home -> Lainnya -> 10 Jenis Ras Anjing Terbesar
27 November 2022 06:51

10 Jenis Ras Anjing Terbesar

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 14, 2022

Memelihara anjing tidak sama dengan memelihara kucing. Untuk memelihara anjing, kalian membutuhkan space atau ruangan yang luas. Ini bertujuan agar anjing bisa bergerak ke mana saja yang mereka inginkan. Mungkin kalian sudah terbiasa dengan anjing yang berukuran sedang sepergi golden retriever, siberian husky, bulldog, atau yang kecil seperti dachshund dan ingin mencari anjing yang tak biasa dengan ukuran besar. Jika kalian memang sedang mencari anjing dengan ukuran besar, anjing dengan ras berikut ini bisa menjadi pilihan karena ras ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar.

10. Anatolian Shepherd

anatolian shepherd

Di urutan pertama dalam daftar anjing ras dengan ukuran terbesar ada nama Anatolian Sheperd. Anatolian Sheperd biasanya digunakan oleh banyak orang dengan tujuan anjing penjaga. Lebih tepatnya anjing ini digunakan untuk menjaga hewan ternak dari predator. Makanya ukurannya jauh lebih besar dari anjing pada umumnya.

Anatolian Sheperd bisa tumbuh hingga 76 sampai 92 cm dengan berat mencapai 41 sampai 68 kg. Jika kalian menyukai dan ingin memelihara anjing ini, sebaiknya pastikan kalian memiliki rumah yang cukup besar. Anatolian Sheperd termasuk anjing yang pintar dan setia. Sifat teritorialnya bisa dimanfaatkan sebagai penjaga rumah.

9. Black Russian Terrier

black russian terrier

Mendengar namanya saja sudah bisa ditebak dari mana asal anjing satu ini. Black Russian Terrier, anjing ras satu ini sangat terkenal dan berasal dari Rusia. Menurut sejarah, anjing Black Russian Terrier dulu digunakan sebagai anjing penjaga. Di tahun 1930an, pemerintah Uni Soviet menugaskan anjing Black Russian Terrier untuk melindungi properti penting dan berharga.

Anjing jenis ini pintar, bisa diajari trik sulit, dan harus diajak olahraga secara rutin. Meski memiliki sifat alami protektif, anjing bisa dilatih menjadi anjing yang loyal dan lembut. Jika kalian termasuk orang yang malas bergerak akan menghadapi kesulitan dalam menangani anjing jenis ini. Jika tidak diajak berolahraga, maka Black Russian Terrier akan kelebihan tenaga dan malah bisa menjadi destruktif.

8. Giant Alaskan Malamute

Giant Alaskan Malamute

Besar dan cantik, inilah dia anjing Giant Alaskan Malamute atau biasa orang menyebutnya dengan Malamute. Anjing besar ini agak mirip dengan Siberian Husky namun ukurannya jauh lebih besar dari Husky dan matanya tidak berwarna biru. Giant Alaskan Malamute bisa tumbuh hingga 88 cm dan beratnya bisa mencapai 86 kg. Asal dari anjing ini sesusai dengan namanya yakni Alaska.

Jika ada yang membandingkan dengan Malamute biasa, Giant Alaskan Malamute memiliki tubuh yang lebih besar lagi. Giant Alaskan Malamute memiilki usia sekitar 10 sampai 12 tahun. Karakter dari Giant Alaskan Malamute antara lain, pintar, setia, gemar bermain, bersahabat, dan lembut. Cocok digunakan untuk berburu dan sebagai anjing keluarga.

7. Leonberger

leonberger

Ada satu anjing yang memiliki kemiripan dengan singa dan anjing itu adalah Leonberger. Bagian Leonberger yang mirip dengan singa adalah bulu di bagian belakang kepalanya. Bulunya di bagian belakang kepala Leonberger memiliki warna kuning-hitam dan cukup tebal. Anjing ini adalah salah satu anjing populer di Eropa.

Leonberger ternyata bukan anjing ras murni. Leonberger merupakan anjing ras campuran antara Newfoundland, Great Pyrenees, dan St. Bernard. Hasilnya sudah bisa terlihat, Leonberger menjadi anjing ras dengan ukuran tubuh besar dan kuat. Tinggi mereka bisa mencapai 71 sampai 80 cm dan berat 54 sampai 77 kg. Leonberger awalnya dikembangbiak untuk keluarga kerajaan. Sekarang ini mereka dimanfaatkan sebagai peliharaan dan anjing pertanian.

6. Great Pyrenees

Great Pyrenees

Pegunungan Pyreness adalah sebuah pegunungan yang memisahkan Iberian Peninsula dengan negara Eropa lainnya. Membentang sejauh lebih dari 430 km antara Spanyol dan Perancis. Orang-orang yang tinggal di Pegunungan Pyreness bekerja dan bertahan hidup dari beternak. Agar hewan ternaknya tidak menjadi mangsa predator, mereka memelihara anjing yang berjenis Great Pyreness.

Karena tinggal di daerah pegungan yang dingin, Great Pyrenees dibekali dengan bulu putih yang tebal supaya suhu tubuhnya tetap hangat. Great Pyrenees termasuk anjing yang multifungsi. Jika tidak digunakan untuk anjing penjaga, Great Pyrenees bisa menjadi anjing keluarga yang baik. Great Pyrenees lebih sering aktif di malam karena pada awalnya dignakan sebagai anjing penjaga. Mereka memiliki sifat protektif dan pemberani.

5. Mastiff

mastiff

Tidak hanya besar, Mastiff juga menjadi salah satu anjing dengan bobot terberat. Karakteristik dari Mastiff yang paling mudah dikenali adalah wajahnya yang seperti berkerut. Terlepas dari itu, Mastiff adalah anjing yang kuat dan pemberani. Anjing ini sudah dikenal jauh sejak zaman Kerajaan Romawi. Ukurannya bisa mencapai 64 sampai 91 cm dan berat 50 sampai 156 kg.

Mastiff dikenal sebagai anjing yang sangat setia. Sifat alaminya yang sangat waspada membuat Mastiff cukup berhati-hati dengaan orang asing. Saat Perang Dunia II terjadi sebanyak 14 ekor Mastiff di Inggris yang selamat. Butuh kerja sama dengan breeder dari Amerika Serikat untuk bisa mengembangbiakkan Mastiff hingga jumlahnya bisa sebanyak sekarang.

4. Irish Wolfhound

irish wolfhound

Menurut asosiasi Kennel Club  of Philadelphia dan American Kennel Club Canine Health Foundation, anjing jenis Irish Wolfhound termasuk salah satu ras anjing besar yang cukup diminati. Melirik sejarahnya, Irish Wolfhound dulu dikembangbiakkan dan digunakan untuk berburu serigala. Pantas saja anjing jenis ini memiliki tubuh yang besar dan kuat.

Berbeda dulu dengan sekarang, dulu memang anjing ini digunakan untuk berburu dan penjaga, tapi sekarang karena pekerjaan memburu sudah semakin berkurang dan tidak ada, Irish Wolfhound hanya digunakan sebagai anjing penjaga atau anjing keluarga. Anjing Irish Wolfhound memiliki sifat yang sabar dan lembut, apalagi pada anak-anak. Kakinya tinggi, panjang, kepala lebar, ekor panjang melengkung, bulunya tebal, dan kurus.

3. Newfoundland

newfoundland dog

Besar, anggun, dan juga lembut, itulah impresi orang-orang pada anijng jenis Newfoundland. Anjing ini termasuk anjing pekerja dan perenang yang handal. Newfoundland bisa dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan air seperti anjing penyelemat dan olahraga. Kelembutan mereka yang membuatnya mendapat julukan Gentle Giant.

Kemampuan berenang yang hebat ini didukung juga dengan tubuh mereka. Newfoundland dilindungi dengan bulu tebal yang bisa membuat mereka sulit basah. Dulu, Newfoundland dilatih untuk bisa bekerja dengan para nelayan. Newfoundland dilatih untuk menarik jaring ikan keluar dari dalam air. Sekarang ini juga Newfoundland masih digunakan sebagai anjing penyelemat karena kemampuan berenangnya yang bagus.

2. Great Dane

great dane

Salah satu ciri khas anjing great dane adalah telinganya yang berdiri lancip. Begitu melihatnya, orang sudah tahu itu adalah Great Dane. Anjing ini memiliki bentuk tubuh yang besar dan berat. Karena penampilannya yang sangar, Great Dane seringkali digunakan sebagai anjing penjaga. Memang dulunya anjing ini digunakan untuk berburu hewan, jadi kemampuan menjaga dan bertarungnya tak perlu diragukan.

Great Dane menjadi salah satu anjing ras dengan tubuh terbesar di dunia dan juga yang menjadi favorit. Tinggi mereka bisa mencapai 76 sampai 87 cm dengan berat 54 sampai 90 kg. Bagaimana Great Dane berkembang tergantung dari si pemilik. Jika ingin dijadikan anjing penjaga, Great Dane bisa dilatih menjadi galak. Sebaliknya, jika ingin menjadi anjing keluarga, Great Dane ini juga bisa dilatih untuk tujuan tersebut.

1. St. Bernard

st. bernard

Tidak ada orang yang tak suka dengan sosok St. Bernard. Anjing ini besar, lucu, dan juga pintar. Saint Bernard memiliki berat yang bervariasi antara 73 sampai 117 kg. Tinggi mereka berkisar antara 69 sampai 89 cm. Paling diingat mengenai anjing St. Bernard adalah kepalanya yang besar dan pipinya yang turun.

St. Bernard diketahui berasal dari Pegunungan Alpen Swiss. Oleh warga lokal, St. Bernard digunakan untuk membantu orang-orang yang tersesat di gunung dan tertimbun longsoran salju. Dengan latihan yang tepat, St. Bernard bisa menjadi sahabat yang baik dan setia pada pemiliknya. Popularitasnya semakin naik karena St. Bernard pernah tampil di film.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas