home -> Misteri -> 10 Tempat Seram Yang Ada Di Indonesia
30 September 2022 22:13

10 Tempat Seram Yang Ada Di Indonesia

Oleh serba_tahu dalam Misteri pada August 24, 2022

Sebuah bangunan yang sudah lama ditinggalkan oleh manusia biasanya akan menjadi tempat tinggal bagi para makhluk halus atau hantu. Tidak hanya itu, bangunan yang memiliki latar belakang sedih dan kelam juga bisa membuat tempat tersebut jadi bernuansa seram. Misalnya bangunan bekas kebakaran, tempat kecelakaan, gempa bumi, pembunuhan, dan berbagai macam tragedi kelam bisa membuat suatu tempat jadi berhantu. Di Indonesia, tempat seram atau berhantu seperti itu ada banyak sekali. Tersebar di berbagai pulau dari Sumatera sampai Papua. Bagi kalian yang penakut mungkin sebaiknya tidak mendatangi tempat-tempat ini.

10. Goa Belanda dan Jepang - Bandung

goa belanda dan jepang

Mengawali tempat seram yang ada di Indonesia dengan sebuah goa bernama Goa Belanda dan Jepang. Goa ini dapat kalian temukan di Bandung. Goa ini ternyata dulunya digunakan oleh tentara Jepang untuk menyiksa para tahanan yang mereka tangkap. Tahanan yang ditangkap kebanyakan adalah orang Belanda.

Mereka yang menolak untuk bekerja akan dibawa dan disiksa di dalam goa tersebut. Tak sedikit tahanan yang mati karena siksaan yang terlalu kejam. Ketika masa perang usai, goa ini tetap dirawat dan dijaga. Cerita kelam tentunya membuat goa ini menjadi angker. Seringkali terdengar suara tangisan dan teriakan dari dalam goa. Ada satu kata yang terlarang dikatakan selama berada di Goa Belanda dan Jepang, kata tersebut adalah "lada". Jika diucapkan bisa membuat hantu di sana marah.

9. Jembatan Ancol - Jakarta

jembatan ancol

Pernahkah kalian menonton sinetron hantu Indonesia zaman dulu yang berjudul Si Manis Jembatan Ancol? Sinetron tersebut dimainkan oleh Diah Permatasari. Sinetron ini ternyata mengambil kisah nyata yang terjadi di Jembatan Ancol. Jembatan tersebut menjadi saksi bisu terjadinya aksi pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang wanita bernama Maryam.

Menurut mitos, ada seorang wanita muda bernama Maryam yang menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan. Mayatnya dibuang ke bawah jembatan dan akhirnya menghantui jembatan tersebut. Orang yang sering lewat jembatan tersebut menceritakan bahwa pernah melihat sosok wanita cantik misterius. Entah hantu atau bukan, banyak yang meyakini itu adalah penampakan dari Maryam.

8. Rumah Kentang - Bandung

rumah kentang

Sebuah rumah idealnya dibuat senyaman mungkin agar pemilik beserta keluarganya bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman. Tapi ada satu rumah yang seharusnya nyaman malah mengeluarkan aura horror. Rumah ini berada di Bandung bernama Rumah Kentang. Rumah ini sangat terkenal sebagai salah satu rumah paling berhantu di sana.

Kenapa dinamakan Rumah Kentang karena di rumah ini sering tercium bau kentang di malam hari. Padahal tidak ada orang yang menghuni rumah tersebut. Aroma kentang yang muncul dibarengi dengan penampakan anak kecil dan anjing hantu di malam hari. Menurut cerita, ada seorang anak laki-laki yang meninggal dunia karena terkena air panas dari air rebusan kentang. Nah, hantu anak laki-laki ini yang menghantui Rumah Kentang.

7. Hotel Majapahit - Surabaya

hotel majapahit

Banyak sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah Belanda tersimpan dengan baik di Surabaya. Karena sejarah inilah yang membuat sejumlah tempat di Surabaya menjadi seram. Bahkan hotel yang sekeren Hotel Majapahit juga tak lolos dari aura seram. Hotel ini ada di Jalan Tunjungan No. 65, Jawa Timur.

Hotel ini sangat terkenal di Surabaya bukan cuma gaya arsitekturnya tapi juga karena keseramannya. Hotel ini dibangun pada tahun 1910 dan menjadi salah satu tempat perang antara pejuang Indonesia melawan Belanda. Banyak korban jiwa berjatuhan di area ini. Dan roh dari para pejuang yang tewas tersebut konon katanya sering menampakkan diri.

6. Mall Klender - Jakarta

mall klender

Indonesia sempat mengalami masa-masa kelam di tahun 1998. Alasannya adalah di tahun tersebut ekonomi di Indonesia sedang turun-turunnya. Alhasil membuat tindakan kriminal jadi meroket. Perampokan, pembunuhan, hingga pemerkosaan jadi fenomena yang sudah pasti terjadi di tiap harinya. Salah satu tempat perbelanjaan di Jakarta ada yang menjadi target pembakaran.

Tempat perbelanjaan yang dibakar tersebut adalah Mall Klender. Sebanyak 300 orang jadi korban kebakaran di Mall Klender. Karena mereka takut keluar mall karena banyaknya penjarah, mereka memutuskan untuk tinggal di dalam mall. Hasilnya, kebakaran tersebut melahap bangunan serta seluruh pengunjung dan staff mall. Meski sudah diperbaiki di tahun 2000, banyak orang sekitar yang melihat sejumlah penampakan hantu di dalam mall tesebut.

5. Terowongan Tugu Malang - Malang

terowongan tugu malang

Orang Malang pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya Terowongan Tugu Malang. Malang sendiri adalah sebuah kota yang berlokasi di Jawa Timur. Kota ini termasuk salah satu kota wisata yang ada di Jawa. Bagi orang luar mungkin Malang dianggap sebagai kota destinasi wisata, tapi orang Malang tahu bahwa kota ini memiliki banyak kisah horror.

Terowongan Tugu Malang menjadi salah satu tempat paling berhantu yang ada di Malang. Orang Malang jika ditanya apakah berani datang ke sana seorang diri, jawabannya pasti tidak. Jangankan sendiri, beramai-ramai pun belum tentu berani. Dulu, terowongan ini digunakan sebagai jalur darurat kereta bawah tanah. Lalu, ketika Jepang angkat kaki dari Indonesia, terowongan ini ditinggal begitu saja.

4. Grand Inna Samudra Beach Hotel - Pelabuhan Ratu

Grand Inna Samudra Beach Hotel

Berbicara soal Pelabuhan Ratu akan mengingatkan kita dengan yang namanya Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai ratu yang mengusai daerah Pantai Selatan. Mitos yang beredar adalah jika kalian mengunjungi Pantai Selatan, kalian tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau. Jika melanggar pantangan tersebut maka bisa berakibat diculiik oleh prajurit Nyi Roro Kidul.

Selain pantainya yang menakutkan, ada juga hotel yang ditakuti di Pelabuhan Ratu. Hotel yang dimaksud adalah Grand Inna Samudra Beach Hotel. Ada satu kamar yaitu kamar nomor 308 yang dipercaya disediakan khusus untuk menghormati Nyi Roro Kidul. Di dalamnya didesain sedemikian rupa dengan warna yang disukai oleh Nyi Roro Kidul yaitu warna hijau.

3. Gunung Merapi - Jawa Tengah

gunung merapi

Indonesia adalah negara yang menjadi jalur gunung vulkanik. Ada ratusan gunung berapi yang diketahui masih aktif. Dan salah satu gunung berapi yang paling terkenal di Indonesia adalah Gunung Merapi. Gunung ini dapat kalian temukan jika berkunjung ke Jawa Tengah. Indah? Tentu saja. Tapi ada cerita seram di balik keindahan Gunung Merapi.

Gunung yang masih aktif ini bukan cuma seram tapi juga sangat dihormati oleh warga sekitar. Warga sekitar menghormati gunung ini dengan cara menjaga kebersihan, hewan, dan tumbuhan yang ada di Gunung Merapi. Mereka percaya kalau keasrian Gunung Merapi dijaga dengan baik, para arwah yang tinggal di gunung itu akan memberikan manfaat bagi orang yang tinggal di sekitar gunung.

2. Lubang Buaya - Jakarta 

lubang buaya

Lubang Buaya adalah sebuah tempat yang berada di daerah Pondok Gede. Tempat ini dianggap sebagai tempat bersejarah dan menjadi tempat pembuangan para korban Gerakan 30 September 1965. Sejumlah orang penting Indonesia di masa itu dibunuh dan mayatnya dibuang di dalam Lubang Buaya.

Karena sejarah kelam inilah yang membuat tempat ini menjadi  seram. Tempat ini sudah berganti fungsi menjadi museum dan dibuka untuk umum. Para pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam dan berkeliling. Tangisan misterius, bayangan orang tak dikenal, serta suara langkah kaki sering muncul di area Lubang Buaya.

1. Gunung Salak - Jawa Barat

gunung salak

Selain Gunung Merapi, ada satu lagi gunung yang dianggap angker oleh banyak orang. Gunung tersebut ada di daerah Jawa Barat dan bernama Gunung Salak. Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan telah menjadi tujuan wisatawan. Mereka yang datang ke Gunung Salak mendaki gunung tersebut dan melihat pemandangan matahari terbit.

Tapi perlu diingat bahwa gunung ini adalah gunung yang angker. Tidak boleh melakukan hal-hal yang tabu di sana. Selain tracknya yang sulit dan gas beracun, banyak pendaki yang diberitakan hilang dan meninggal dunia di Gunung Salak. Bukan hanya itu, sejumlah pesawat terbang juga mengalami kecelakaan di Gunung Salak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Misteri
  7. 7
    oleh raza dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh admin dalam Misteri
  7. 7
    oleh admin dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas