya. Mau dibayar lunas kapan? Atau kalau mau dicicil, berapa nominal yang mau dicicil dan harus dibayar setiap kapan. Kalau dianya melanggar perjanjian yang sudah dibuat, perjanjian dan bukti pembayaran bisa menjadi bukti kuat untuk mengkasuskannya ke pihak kepolisian.

2. Tagih Langsung

tagih langsung

Jadi orang yang terlalu baik kadang bisa berakibat buruk. Hidup di dunia yang keras seperti ini, akan ada saja orang-orang yang suka memanfaatkan kebaikan dari orang. Sudah dibantu, malah tidak tahu terima kasih. Sudah diberikan pinjaman uang, bukannya segera dilunasi malah kabur begitu saja dan sulit dihubungi.

Giliran kita yang sedang butuh uang dan minta dia untuk segera melunasi hutangnya, dia selalu kabur. Kalau kalian menagihnya secara tidak langsung melalui telpon, sms, atau chat, kalian salah. Untuk orang yang seperti ini harus ditagih secara langsung. Kalau kalian tahu tempat tinggalnya, datangi saja tempat tinggal dan segera konfirmasi padanya kapan mau bayar hutang.

1. Beritahu Keluarganya

minta tolong keluarga

Sudah melakukan segala macam cara tapi yang punya hutang masih belum juga melunasi hutangnya meski diminta cicil juga belum dibayar? Mungkin orang seperti ini harus kena pukulan telak terlebih dahulu agar dia kapok dan segera melunasi hutang-hutangnya. Kalau dia masih ada orang tua, kalian bisa loh minta tolong pada orang tua atau keluarga terdekatnya.

Ceritakan masalah yang kalian hadapi dengan teman kalian ini ke orang tua atau keluarga terdekatnya. Yang namanya orang tua atau keluarga seharusnya malu kalau punya anak atau saudara yang kelakukannya buruk. Mereka akan ikut membantu kamu untuk mendorong anak atau saudaranya yang punya hutang ini agar segera bayar hutang. Tapi cara ini bisa tidak berhasil juga kalau orang tua atau saudaranya juga tukang hutang dan punya kebiasaan tidak bayar hutang.

Satu saran terakhir jika punya teman yang punya kebiasaan berhutang, kitanya yang meminjamkan uang punya keikhlasan untuk uang tersebut hilang kalau saja si peminjam tidak punya niat baik untuk melunasi hutangnya. Singkatnya, anggap saja beramal. Kalau kalian tidak ada keikhlasan tersebut, ya lebih baik tidak usah meminjamkan uang. Kita tidak tahu kapan kita akan mengalami masalah keuangan, jadi lebih baik berjaga-jaga daripada berbuat baik tapi nantinya malah dimanfaatkan oleh orang lain.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas