home -> Lifestyle -> 10 Tanaman Yang Berguna Untuk Mengusir Serangga
01 Desember 2022 07:47

10 Tanaman Yang Berguna Untuk Mengusir Serangga

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 20, 2022

Nyamuk menjadi salah satu serangga yang sangat mengganggu. Tidak hanya bisa menghisap darah dan menyebabkan gatal di area gigitannya, nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Tentu jika di rumah terdapat nyamuk atau bahkan serangga pengganggu lain harus segera dibunuh. Biasanya membunuh serangga menggunakan obat nyamuk. Tapi obat nyamuk memiliki aroma yang tidak enak dan juga berbahaya bagi manusia. Daripada menggunakan obat nyamuk, kenapa tidak menggunakan tanaman saja? Ada beberapa tanaman yang ampuh untuk mengusir serangga. Apa saja? Inilah daftarnya.

10. Pitcher Plant

Pitcher Plant

Pitcher plant, sebuah tanaman unik yang masuk dalam kategori tanaman karnivora. Tanaman ini berbeda dari tanaman pada umumnya yang bertahan hidup dari sinar matahari, air, dan karbon dioksisa untuk fotosintesis. Tanaman karnivora bertahan hidup dengan memakan hewan yang terperangkap di dalamnya.

Pitcher plant adalah salah satu tanaman karnivora yang memiliki bentuk seperti terumpet. Di bagian permukaan dan dindingnya sangat licin sehingga membuat hewan apa pun yang masuk ke dalamnya akan susah keluar. Tanaman ini bisa memerangkap serangga bahkan tikus. Hewan-hewan pengganggu ini memancing serangga dengan aroma dan warnanya. Sekali serangga atau hewan lain masuk, maka hewan tersebut akan terpeleset dan jatuh ke dalam perangkap yang berisikan cairan yang digunakan untuk memproses makanan.

9. Basil

Basil

Sejauh mana kalian tahu tanaman rempah-rempah? Tanaman rempah-rempah memiliki manfaat tidak hanya sebagai penyedap makanan tapi beberapa di antaranya juga bisa diolah menjadi obat. Dan daun basil termasuk dalam jenis rempah-rempah yang khasiatnya sebagai obat sudah tidak diragukan lagi.

Selain digunakan sebagai penyedap masakan, kalian bisa menggunakan basil untuk mengusir serangga. Menanam tanaman basil tidak sulit, kalian cukup taruh basil di dalam wadah dan berikan air serta cahaya yang cukup. Letakkan basil di sudut ruangan, pintu, dan halaman. Serangga seperti lalat dan nyamuk enggan untuk masuk.

8. Rosemary

Rosemary

Ada banyak sekali jenis tanaman rempah-rempah yang memiliki banyak fungsi. Sebut saja rosemary. tanaman ini bukan cuma digunakan sebagai bumbu masak tapi juga sebagai obat pengusir serangga. Tidak perlu menggunakan obat semprot yang memiliki aroma tajam dan bisa membuat pernapasan terganggu. Cukup gunakan rosemary maka serangga akan minggat.

Aroma dari rosemary sangat dibenci oleh serangga. Bisa ditanam dalam pot atau di halaman rumah, aroma dari rosemary bisa membuat rumah aman dari gangguan serangga. Bahkan aromanya terbukti bisa tahan lama, jadi tidak perlu khawatir serangga akan kembali suatu saat lagi. Kalau mau dibuat jadi obat semprot, kalian bisa merebus 1 liter rosemary kering dalam air sebanyak 1 liter.

Rebus dalam waktu 20 sampai 30 menit dan saring cairannya ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air dingin. Tutup rapat dan simpan di kulkas. Kalian bisa gunakan obat semprot ini jika memang dibutuhkan.

7. Petunia

petunia

Merasa rumah kosong, kurang adanya warna yang membuat suasana beda, maka kalian wajib untuk menghiasnya dengan tanaman hias. Tanaman hias yang bisa ditemukan ada banyak dan semuanya memiliki warna yang berbeda yang bisa membuat suasana rumah jadi berubah dalam sekejap. Petunia bisa menjadi salah satu opsi untuk kalian coba.

Warna bunga petunia yang indah cocok ditempatkan di dalam rumah. Hanya memiliki tinggi berkisar 16-30 cm, bunga petunia tidak hanya bisa membuat penghuninya merasa sejuk dan nyaman tapi juga bisa terbebas dari gangguan serangga. Pastikan kalian bisa membuat bunganya mekar karena aroma dari bunga petunia yang ampuh sebagai pengusir serangga.

6. Sage

Sage

Ada begitu banyak jenis tanaman yang termasuk dalam rempah-rempah. Pernahkah kalian mendengar tanaman sage? Tanaman ini ternyata termasuk dalam kategori rempah-rempah dan sering digunakan sebagai bahan makanan. Yang mungkin tidak diketahui oleh banyak adalah, tanaman ini bukan cuma bisa melezatkan makanan tapi mengusir serangga.

Sebut saja serangga menyebalkan seperti nyamuk, lalat, dan bahkan semut juga bisa diusir jauh-jauh menggunakan tanaman sage. Serangga seperti nyamuk, lalat, dan serangga memiliki penciuman yang tajam dimana mereka jika mencium bau sage, mereka akan menjauh. Aroma tanaman ini tidak disukai oleh serangga.

5. Lemongrass

lemongrass

Benua Asia menjadi benua yang cocok untuk tanaman lemongrass. Tanaman satu ini memang bisa tumbuh subur di iklim yang tropis dan sub-tropis seperti yang ada di Asia. Karakteristiknya tinggi dan mirip dengan tanaman citronella grass. Dan lemongrass bersama dengan citronella grass efektif sebagai obat pengusir serangga.

Aroma dari lemongrass tidak disukai oleh nyamuk. Tak hanya itu, jika diambil minyaknya, minyak dari lemongrass juga efektif dalam mengusir serangga. Jadi jika tak menemukan produk obat nyamuk yang memiliki kandungan minyak lemongrass, bisa menggantinya dengan menanam tanaman ini. Semua serangga pengganggu pasti akan pergi.

4. Marigold

Marigold

Keindahan dari bunga marigold sangat bisa digunakan sebagai penghias rumah dan ruangan. Indah di mata dan beraroma sedap semakin melengkapi fungsi dari bunga marigold. Tapi bukan cuma itu saja manfaat yang bisa diberikan oleh marigold. Bunga ini adalah obat alami untuk mengusir serangga yang mengganggu.

Ada zat yang terkandung pada marigold yang bernama pyrethrum. Zat ini ampuh dalam mengusir serangga. Makanya produk obat pengusir serangga menyertakan marigold sebagai bahan pembuatnya. Letakkan bunga ini di dekat pintu dan jendela untuk mencegah serangga masuk. Tapi ada serangga lain yang mungkin tertarik dengan marigold yaitu lebah dan tawon.

3. Peppermint

Peppermint

Nama peppermint sudah cukup sering muncul di sejumlah produk teh dan permen. Dan jika kita mengkonsumsi produk-produk yang memiliki kandungan peppermint, tenggorokan dan hidung jadi lega. Efek peppermint inilah yang membuat orang suka dengannya. Efektif dalam melegakan tenggorokan dan hidung, peppermint juga efektif untuk mengusir serangga.

Baik itu tanaman atau minyaknya, keduanya efektif sebagai obat pengusir serangga. Tak punya ruangan lebih untuk menanam peppermint, bisa membeli obat oles yang memiliki kandungan peppermint. Peppermint tersebar dengan baik di Eropa dan Timur Tengah. Beberapa negara diketahui  sudah membudidayakan tanaman peppermint untuk dimanfaatkan khasiatnya.

2. Catnip

Catnip

Pecinta kucing tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya catnip. Catnip adalah sebuah tanaman yang bisa memberikan efek relax pada kucing jika dihirup. Mirip seperti efek ganja pada manusia yang bisa membuat manusia jadi nge-fly. Nah, tanaman ini ternyata juga efektif untuk mengusir serangga.

Catnip bisa dibilang mudah ditemukan karena bisa tumbuh di mana saja. Salah satu zat yang ditemukan pada catnip adalah nepetalakton. Nepetalakton sangat disukai oleh kucing tapi dibenci oleh serangga. Jadi jika kalian ingin rumah kalian aman dari gangguan serangga bisa mencoba untuk menggunakan tanaman catnip sebagai obat alami pengusir serangga.

1. Lavender

lavender

Semua orang pastinya sudah kenal dengan tanaman lavender. Tanaman ini memiliki warna yang indah sehingga dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman ini bisa memperindah tampilan rumah baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman ini diketahui masih termasuk dalam keluarga tanaman mint dan bisa ditemukan di Eropa, Afrika, Medditerranean, Barat Daya Asia, dan India.

Tak hanya sedap di mata, lavender juga bisa membuat ruangan jadi harum. Bagi kita manusia, aroma lavender sangat enak, tapi tidak bagi serangga. Kalian kira kenapa banyak obat semprot serangga menyertakan lavender sebagai komposisinya? Aroma lavender sangat dibenci oleh serangga seperti nyamuk, ngengat, dan lalat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas