home -> Misteri -> 10 Yokai Menakutkan Dari Jepang
01 Oktober 2022 00:17

10 Yokai Menakutkan Dari Jepang

Oleh serba_tahu dalam Misteri pada September 09, 2022

Kalian pernah  mendengar sebutan yokai? Yokai adalah kata dari Jepang yang jika diartikan kurang lebih sama seperti demon atau iblis. Mungkin di Indonesia ada yang menyebutnya dengan siluman. Namun satu hal yang bisa dipahami bersama adalah, yokai termasuk makhluk gaib yang memiliki bentuk dan kemampuan yang menakutkan. Beberapa ada yang bisa memberikan manfaat positif, yang lainnya bersifat negatif. Untuk mengenal berbagai macam yokai mengerikan yang ada di Jepang, simak penjelasannya di bawah ini.

10. Kanbari Nyudo

Kanbari Nyudo

Yokai pertama yang akan dibahas adalah Kanbari Nyudo. Tidak tergolong dalam kategori berbahaya tapi lebih ke arah merugikan. Kemungkinan besar seseorang bertemu dengan Kanbari Nyudo adalah di toilet. Memang menurut cerita, Kanbari Nyudo senang tinggal di toilet dan mengintip orang-orang yang sedang buang air besar atau kecil.

Mungkin kalian mengira tidak begitu masalah jika hanya diintip, tapi tidak itu saja yang dilakukan oleh Kanbari Nyudo. Jika Kanbari Nyudo melihat orang yang disukai, orang tersebut akan dijilat punggunnya dengan lidahnya yang basah dan panjang. Orang yang dijilat oleh Kanbari Nyudo akan mendapatkan kesialan selama setahun.

9. Kasa Obake

kasa obake

Apa kalian ada yang mengikuti manga Gegege no Kitaro? Manga tersebut ada banyak menampilkan karakter yokai Jepang. Dari sekian banyak yokai yang ditampilkan dalam manga tersebut, ada satu yokai unik yang memiliki bentuk seperti payung, memiliki satu mata besar, dua tangan, mengenakan sendal di kakinya, dan lidah yang panjang. Nama yokai tersebut Kasabake.

Di folklore Jepang, yokai tersebut lebih dikenal dengan nama Kasa Obake. Bentuknya sama persis seperti yang ditampilkan di manga Gegege no Kitaro. Tidak begitu jahat, namun kehadiran Kasa Obake bisa dibilang cukup mengganggu karena sering melompat-lompat dan membasahi karpet rumah. Karena bentuknya yang dianggap lucu, Kasa Obake dibuat replika dan dijual sebagai souvenir.

8. Tamamo-no-Mae

Tamamo-no-Mae

Siluman rubah sudah sering disebutkan dalam sejumlah cerita rakyat. Di Jepang, cerita tentang siluman rubah sudah sering diceritakan. Di beberapa cerita dan folktale, silumna rubah atau kitsune memiliki banyak bentuk dan nama. Salah satunya yang terkenal adalah rubah ekor sembilan yang bernama Tamamo-no-Mae.

Tamamo-no-Mae memiliki kemampuan berubah wujud dan sangat ditakuti apalagi di zaman Edo. Memiliki sifat jahat, Tamamo-no-Mae sangat kuat dan menyamar sebagai perempuan untuk menggoda Emperor Toba dan membuatnya jatuh sakit. Kedoknya terbongkar dan diusir oleh pengusir iblis.

7. Onihitokuchi

Onihitokuchi

Dari sekian banyak jenis yokai yang masuk dalam kategori berbahaya, salah satunya ada Onihitokuchi. Dalam bahasa Jepang, hitokuchi memiliki arti satu mulut atau istilah yang lebih tepatnya lagi yaitu satu kali gigit. Mendengar arti namanya setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran seperti apa sosok yokai satu ini.

Onihitokuchi memiliki bentuk seperti kepala iblis berukuran besar dengan satu mata. Jika yokai lain menggunakan tipu muslihat untuk mengerjai manusia, Onihitokuchi tidak. Yokai satu ini lebih to the point. Onihitokuchi yang memiliki ukuran besar memiliki hobi untuk makan manusia. Karena ukurannya yang sangat besar, biasanya manusia yang dimakan akan langsung habis dalam satu gigitan.

6. Obariyon

Obariyon

Ternyata bukan cuma gunung di Indonesia yang terkenal angker, di Jepang juga sama. Ada kemungkinan kalian bisa bertemu dengan makhluk gaib mengerikan dan terjadi hal yang tak diinginkan. Di Jepang, ada satu makhluk gaib bernama Obariyon. Makhluk gaib ini merupakan yokai penunggu gunung.

Obariyon memiliki bentuk seperti imp dan terlihat sangat ceria. Tapi jangan tertipu dengan gambaran tersebut karena yokai satu ini bisa mengancam keselamatan siapa saja yang mendaki gunung sendirian. Obariyon akan bersembunyi dan menyergap pendaki. Dia akan menaiki punggung korbannya sembari menerikan namanya. Lama-kelamaan, Obariyon akan bertambah berat.

Pendaki yang tak kuat menggendong Obariyon akan mati tertindih karena saking beratnya. Tak jarang juga Obariyon menggit kepala dari korbannya. Mereka yang bisa selamat dari serangan Obariyon tandanya benar-benar beruntung.

5. Nure Onna

Nure Onna

Melihat ular biasa saja bisa membuat orang takut, apalagi kalau ular tersebut adalah ular jadi-jadian. Tubuhnya ular namun kepalanya manusia, pasti yang melihatnya akan langsung terbirit-birit. Di Jepang terdapat satu yokai yang memiliki bentuk mengerikan bertubuh ular namun kepala manusia. Yokai tersebut bernama Nure Onna.

Mungkin kalau di Indonesia agak mirip dengan yang namanya Nyi Blorong. Nure Onna adalah yokai yang tinggal di daerah perairan. Dipercaya bahwa Nure Onna adalah pelayan dari makhluk air yang memiliki kuasa atau kekuatan lebih besar yang bernama Ushi Oni. Ushi Oni adalah yokai laut yang sangat kuat, memiliki bentuk seperti laba-laba dengan kepala banteng.

Mereka yang bertemu dengan Nure Onna di sungai atau laut, akan diberikan seorang bayi. Jika diterima, bayi tersebut akan berubah menjadi batu dan menindih korbannya. Setelah itu, Ushi Oni akan muncul dan memakan korbannya. Jika menolak menerima bayi tersebut, Nure Onna akan menyerang si korban dan menghisap darahnya sampai habis.

4. Jubokko

Jubokko

Ada satu film horror klasik yang menampilkan sosok pohon mengerikan. Film yang dimaksud adalah The Evil Dead dan di film tersebut ada seorang korban yang diserang dan diperkosa oleh sebuah pohon yang sudah dirasuki iblis. Ternyata di Jepang ada yokai yang mirip dengan pohon yang ada di film The Evil Dead, namanya adalah Jubokko.

Namun ada perbedaan antara pohon Jubokko dengan pohon di The Evil Dead. Pohon Jubokko tidak memperkosa korbannya. Jubokko justru menangkap korbannya yaitu manusia dan menghisap darahnya. Manusia yang terjebak dan dihisap darahnya oleh Jubokko dipastikann akan mati. Jubokko melakukan ini karena itu adalah satu-satunya cara untuk Jubokko agar bisa bertahan hidup.

3. Gashadokuro

Gashadokuro

Gashadokuro bukanlah sosok yokai sembarangan. Yokai ini sangat kuat, menakutkan, dan juga berbahaya. Dalam bahasa Jepang, Gashadokuro memiliki arti kerangka lapar. Dinamakan demikian karena Gashadokuro memiliki bentuk seperti kerangka dengan ukuran yang sangat besar. Gashadokuro bisa beukuran 15 kali manusia normal.

Dia dianggap berbahaya karena sifatnya yang haus darah. Dipercaya bahwa Gashadokuro berasal dari tulang-tulang manusia yang mati karena perang atau kelaparan. Tulang-tulang ini bersatu dan mencari korban untuk dimakan. Gashadokuro memiliki kemampuan tembus pandang dan sulit untuk dihancurkan. Orang tidak akan tahu kapan Gashadokuro akan datang. Hanya dalam sekejap saja Gashadokuro menggigit kepala korbannya sampai putus.

2. Amanojaku

Amanojaku

Dalam folktale Jepang, ada satu yokai yang sangat terkenal dan begitu ditakuti. Yokai tersebut bernama Amanojaku. Amanojaku memiliki bentuk seperti imp atau iblis kecil. Sebenarnya Amanojaku tidak memiliki kekuatan fisik yang menonjol. Tapi mengingat nama jaku yang berarti jahat, tentu ada alasan kenapa Amanojaku bisa begitu ditakuti.

Meski memiliki bentuk yang kecil, Amanojaku bisa mencari tahu sisi tergelap dari manusia dan membuat manusia tersebut melakukan tindakan yang tak masuk akal sesuai dengan keingingan terdalamnya. Misalnya ada manusia yang ingin sekali menjadi kaya, dengan hasutan Amanojaku, orang tersebut akan melakukan tindakan kekerasan seperti merampok agar tujuan kayanya tercapai.

1. Katakirauwa

katakirauwa

Mitos tentang kucing hitam bukan hanya terkenal di Indonesia saja tapi juga sampai di Jepang. Tapi yokai berikut ini bukanlah tentang kucing hitam melainkan babi hitam. Sama mengerikannya seperti kucing hitam, babi hitam di Jepang ini dinamakan Katakirauwa dan dianggap babi iblis. Orang-orang di Jepang sebisa mungkin menghindari makhluk satu ini.

Katakirauwa tinggal di daerah pedesaan dan suka membuat kekacauan. Katakirauwa berbentuk seperti babi, berwarna hitam, memiilki satu telinga, dan tidak memiliki bayangan. Selain bisa membuat kekacauan, Katakirauwa jika sampai berjalan melalui kaki manusia, dia bisa menarik paksa jiwa manusia dan sangat menyakitkan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Misteri
  7. 7
    oleh raza dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh admin dalam Misteri
  7. 7
    oleh admin dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas