home -> Lifestyle -> 10 Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
05 Desember 2022 05:15

10 Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 09, 2022

Kafein adalah senyawa kimia yang biasanya ditemukan pada kopi. Kafein memiliki bentuk seperti bubuk kristal berwarna putih dan memiliki rasa pahit. Kafein telah lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Seperti memacu kinerja jantung, mengurangi resiko doabetes, menurunkan berat badan, membantu performa olahraga, dan masih banyak lagi manfaat dari kafein. Yang kita tahu bahwa kafein paling sering ditemukan pada kopi. Jika butuh kafein maka larinya pasti ke kopi. Tapi jika kalian ingin mencari solusi selain kopi, beberapa makanan dan minuman ini mungkin bisa menjadi pilihan karena sama-sama mengandung kafein di dalamnya.

10. Makanan Mengandung Kafein

Coffee-containing foods

Sebenarnya jika ingin mencari kafein tanpa harus minum kopi sangat mudah dilakukan. Sekarang ini sudah banyak makanan yang saat pembuatannya memasukkan kafein. Terima kasih pada teknologi yang sudah semakin maju dan orang-orangnya memiliki ide kreatif dalam menciptakan sebuah makanan baru.

Beberapa makanan yang di dalamnya terkandung kafein seperti tiramisu, ice cream kopi, roti, dan sejumlah kue juga  ada yang bahan bakunya menggunakan kandungan kafein. Ini menjadi opsi menarik karena kalian tidak hanya mendapatkan manfaat kafein tapi juga nikmatnya makanan seperti tiramisu, ice cream, dan kue.

9. Kola Nut

Kola Nut

Apa kalian pernah mendengar makanan yang bernama kola nut? Kalau belum pernah dengar, itu tidak menjadi masalah. Kola nut memang cukup jarang ditemukan di Indonesia. Namun makanan ini sangat mudah ditemukan di Afrika Barat. Makanan ini menjadi makanan utama atau pokok di Afrika dan menjadi makanan yang sangat dihargai,

Kalau kalian penggemar minuman soda Coca-Cola, Coca-Cola sempat menggunakan kola nut sebagai bahan baku pembuatan minuman soda tersebut. Namun sekarang ini Coca-Cola tidak menggunakan kola nut lagi. Kola nut adalah biji yang didapat dari pohon kola dan menjadi salah satu sumber alami kafein.

8. Guarana

Guarana

Selain kola nut, mungkin di antara kalian ada juga yang tidak begitu familiar dengan yang namanya guarana. Tidak familiar bagi kita tapi tidak bagi orang Brazil. Guarana adalah sebuah tanaman yang banyak ditemukan di hutan hujan Amazon yang ada di Brazil. Tanaman ini terkenal karena anti oksidan dan stimulan.

Guarana ini memiliki kandungan yang sama seperti biji kakao dan biji kopi. Di dalamnya terkandung zat methylxanthines dan kafein. Dari sejumlah studi yang dilakukan, mengkonsumsi guarana bisa memberikan energy boost. Selain itu bisa juga memberikan perlindungan dari tekanan darah tinggi, obesitas, dan gangguan metabolisme untuk mereka yang sudah tua.

7. Biji Kakao dan Cokelat

cacao beans and chocolate

Jika tidak suka kopi tapi ingin mendapatkan manfaat dari kafeinnya, ada banyak makanan yang bisa kalian coba karena ada juga kandungan kafein di dalamnya. Sebut saja biji kokoa dan cokelat. Sepertinya pecinta cokelat ada banyak dan setuju bahwa cokelat memiliki rasa manis yang bisa bikin candu dan tentunya ada kandungan kafein di dalamnya.

Biji kokoa sama seperti biji biji kopi, sama-sama memiliki kandungan kafein. Maka dari itu, semua makanan yang dibuat dari biji kokoa termasuk cokelat, ada kandungan kafein sama seperti kopi. Mungkin kandungan kafeinnya tidak setinggi kopi. Jika mau kandungan kafein yang tinggi bisa mencoba yang namanya dark chocolate. Untuk 100% kokoa memiliki kandungan 240 mg kafein, setara dengan 2,5 cup kopi.

6. Decaf Coffee

decaf coffee

Kopi memang menjadi pilihan favorit banyak orang untuk memperoleh manfaat dari kafein. Tapi kafein sendiri tidak bisa diterima oleh semua orang. Ada juga orang yang memiliki masalah dengan pencernaannya sehingga tidak bisa menikmati kopi. Beruntung sekarang teknologi sudah semakin maju dan menciptakan yang namanya decaf coffee.

Buat kalian yang awam tentang kopi, sensitif pada kafein, tapi ingin mencicipi kopi, bisa mencoba yang namanya decaf coffee. Decaf coffee adalah kopi yang diproses secara khusus yang dimana kafein di dalamnya sudah dikurangi semaksimal mungkin. Tidak sampai benar-benar 0 tapi masih ada sisa sedikit kafein agar orang yang sensitif terhadap kafein masih bisa menikmati kopi dan mendapatkan manfaatnya.

5. Minuman Energi

energy drinks

Ada orang-orang yang ingin merasakan manfaat dari kopi tapi memiliki lambung yang sensitif. Solusi untuk bisa mendapatkan kafein dari kopi bisa dengan minum minuman berenergi. Jika kalian ke mini market, kalian bisa menemukan banyak sekali macam minuman berenergi dari berbagai brand. Bisa kalian coba salah satu jika ingin merasakan efek kafein.

Berbeda dengan kopi yang termasuk sumber alami kafein, minuman berenergi telah melalui serangkaian proses sehingga tidak lagi bisa dianggap sumber natural. Tapi kalian tetap bisa menikmati minuman berenergi tentu dengan takaran yang wajar. Karena minuman berenergi adalah minuman buatan pabrik, kalian tidak hanya menemukan kafein tapi juga soda serta gula.

4. Yerba Tea

Yerba Tea

Masih berhubungan dengan Brazil, namun kali ini lebih ke area yang lebih luas yakni Amerika Selatan. Jika Brazil ada guarana, di Amerika Selatan banyak negara yang menjual yerba tea. Ini adalah salah satu dari sekian banyak jenis teh yang bisa kita temukan. Yerba tea atau teh yerba terbuat dari daun pohon jenis Ilex paraguariensis.

Dikenal juga dengan sebutan Paraguay tea, teh ini menjadi sumber alami kafein. Orang-orang di Amerika Selatan diketahui cukup sering mengkonsumsi teh satu ini. Manfaat yang didapat dari yerba tea seperti antimicrobial dan antioksidan. Kandungan kafein di dalamnya berkisar antara 20 sampai 180 mg per 240 ml.

3. Teh Hijau

green tea

Teh menjadi salah satu minuman yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang didapat jika rutin minum teh antara lain memperbaiki sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, dan antioksidan. Jenis teh sendiri ada banyak dan yang akan dibahas adalah teh hijau atau green tea.

Kenapa teh hijau itu karena teh hijau mirip seperti kopi, teh hijau memiliki kandungan kafein. Teh hijau yang menjadi salah satu minuman favorit di Asia menjadi sumber natural kafein. Kita tahu manfaat kafein seperti apa, tapi teh hijau juga ada kandungan amino acid seperti theanine. Theanine bisa mengurangi stres pada seseorang.

2. Espresso

Espresso

Penggemar kopi tentu sudah tak asing dengan yang namanya espresso. Bagi yang tidak paham, espresso adalah salah satu jenis kopi yang sangat populer. Espresso dibuat dengan cara menyeduh kopi dengan tekanan dan suhu tinggi. Kopi espresso dibuat dengan cara menggiling kopi hingga halus lalu dipadatkan atau tamping. Kopi ini lalu diseduh dengan tekanan tinggi dan suhu tinggi dan menjadi espresso.

Espresso tidak untuk semua orang karena rasanya yang sangat kuat dan pahit. Kandungan kafein pada espresso jauh lebih tinggi daripada kopi biasa. Manfaatnya sih tetap sama seperti kopi tapi agak susah untuk diterima bagi mereka yang baru mencoba-coba minum kopi. Untuk takaran 1 shot atau 1,5 ounces mengandung 65 mg kafein.

1. Kopi

Coffee

Sudah pasti kalau mencari kafein, orang akan memilih kopi. Kopi sangat mudah ditemukan di mana saja. Kalian bisa pergi mini market, beli kopi, dan menyeduh sendiri di rumah. Atau jika tidak ada waktu yang cukup, bisa pergi ke kafe terdekat dan pesan kopi. Sekarang ini semua kafe bahkan restoran sudah menyediakan kopi dalam menunya.

Selain rasanya yang nikmat, aroma dari kopi juga bisa membuat orang tergoda untuk mencobanya. dengan meminum kopi segelas bisa memberikan stimulan pada tubuh. Kalian bisa merasakan energi jadi bertambah dan mood jadi bagus. Rata-rata dalam 240 ml kopi ada kandungan sekitar 100 mg kafein. Dengan 4 cup kopi per hari cukup untuk membuat kalian bersemangat dalam menghadapi hari-hari.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas