home -> Lainnya -> 10 Cara Untuk Meningkatkan Semangat Kerja
30 September 2022 22:26

10 Cara Untuk Meningkatkan Semangat Kerja

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 10, 2022

Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan tekanannya bisa membuat karyawan menjadi tidak semangat kerja, depresi, dan stres. Jika sudah sampai parah yaitu stres, kecil kemungkinan pekerjaannya bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Sebelum mencapai level stres, tentunya diawali dulu dengan mulai turunnya semangat kerja. Jika kalian sudah mengalami penurunan semangat kerja dan bad mood karena pekerjaan, upayakan segala macam hal untuk mengembalikan semangat kerja tersebut. Karena jika dipaksa terus, yang ada kalian malah burnout, depresi, dan stres. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat kerja di kantor. Inilah caranya.

10. Bantu Teman Kerja Yang Kesulitan

helping friend

Kesulitan di tempat kerja bukan hanya terjadi pada satu karyawan saja tapi juga bisa terjadi pada karyawan lainnya. Jadi jangan buru-buru menilai bahwa kamu saja karyawan yang capek dan menderita karena pekerjaan yang banyak. Teman sekantornya bisa saja merasakan hal yang sama. Dan rasa capek ini juga bisa membuat semangat kerja turun.

Jika semangat kerja kamu mendadak turun, daripada mengeluh dan tak berbuat apa-apa, cobalah untuk membantu kesulitan teman kerjamu. Membantu pekerjaan teman dengan ikhlas tentunya, bisa membuat perasaan jadi lega. Tidak percaya? Coba saja kamu bantu teman kerjamu yang kesulitan dan di akhirnya mendapatkan ucapan terima kasih. Rasanya akan sangat senang dan setelah itu barulah lanjutkan pekerjaan mu dengan perasaan senang tersebut.

9. Rencanakan Apa Yang Mau Dibuat

make plan

Kalau mau melakukan sesuatu pastinya kita harus membuat rencana terlebih dahulu. Jangankan pekerjaan, ketika mau liburan saja kita pasti membuat itinerary terlebih dahulu. Untuk apa membuat rencana? Tujuannya adalah untuk memastikan apa yang kita lakukan di hari tersebut sudah sesuai dengan yang direncanakan.

Dengan membuat recana sebelum bekerja bisa membantu kamu bekerja dengan lebih ringan. Coba kalau tidak membuat recana sama sekali dan di kantor kamu mengerjakan banyak pekerjaan yang bahkan belum tentu pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam waktu dekat. Pastinya pekerjaan kamu akan jadi berantakan dan bisa bikin tambah stres.

8. Buat Goal Yang Tidak Terlalu Tinggi

set goals

Melakukan sesuatu harus dengan tujuan. Tanpa tujuan, apa pun yang dilakukan terasa seperti tak ada gunanya. Bekerja juga sama, harus ada tujuan yang harus dicapai. Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang membuat sebuah goal atau tujuan, tujuan tersebut seringkali terlalu jauh dan tidak masuk di akal.

Membuat goal yang terlalu tinggi dan jauh malah bisa membuat kamu semakin tertekan. Bekerja itu harus dilakukan dengan tenang, santai, tapi bisa selesai tepat waktu. Ini akan membuat tekanan yang dirasakan jadi tidak terlalu berat. Buatlah goal yang dekat terlebih dahulu jadi ketika goal tersebut tercapai, kalian bisa merasa senang. Setelah senang goal tercapai, barulah buat goal yang baru lagi.

7. Self Reward

self reward

Self reward atau menghadiahi diri sendiri adalah hal yang perlu dilakukan. Semua orang butuh yang namanya hadiah atau penghargaan, tapi belum tentu hadiah atau penghargaan tersebut didapat. Kecewa karena setelah melakukan hal yang bagus tapi tidak mendapatkan reward tentu kesal. Tapi memangnya reward tersebut harus dari orang lain? Tentu saja tidak.

Jika tidak ada orang yang memberikan kamu apresiasi atas yang sudah kamu buat, maka kamu lah yang harus memberikan reward tersebut pada diri kamu sendiri. Jangan bergantung pada orang lain dalam hal mencari kebahagiaan. Ketika kamu sukses melakukan sesuatu, berikan reward pada diri kamu sendiri misalnya seperti membeli barang yang disuka atau makan makan di restoran idaman.

6. Belajar Hal Baru

learning

Semua karyawan pasti pernah mengalami kesulitan pada saat bekerja. Sudah dicoba dengan cara yang diketahui tapi tetap saja tidak ketemu jalan keluarnya. Kesal dan stres bisa saja terjadi pada momen ini. Namun ada baiknya untuk tidak terlalu memaksakan diri. Mungkin salah satu cara untuk mendapatkan jalan keluar adalah dengan belajar hal baru.

Bekerja itu hanya sekedar mengerjakan apa yang ada di depan mata tapi juga menjadi tempat untuk belajar. Jika menemukan kesulitan dan tidak menemukan jalan keluar, mungkin jalan keluarnya ada di tempat lain. Caranya adalah dengan belajar hal yang baru. Istirahat sejenak sembari mencari informasi yang ada di internet atau buku. Mungkin saja dari sana baru ketemu jalan keluarnya.

5. Fokus Dengan Pekerjaan Yang Ada Di Depan Mata

fokus

Kemampuan orang itu berbeda-beda. Ada yang bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu dan ada yang tidak. Kemampuan untuk mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama inilah yang disebut dengan multitasking. Positifnya dari multitasking adalah pekerjaan bisa banyak yang bisa diselesaikan. Negatifnya malah bisa membuat otak jadi pusing.

Jika kalian termasuk orang yang tidak bisa melakukan pekerjaan banyak dalam waktu yang sama, lebih baik fokus saja dengan pekerjaan yang ada di depan. Ini membantu kalian agar bisa lebih fokus dan tenang dalam bekerja. Kerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu baru yang mudah atau kerjakan yang deadlinenya paling dekat.

4. Diet dan Olahraga

diet

Jika ada yang bilang bahwa diet dan olahraga itu tidak penting dalam hal menunjang performa kerja, maka orang tersebut salah. Justru dengan makan makanan yang bergizi, olahraga, dan istirahat bisa membuat seseorang bekerja dengan maksimal. Karena jika tubuh tidak dalam kondisi fit, bagaimana orang bisa semangat kerja.

Setidaknya sempatkan diri untuk melakukan olahraga 1 atau 2 jam dalam sehari. Setelah berolahraga jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, Lanjut dengan mengistirahatkan tubuh untuk memulihkan diri. Kombinasi diet, olahraga, dan istirahat ini bisa membuat tubuh menjadii sehat dan fit. Kalau tubuh sehat maka kalian siap untuk menghadapi rutinitas yang berat.

3. Minum Air Putih

drink water

Sekitar 70% sampai 80% tubuh manusia terdiri dari air. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik adalah kewajiban. Caranya adalah dengan selalu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Minum segelas air putih sebelum haus agar cairan dalam tubuh tetap terjaga. Kalau sampai kurang, maka tubuh tak bisa bekerja optimal.

Kalau kalian sangat sibuk di kantor dan sulit bergerak, sebenarnya bisa diakali dengan meletakkan botol air minum di atas meja. Walaupun sebenarnya lebih baik kalau kalian berdiri dan jalan ke dispenser air agar bisa sekalian melakukan peregangan, tapi intinya adalah untuk tetap minum air putih agar tetap bisa konsentrasi saat bekerja.

2. Istirahat Saat Lelah

take a break

Tidak ada orang yang sanggup bekerja dalam durasi berjam-jam. Pasti akan ada waktunya tubuh capek. Memaksakan diri untuk tetap bekerja lebih baik tidak dilakukan karena pastinya konsentrasi sudah turun. Pekerjaan belum tentu bisa selesai, kalau selesai belum tentu hasilnya akan memuaskan. Yang ada malah nanti dimarahi oleh atasan.

Kalau tubuh sudah capek dan sudah tak semangat lagi, lebih baik ambil waktu sejenak untuk istirahat. Mesin saja butuh istirahat agar tidak overheat, apalagi manusia. Ambil waktu mungkin 10 sampai 30 menit untuk istirahat. Kalian mau duduk santai, keliling kantor, atau bahkan menenggak segelas kopi, tidak masalah. Lanjutkan pekerjaan jika sudah merasa rileks.

1. Mendengarkan Lagu

listening to music

Percaya atau tidak, ternyata mendengarkan lagu bisa meningkatkan mood dan semangat seseorang. Mengemudikan kendaraan, saat olahraga, belajar, dan bekerja, bisa meningkat semangatnya dengan mendengarkan lagu. Ini bahkan sudah dibuktikan dari sejumlah penelitian. Kalau ini bisa membantu meningkatkan semangat, maka kalian bisa saja mencobanya.

Agar tidak menganggu orang lain saat bekerja, kalian bisa mendengarkan lagu dengan menggunakan headset yang disambung ke handphone. Siapkan lagu yang kalian suka lalu dengarkan sembari kerja. Bisa saja saat jam kerja selesai, kalian malah berhasil menyelesaikan banyak pekerjaan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas