home -> Lainnya -> Mengapa Multitasking Dapat Beresiko Buruk Bagi And...
21 Januari 2018 06:00

Mengapa Multitasking Dapat Beresiko Buruk Bagi Anda

Oleh admin dalam Lainnya pada November 01, 2013

Human Multitasking atau melakukan beberapa aktivitas dalam satu waktu sudah sangat sering kita lakukan dan kebanyakan orang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang baik. Mereka berpikiran melakukan 1 pekerjaan dalam 1 waktu sangatlah menyia-nyiakan waktu. Lalu mengapa multitasking dapat beresiko buruk bagi Anda?

Apakah yang dimaksud dengan multitasking?

Human Multitasking Example

Kita semua sering melakukannya: Mengirim pesan saat berjalan, menonton sambil makan, mengirim email saat meeting, teleponan saat memasak dan masih banyak lainnya. Inilah yang dimaksud multitasking atau tepatnya Human Multitasking yaitu melakukan beberapa aktivitas dalam satu waktu. Kata multitasking ini sendiri didapatkan dari istilah multitasking yang berasal dari istilah komputer dengan makna serupa.

Anda sebenarnya bukan melakukan multitasking dan itu memperlambat Anda

Multitasking and Task Switching

Makna dari multitasking di sini mungkin sangatlah jelas, tapi banyak orang yang tidak bisa membedakan multitasking dengan task switching, yaitu melakukan pekerjaan lainnya padahal pekerjaan sebelumnya belum selesai.

Walaupun Anda mengatakan bahwa Anda dapat benar-benar melakukan multitasking, pada kenyataannya itu memperlambat Anda. Dalam sebuah studi di Universitas Utah, ditemukan bahwa dengan melakukan multitasking, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan 2 pekerjaan sekaligus dibandingkan melakukannya secara terpisah. Ini karena setiap pekerjaan memutuhkan fokusnya sendiri, dan fokus Anda selalu terbagi-bagi saat melakukan multitasking.

Dampak negatif multitasking

Kepercayaan umum mengatakan bahwa multitasking adalah hal yang sangat baik karena tidak menyia-nyiakan waktu dan dapat lebih produktif. Sayangnya kepercayaan umum tidaklah selalu benar, multitasking memiliki banyak dampak negatif seperti berikut ini.

1. Lebih baik dalam mengorganisir informasi namun kualitas memburuk

Penelitian lainnya pada Universitas Hong Kong membuktikan bahwa orang-orang yang melakukan multitasking terbukti lebih baik dalam mengorganisir informasi. Ini memang masuk akal, karena mereka sudah terbiasa menerima banyak informasi sesuai kebiasaan multitasking mereka. Tapi bagaimana dengan kualitas pekerjaan mereka?

Dengan melakukan multitasking maka Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk melakukan kesalahan sebanyak 40%. Ini dapat berdampak lebih besar jika salah satu pekerjaan yang Anda lakukan ternyata membutuhkan fokus atau konsentrasi yang lebih besar untuk diselesaikan.

2. Dapat berdampak stres

Melakukan banyak aktivitas atau pekerjaan dalam satu waktu tentu dapat memberikan beban tersendiri ke tubuh Anda, dan hal ini dapat berakhir ke stres. Lebih buruknya lagi Ini juga tidak terbatas hanya ke dampak fisikal, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa multitasking dapat merusak kualitas kerja Anda, dan buruknya kualitas kerja Anda dapat menambahkan beban stres tersebut hingga batas depresi.

3. Merusak Ingatan

Mereka yang melakukan multitasking sudah terbiasa mengorganisir informasi dalam jumlah banyak, sayangnya semua itu hanya bersifat sementara. Multitasking dapat menyebabkan ingatan Anda lebih buruk, dengan banyaknya informasi yang masuk maka otak Anda tidak dapat membedakan apa yang penting dan apa yang tidak. Ini dapat secara negatif mempengaruhi ingatan Anda dan semua informasi yang Anda ingat sebelumnya tidak akan bertahan lama.

4. Merusak Relasi

Saat lawan bicara Anda sedang berbicara dengan Anda, tiba-tiba sebuah pesan masuk ke ponsel Anda dan Anda meminta waktu untuk mengeceknya. Ini tentu dapat merusak relasi Anda karena lawan bicara Anda akan menganggap bahwa pesan tersebut lebih penting dari dirinya. Anda mungkin berpikir Anda tidak akan melakukan hal ini, tapi bagaimana jika kasus ini terjadi dimana lawan bicara tersebut adalah orang yang dekat dengan Anda seperti pasangan Anda contohnya.

5. Banyak lainnya

Jika Anda mencari dampak negatif dari multitasking maka Anda akan menemukan banyak sekali dampak buruk lainnya seperti menghambat kreativitas, membuat Anda makan terlalu banyak, tidak dapat menikmati apa yang sedang Anda lakukan dan seterusnya. Saya tidak akan membahas semua itu karena yang telah disebutkan di atas merupakan dampak terburuk dari multitasking dan sudah mencakup sebagian besar dampak buruk lainya.

Multitasking: Baik atau Buruk?

Multitasking: Think Again

Jadi, multitasking itu baik atau buruk? Dengan melakukan multitasking, kita akan sering merasakan bahwa kita telah melakukan banyak hal dalam satu waktu dan kita bangga akan hal itu karena merasa lebih produktif. Pada kenyataannya, kualitas dari pekerjaan tersebut sangatlah dipertanyakan.

Berbicara di telepon sembari menulis artikel blog sambil makan snack dan menonton TV, menakjubkan bukan? Tapi itu bukanlah sesuatu yang harus dibanggakan, pada akhirnya itu akan berdampak buruk bagi Anda dan membuat Anda benar-benar lelah. Jadi pertimbangkanlah kembali jika Anda ingin melakukan multitasking.

Fakta Singkat: Mendengarkan musik sembari bekerja tidak bisa disebut multitasking

Listen to Music While Working

Jika Anda bertanya-tanya apakah mendengarkan musik sembari melakukan suatu aktivitas dapat disebut multitasking, maka jawabannya tidak. Sebuah penelitian mengatakan bahwa ada 1 bagian khusus di otak kita yang ditujukan untuk memproses musik sembari melakukan aktivitas lain. Apakah ini menandakan kita diciptakan untuk memproses musik bersamaan dengan aktivitas lain?Tidak ada yang tahu secara pasti, namun faktanya memang mendengarkan musik sambil bekerja bukan multitasking.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas