home -> Lifestyle -> 10 Tanda Kamu Terlalu Sering Olahraga
30 September 2022 23:31

10 Tanda Kamu Terlalu Sering Olahraga

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada September 19, 2022

Olahraga memang bagus dan disarakan untuk dilakukan secara rutin. Kalau pun terlalu sibuk, setidaknya sempatkan waktu selama 30-45 menit untuk melakukan olahraga. Bisa kalian lakukan joging, lari, sepakbola, basket, berenang, dan olahraga lain yang kamu suka, bisa kamu lakukan. Jika dilakukan dengan benar, tubuh bisa menjadi fit, berenergi, dan imunitas meningkat. Tapi jika dilakukan berlebihan atau terlalu sering, justru bisa membawa dampak negatif. Jika kalian tidak tahu apakah kalian terlalu sering berolahraga atau tidak, bisa melihat tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh seperti yang dijelaskan di bawah ini.

10. Semangat Turun

semangat turun

Awal olahraga pastinya semangat sedang tinggi-tingginya. Tujuannya untuk meningkatkan massa otot atau menurunkan lemak, bisa berbeda tiap orang. Tapi karena ada tujuan ini yang membuat orang jadi semangat untuk melakukan olahraga. Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa membuat kamu mencapai tujuan. Tapi kalau dilakukan berlebihan malah dampaknya bisa sebaliknya.

Jangan berharap tujuan bisa tercapai, bisa saja karena saking berlebihan olahraga, kamu malah jadi turun semangatnya. Memang bisa dimaklumi jika seseorang yang ingin mencapai tujuannya, maka melakukan olahraga secara sering. Tapi mereka lupa bahwa tubuh butuh yang namanya recovery. Kalau terus-terusan olahraga dengan melupakan istirahat, bisa saja semangat olahraga jadi turun dan hilang.

9. Detak Jantung Tak Teratur

detak jantung

Melakukan olahraga bukan cuma bisa menurunkan lemak dan menaikkan massa otot saja, ada juga organ dalam tubuh yang bisa ikut terkena dampak sehat dari olahraga. Organ yang dimaksud adalah jantung. Pasti kalian bisa merasakan bahwa detak jantung kalian lebih cepat dari biasanya ketika sedang olahraga. Normalnya, setelah selesai olahraga, detak jantung akan kembali seperti normal.

Pernahkah kalian merasa bahwa detak jantung kalian berdetak dengan tidak teratur? Padahal kalian sudah tidak lagi berolahraga tapi jantung masih terasa tidak normal detaknya. Ini adalah salah satu tanda jika kamu melakukan olahraga secara berlebihan. Jika kamu sudah merasakan hal ini, sebaiknya kalian istirahat dulu selama beberapa lama sampai tubuh benar-benar pulih. Jika detak jantung masih tidak beraturan, bisa jadi ada masalah yang kamu alami dan sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

8. Insomnia

insomnia

Ada banyak penyebab orang yang mengalami insomnia. Bisa saja karena terlalu sering menatap gadget, bekerja sampai larut malam, bermain video game, stres, depresi, dan tentunya saja karena overtraining atau terlalu sering olahraga. Olahraga yang seharusnya bisa menyehatkan tubuh malah bisa membuat seseorang jadi susah tidur.

Ini bisa terjadi dikarenakan kalian memaksa tubuh kalian untuk melakukan aktivitas berat secara terus-menerus tanpa istirahat. Tubuh malah jadi terlalu lelah untuk bisa diajak tidur. Alhasil, kalian malah terus terjaga sampai pagi. Dan jika kalian terus-menerus kurang tidur, yang ada malah tubuh jadi lemas, tak bertenaga, mood berantakan, dan mudah sakit.

7. Massa Otot Turun

massa otot turun

Ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa kalian pilih. Salah satunya bisa dengan melakukan olahraga angkat beban. Olahraga angkat beban cukup disukai oleh banyak orang karena efektif menurunkan lemak sekaligus membuat tubuh jadi kekar berotot. Melakukan olahraga apa pun, jika dilakukan berlebihan bisa berakibat buruk, termasuk juga angkat beban.

Angkat beban memiliki manfaat menurunkan lemak dan menaikkan massa otot. Kalian boleh-boleh saja melakukan olahraga angkat beban secara rutin. Tapi harus diketahui juga batasannya. Terkadang orang lupa bahwa dirinya sudah olahraga terlalu berlebihan. Untuk mengetahui apakah kamu sudah berlebihan dalam olahraga atau tidak, coba ukur massa otot kalian. Kalau mengalami penurunan, bisa jadi itu tanda kamu harus istirahat.

6. Sulit Konsentrasi

tidak konsentrasi

Salah satu manfaat positif dari rajin olahraga adalah dengan meningkatnya konsentrasi. Kalau konsentrasi meningkat, maka kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan lebih fokus. Hasil yang dicapai juga akan maksimal. Lain cerita jika seseorang melakukan olahraga secara berlebihan. Bukannya konsentrasi meningkat, justru yang terjadi adalah turun.

Kalau kamu sudah merasakan bahwa sulit melakukan konsentrasi, seharusnya kamu langsung sadar bahwa kamu telah melakukan kesalahan. Yang seharusnya olahraga dilakukan dengan cukup, kamu malah terlalu sering olahraga sampai lupa waktu. Satu-satunya cara untuk bisa mengembalikan konsentrasi, kalian harus menyeimbangkan antara olahraga dan istirahat.

5. Ngantuk

ngantuk

Jika ada efek insomnia bagi mereka yang olahraga sampai lupa waktu, ada juga efek lain yang berupa mudah ngantuk. Ini bisa terjadi karena tipe tubuh orang berbeda-beda, mengakibatkan efek negatif yang bisa menimpa seseorang juga ikut berbeda. Kalian sendiri apa yang kalian rasakan ketika sudah terlalu sering olahraga? Apakah itu mengantuk?

Mengantuk adalah salah satu sinyal yang ditunjukkan oleh tubuh karena tubuh sudah merasa lelah. Tubuh membutuhkan recovery untuk memulihkan energi dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Dengan munculnya rasa kantuk, itu tandanya tubuh kalian sedang butuh istirahat. Sesekali boleh kalian libur dari olahraga dan mengisinya dengan istirahat. Jika energi sudah kembali, baru olahraga lagi.

4. Capek

capek

Seringkali karena ingin mencapai target, seseorang jadi lupa diri dan menghabiskan waktu lama dan sering dalam hal olahraga. Bahkan saking lupanya, meski tubuh sedang capek, tetap memaksakan diri untuk olahraga. Jelas ini adalah tindakan yang berbahaya. Memaksakan diri di saat sedang capek, malah tidak akan membuat tujuan kalian dalam olahraga tercapai.

Capek adalah satu dari sekian banyak tanda yang diberikan oleh tubuh bahwa tubuh ini sedang kelelahan. Butuh istirahat untuk bisa memulihkan diri baru bisa beraktivitas lagi seperti normal. Memaksa diri di kondisi yang capek untuk olahraga malah bisa membuat kalian semakin jauh dari target yang ingin dicapai.

3. Cidera

cidera

Cidera bukan cuma bisa terjadi saat melakukan olahraga saja. Bisa saja kalian mengalami cidera karena terlalu sering olahraga. Jika sudah cidera, maka kita mau tidak mau harus memulihkan cidera tersebut baru bisa kembali olahraga. Hanya orang gila yang mau memaksakan diri untuk olahraga di saat sedang cidera.

Cidera bisa terjadi di bagian tubuh mana saja dan level cideranya juga bisa kecil, sedang, sampai parah. Kalau lagi semangat-semangatnya orang akan lupa diri dan lanjut saja olahraga. Mereka baru sadar ketika sudah terjadi cidera. Masih beruntung kalau cidera yang terjadi masih ringan, jadi tidak butuh waktu lama untuk pulih. Bagaimana kalau terjadi cidera serius? Akan butuh perawatan dari dokter dan makan waktu lama untuk bisa sembuh.

2.  Tidak Nafsu Makan

nafsu makan turun

Pernah merasa suatu hari kamu sangat tidak nafsu makan? Padahal yang dihadapkan di depan kamu adalah makanan-makanan yang merupakan makanan kesukaan tapi rasanya malas untuk makan makanan tersebut. Turunnya nafsu makan memang sangat berbahaya karena kamu jadi tidak ingin makan sedangkan tubuh sebenarnya butuh asupan energi dari makanan.

Ada kemungkinan turunnya nafsu makan ini dikarenakan kamu terlalu sering olahraga sampai lupa waktu. Ketika nafsu makan turun, mau makanan apa yang disajikan, keingingan untuk makan tidak ada. Tubuh yang tidak makan, maka tidak akan mendapatkan energi. Padahal energi dibutuhkan untuk melakukan aktivitas.

1. Mudah Marah

marah

Ketika kamu merasa mudah marah, padahal hal yang terjadi sebenarnya sepele tapi kamu langsung naik darah, bisa jadi karena ini disebabkan karena terlalu sering olahraga. Tentu tidak bagus jika mood berantakan dan mudah marah karena hal sepele. Orang yang tidak salah apa-apa bisa jadi kena sasaran amukan.

Ketika kamu sadar jadi mudah marah karena efek terlalu sering olahraga, sebaiknya kamu istirahat terlebih dahulu. Ambil waktu 1 atau 2 hari sampai tubuh benar-benar pulih dan emosi stabil. Setelah dirasa cukup istirahat, baru lanjut olahraga lagi. Jangan sampai kamu biarkan kamu dikuasai amarah dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas