home -> Lifestyle -> 10 Dampak Buruk Minum Minuman Berenergi
01 Desember 2022 06:26

10 Dampak Buruk Minum Minuman Berenergi

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 22, 2022

Energy drink atau minuman berenergi dipercaya oleh sejumlah orang bisa meningkatkan performa. Entah performa dalam olahraga atau untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. Tapi apakah benar minuman berenergi memberikan energy boost seperti yang digadang-gadang? Ya mungkin memang benar bisa memberikan energi tambahan, tapi tidaklah bijak jika mengandalkan minuman berenergi untuk diminum secara rutin. Jika dilakukan tentu akan ada dampak buruk yang bisa muncul pada tubuh. Apa saja bahaya dari terlalu sering minum minuman berenergi?

10. Adiksi/Kecanduan

addiction

Tahukah kalian bahwa minuman berenergi bisa memberikan rasa candu? Orang minum minuman berenergi karena tertarik dengan efeknya yakni bisa membuat tubuh bertenaga, semangat, dan meningkatkan fokus. Karena bisa memberikan efek itulah orang jadi ingin terus menerus minum minuman berenergi.

Terlepas dari efek positifnya, minuman berenergi memang dibuat sedemikian rupa supaya orang bisa ketagihan. Kafein dan gula adalah 2 komposisi utama dalam minuman berenergi. Seseorang bisa dengan mudah kecanduan kafein dan gula dari minuman berenergi tersebut. Jika sudah kecanduan, mau berhenti dari minuman berenergi akan sangat sulit.

9. Gangguan Kecemasan

anxiety

Kalian mudah merasa cemas dan gugup? Masalah cemas dan gugup ini pasti memiliki akar masalahnya. Mencari apa yang menjadi penyebab munculnya rasa cemas dan gugup sangat penting untuk dilakukan. Apakah itu dari lingkungan atau justru dari makanan atau minuman yang dikonsumsi?

Sejumlah makanan dan minuman memiliki efek memicu munculnya rasa cemas dan gugup, salah satunya adalah energy drink. Kalau kalian memang mudah merasa cemas dan gugup, mengkonsumsi minuman berenergi malah justru bisa memperparah kondisi kalian. Hentikan minum minuman berenergi jika kondisi cemas dan gugup semakin parah dan cari solusi lain untuk mendapatkan energy boost.

8. Sakit Kepala dan Migraine

headache

Pernah merasakan yang namanya sakit kepala dan migraine? Rasanya tentu tidak enak bukan? Mau melakukan kegiatan apa saja jadi tidak bisa fokus karena kepala sakit. Bahkan untuk istirahat saja juga sulit. Agar bisa meredakan sakit kepala dan bisa beraktivitas normal, minum obat pereda sakit kepala jadi jawabannya.

Sadar akan tidak enaknya sakit kepala dan migraine, perlu dihindari juga kebiasaan yang bisa menyebabkan masalah tersebut datang. Dan ternyata minuman berenergi bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sakit di kepala. Tingginya kadar kafein dalam minuman berenergi bisa membuat seseorang jadi sakit kepala, apalagi mereka yang memang sensitif terhadap kafein bisa merasakan sakit kepala yang parah.

7. Gigi Rusak

dental problems

Gigi merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam mulut. Gigi memiliki tugas untuk memotong dan mengunyah makanan. Karena tugasnya yang penting, maka kita harus menjaga kesehatan gigi sebaik mungkin. Jangan melakukan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi. Sampai gigi sakit, maka sakitnya benar-benar bisa membuat tidak nyaman,

Kebiasaan yang dapat merusak gigi ada banyak dan salah satu adalah dengan mengkonsumsi minuman berenergi. Semua minuman berenergi ditambahkan gula agar rasanya enak. Minuman berenergi juga memiliki pH yang rendah yang bisa membuat gigi menjadi rusak. Semakin sering mengkonsumsi minuman berenergi, maka semakin cepat juga gigi menjadi rusak.

6. Gula Darah Naik

blood sugar

Kafein bukanlah satu-satunya unsur yang dimasukkan ke dalam minuman berenergi. Ada zat lain yang juga dimasukkan ke dalam minuman berenergi agar bisa membuat orang yang meminumannya mendapatkan energi tambahan. Zat tambahan tersebut adalah gula. Makanya minuman berenergi bisa terasa enak dan manis, ini berkat adanya gula.

Sudah banyak ahli kesehatan yang memberikan informasi mengenai bahayanya gula. Mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebihan bisa meningkatkan berat badan seseorang. Masih dilanjutkan bisa berujung pada obesitas dan terkena diabetes. Nah, minuman berenergi ini bisa memberikan dampak negatif tersebut. Pertama mungkin baru gula darah naik, tapi jika sampai tubuh sudah tak mampu mengontrol gula dalam darah, kalian bisa terkena diabetes.

5. Masalah Kesuburan

fertility problems

Berkembang biak adalah salah satu cara manusia untuk mempertahankan keturunannya. Butuh pria dan wanita yang sehat agar bisa meneruskan keturunan. Jika salah satu mengalami masalah kesehatan yang membuat kesuburan menurun, maka semakin kecil kemungkinan untuk bisa menghasilkan anak.

Penyebab seseorang mengalami gangguan kesuburan ada banyak. Dan ternyata kebiasaan minum minuman berenergi menjadi salah satunya. Tidak hanya pria, tapi wanita juga bisa mengalami masalah kesuburan jika kecanduan pada minuman berenergi. Terkhusus pria, minuman berenergi benar-benar memiliki resiko tinggi untuk menurunkan kesuburan jika sampai kecanduan.

4. Tekanan Darah Naik

high blood pressure

Minuman berenergi memang sangat menggoda. Jika aktivitas memang berat dan butuh tenaga tambahan, menenggak energy drink bisa menjadi salah satu opsi agar tubuh bisa menaikkan tenaga dan mengerjakan aktivitas lagi. Tapi tentu saja ada dampak buruk yang bisa diberikan dari meminum minuman berenergi.

Ketika seseorang minum minuman berenergi, tidak butuh waktu lama untuk tubuh bisa bereaksi. Tekanan darah dalam tubuh bisa naik dalam waktu singkat begitu meminum minuman berenergi. Jika kalian sebelumnya memang sudah punya masalah dengan tekanan darah, minum minuman berenergi sebaiknya tidak dilakukan.

3. Sulit Tidur

sleep problems

Tak ada manusia yang bisa hidup tanpa tidur. Kurang tidur bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan seperti lemas, imun tubuh turun, mudah sakit, mood berantakan, dan masih banyak lagi efek buruk dari kurang tidur. Mengingat ada begitu banyak masalah yang dihadapi jika sampai kurang tidur, maka kita harus berhati-hati pada hal-hal yang bisa membuat kita susah tidur.

Minuman berenergi ternyata bisa menjadi salah satu penyebab seseorang jadi susah tidur. Dan jika kurang tidur maka efek buruk yang sudah dijelaskan tadi akan muncul. Agar tidak mengalami masalah dengan tidur, perlu mengontrol konsumsi energy drink ini. Jangan meminumnya terlalu banyak hingga sampai larut malam jadi tak bisa istirahat.

2. Masalah Jantung

heart problems

Apa pun yang dikonsumsi berlebihan pasti akan berdampak buruk pada tubuh. Minuman berenergi juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika diminum secara berlebihan. Memang betul minuman berenergi dibuat untuk memberikan energy boost, tapi tetap ada batasan yang harus dipahami agar tidak mendapatkan efek buruknya.

Kafein menjadi salah satu zat yang bisa ditemukan pada semua minuman berenergi. Kalau kelebihan kafein sudah pasti akan berbahaya bagi kesehatan, tapi jangan lupa bahwa ada orang yang juga sensitif terhadap kafein. Minum sedikit saja bisa langsung merasakan perasaan tak nyaman. Misalnya saja masalah dengan detak jantung. Orang-orang yang tak terbiasa dengan kafein musti berhati-hati jika mau minum minuman berenergi.

1. Keracunan Kafein

caffeine intoxication

Ada beberapa zat yang ditambahkan ke dalam energy drink hingga minuman ini bisa memberikan energi tambahan bagi orang yang meminumannya. Salah satu zat tersebut adalah kafein. Kafein juga bisa kalian temukan di minuman lain yaitu kopi. Apabila kalian mengkonsumsi kafein secara berlebihan, ada kemungkinan kalian mengalami keracunan kafein.

Minum minuman berenergi berlebihan, ditambah lagi kalian adalah pecinta kopi, maka kadar kafein yang ada di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Ada batasan bagi seseorang untuk mengkonsumsi kafein. Jika mengkonsumsi kafein secara berlebihan maka akan berdampak pada muntah, kejang, dan detak jantung meningkat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas