home -> Lainnya -> 10 Tips Menghadapi Pasangan Yang Sedang Bad Mood
30 September 2022 22:07

10 Tips Menghadapi Pasangan Yang Sedang Bad Mood

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 23, 2022

Yang namanya menjalani hubungan asmara memang tidak selalu bahagia, pasti ada naik turunnya. Ada juga masa di mana pasangan sedang bad mood atau moody. Salah melakukan sesuatu di saat pasangan sedang bad mood malah bisa memperparah situasi yang akhirnya bisa membuat relationship menjadi kacau dan mungkin saja berakhir. Perlu beberapa cara khusus untuk menghadapi pasangan yang sedang bad mood atau moody ini. Bagaimana caranya?

10. Sabar

sabar

Memiliki pasangan yang moodnya selalu berubah-ubah memang bisa membuat kepala pusing. Bagaimana tidak pusing, di saat yang tidak terduga, moodnya yang dari senang berubah jadi jelek. Ketika ditegur, yang ada kita yang kena semprot. Lalu bagaimana sebaiknya menghadapi pasangan yang moody ini?

Salah satu caranya adalah dengan sabar. Menjalin hubungan asmara memang ada naik turunnya, ada segi positif dan negatif dari pasangan. Kita tak perlu memikirkan yang menjadi kelebihannya, tapi yang harus dipikirkan adalah sisi negatifnya. Seberapa bisa kamu mentolerir sifat jeleknya, termasuk moodnya yang mudah berubah. Sabar adalah salah satu caranya.

9. Terima Keadaan

terima keadaan

Pasangan kamu sekarang ini sangat mudah berubah moodnya? Jika iya, sejauh apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa meredakan moodnya yang berantakan tersebut? Kalau banyak yang sudah kamu usahakan tapi masih belum berhasil, mungkin salah satu cara terbaik untuk menghadapi pasangan yang moody adalah dengan menerima keadaan.

Tidak ada manusia yang sempurna, pasangan yang kamu miliki juga pasti begitu. Ada sisi positif, ada juga sisi negatifnya. Kalau dari sekian banyak sisi positif tapi hanya satu sisi negatifnya yang moody, daripada berusaha merubahnya yang mungkin saja tidak berhasil, lebih baik terima dia apa adanya. Toh menjalani hubungan bukan masalah dia ada kelebihan apa tapi bisakah kalian menerima kekurangan masing-masing.

8. Tanya Ke Teman atau Keluarga

tanya teman

Kalau kalian mengira menjalani hubungan asmara selalu diisi dengan hal yang senang-senang saja, kalian salah. Akan ada banyak cobaan yang akan datang untuk menguji seberapa kuat hubungan kalian. Cobaan bukan hanya dari luar tapi bisa juga dari dalam. Misalnya mood pasangan kamu yang suka berubah tak menentu.

Ketika memiliki pasangan yang moodnya suka berubah-ubah, mungkin bukan pilihan yang bijak jika langsung mengajaknya berbicara. Tapi bukan berarti kalian bisa diam-diam santai begitu saja. Ada cara untuk mengetahui alasan kenapa mood pasangan bisa berubah. Kalian bisa tanyakan pada teman dekat atau keluarganya. Dengan begitu kalian bisa tahu alasan kenapa moodnya berubah dan mencari cara untuk menghiburnya.

7. Jangan Masukkan Ke Dalam Hati

hati

Ketika seseorang sedang marah, ada kemungkinan ia mengatakan sesuatu yang sangat pedas dan menusuk hati. Kalian yang punya pacar dan sudah menjalin hubungan yang lama pastinya sedikit banyak sudah tahu betul karakter dari pasangan kalian. Kalau sedang bad mood, pasti ada satu atau dua kali ia mengatakan kata-kata yang tak mengenakan.

Ketika mendengar ucapan yang tak enak, jangan langsung memasukkannya ke hati. Mungkin saja kekasih kalian tak punya maksud untuk mengatakan hal tersebut. Ketika dia sedang marah, dengarkan saja dulu, jangan direspon negatif. Ketika moodnya sudah agak baik, barulah dicoba komunikasi lagi kenapa sampai bisa marah seperti itu.

6. Lakukan Sesuatu Yang Lucu

lucu

Ketika melihat pasangan sedang emosi tentu ada dorongan untuk melakukan sesuatu agar bisa membuatnya tenang. Hal ini sangat perlu dilakukan agar kita tidak kena marah atas hal yang belum tentu kita lakukan. Tak perlu bingung harus melakukan hal apa, lakukan hal lucu juga bisa membuat emosinya reda.

Bisa menggunakan kostum lucu dan tiba-tiba muncul di depannya atau mengirimkan lelucon lewat Whatsapp juga bisa kalian lakukan. Dari yang semula wajahnya dipenuhi amarah, mungkin dengan hal lucu yang kamu lakukan bisa membuatnya sedikit tersenyum. Barulah setelah itu kalian bisa mengajaknya bicara dari hati ke hati.

5. Jangan Lakukan Sesuatu Yang Bisa Buat Dia Marah

buat marah

Ketika ada kebakaran, yang harus dilakukan adalah menyiramnya dengan air agar apinya padam. Bukan malah menyiramnya dengan minyak atau bensin, yang terjadi malah apinya akan semakin besar. Ketika pasangan emosi juga sama, jangan malah kita buat tambah marah dengan melakukan hal yang ia suka.

Kalau sudah melihat pasangan sedang moody, kalau tidak tahu sebabnya apa dan tidak tahu harus apa, sebaiknya jangan buat sesuatu yang bisa membuatnya malah tambah marah. Mungkin bagi kamu membuat pasangan semakin marah akan lucu. Tapi harus dilihat dulu situasi dan kondisinya. Membuat pasangan semakin marah malah bisa membuat hubungan jadi semakin runyam.

4. Jangan Judgmental

judgemental

Banyak orang yang suka menghakimi seseorang tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi. Perlu diketahui bahwa ada sebab dan ada juga akibat. Ada aksi, ada reaksi, tak mungkin ada asap jika tak ada api. Ketika seseorang marah, daripada menilainya dengan anggapan negatif, lebih baik cari tahu kenapa dia bisa marah.

Ketika menjalin hubungan dengan pasangan juga berlaku hal yang sama. Jangan langsung menghakimi pasangan kamu tanpa tahu alasannya kenapa. Ketika pasangan sedang bad mood, pasti ada hal yang menyebabkan moodnya berubah. Misalnya pada wanita, ketika sedang datang bulan dan hormonnya berubah, seringkali wanita akan berubah moodnya. Jadi tak selalu karena kamu melakukan kesalahan atau di kantornya ada masalah.

3. Berikan Sesuatu Yang Disuka

surprise

Ketika keadaan sedang tidak memungkinkan untuk menghindar dari pasangan yang sedang bad mood, satu-satunya cara adalah dengan menghadapinya. Tentu menghadapi pasangan yang sedang bad mood bukan tanpa persiapan. Kalian kan kekasihnya, pasti tahu apa yang bisa membuat pasangan kalian senang.

Ketika tahu bahwa pacar sedang tidak dalam kondisi mood yang baik, segera persiapkan sesuatu yang bisa membuatnya senang dan tersenyum. Bisa berikan kejutan dengan makanan yang ia suka atau membeli barang yang ia suka. Biasanya cara ini cukup efektif untuk membuat mood yang berantakan jadi agak sedikit baik.

2. Ajak Bicara Baik-Baik

ajak bicara

Yang namanya masalah harus dihadapi, bukannya malah lari dari masalah. Pasangan yang moodnya sedang berantakan juga termasuk dalam masalah yang harus dihadapi. Meski tahu bahwa akan menjadi sasaran amukan, lebih baik hadapi langsung. Tak ada cara yang lebih bagus daripada mengajaknya berbicara dari hati ke hati.

Mendiamkan pasangan yang sedang bad mood tidak menjamin masalah akan selesai. Ajak dia bicara secara baik-baik. Tanyakan apa yang membuatnya jadi bad mood dan jadi pendengar yang baik. Setelah tahu alasan kenapa dia jadi bad mood, barulah cari cara untuk menyelesaikan masalah yang membuatnya jadi emosi.

1. Menunggu Mood Berubah Baru Ajak Bicara

tunggu mood bagus

Tidak ada yang salah jika kamu memilih untuk menunggu sampai mood pasangan kembali normal baru mengajaknya bicara. Kamu paling tahu bagaimana karakter pasangan jika sedang bad mood, jadi jika memang tidak memungkinkan untuk langsung mengajak bicara, bisa tunggu sampai moodnya jadi bagus.

Mungkin butuh beberapa hari atau beberapa minggu, tidak masalah. Tergantung kapan moodnya baik, baru dicoba bicara. Apa sih yang membuat dia jadi berantakan moodnya dan mencari cara agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Karena apa gunanya menjalani hubungan asmara kalau setiap ada masalah harus dihadapi sendiri. Justru dengan adanya pasangan bisa jadi saling membantu dan support satu sama lain ketika sedang sedih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas