home -> Lainnya -> 10 Pemain Sepakbola Dengan Tubuh Pendek
30 September 2022 23:09

10 Pemain Sepakbola Dengan Tubuh Pendek

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada September 12, 2022

Sejumlah pundit sepakbola di Premier League memberikan kritikan pedas pada pemain rekrutan baru Manchester United yaitu Lisandro Martinez. Lisandro Martines atau Licha dikritik karena ia memiliki tinggi badan 175 cm. Dengan tinggi badan seperti itu dan posisinya sebagai pemain bertahan dianggap tidak akan mampu bertahan dalam kerasnya permainan di Liga Inggris. Tapi nyatanya, di pertandingan yang sudah dijalani, Martinez mampu menampilkan permainan yang solid. Tapi tetap saja kritikan mengenai tubuhnya yang pendek mengalir deras dari beberapa pundit sepakbola. Mereka yang mengkritisi tinggi badan Martinez lupa bahwa ada banyak pemain sepakbola yang memiliki tubuh pendek tapi mampu membuktikan bahwa mereka bisa bersaing melawan pemain yang lebih tinggi. Ambil contoh saja Lionel Messi, pemain mungil berposisi striker ini sudah sering melewati lawan yang bertubuh tinggi. Tapi Lionel Messi bukanlah atlet sepakbola dengan tubuh terpendek. Masih ada banyak atlet sepakbola lain yang memiliki tubuh pendek.

10. Diego Maradona - 165 cm

Diego Maradona

Meninggalnya Diego Maradona karena serangan jantung membuat dunia kaget dan juga berduka. Bagaimana tidak, dia adalah salah satu pemain sepakbola legenda dari Argentina. Setelah tidak bermain sebagai atlet, Diego Maradona beralih profesi sebagai manager. Saking dihormatinya, namanya diabadikan menjadi nama stadion dari Napoli, Diego Armando Maradona Stadium.

Pemain yang terkenal dengan Gol Tangan Tuhannya itu memiliki tubuh pendek dan agak gemuk. Meski begitu, Maradona memiliki dribbling yang gesit. Melawan pemain yang memiliki tubuh tinggi, Maradona tidak mengalami masalah. Justru dengan tubuh pendeknya, dia malah bisa menghindar dengan cepat.

9. Levi Porter - 160 cm

levi porter

Pemain Eropa dikenal memiliki karakteristik tubuh tinggi dan fisik yang kuat. Meski begitu, bukan berarti tidak ada pemain sepakbola asal Eropa yang bertubuh pendek. Di Inggris, ada banyak pemain yang memiliki tinggi tubuh yang tidak menjulang. Levi Roger Porter atau yang biasa dikenal dengan Levi Porter hanya memiliki tinggi 160 cm.

Levi Porter adalah salah satu produk asli dari akademi Leicester City youth. Dia pernah membela Inggris untuk kategori U-16 dan U-17 di awal tahun 2000. Levi Porter memiliki posisi sebagai sayap kiri. Di musim 2018-2019, Levi Porter pernah bermain untuk Shepshed Dynamo. Juli 2020, Levi Porter memutuskan untuk pensiun. 

8. Maximiliano Moralez - 160 cm

Maximiliano Moralez

Di atas lapangan hijau, meremehkan lawan menjadi satu langkah lebih dekat ke kekalahan. Ketika bertanding, seorang pemain sepakbola harus mewaspadai lawannya mau bagaimana pun kondisinya. Mungkin lawannya memiliki tubuh yang pendek, tapi kalau sudah masuk level profesional, berarti pemain bukanlah pemain sembarangan.

Ambil contoh saja Maximiliano Moralez. Pemain asal Argentinaini hanya memiiki tinggi badan 160 cm tapi dia bukanlah pemain bola sembarangan. Bermain sebagai gelandang serang untuk tim New York City FC, ia sudah bermain sebanyak 158 games dan mencetak 26 goals. Ia pernah menjadi pemain penting untuk timnas Argentina U-20 di tahun 2007. Ia berhasil membawa Argentina juara World Cup dan bermain bersama Sergio Aguero dan Mauro Zarate.

7. Madson Formagini Caridade - 160 cm

madson formagini caridade

Ketika membahas pemain Brazil, kebanyakan pemain bola asal Negeri Samba ini memiliki kemampuan olah bola yang baik. Sosok yang tidak bisa dilupakan seperti Kaka, Ronaldinho, Ronaldo, dan Rivaldo. Semuanya memiliki kemampuan dribbling yang luar biasa. Ada satu lagi pemain asal Brazl yang juga memiliki kemampuan dribbling yang bagus bernama Madson Formagini Caridade.

Orang-orang boleh saja meremehkan dirinya karena hanya memiliki tinggi 160 cm. Tapi ingat, pemain Brazil memiliki kemampuan dribbling yang ciamik, Madson pun demikian. Madson memiliki posisi sebagai gelandang serang. ia terkenal sebagai pemain yang cepat dan memiliki tendangan bebas yang mematikan. Sayang, sikapnya yang buruk membuat namanya tenggelam.

6. Samuel Peter Lee - 157 cm

Samuel Peter Lee

Liverpool merupakan salah satu klub sepakbola asal Inggris yang sangat sukses beberapa tahun belakangan ini berkat manager Jurgen Klopp. Klopp berhasil mengembalikan kepopuleran Liverpool ketika berhasil memutuskan puasa gelar selama 30 tahun. Berbicara soal Liverpool, klub bola satu ini memiliki banyak pemain legendaris. Bukan Ian Rush, Kenny Dalglish, Steven Gerrard, atau Kevin Keegan yang akan dibahas melainkan sosok Samuel Lee.

Samuel Peter Lee adalah gelandang asal Inggris yang pernah membela Liverpool dari tahun 1976 sampai 1986. Yang unik dari Samuel Lee, tubuhnya tergolong pendek untuk ukuran gelandang yakni 157 cm. Tapi ia tak pernah takut menghadapi siapa pun lawannya. Saat mengikuti European Cup tahun 1980-1981. Samuel Lee ditugaskan untuk mengawasi pergerakan pemain Bayern Munich bernama Paul Breitner. Paul Breitner yang memiliki tinggi 176 cm dibuat kerepotan oleh Samuel Lee.

5. Benedict Vilakazi - 157 cm

Benedict Vilakazi

Tubuh pendek mungkin jadi kekurangan seorang atlet sepakbola, tapi tentu ada hal positif lain yang bisa ditemukan dari pemain sepakbola itu. Benedict Vilakazi boleh saja pendek, tapi ia mengembangkan hal lain agar dirinya bisa menjadi atlet sepakbola yang hebat. Apalagi posisinya adalah sebagai gelandang, maka penting baginya untuk mengasah kemampuan lain agar ia tidak kalah.

Pemain asal Afrika Selatan ini hanya memiliki tinggi tubuh 157 cm. Untuk ukuran gelandang, jelas ini menjadi hambatan karena ia bisa saja jadi titik lemah dari tim yang ia bela. Vilakazki menunjukkan bahwa tubuh pendek tidak membuatnya lemah. Ia memiliki fisik dan kepemimpinan yang kuat sehingga membuat dirinya mendapat julukan Little Napoleon.

Hal yang membuat karirnya hancur karena ia terlibat dengan skandal sex di tahun 2006. Ia dituduh melakukan pemerkosaan. Meski bebas dari tuduhan, karir dari Vilakazi tidak pernah sama seperti dulu.

4. Jafal Rashed Al-Kuwari - 155 cm

jafal rashed al-kuwari

Tidak banyak orang yang melirik Qatar karena tidak memiliki akar sepakbola yang kuat. Tapi ketika negara ini sudah mengikuti turnamen sepakbola, kehadirannya tidak bisa diremehkan. Ada satu pemain sepakbola asal Qatar yang mungkin tidak akan pernah dilupakan oleh warga Qatar. Dia adalah Jafar Rashed Al Kuwari.

Jafar Rashed Al Kuwari yang bermain di posisi gelandang pernah membela timnas Qatar dari tahun 1992-2002. Satu-satunya klub yang pernah ia bela hanyalah Al Sadd dari tahun 1990-2009. Di timnas Qatar, Jafar Rashed Al Kuwari begitu dihormati sehingga ditunjuk sebagai kapten tim. Pensiun sebagai atlet, Jafar Rashed Al Kuwari sekarang bekerja sebagai manager dan juru bicara dari Al Sadd.

3. Daniel Alberto Villalva Barrios - 154 cm

daniel alberto villalva barrios

Diego Armando Maradona bukanlah satu-satunya pemain sepakbola asal Argentina yang bertubuh pendek. Masih ada pemain sepakbola lain yang justru lebih pendek dari Maradona. Dia adalah Daniel Alberto Villalva Barrios. Posisi Daniel Alberto Villalva Barrios bisa dibilang sangat vital yakni striker. Posisi striker selalu diidentik dengan sosok tinggi dan kuat agar bisa berduel dengan pemain bertahan lawan.

Daniel Alberto Villalva Barrios diketahui hanya memiliki tinggi badan 154 cm. Sangat pendek untuk ukuran pemain Argentina yang berposisi sebagai penyerang. Di tahun 2009, ia menjadi pemain termuda yang pernah membela River Plate yaitu 16 tahun, 7 bulan, dan 2 hari. Daniel Alberto Villalva Barrios pernah membela timnas Argentina di tahun 2009 untuk Piala Dunia U-17.

2. Elton Jose Xavier Gomes - 154 cm

Elton Jose Xavier Gomes

Jika kalian cukup terkejut bahwa di Brazil ada pemain dengan tinggi 160 cm bernama Madson Formagini Caridade, kalian akan lebih terkejut lagi begitu mengetahui ada pemain sepakbola yang juga asal Brazil namun tingginya lebih pendek lagi dari Madson. Inilah dia Elton Jose Xavier Gomes, pemain asal Brazil yang bermain sebagai gelandang serang berusia 36 tahun.

Tinggi dari Elton Jose Xavier Gomes hanya 154 cm, sama seperti Daniel Alberto Villalva Barrios. Elton Jose Xavier Gomes menimba ilmu di akademi Corinthians dan sempat membela Corinthians meski tidak lama. Ia diketahui membela klub asal Uni Emirat Arab, Al-Hamriyah di musim 2020-2021.

1. Marcin Garuch - 153 cm

Marcin Garuch

Seorang pemain sepakbola harus tahu apa yang menjadi kelemahan dan kelebihannya. Jika sadar diri bahwa tubuhnya kecil, maka ia harus meningkatkan faktor lain pada dirinya agar bisa bersaing dengan pemain lawan. Maricn Garuch yang mengetahui bahwa dirinya tidak dianugerahi tubuh yang tinggi, melatih kemampuannya sehingga bisa menjadi pemain sepakbola yang berbahaya.

Marcin Garuch menjadi pemain sepakbola paling pendek yang pernah ada. Tingginya hanya 153 cm, sangat pendek untuk pemain yang bermain sebagai pemain tengah. Ia paling lama membela tim Miedz Legnica, salah satu klub bola di Polandia untuk musim 2004-2016. Marcin Garuch memang pendek, tapi ia jago dalam hal menggiring bola dan mengeksekusi bola-bola mati.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas