home -> Lifestyle -> 10 Bakteri Yang Berbahaya Bagi Manusia
30 September 2022 22:44

10 Bakteri Yang Berbahaya Bagi Manusia

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 12, 2022

Berbicara soal bakteri berbahaya harus dimulai dari pengertian bakteri. Bakteri adalah organisme bersel satu dan merupakan makhluk hidup dengan populasi terbanyak di Bumi. Organisme ini berukuran sangat kecil sehingga untuk melihatnya membutuhkan bantuan mikroskop. Bakteri dapat ditemukan dimana saja bahkan di dalam tubuh manusia. Bentuknya bisa beraneka macam, ada yang berbentuk bola, batang, atau spiral. Banyak bakteri yang berhasil diidentifikasi oleh ilmuwan yang dimasukkan dalam kategori berbahaya bagi manusia. Jangan sampai kalian terinfeksi oleh bakteri di bawah ini.

10. Clostridium Difficile

clostridium difficile

Mengawali daftar bakteri berbahaya untuk manusia dengan Clostridium difficile. Kasus pertama yang diakibatkan oleh bakteri ini terjadi pada tahun 1935. Karena banyaknya orang yang terinfeksi oleh bakteri Clostridium difficile di banyak negara di masa itu, bakteri ini sangat merepotkan para petugas kesehatan baik itu dokter dan suster.

Clostridium difficile adalah salah satu bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan yang pasti kita semua familiar yaitu diare. Sama seperti Escherichia coli yang juga menjadi penyebab diare. Mereka yang makanannya terkontaminasi oleh bakteri Clostridium difficile dan memakan makanan tersebut, dipastikan akan menderita diare. Beruntungnya resitensi bakteri ini terhadap antibiotik terbilang lemah jadi besar kemungkinan seseorang untuk sembuh.

9. Klebsiella Pneumoniae

Klebsiella Pneumoniae

Paru-paru adalah salah satu organ penting manusia yang memiliki peran dalam hal pernapasan. Jika sampai terjadi masalah dengan paru-paru, maka akibatnya akan sangat berbahaya. Ada satu bakteri yang diketahui bisa mengancam kesehatan manusia terutama di organ paru-paru. Bakteri tersebut dinamakan Kleksiella penumoniae.

Tahun 1886 adalah tahun pertama kali Kleksiella penumoniae berhasil ditemukan. Mereka yang terinfeksi oleh bakteri ini biasanya adalah pria paruh baya sampai tua. Mereka yang imunitasnya lemah juga rentan terinfeksi bakteri Kleksiella penumoniae. Lumayan kebal terhadap antibiotik, Kleksiella penumoniae bisa menyebabkan infeksi paru dan pneumonia.

8. Acinetobacter Baumannii

Acinetobacter Baumannii

Ada begitu banyak bakteri berbahaya dan bakteri satu ini termasuk dalam salah satu yang sangat berbahaya. Bahkan sempat menjadi "musuh nomor satu" di dunia. Alasan bakteri ini menjadi musuh nomor satu dikarenakan kemampuan bakteri ini yang bisa bertahan dengan baik meski sudah diberikan antibiotik.

Acinetobacter baumannii pertama kali ditemukan pada tahun 1911. Bakteri inilah yang menjadi penyebab utama penyakit pneumonia, meningitis, dan urinary tract infection. Seperti yang sudah disebutkan bahwa bakteri ini bisa bertahan dari antibiotik. Jika penderitanya sudah dalam keadaan lemah, makin kecil kemungkinannya untuk bisa sembuh.

7. Treponema pallidum

Treponema pallidum

Bakteri yang bernama Treponema pallidum adalah sebuah bakteri yang masih termasuk dalam anggota filum Spirochaetae. Bakteri ini memiliki karakteristik bentuk spiral. Ada 4 subspesies bakteri Treponema pallidum yang paling sering ditemukan. Mereka adalah Treponema pallidum pertenue, Treponema pallidum carateum, dan Treponema pallidum endemicum.

Kalau berbicara soal bakterinya mungkin kalian tidak begitu familiar, tapi bagaimana kalau menyebut penyakit sifilis? Sifilis adalah salah satu penyakit seks yang sangat menular. Penyebabnya adalah bakteri Treponema pallidum. Melakukan hubungan seks dengan orang yang terinfeksi bakteri ini maka kalian bisa ikut terkena. Bisa juga menular melalui cairan tubuh yakni darah.

6. Neisseria Gonorrhoeae

Neisseria Gonorrhoeae

Adakah di antara kalian yang belum pernah mendengar penyakit gonorrhoeae? gonorrhoeae adalah penyakit seksual yang sangat menular dan berbahaya. Penyakit ini menyerang bagian tubuh seperti dubur, serviks, uretra, mata, dan tenggorokan. Jika kalian memiliki aktivitas seks yang tinggi dan sering bergonta-ganti pasangan pasti rentan terkena gonorrhoeae.

Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae. Pertama kali ditemukan pada tahun 1885. Mereka yang sering gonta-ganti pasangan biasanya yang paling rentan terserang penyakit ini. Bisa menyerang pria dan wanita, beberapa varian dari bakteri ini telah berubah dan kebal terhadap antibiotik.

5. Streptococcus

Streptococcus

Salah satu bakteri yang bisa ditemukan pada tubuh manusia adalah Streptococcus pyogenes. Bakteri ini paling banyak ditemukan di paru-paru atau tenggorokan manusia. Bakteri ini berhasil ditemukan pertama kali pada tahun 1884. Beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri ini seperti radang tenggorokan dan kelainan pada kulit.

Setiap tahunnya, Streptococcus pyogenes menjadi penyebab utama dari radang tenggorokan yang terjadi di seluruh dunia. Sekitar 25% bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan serius. Bakteri ini terus berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Beberapa ada yang bisa diatasi dengan penisilin, tapi ada juga varian yang bisa bertahan hidup.

4. Tuberculosis

tuberculosis

Penyakit yang dinamakan TBC atau Tuberculosis masih dapat ditemukan hingga sekarang ini. Pertama kali kasus Tuberculosis ditemukan itu terjadi di tahun 1882. Penyebab penyakit ini adalah sebuah bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis. Penyakit tuberculosis sendiri adalah penyakit serius yang sangat menular.

Orang yang terinfeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis akan mengalami gejala batuk berdarah, berat badan turun, keringat di malam hari, dan demam. Tokoh sejarah terkenal seperti Nefertiti dan Pharaoh Akhenaten diceritakan meninggal dunia karena penyakit tuberculosis. Meski sudah ada antibiotiknya, tidak menjamin penderita tuberculosis bisa sembuh dengan mudah dan cepat.

3. Enterobacteriaceae

Enterobacteriaceae

Lambung menjadi tempat ideal bagi sejumlah bakteri. Padahal di lambung ada yang namanya asam lambung, tapi ada saja bakteri yang bisa bertahan dari asam lambung. Bakteri bernama Enterobacteriaceae adalah bakteri yang memiliki banyak family dan tinggal di dalam lambung manusia. Beberapa memang masih bersahabat, tapi ada juga yang tidak.

Beberapa family dari bakteri Enterobacteriaceae yang bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan seperti Salmonella, E. coli, Klebsiella, dan Shigella. Beberapa keluarga dari Enterobacteriaceae yang sudah disebutkan tersebut diketahui memiliki kekebalan yang baik terhadap antibiotik. Ini membuat usaha untuk menyembuhkan pasien yang terinfeksi Enterobacteriaceae menjadi agak sulit.

2. Helicobacter pylori

Helicobacter pylori

Ada begitu banyak bakteri yang bisa bertahan hidup di dalam lambung manusia. Dan Helicobacter pylori adalah salah satunya. Asam lambung biasanya sangat efektif untuk membunuh bakteri, tapi tidak dengan bakteri satu ini. Bakteri ini bisa bertahan di dalam lambung dan biasanya kalau masih dalam level aman, tidak akan menimbulkan gejala.

Baru jika sudah parah, bakteri ini bisa memunculkan masalah di pencernaan. Gastritis, maag akut, luka di dinding lambung dan usus adalah beberapa masalah yang bisa ditimbulkan oleh Helicobacter pylori. Beberapa kombinasi antibiotik bisa digunakan dan efektif untuk membunuh bakteri Helicobacter pylori.

1. Salmonellae

Salmonellae

Jika kalian ingin makan sesuatu, pastikan makanan tersebut dimasak dengan baik. Karena jika tidak, kalian bisa mengalami masalah di pencernaan. Makanan yang tidak diolah dengan baik memungkinkan bakteri untuk tinggal di dalamnya. Salah satu bakteri yang bisa ditemukan pada makanan yang tidak dimasak dengan baik adalah Salmonellae.

Banyak kasus orang yang mengalami keracunan makanan, penyebabnya adalah bakteri satu ini. Demam, sakit perut, muntah, mabuk, dan diare adalah beberapa masalah yang bisa terjadi jika sampai terinfeksi bakteri Salmonellae. Selain di makanan yang belum matang, bakteri ini juga bisa ditemukan pada hewan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas