home -> Unik -> 10 Lomba Menarik Untuk Merayakan 17 Agustus
30 September 2022 22:25

10 Lomba Menarik Untuk Merayakan 17 Agustus

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 15, 2022

Tanggal 17 Agustus 1945 menjadi tanggal penting bagi rakyat Indonesia karena pada tanggal inilah Indonesia dinyatakan merdeka dari penjajahan Belanda. Setiap tahunnya rakyat Indonesia merayakan kemerdekaan ini dengan meriah. Beberapa lomba menarik dilakukan dan diikuti oleh setiap orang dengan semangat. Ada begitu banyak ide lomba menarik yang bisa dilakukan oleh setiap warga di suatu wilayah. Inilah lomba menarik yang bisa dicoba untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

10. Tangkap Belut

tangkap belut

Belut adalah salah satu hewan air yang memiliki bentuk seperti ular. Karakteristik mereka bertubuh licin sehingga sulit untuk ditangkap. Termasuk dalam jenis ikan tapi memiliki bentuk tubuh seperti ular ini yang membuat orang agak jijik dan takut untuk memegangnya. Tapi hewan ini bisa dimanfaatkan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Saat hari kemerdekaan tiba bisa diadakan lomba menangkap belut. Sulit? Tentu saja, ini karena belut memiliki tubuh yang sangat licin dan mudah sekali lepas ketika dipegang. Lomba bisa dilakukan secara individo atau kelompok. Pihak mana yang berhasil menangkap belut paling banyak, dialah yang menjadi pemenang.

9. Gebuk Bantal

gebuk bantal

Bantal biasanya digunakan sebagai penyangga ketika tidur. Banyak orang yang bisa tidur menggunakan bantal dan ada juga yang justru kesulitan tidur jika tidak ada bantal. Nah, bantal ini juga bisa menjadi alat dalam hal merayakan hari kemerdekaan. Pernahkah kalian mendengar lomba gebuk bantal?

Gebuk bantal menjadi ajang adu strategi dan kuat antara 2 atau lebih orang yang saling pukul memukul menggunakan bantal. Peserta lomba harus bisa duduk dan bertahan di sebuah tiang yang dipasang di atas sebuah kolam berisi air. Lalu dengan menggunakan bantal, harus bisa menjatuhkan lawan mainnya ke air.

8. Sepakbola Menggunakan Daster

sepakbola daster

Siapa yang tidak tahu dengan olahraga sepakbola. Sepakbola menjadi olahraga paling populer di dunia. Apalagi jika berbicara di Indonesia, semangat orang dalam hal sepakbola sangat tinggi. Saat tanggal 17 Agustus tiba, bisa juga merayakannya dengan melakukan olahraga sepakbola. Tapi tentunya bukan sepakbola biasa melainkan sepakbola dengan menggunakan daster.

Diikuti oleh pria, para pemain harus bermain sepakbola dengan menggunakan daster. Tentu saja ini akan membuat ribet tapi juga seru. Bagaimana cara para pria ini menggiring bola dan mencetak gol ke gawang lawan dengan menggunakan daster yang tentunya terbatas pergerakannya. Tidak hanya sehat tapi juga menyenangkan.

7. Memindahkan Air Menggunakan Sponge

memindahkan air dengan sponge

Untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia tidak perlu melakukan hal yang terlalu ribet. Menaikkan bendera Merah-Putih dan mengikuti lomba di dekat rumah juga bisa menjadi simbol kebahagiaan dan kebanggaan atas pengorbanan para pahlawan di zaman dulu. Lomba simple yang bisa dilakukan seperti memindahkan air menggunakan sponge.

Tentu kalian tahu apa itu sponge bukan? Sponge adalah salah satu alat yang digunakan untuk mencuci piring. Benda kecil satu ini bisa menyerap air dalam jumlah tertentu. Nah, tujuan dari lomba memindahkan air menggunakan sponge adalah untuk mencari siapa yang berhasil memindahkan air paling banyak. Bisa dilakukan secara sendir atau berkelompok.

6. Cari Koin Di Dalam Tepung

koin dalam tepung

Ingin mengadakan lomba 17 Agustus tidak memerlukan alat yang mahal dan susah dicari. Dengan menggunakan tepung dan koin saja sudah bisa dimanfaatkan untuk mengadakan sebuah lomba. Lomba yang dimaksud adalah lomba mencari koin di dalam tepung. Sudah bertahun-tahun lomba ini sangat sering dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan,

Sediakan tepung yang lumayan banyak dan taruh dalam sebuah wadah. Lalu taruh koin di dalam wadah tersebut secara acak supaya tidak mudah ditemukan. Peraturannya adalah peserta lomba harus mencari koin tersebut dan mengambilnya dengan menggunakan mulut. Siapa yang bisa menemukan koin paling banyak, dialah yang menang.

5. Tarik Tambang

tarik tambang

Ketika ada banyak orang yang mengaku kuat, bisa dites apakah mereka benar-benar kuat dengan mengadakan sebuah lomba yang mengandalkan kekuatan. Lomba yang dimaksud adalah tarik tambang. Lomba ini termasuk salah satu lomba paling populer yang sering diadakan ketika kalender menunjukkan tanggal 17 Agustus.

Alat yang diperlukan sangat sederhana yaitu sebuah tali tambang yang panjang dan kuat. Beberapa orang dipilih untuk menarik salah satu ujung dan sisanya di ujung yang satunya lagi. Pihak mana yang bisa menarik tambang sampai ke arahnya, maka dialah yang keluar sebagai pemenang. Hanya saja ini ada sedikit resiko yakni tangan yang luka karena harus menahan tambang yang kasar.

4. Makan Kerupuk

makan kerupuk

Kerupuk menjadi salah satu makanan ringan yang cuku populer di Indonesia. Biasanya dimakan bersama dengan makanan lain seperti nasi, gado-gado, ketoprak, dan lain sebagainya. Makanan yang sangat ringan dan disukai banyak orang ini bisa juga digunakan untuk menjadi bahan memerihakan hari kemerdekaan.

Kerupuk yang memiliki rongga, diikat dan digantung dengan menggunakan tali. Siapa yang berhasil memakan kerupuk sampai habis tanpa menggunakan tangan, dia yang menang. Lomba makan kerupuk ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari anak-anak sampai dewasa bisa mengikuti lomba makan kerupuk. Bisa dibuat lebih seru lagi dengan menutup mata pesertanya.

3. Balap Kelereng

balap kelereng

Lomba selanjutnya yang bisa menjadi ide untuk meramaikan hari kemerdekaan Indonesia yang berlansung satu tahun sekali adalah lomba balap kelereng. Lomba ini sangat sering diadakan dalam level RT atau RW. Alat yang digunakan sangat simple yakni sendok dan kelereng. Pesertanya yang mau ikut juga bisa siapa saja.

Aturannya, kelereng diletakkan di atas sendok. Lalu sendok tersebut ditaruh di mulut. Pesertanya harus bisa berjalan tanpa menjatuhkan kelereng sampai ke garis finish. Jika sampai kelerengnya jatuh, maka peserta harus mengambil kelereng tersebut dan mulai dari awal. Jika tidak mau balap kelereng sampai garis finish, masih bisa melakukan lomba siapa yang paling banyak mengumpulkan kelereng, juga dengan menggunakan sendok.

2. Balap Karung

balap karung

Selain balap kelereng ada satu lagi lomba balap yang bisa dilakukan yakni balap karung. Seharusnya lomba ini sangat mudah dilakukan karena alat yang digunakan hanya sebuah karung dan area yang panjang. Karena hari kemerdekaan ini harus bisa dirayakan bersama, yang mengikuti lomba ini bisa siapa saja, tua, muda, pria, dan wanita.

Aturan balap karung adalah pesertanya harus masuk ke dalam karung dan berlomba dengan peserta lainnya untuk bisa mencapai garis finish yang sudah ditentukan. Peserta diperbolehkan berlari atau melompat untuk sampai garis finish. Ada juga ide untuk membuatnya lebih seru yakni satu karung diisi dengan 2 orang. Ini akan membutuhkan kekompakan dan juga kecepatan peserta untuk bisa mencapai garis finish.

1. Panjat Pinang

panjat pinang

Lomba terakhir namun tidak kalah serunya dengan lomba-lomba lainnya. Lomba ini adalah lomba panjat pinang. Seharusnya semua orang sudah tahu dengan yang namanya lomba panjat pinang. Lomba panjang pinang menggunakan pinang yang sudah dilumuri dengan minyak agar sulit untuk dipanjat atau dinaiki.

Peserta yang mengikuti panjat pinang bisa banyak tapi biasanya yang mengikutinya adalah para laki-laki. Peserta laki-laki ini harus memanjat pinang sampai atas dan ketika di atas bisa memilih hadiah apa yang diinginkan. Biasanya para peserta akan bekerja sama untuk bisa mencapai puncak dan mengambil hadiah yang diinginkan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas