home -> Unik -> 10 Agama Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar
30 September 2022 23:30

10 Agama Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 31, 2022

Agama adalah suatu sistem yang mengatur kepercayaan serta cara beribadah seseorang ke Tuhan. Ada banyak agama atau kepercayaan yang ada di dunia ini dan setiap orang berhak untuk memilih agama atau kepercayaan mana yang mau dianut. Karena ada ribuan macam agama, pasti ada banyak yang belum pernah kalian dengar namanya. Nah, kali ini TahuPedia akan membahas 10 macam agama atau kepercayaan yang mungkin saja kalian belum pernah dengar. Apa saja?

10. Eckankar

eckankar

Ada banyak agama unik yang bisa ditemukan di dunia, salah satunya ada di Amerika. Adalah agama Eckankar yang menjadi salah satu agama unik di Amerika. Agama ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang pria bernama John Paul Twitchell di tahun 1965. Agama ini diketahui memiliki sifat monoteistik yang mana percaya bahwa hanya ada satu Tuhan yang berkuasa penuh atas segala sesuatu.

Tapi Tuhan di setiap agama kan berbeda-beda. Di Eckankar, agama ini mempercayai Eck sebagai Tuhan mereka. Eckankar memiliki kemiripan dengan beberapa agama yang ada di Timur. Mereka percaya bahwa jiwa seseorang akan terus-menerus bereinkarnasi sampai mencapai pembebasan spiritual. Agama ini juga mengajarkan bahwa spiritual bisa bertumbuh dengan melakukan meditasi yang mirip dengan yoga.

9. Unification Church

unification church

Kristen adalah salah satu agama yang merupakan cabang dari Katolik. Karena ada perbedaan pandangan yang menyebabkan beberapa pemeluk Katolik memutuskan untuk berpisah dan mendirikan agama baru yakni Kristen. Kristen sendiri memiliki banyak cabangnya lagi dan salah satunya adalah Unification Church.

Unification Church yang hasil percabangan dari Kristen ini berdiri di Korea Selatan pada tahun 1954. Pendirinya adalah pria asal Korea bernama Sun Myung Moon. Oleh pemeluk Unification Church, Sun Myun Moon ini dianggap sebagai juru selamat. Sistem kepercayaan ini menekankan dualitas di alam dan kesatuan yang harmonis antara maskulin dan feminin. Tujuan Unification Church adalah untuk menciptakan yang namanya "keluarga sejati" yang dilakukan dengan cara pernikahan massal.

8. Cao Dai

Cao Dai

Asal muasal agama Cao Dai dikatakan berasal dari Vietnam. Perlu diketahui bahwa ada banyak agama yang merupakan hasil gabungan dari beberapa agama lain dan Cao Dai ini juga sama. Cao Dai merupakan sistem kepercayaan yang merupakan kombinasi dari Confucianism, Tao, Buddha, terakhir Katolik.

Diperkenalkan pertama kali di Vietnam pada tahun 1926. Diklaim bahwa penganut Cao Dai sudah menembus angka 6 juta orang. Orang yang percaya Cao Dai menyembah orang terkenal seperti Julius Caesar dan Pericles. Tujuan mereka adalah menciptakan dunia yang lebih toleran. Penganutnya melihat semua manusia sebagai warisan Ilahi.

7. Raelism

Raelism

Keberadaan makhluk luar angkasa sampai sekarang masih jadi perdebatan. Meski ada yang menyangkal keberadaan mereka, ada banyak juga orang yang percaya terhadap makhluk luar angkasa atau yang biasa disebut dengan alien. Beberapa bangunan atau fenomena bahkan ada yang dikaitkan dengan alien.

Mungkin di antara kalian ada yang belum pernah mendengar kepercayaan yang bernama Raelism. Raelism adalah salah satu kepercayaan yang meyakini adanya keberadaan makhluk luar angkasa. Pemeluk agama ini bisa dibilang minoritas karena jumlahnya yang hanya sekitar 70.000 orang dari 97 negara. Mereka meyakini bahwa makhluk luar angkasa sudah pernah datang ke Bumi di jutaan tahun yang lalu dan memberikan pesan pada manusia bagaimana caranya menjalani hidup.

6. Falun Gong

Falun Gong

Ketika satu kepercayaan dirasa masih kurang cukup, ada beberapa orang yang memiliki ide untuk mengkombinasi beberapa kepercayaan dan dibuat menjadi satu agam baru. Inilah yang dilakukan oleh seseorang bernama Lli Hongzhi dari China. Dia menciptakan sebuah kepercayaan baru yang dinamakan Falun Gong.

Kepercayaan Falun Gong diciptakan di China pada tahun 1992 oleh Li Hongzhi. Kepercayaan ini mengkombinasi beberapa elemen dari Buddha, Tao, Confucianism dengan cerita folklore China. Falun Gong memiliki tujuan untuk memperbarui mental dan spiritual melalui meditasi. Penganutnya diharuskan untuk melakukan latihan khusus untuk membangkitkan energi spiritual dan membebaskan diri dari penyakit fisik dan spiritual.

5. Jediism

Jediism

Nama Jedi adalah nama sebuah karakter yang muncul di film Star Wars. Percaya atau tidak, ada kepercayaan yang diambil namanya dari karakter Jedi yaitu Jediism. Kalian silahkan tertawa tapi memang agama Jediism benar ada dan muncul karena berdasarkan film Star Wars. Sistem kepercayaan ini mengikuti kepercayaan Jedi yang digambarkan oleh Yoda.

Kalau kalian mengira penganut Jediism berarti mereka menyembah Yoda atau Jedi lainnya, kalian salah. Justru cara kerja Jediism tidak seperti itu. Penganut Jediism hidup mengikuti ajaran Jedi. Contohnya seperti Jedi sadar akan emosi negatif yang bisa mengarahkan ke arah kegelapan. Agama ini banyak yang memprotesnya karena tidak masuk akal dan tidak dianggap sebagai agama.

4. Jainism

jainism

Ketika berbicara mengenai negara India, yang mungkin terlintas di kepala adalah India mayoritas penduduknya menganut agama Hindu. Itu memang benar, hampir 80% penduduk India memeluk agama Hindu. Tapi Hindu bukanlah satu-satunya agama yang ada di sana. Ada satu agama yang bernama Jainism.

Beberapa pemeluk agama ini mengklaim bahwa mereka memiliki pengikut sebanyak 4 juta orang dan 2 juta orang yang tersebar di seluruh negara di dunia. Jainism memiliki kepercayaan  bahwa alam semesta dan semua substansinya memiliki sifat abadi. Alam semesta berjalan atas kemauannya sendiri dan diatur oleh hukum alam. Fokus mereka adalah untuk membimbing pengikutnya untuk membersihkan diri dari segala hal yang berbau duniawi agar bisa bereinkarnasi.

3. Church of All Worlds

Church of All Worlds

Tak hanya teknologi yang berkembang, sistem kepercayaan juga ikut berkembang. Contohnya adalah Neopaganism. Neopaganism atau Paganisme modern adalah sistem kepercayaan hasil perkembangan dari Pagan yang dulu  ada di Eropa dan Afrika. Untuk Pagan sendiri adalah kepercayaan terhadap keberadaan para dewa dan dewi.

Neopaganism sendiri juga mengalami perkembangan yang salah satunya menjadi Church of All Worlds. Kepercayaan ini diketahui memiliki pusat di California dan mereka menyembah Gaia. Gaida adalah dewi perwujudan dari Bumi dalam mitologi Yunani. Misi mereka adalah untuk membangkitkan Gaia dan menyatukannya kembali dengan anak-anaknya.

2. Candomble

Candomble

Brazil yang dikenal sebagai negara penghasil sepakbola hebat ternyata memiliki suatu kepercayaan yang unik. Kepercayaan tersebut dinamakan Candomble. Meski banyak ditemukan di Brazil, dari sejarah ternyata ditemukan bahwa akar kepercayaan Candomble ternyata berasal dari Afrika Barat. Kepercayaan ini bisa sampai ke Brazil dikarenakan perbudakan.

Pada budak dari Afrika Barat melakukan perjalanan ke Brazil menggunakan kapal. Di Brazil, kepercayaan ini lalu disebarkan ke warga lokal dan ternyata masih ada hingga sekarang. Canbomble mempercayai bahwa ada satu sosok yang sangat maha kuasa yang mengatur dunia. Sosok maha kuasa ini tidak bekerja sendiri melainkan dibantu dengan sosok lain yang juga memiliki peran penting seperti sosok maha kuasa ini. Anggaplah seperti Tuhan dan malaikat-malaikatnya kalau menurut agama Katolik.

1. Asatru

Asatru

Di beberapa negara masih ada masyarakatnya yang percaya dengan keberadaan dewa dan dewi. Dewa dan dewi ini disembah dengan tujuan agar kehidupan di Bumi ini selalu diberikan berkat. Berbicara soal keberadaan dewa dan dewi, biasanya yang populer adalah Yunani. Yunani memiliki kepercayaan kuat terhadap dewa dan dewi.

Adalah kepercayaan bernama Asatru yang diketahui memiliki berdasarkan dewa dan dewi Yunani. Tidak hanya itu, kepercayaan tersebut juga dikombinasikan dengan mitos dari Norse seperti Odin, Loki, dan Thor. Mungkin ini terdengar lucu, tapi untuk mereka yang menganut kepercayaan Asatru, mereka menganggap serius kepercayaan mereka. 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas