home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Dianggap Ilegal Di Amerika
27 November 2022 04:39

10 Makanan Yang Dianggap Ilegal Di Amerika

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada September 28, 2022

Amerika yang dikenal sebagai salah satu negara yang membebaskan seseorang untuk berpendapat, memiliki wisata yang menarik sehingga membuat banyak orang menjadikan Amerika sebagai negara yang masuk dalam daftar wishlist untuk dikunjungi suatu saat nanti. Meski dikenal sebagai negara yang mendukuing kebebasan, ternyata tetap ada larangan yang harus diikuti jika tak mau menghadapi dengan hukum di sana. Terutama dalam hal makanan, ada banyak makanan yang dianggap ilegal di Negeri Paman Sam tersebut. Kalian tidak akan menemukan makanan tersebut di sana dan jangan pernah coba-coba membawa dan makan makanan tersebut.

10. Kinder Surprise Chocolate Eggs

kinder surprise chocolate eggs

Coklat menjadi salah satu makanan favorit banyak orang di dunia. Coklat sendiri ada banyak macam dan merk, membuat kita memiliki banyak opsi mau memilih makan coklat yang mana. Tidak hanya disukai oleh anak-anak, orang dewasa juga ada yang suka dengan coklat. Dan salah satu coklat yang cukup disukai oleh banyak orang adalah Kinder Surprise Chocolate Eggs.

Kinder Surprise Chocolate Eggs adalah sebuah brand coklat yang diproduksi dari Jerman. Kinder Surprise Chocolate Eggs tersebar di banyak negara di dunia, kecuali Amerika. Yang menyenangkan dari coklat ini selain rasanya yang enak, di dalam coklatnya juga kita bisa mendapatkan kejutan berupa mainan kecil.

Di Amerika, coklat Kinder Surprise Chocolate Eggs dilarang dijual karena dianggap sebagai makanan yang berbahaya. Mereka berpikir bahwa menyembunyikan makanan di dalam coklat bisa memunculkan resiko mainan tersebut tertelan dan mengakibatkan tersedak. Karena itulah Kinder Surprise Chocolate Eggs dilarang dijual dan dibawa masuk ke Amerika sejak tahun 1938.

9. Casu Marzu

casu marzu

Ketika seseorang memiliki masalah laktosa tapi ingin mendapatkan manfaat dari susu, bisa memilih makanan lain yang menjadi olahan dari susu. Salah satunya adalah keju. Keju memiliki rasa, tekstur, bentuk, dan aroma yang berbeda tergantung bagaimana cara dibuatnya. Biasanya keju dibuat dengan menggunakan susu sapi, kerbau, kambing, atau domba.

Ada satu jenis keju terkenal yang berasal dari Italia. Keju yang dimaksud adalah casu marzu. Kalau tidak tahu tentang bagaimana caranya keju ini dibuat, mungkin kalian tidak akan berubah pikiran ketika memakannya. Casu marzu adalah keju yang dibuat dengan cara difermentasi dengan bantuan hewan belatung. Belatung tersebut akan dibiarkan dalam keju tersebut dan orang biasa memakan keju bersama dengan belatung yang masih hidup.

Cara pembuatannya yang ekstrim dan dianggap menjijikan membuat Amerika melarang keju ini untuk diperjual belikan di Negeri Paman Sam.

8. Queen Conch

Queen Conch

Dalam phylum mollusk atau moluska, dibagi lagi menjadi banyak jenis hewan. Beberapa hewan yang termasuk dalam phylum moluska seperti kerang, cumi, dan siput. Queen conch adalah salah satu jenis moluska laur yang memiliki ukuran cukup besar. Kira-kira ukurannya bisa mencapai 6 sampai 9 inci. Queen conch pernah dimanfaatkan untuk diolah menjadi makanan.

Amerika secara resmi menganggap konsumsi queen conch sebagai tindakan yang ilegal. Bahkan oleh NOAA Fisheries, menggunakan queen conch sebagai komersial dan rekreasi dilarang dilakukan di perairan Amerika Serikat. Populasi queen conch yang semakin sedikit di Amerika menjadi salah satu alasan kuat untuk melindungi hewan tersebut. Tapi di Turki dan Caicos, dua negara ini masih mengkonsumsi queen conch.

7. Absinthe

Absinthe

Ada begitu banyak macam minuman beralkohol. Rasa yang berbeda dihasilkan dari bahan pembuatannya yang berbeda. Absinthe adalah salah satu minuman beralkohol yang dibuat dari campuran berbagai macam tanaman. Buang dan daun Atemisia absinthium, adas hijau, adas manis, dan ramuan obat lainnya.

Keberadaan absinthe diketahui telah dilarang di Amerika Serikat. Minuman beralkoho satu ini telah dilarang sejak tahun 1912. Minuman yang memiliki nama lain La Fee verte atau The Green Fairy ini dianggap sebagai minuman berbahaya. Campuran tanaman yang ada pada absinthe bisa membuat orang yang meminumanya mengalami halusinasi.

6. Ikan Fugu

fugu

Kuliner di Jepang memang unik, menarik, sekaligus lezat. Berbicara soal kuliner di Jepang, yang umum orang ketahui seperti ramen, sushi, takoyaki, udon, serta kue-kuenya yang unik. Tahukah kalian bahwa di Jepang ada satu makanan yang tergolong ekstrim dan harganya lumayan mahal? Makanan tersebut adalah daging ikan fugu.

Ikan fugu adalah sebutan bagi ikan kembung di Jepang. Ikan ini memiliki racun yang sangat kuat dan berbahaya. Jika sampai masuk ke dalam tubuh manusia bisa membahayakan keselamatan. Di Jepang, ikan fugu hanya boleh diolah oleh koki yang memiliki sertifikasi khusus. Hanya sedikit racun yang disisakan agar ketika dimakan ada sedikit rasa tajam di mulut.

Berbeda negara, berbeda juga aturan yang berlaku. Jika ikan fugu boleh dikonsumsi di Jepang, di Amerika justru sebaliknya. Ikan ini memiliki racun tetrodotoxin yang sangat berbahaya dan bisa membunuh banyak orang. Di Amerika, hanya beberapa koki yang diperbolehkan untuk mengolah ikan fugu. Orang biasa dilarang untuk mengolahnya menjadi makanan.

5. Ortolan

Ortolan

Memang benar bahwa ada beberapa jenis makanan yang menggunakan daging unggas, salah satunya burung. Salah satu burung yang sempat dimanfaatkan sebagai kuliner adalah burung ortolan. Burung ini memiliki ukuran yang kecil, hanya sebesar ibu jari, dan beratnya kurang sekitar 28 gram. Asalnya dari Perancis.

Burung ini dikenal memiliki suara kicau yang indah. Di Perancis sendiri, burung ini sempat dijadikan hidangan mewah. Tapi di tahun 1999, Perancis melarang untuk mengkonsumsi burung ortolan karena jumlahnya yang semakin sedikit. Amerika yang juga pernah menghidangkan daging burung ortolan juga mengikuti jejak Perancis dengan melarang konsumsi burung ortolan.

4. Foie Grass

Foie Grass

Ada beberapa jenis makanan yang membuatnya sangat sulit, membutuhkan waktu, dan biaya yang besar. Makanan ini biasanya digolongkan dalam makanan eksotis. Jika kalian pernah dengar yang namanya foie grass, makanan ini termasuk dalam salah satu makanan eksotis di dunia dan harganya tentu sangat mahal.

Foie grass adalah makanan khas Perancis yang terbuat dari hati angsa atau bebek. Untuk mendapatkan hatinya, angsa atau bebek tertsebut diberi makan sebanyak mungkin sampai hatinya membesar. Karena cara mendapatkan hati bebek atau angsa yang dianggap terlalu kejam, makanan satu ini termasuk makanan yang ilegal.

3. Beluga Caviar

beluga caviar

Selain foie grass, masih ada banyak lagi makanan yang termasuk dalam makanan eksotis. Dan yang berikut ini akan dibahas adalah caviar. Caviar adalah makanan yang dibuat dari telur ikan. Tentu bukan sembarangan ikan yang diambil telurnya. Hanya sejumlah ikan yang dipilih untuk diambil telurnya. Beberapa di antaranya yang sering digunakan adalah ikan sturgeon dan beluga.

Layaknya makanan eksotis, harga caviar tidaklah murah. Tapi bukan itu yang menjadi masalah. Karena permintaan akan caviar dari beluga sangat tinggi membuat perburuan terhadap beluga juga ikut meningkat. Ini berakibat semakin merosotnya jumlah beluga dan membuatnya termasuk dalam hewan yang terancam punah. Pemerintah Amerika Serikat telah melarang import caviar sejak tahun 2005 dalam upaya untuk melindungi populasi beluga.

2. Shark Fin

shark fin

China terkenal akan makanannya yang aneh dan ekstrim. Apa saja bisa diolah dan dijadikan makanan. Kalajengking, laba-laba, ular, kelelawar, dan ular pun mereka olah menjadi makanan. Salah satu makanan yang populer di China adalah shark fin atau sirip hiu. Di China, hiu dipotong siripnya dan dijadikan sup.

Ada yang memang menikmati sup sirip hiu karena lezat, ada juga yang mengkonsumsinya karena dianggap memiliki khasiat untuk kesehatan. Karena permintaan akan shark fin soup yang tinggi, mempengaruhi populasi hiu yang semakin berkurang. Amerika Serikat secara tegas melarang mengkonsumsi sirip hiu. Jangankan memakan, menangkap hiu juga dilarang.

1. Sea Turtle

sea turtle

Selama beberapa tahun, penyu diburu dan diperjual belikan untuk dimanfaatkan dagingnya. Mereka yang mengkonsumsi daging penyu meyakini bahwa penyu bisa memberikan khasiat untuk kesehatan. Bahkan telur penyu juga dikonsumsi untuk alasan kesehatan. Beberapa penelitian sudah menjelaskan bahwa itu hanyalah mitos belaka.

Meski begitu, perburuan terhadap penyu masih marak terjadi. Mengakibatkan populasinya semakin berkurang. Di tahun 2007, U.S. Fish&Wildlife Service melaporkan bahwa 35.000 penyu dikonsumsi setiap tahunnya di California. Amerika Serikat telah mengambil tindakan untuk memasukkan penyu sebagai hewan yang dilindungi. Perburuan terhadap penyu dan telurnya adalah hal ilegal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas