home -> Lifestyle -> 10 Barang Di Rumah Yang Harus Dibersihkan Setiap H...
27 November 2022 06:50

10 Barang Di Rumah Yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 12, 2022

Bersih-bersih rumah adalah hal wajib yang harus dilakukan tanpa harus disuruh. Kalau malas membersihkan, rumah bisa menjadi tempat yang sempurna untuk bakteri dan kuman. Ini bisa membuat penghuni rumah tersebut menjadi mudah sakit. Ada banyak barang yang harusnya kalian rajin bersihkan setiap hari agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri kuman. Inilah 10 barang di rumah yang wajib kalian bersihkan setiap hari.

10. Botol Air Minum

water bottle

Botol air minum digunakan untuk menampung air minum yang nantinya bisa dibawa ke mana-mana. Daripada harus membeli botol plastik di supermarket yang waktu penggunaannya sedikit, bisa membeli botol plastik yang bisa digunakan berkali-kali dalam jangka waktu yang lama. Syaratnya cukup rajin dibersihkan.

Karena botol air minum fungsinya untuk menjadi wadah air minum, sudah seharusnya botol air minum dibersihkan setiap hari agar tidak ada kotoran yang menempel. Semakin sering kalian menggunakan botol tersebut maka harus semakin sering pula dibersihkan. Jangan sampai kalian malas mencuci dan kotoran menempel di botol minum masuk sampai ke dalam tubuh menyebabkan penyakit.

9. Tempat Tidur

bed

Salah satu fungsi rumah adalah tempat istirahat. Di mana lagi kalian beristirahat di rumah kalau bukan di tempat tidur. Siapa di antara kalian yang setelah menggunakan tempat tidur langsung pergi beraktivitas tanpa membereskannya? Atau yang lebih parah lagi, kalian jarang membersihkan tempat tidur secara rutin?

Ternyata ada sebuah studi yang dilakukan di tahun 2016 oleh Amerisleep. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa di tempat tidur ditemukan sekitar 3 juta bakteri dalam rentang waktu 1 minggu jika tidak dibersihkan. Jika tidak dibersihkan dalam waktu satu bulan, bakteri yang ditemukan sebanyak 11,96 juta. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan tempat tidur setidaknya sekali dalam seminggu.

8. Sikat Gigi

toothbrush

Malas sikat gigi maka akan berakibat rusaknya gigi. Gigi yang rusak rasanya akan terasa sangat tidak nyaman. Maka dari itu jangan malas membersihkan gigi. Membersihkan gigi bisa menggunakan yang namanya sikat gigi. Salah menggunakan sikat gigi bisa berakibat buruk untuk kesehatan gigi, apalagi jika sikat gigi tidak dibersihkan.

Benda yang digunakan untuk membersihkan kotoran pastinya akan ikut menjadi kotor juga. Tidak mau kan kalian kotoran yang ada di mulut, dibersihkan dengan sikat gigi tapi kembali lagi kotorannya ke dalam mulut. Untuk menghidari itu tidak terjadi, sikat gigi juga perlu dibersihkan. Cara membersihkan sikat gigi bisa menggunakan alkohol. Rendam sikat gigi kurang lebih selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

7. Kunci

keys

Kunci menjadi salah satu barang yang orang suka abai. Sering ditaruh di mana saja dan dipegang oleh mungkin lebih dari satu orang. Kita tidak pernah tahu kondisi tempat untuk menaruh kunci dan tangan orang yang memegangnya. Apakah bersih atau kotor, kita tidak pernah tahu. Tapi orang malas membersihkan kunci. Mau itu kunci rumah, mobil, atau motor.

Kalau kalian tidak mau adanya bakteri yang menempel pada kunci, kalian harus membersihkan kunci kalian setiap hari. Basahi kunci dengan air hangat dan bersihkan dengan sikat kecil. Ini dilakukan agar tidak ada kotoran yang terselip di sela-sela kunci. Setelah selesai dibersihkan, semprotkan antiseptic agar memastikan tidak ada bakteri yang tersisa.

6. Keyboard

keyboard

Kondisi pandemi beberapa waktu yang lalu membuat banyak orang melakukan pekerjaannya di rumah. Sekarang ini hampir semua pekerjaan menggunakan komputer. Komputer terdiri dari beberapa hardware seperti mouse dan keyboard. Seberapa sering kalian membersihkan mouse dan keyboard kalian?

Karena memiliki tombol yang banyak dan repot harus melepasnya satu-satu membuat orang malas untuk membersihkan keyboard. Keyboard harus rajin dibersihkan karena sela-sela keyboard rentan sekali terselip kotoran dan debu. Tidak bisa dibersihkan hanya dengan dilap saja. Semua tombol di keyboard harus dilepas dan dibersihkan.

5. Kamar Mandi

bathroom

Kamar mandi kalian yang terlihat bersih mungkin saja tidak benar-benar bersih seperti yang kalian duga. Kalau kalian berpikir bahwa membersihkan kamar mandi bisa dilakukan jarang-jarang, coba pikirkan sekali lagi. Kamar mandi kan menjadi tempat kita membersihkan diri dari segala kotoran setelah beraktivitas dari luar. Apa iya kalau tidak dibersihkan, kotorannya akan hilang sendiri?

Bisa dikatakan bahwa kamar mandi sama kotornya seperti tempat cuci piring. Tempat ini menjadi tempat tinggal ribuan jamur dan bakteri yang mungkin saja bisa mengganggu kesehatan. Beberapa bakteri yang umum ditemukan di kamar mandi seperti E. coli, streptococcus, dan salmonella. Bahkan laporan dari CBSNews di tahun 2007 melaporkan bahwa kamar mandi bisa dihuni 400an bakteri per square incinya. Masih mau kalian malas membersihkan kamar mandi?

4. Dapur

kitchen

Tidak hobi makan di luar rumah tapi lebih sering masak di dapur, maka dapur juga bisa menjadi salah satu tempat terkotor yang ada di rumah. Segala macam sisa sayur, bumbu, dan hal lainnya bisa membuat dapur menjadi kotor. Tidak hanya tidak enak untuk dilihat, mau masuk ke dapur juga bisa malas karena bau tak sedap.

Tapi mau kalian hobi masak atau tidak, sebaiknya dapur dibersihkan setiap hari. Sampah yang bertebaran dikumpulkan dan dibuang ke tempat sampah. Lantainya dibersihkan dengan sabun agar bersih dan tidak licin. Kalau dapur kalian juga tergabung dengan tempat cuci piring, maka tempat cuci piring juga harus dibersihkan.

3. Meja Makan

dining table

Meja makan menjadi barang berikutnya yang harus dibersihkan. Jarang digunakan saja sudah pasti harus dibersihkan karena kemungkinan ada debu yang menempel, apalagi yang sering menggunakan meja makan. Sisa-sisa makanan bisa saja tertinggal di meja makan dan memunculkan bakteri, jamur, dan hal berbahaya lain untuk kesehatan.

Membersihkan meja makan ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. Mengingat sekarang ini bahan yang digunakan untuk membuat meja makan semakin banyak, maka cara membersihkannya juga berbeda-beda. Untuk meja makan yang terbuat dari kayu bisa menggunakan air hangat dan kain microfiber. Untuk meja makan yang terbuat dari kaca bisa menggunakan spons, air hangat, dan baking powder. Untuk meja makan dari logam bisa menggunakan lap kain atau spons.

2. Tempat Cuci Piring

kitchen sink

Setiap rumah pasti memiliki tempat cuci piring. Sesuai namanya, tempat cuci piring ada untuk membersihkan piring, peralatan makan seperti sendok, garpu, pisau, dan peralatan masak. Semakin sering kalian memasak dan menggunakan perabotan masak, maka semakin sering juga tempat cuci piring ini digunakan.

Agar tempat cuci piring bersih dari segala kotoran, tempat cuci piring ini wajib untuk dibersihkan setiap hari. Bersihkan dengan menggunakan spons dan juga sabun di setiap sudutnya. Jangan lupa juga membersihkan lubang air dari segala kotoran dan sampah yang tersangkut agar tidak menghambat air untuk mengalir. 

1. Spons Cuci Piring

sponges

Ketika peralatan makan selesai dipakai, tentunya harus segera dicuci. Membiarkan sisa makanan tetap berada di sendok, garpu, dan piring bisa membuat bakteri berkembang biak. Baunya juga akan sangat mengganggu penciuman. Nah, salah satu alat yang digunakan untuk mencuci peralatan makan adalah spons cuci piring.

Karena sering digunakan untuk mencuci piring dan kawan-kawannya, otomatis spons cuci piring juga kotor. Sayangnya orang jarang membersihkan spons cuci piring. Hanya dibilas dengan air lalu dikeringkan begitu saja. Ternyata itu saja tidak cukup. Kalian perlu mencuci spons cuci piring setiap hari menggunakan air dan baking soda agar spons cuci piring bersih dan bisa usia pakainya cukup lama.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas