home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan Di Dalam Kulk...
30 September 2022 23:28

10 Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan Di Dalam Kulkas

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 22, 2022

refrigerator, kulkas, atau lemari pendingin, bebas kalian mau menyebutnya dengan nama apa, alat satu ini memiliki fungsi untuk menyimpan makanan dan minuman dalam suhu yang dingin. Seringnya kita suka sembarangan memasukan makanan dan minuman di dalam kulkas dengan harapan makanan dan minuman bisa jadi dingin dan tahan lama. Tapi sebenarnya tidak semua makanan dan minuman bisa disimpan di dalam kulkas. Beberapa ada yang justru bisa membuat makanan dan minuman lain jadi rusak. Tak menutup kemungkinan juga kulkas akan cepat rusak. Agar hal ini tidak terjadi, simak beberapa makanan dan minuman di bawah ini yang semestinya tidak dimasukan ke dalam kulkas.

10. Kopi

kopi

Sekarang ini sepertinya sangat sulit untuk menemukan orang yang tidak suka dengan kopi. Kopi sudah seperti menjadi kebutuhan utama banyak orang. Mau pagi, siang, sore, atau malam, yang namanya suka dengan kopi tidak akan bisa lepas dari minuman berkafein satu ini. Tentu untuk kalian yang sangat menyukai kopi akan menyimpan kopi di rumah untuk disantap di waktu yang diinginkan.

Kalau kalian suka pada kopi pasti tahu di mana lokasi yang tepat untuk menyimpannya. Dan kulkas bukanlah tempat yang sempurna untuk menyimpan kopi. Kopi harus ditaruh ditempat yang jauh dari tempat lembab. Kopi harus disimpan di wadah yang khusus dan kering. Ini bertujuan untuk menjaga rasa dan aroma dari kopi.

9. Madu

honey

Madu adalah makanan yang dihasilkan dari lebah. Makanan ini memiliki tekstur yang kental dan rasa yang manis. Daripada mencari sumber manis dari gula, memilih madu adalah pilihan yang tepat karena madu adalah sumber manis yang alami. Berbicara soal manfaat, sudah tak perlu diragukan lagi bahwa madu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Jika kalian tertarik untuk membeli madu dan menyimpannya di rumah, sebaiknya cari tempat yang memang ideal untuk meletakkan madu. Madu lebih bagus ditaruh di tempat yang tertutup, kering, dan gelap. Dijamin madu bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama. Jika kalian menaruhnya di kulkas, suhu dingin kulkas bisa membuat madu berubah menjadi kristal.

8. Pisang

bananas

Rajinlah makan buah-buahan seperti pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan potasium. Potasium merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Ini bia membuat sirkulasi oksigen ke otak tetap terjada dan penyakit seperti stroke bisa dihindari. Di manakah tempat yang bagus untuk menyimpan pisang?

Jika kalian memilih untuk menyimpan pisang di dalam kulkas, maka kalian akan mengalami kerugian. Pisang tidak bagus untuk disimpan di dalam kulkas. Suhu dingin dan pisang bukanlah pasangan yang baik. Apalagi kalian menyimpan pisang yang belum matang ke kulkas. Pisang tersebut malah tidak matang dan tidak bisa dimakan. Lebih baik simpan pisang di tempat yang sejuk.

7. Minyak

oil

Mengingat harga minyak yang saat ini sedang tinggi, menggunakan minyak dan menyimpannya di tempat yang aman harus dilakukan. Kalian tidak mau kan minyak yang sudah dibeli susah payah dengan uang malah rusak dan tidak bisa digunakan untuk memasak. Lalu apakah minyak boleh disimpan di dalam lemari pendingin?

Ternyata jawabannya adalah tidak. Minyak tidak sebaiknya ditaruh di dalam kulkas. Mau itu minyak goreng, olive oil, avocado oil, kulkas bukanlah tempat yang ideal untuk menyimpan minyak. Ketika minyak ditaruh di dalam kulkas, suhu dinginnya bisa membuat minyak menjadi solid atau padat. Dan itu bukanlah hal yang bagus.

6. Roti

bread

Ketika ingin mencari makanan yang mengandung karbohidrat tapi malas makan nasi, bisa mengalihkan pandangan ke makanan yang bernama roti. Roti mungkin tidak sepadat nasi tapi masih ada kandungan karbohidrat. Bisa dimakan kapan saja dan ditambahkan dengan berbagai macam bahan lain seperti keju, coklat, mentega, telur, dan lain sebagainya.

Karena kepraktisannya, roti sering dibeli dan disimpan sebagai makanan camilan. Menyimpan roti harus di tempat yang tepat agar teksturnya tidak rusak dan tidak jamuran. Meski kulkas kalian kosong, lebih baik tidak menyimpan roti ke dalam kulkas. Meski ada klaim yang mengatakan lemari pendingin bisa menjaga roti agar tidak jamuran, udara lembab di lemari es bisa membuat kelembapan di dalam roti jadi hilang. Jika dimakan, roti jadi terasa hambar dan kering.

5. Rempah-Rempah

herbs

Berbicara soal Indonesia tidak akan lepas dari yang namanya rempah-rempah. Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah ada kunyit, pala, kayu manis, cengkeh, jahe, kapulaga, kemukus, secang, dan kemiri. Rempah-rempah tidak hanya digunakan dalam hal masak memasak tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan.

Menyimpan rempah-rempah adalah salah satu kunci agar rempah-rempah tetap awet dan manfaatnya tidak hilang. Cara terbaik untuk menyimpan rempah-rempah adalah menaruhnya di tempat yang terutup, kering, dan jauh dari sinar matahari. Jika ditaruh di kulkas, suhu dingin kulkas bisa merusak rempah-rempah.

4. Melon

melon

Memakan buah-buahan memang bagus untuk kesehatan. Tapi jangan lupa untuk menaruh buah tersebut di tempat yang sesuai. Kalau ditaruh di sembarangan tempat, ada kemungkinan buah jadi tidak bisa matang atau malah terlalu matang sehingga tidak bisa dikonsumsi. Melon adalah salah satu buah yang cukup tricky untuk masalah penyimpanan.

Tidak semua buah bisa disimpan di dalam kulkas, termasuk melon. Melon lebih baik disimpan di tempat dengan suhu yang sejuk. Ini bisa membuat sifat antioksidan dan nutrisi yang terkandung di melon jadi tetap terjaga. Menyimpannya di kulkas mungkin akan membuat melon jadi enak karena dingin. Tapi ini bisa membuat teksturnya berubah menjadi lembek dan terlalu manis.

3. Kentang

potatoes

Nasi bukanlah satu-satunya makanan yang mengandung karbohidrat. Jika mau mencari makanan lain yang juga mengandung karbohidrat sebenarnya ada banyak. Kentang adalah salah satu makanan yang tinggi akan karbohidrat. Makanan satu ini sangat cocok untuk menjadi pengganti nasi jika kalian sudah bosan dengan nasi.

Yang jadi pertanyaannya, bagaimana cara menyimpan kentang yang baik agar bisa tahan lama? Cara untuk menyimpan kentang agar tahan lama adalah dengan menempatkannya di sebuah keranjang dan taruh di tempat yang kering. Sebisa mungkin hindari dari cahaya matahari. Jika menaruh kentang di dalam kulkas malah akan membuat tekstur kentang jadi rusak. Suhu dingin kulkas malah bisa memecah pati dan membuatnya jadi manis.

2. Bawang

onion

Bawang menjadi salah satu bahan penting untuk membuat sebuah makanan jadi lezat. Ada beberapa jenis bawang yang kita ketahui antara lain adalah bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Ketiga jenis bawang ini yang sangat sering digunakan dalam makanan dan sebaiknya kalian hati-hati dalam menyimpannya.

Bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay tidak direkomendasikan untuk disimpan di dalam kulkas. Jika ditaruh di dalam kulkas, bau menyengat dari bawang bisa mempengaruhi kualitas dari makanan dan minuman lain yang ada di dalam kulkas. Lebih baik simpan bawang di tempat dengan suhu ruangan dan jauh dari cahaya matahari.

1. Tomat

tomatoes

Terlepas dari apakah tomat termasuk buah atau sayuran, tidak bisa dipungkiri bahwa makanan satu ini memiliki rasa yang lezat dan manfaat kesehatan yang segudang. Biasanya kalau beli tomat, tidak mungkin cuma beli satu tapi pasti beli banyak. Dan setelah dibeli, kebiasaan yang kita lakukan adalah menaruhnya di dalam kulkas.

Sebuah kesalahan besar jika kalian menyimpan tomat di dalam kulkas. Ketika kamu menyimpan tomat di dalam kulkas, suasana lembab di dalam kulkas justru bisa membuat tekstur tomat jadi rusak. Ini malah membuat tomat yang sudah dibeli banyak dan mahal jadi tidak bisa digunakan. Lebih baik simpan tomat di luar kulkas dan pastikan jauh dari jangkauan sinar matahari agar tahan lama.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas