home -> Lifestyle -> 10 Alasan Kendaraan Matic Begitu Disukai
27 November 2022 06:01

10 Alasan Kendaraan Matic Begitu Disukai

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 11, 2022

Sudah lama kendaraan dengan transmisi matic jauh lebih diminati daripada kendaraan dengan transmisi manual. Memang dulu kendaraan dengan transmisi matic kalah populer ketimbang transmisi manual. Dulu, kendaraan matic selalu dipandang sebelah mata dan orang yang menggunakan kendaraaan matic selalu dianggap pengemudi biasa atau masih awam. Memang benar bahwa masing-masing transmisi mau itu manual atau matic, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semakin ke sini, orang lebih tertarik untuk menggunakan kendaraan dengan transmisi matic. Mau itu motor atau mobil, lebih memilih transmisi matic. Kira-kira apa yang menjadi alasan orang lebih memfavoritkan kendaraan dengan transmisi matic?

10. Harga Terjangkau

harga terjangkau

Salah satu alasan kenapa kendaraan dengan transmisi matic lebih diminati ketimbang kendaraan transmisi manual adalah masalah harga. Kendaraan matic memiliki harga yang lebih murah ketimbang kendaraan manual. Mau itu mobil atau motor, selama itu transmisinya matic, harganya lebih murah daripada manual.

Dengan harga yang terjangkau jelas akan memberikan nilai tambah untuk kendaraan matic. Tidak semua orang memiliki kekuatan ekonomi yang kuat. Ada yang ekonominya tidak begitu kuat tapi butuh kendaraan untuk mobilitas hari-hari. Daripada membeli kendaraan manual yang mahal, lebih baik memilih kendaraan matic.

9. Memudahkan Saat Berada Di Jalan Menanjak

jalan menanjak

Dilema ketika mengendarai kendaraan adalah ketika menghadapi jalanan menanjak. Di sinilah kemampuan mengemudi seseorang benar-benar akan diuji. Jika mereka yang masih pemula mencoba mengendarai kendaraan di jalanan menanjak, jika mereka grogi atau melakukan kesalahan, kendaraannya bisa meluncur mundur.

Jika kendaraan tersebut manual, kalian harus bisa mengontrol antara kopling, rem, dan gas. Mereka yang masih awam bisa saja mengalami kesulitan. Tapi kesulitan menghadapi jalanan menanjak bisa dikurangi jika menggunakan kendaraan matic. Cukup memasukkan transmisi ke gear yang sesuai, langsung gas. Tidak perlu menyeimbangkan dengan kopling.

8. Cocok Untuk Belajar

belajar

Tidak ada orang yang jago mengemudi tanpa belajar. Semuanya pasti melalui tahap belajar terlebih dahulu. Belajar bisa dengan cara otodidak atau juga datang ke tempat pelatihan mengemudi. Nantinya kalian akan mencoba mengemudi kendaraan dan mengendarainya ke tempat yang aman sebagai permulaan.

Biasanya yang namanya belajar di tempat pelatihan, kalian bisa diberikan pilihan mau mengemudi kendaraan dengan transmisi manual atau matic. Kendaraan dengan transmisi matic cenderung lebih mudah dikendarai ketimbang manual. Inilah yang membuat kendaraan matic lebih cocok digunakan sebagai bahan pembelajaran.

7. Cocok Untuk Segala Usia dan Jenis Kelamin

cocok semua org

Kendaraan manual yang cenderung lebih sulit untuk dikendarai biasanya sejumlah orang malas mengendarainya. Tidak semua orang bisa mengendarai kendaraan manual, mengendalikan kopling, gas, dan rem dengan baik. Makanya ketika ada kendaraan matic, kendaraan ini langsung diminati oleh banyak orang.

Kendaraan matic tidak perlu menyeimbang kopling, gas, dan rem. Ungkapan yang sering digunakan adalah cukup dengan gas dan rem saja, kendaraan sudah bisa jalan. Kemudahan ini yang menjadi alasan kuat untuk banyak orang memilih untuk mengendarai kendaraan matic. Mau itu tua, muda, pria, atau wanita, semuanya cocok untuk mengendarai kendaraan matic.

6. Perawatan Mudah dan Murah

maintenance

Dari dul sampai sekarang, masih ada banyak orang yang beranggapan bahwa merawat kendaraan matic itu sulit dan mahal. Itu sih memang karena orangnya saja yang tidak mengerti atau tidak pernah menggunakan kendaraan matic sampai bisa beranggapan seperti itu. Sebenarnya kendaraan matic itu mudah dan murah kok merawatnya.

Kendaraan mau apa pun transmisinya kalau tidak dirawat ya pasti akan rusak. Dan ketika rusak, biaya perbaikannya akan mahal. Sekarang sudah ada banyak tempat service yang bisa melakukan pengecekan terhadap kendaraan matic. Jika kalian rajin mengecek kendaraan kalian ke bengkel, maka kendaraan kalian pasti akan tahan lama. Biasa service juga jadi murah.

5. Cepat

cepat

Tinggal di ibukota yang super macet tentunya bisa membuat malas untuk mengendarai kendaraan pribadi. Setiap hari pasti ada saja yang namanya macet. Dan jika sudah macet, rasanya ingin marah-marah saja. Kondisi jalanan yang padat dan macet ditambah dengan kendaraan yang transmisinya manual, semakin lengkap sudah penderitaan.

Untuk mengakalinya bisa dengan menggunakan kendaraan dengan transmisi matic. Kenapa matic? Karena kendaraan matic hanya cukup memainkan gas dan rem saja, sudah bisa jalan. Kendaraan manual memerlukan waktu yang lebih lama karena harus menginjak kopling terlebih dahulu, memasukkan gear, injak gas, dan lepas kopling perlahan. Kalau kendaraan matic cukup pindahkan gear dan injak gas.

4. Bisa Digunakan Untuk Santai

santai

Ada kalanya juga kita mengendarai mobil atau motor untuk bersantai. Tapi meski hanya untuk santai, tetap saja ada kemungkinan bertemu dengan kemacetan. Yang awalnya ingin santai, jadi kesal juga ketika bertemu macet. Apalagi pada saat itu kalian menggunakan kendaraan yang transmisinya manual. Pastinya akan malas sekali harus bermain dengan kopling.

Kendaraan matic tidak memiliki kopling sehingga lebih simple daripada kendaraan manual. Kendaraan matic sangat cocok digunakan untuk commuting sehari-hari dan juga untuk bersantai ria. Cukup dengan gas dan rem, kendaraan sudah meluncur. Kalau pun bertemu dengan kemacetan, setidaknya kaki atau tangan tidak perlu repot bermain dengan kopling.

3. Macet

macet

Sekarang ini sudah tidak mungkin bisa menghindari dari yang namanya macet. Setiap hari, di jalan mana saja, mau jam berapa saja, macet bisa saja terjadi. Ini terjadi karena banyak orang yang melakukan commuting menggunakan kendaraan. Sementara jalan yang tersedia tak ditambah tapi kendaraan terus bertambah jumlahnya.

Karena faktor macet inilah yang membuat kendaraan manual menjadi turun popularitasnya. Sekarang orang akan lebih memilih untuk commuting dengan kendaraan matic. Mobil matic tidak perlu menginjak kopling dan motor matic hanya perlu menarik gas dan rem saja. Kalau mobil motic tidak memungkinkan karena bisa terjebak macet, bisa beralih ke motor matic yang bisa berkelit di sela-sela kendaraan.

2. Tidak Pegal

tidak pegal

Mobil matic memiliki 3 pedal yaitu gas, kopling, dan gas. Motor manual ada yang memiliki kopling dan tidak. Yang mana pun itu, mengendarai kendaraan manual akan jauh lebih melelahkan ketimbang kendaraan matic. Sedangkan kendaraan matic jauh lebih simple karena tidak memiliki yang namanya kopling.

Karena tidak adanya kopling, memperkecil kemungkinan si pengemudi mengalami pegal. Yang naik mobil manual tidak akan pegal karena menginjak kopling, pengendara motor manual tidak pegal juga harus menarik tuas kopling dan memindahkan gear di kaki. Semua orang sekarang ini sudah pintar, kalau ada yang lebih simple, kenapa harus memilih yang ribet.

1. Mudah Dikendarai

mudah dikendarai

Semua orang pasti setuju kalau kendaraan dengan transmisi matic itu lebih mudah dikendarai ketimbang kendaraan dengan transmisi manual. Kendaraan manual seperti mobil memiliki 3 pedal yang terdiri dari kopling, rem, dan gas. Sementara motor manual ada yang pakai kopling dan ada yang tidak. Yang tidak menggunakan kopling pun tetap harus memindahkan gear. Jika tidak paham caranya maka motor tersebut akan cepat rusak.

Kendaraan matic tidak ada yang namanya kopling. Jadi kaki dan tangan pengemudinya bisa bebas dari yang namanya kopling. Ini yang membuat kendaraan matic lebih mudah untuk dikendarai. Hanya tinggal injak gas atau rem untuk memberhentikan atau memajukan kendaraan. Kepraktisan ini sangat berguna jika harus berkendara di kondisi kota yang padat dan macet.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas