home -> Unik -> 10 Festival Aneh Yang Ada Di Dunia
01 Desember 2022 07:26

10 Festival Aneh Yang Ada Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada July 19, 2022

Ketika melakukan liburan ke luar negeri dan berkunjung ke suatu kota, ada kemungkinan kalian bisa melihat hal-hal yang tidak biasa dilakukan di kota atau area tempat kalian datangi. Bisa saja ada suatu event tertentu yang begitu dihormati dan spesial bagi masyarakat lokal di suatu kota sehingga dirayakan dengan mengadakan festival. Bagi kita yang hanya sebagai wisatawan atau orang asing, melihat festival tersebut bisa saja membuat kita terkejut, senyum, dan kagum karena keanehan dari festival yang diadakan. Dan setiap negara pastinya memiliki festival yang berbeda satu dengan yang lainnya. Mungkin saja kalian belum pernah mendengar festival tersebut. Jika kalian penasaran dengan festival aneh apa saja yang ada di dunia, inilah festival tersebut.

10. Jalilkatu - India

Jallikattu

India, sebuah negara yang kuat akan hal tradisi dan ada banyak festival yang diadakan untuk merayakan sesuatu. Dari sekian banyak festival, ada satu festival yang dibilang aneh karena resikonya sangat tinggi tapi tetap diadakan dan diikuti oleh banyak peserta. Festival tersebut adalah jalilkatu atau bull-taming.

Festival ini dilakukan di Tamil Nadu dan menjadi bagian dari selebrasi Pongal. Seekor banteng akan dilepas di kerumunan banyak orang. Mereka yang memiliki nyali besar akan mencoba melompat dan duduk di atas banteng. Sebisa mungkin peserta tersebut duduk dalam waktu yang selama mungkin. Tentu saja resiko mengalami cidera sangatlah tinggi.

Festival ini pertama kali dilakukan pada abad ke-3 BC dan dilakukan oleh Ayars kuno. Di tahun 2017 festival tersebut sempat dilarang. Namun karena warga lokal melakukan protes keras, akhirnya pihak berwenang mencabut larangan tersebut.

9. Day of the Dead Festival - Mexico

Day Of The Dead Festival

Di beberapa negara di dunia memiliki tradisi yang mana ada acara khusus yang diadakan untuk menghormati keluarga yang sudah mati. Meksiko menjadi salah satu negara di dunia yang punya tradisi kuat akan hal menghormati arwah leluhur. Dan mereka merayakannya dengan mengadakan festival Day of the Dead.

Festival ini agak mirip dengan perayaan Halloween dimana orang-orang turun ke jalan dengan dandanan ala horror. Tapi di Meksiko, festival ini lebih ke arah spiritual. Mereka yang masih hidup akan berdandan layaknya hantu dengan kostum seram dan warna-warni. Pakaian penuh warna ini menggambarkan suasana yang penuh perasaan dan membangkitkan semangat.

8. Beer Floating - Finlandia

beer floating

Pecinta minuman bir wajib mengikuti festival kalakellunta. Festival ini bisa kalian ikuti dengan pergi Helsinki yang merupakan ibukota dari negara Finlandia. Festival ini melibatkan banyak orang dan tentu saja bir. Kalian mau minum, berenang, dan mandi bir, kalian bisa melakukannya di Helsinki. Jadi tunggu apa lagi?

Festival ini melibatkan bir dan kalian akan menemukan segala macam bir dan kegiatan yang berkaitan dengan bir. Tak ada event organizer atau komite resmi yang mengurus festival ini. Orang-orang yang menyukai bir akan datang ke sana, minum bir, berenang, menaiki kapal, dan minum bir bersama-sama dengan orang yang mengikut festival Beer Floating.

7. Moose Dropping Festival - Alaska

Moose Dropping Festival

Alaska yang berada di Barat Laut Amerika Utara menjadi salah satu negara yang memiliki suhu yang sangat dingin. Salju sudah menjadi hal biasa yang turun di Alaska. Tapi salju bukan menjadi satu-satunya benda berwarna putih yang jatuh dari langit. Ada benda putih lain yang juga jatuh dari langit dan itu adalah kotoran moose atau rusa.

Bukan fenomena alam tapi memang warga kota Talkeetna memang sengaja menjatuhkan kotoran moose dari langit. Kotoran moose dicat putih lalu dijatuhkan dari helikopter atau balon udara. Para peserta festival yang berada di bawah akan menebak di mana kotoran tersebut akan mendarat. Festival aneh ini ternyata sudah dilakukan dari tahun 2009 dan sangat digemari.

6. Turkey Testicle Festival - Illinois

Turkey Testicle Festival

Pernah mendengar makanan yang terbuat dari testis hewan? Mungkin ada yang belum pernah mendengar dan ada juga yang sudah pernah. Memang ada sejumlah makanan yang menggunakan bagian tubuh hewan yakni testis. Bagaimana rasanya? Hanya mereka yang pernah mencobanya yang bisa menjelaskan.

Di sejumlah negara ada yang mengugnakan testis turkey sebagai makanan. Sebut saja Byron, Illinois, Olean, Missouri, Oakdale, California, dan Huntley yang memiliki festival sama yakni Turkey Testicle Festival. Mereka mengolah testis dari turkey sebagai makanan. Biasanya testis turkey akan dihaluskan dan digoreng.

5. Pamplona Bull Run - Spanyol

Pamplona Bull Run

Bertarung dengan banteng adalah festival yang biasa dilakukan di Spanyol. Nama festival tersebut adalah La Fiesta Brava. Seorang matador akan bertarung dengan banteng dan akan ada yang mati dalam pertarungan tersebut. Ada satu lagi festival lain yang melibatkan banteng di Spanyol. Festival tersebut dinamakan Pamplona Bull Run.

Festival ini biasa diadakan di bulan Juli setiap tahunnya. Sejumlah banteng akan dilepas di jalanan dan akan berlari ke segala arah, terserah si banteng. Orang yang mengikuti festival tersebut harus melarikan diri dari kejaran kumpulan banteng tersebut. Tak ada tujuan spesifik selain bisa melarikan diri dari kejaran banteng. Festival tinggi resiko dengan kemungkinan ada yang terluka dan bahkan meninggal.

4. Festival of the Horns - Rocca Canterano

Festival of the Horns

Perselingkuhan menjadi salah satu masalah yang muncul dalam hubungan asmara. Perselingkuhan tidak hanya bisa dilakukan oleh pria saja tapi juga wanita. Tentu yang siapa saja yang melakukannya adalah pihak yang salah. Biasanya jika terjadi perselingkuhan, hubungan akan berakhir dan tak dirayakan. Siapa juga yang mau merayakan momen sedih tersebut?

Tapi ternyata ada satu kota yang merayakan momen perselingkuhan tersebut. Sebuah kota di luar  Roma yang bernama Rocca Canterano merayakan perselingkuhan yang dilakukan wanita dengan sebuah festival bernama Festival of the Horns atau Festa del Cornuto. Festival ini ternyata sudah dilakukan jauh pada era Kerajaan Romawi.

Pada masa perang, para pria akan pergi meninggal rumah dan pasangannya. Setelah kembali dari perang, tak sedikit pasangan para prajurit ini sudah bersama dengan pria lain. Istilah cornuto adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk pria yang diselingkuhi pasangannya. Lalu para pria yang diselingkuhi ini akan melakukan aksi di jalanan dengan menghancurkan objek yang diberikan oleh mantannya. Diharapkan dengan festival ini bisa menghibur dan menghormati para prajurit pria tersebut.

3. Cat Food Festival - Canete

Cat Food Festival

Festival aneh selanjutnya bisa ditemukan di Canete. Canete adalah sebuah area yang berada di Selatan Lima, Peru. Festival ini mungkin bisa memantik emosi dari pecinta hewan, terutama pecinta kucing. Festival yang dimaksud dinamakan Cat Foof Festival. Festival ini menggunakan daging kucing untuk disantap oleh banyak orang.

Festival ini dilakukan satu tahun sekali, tepatnya dilakukan di bulan September. Sekitar 50 ekor kucing yang digunakan untuk merayakan festival ini. Kucing-kucing tersebut akan dibunuh dan diambil dagingnya. Daging kucing akan diolah menjadi makanan khas Canete seperti schnitzel, hiacatay, atau greaves. Menurut kepercayaan warga lokal, daging kucing memiliki khasiat sebagai aphrodisiac dan mencegah penyakit bronkus.

2. Monkey Buffet Festival - Thailand

Monkey Buffet Festival

Dengan budget liburan yang pas-pasan tapi masih ingin melakukan liburan ke luar negeri, pilihannya memang terbatas. Tapi bukan berarti tidak ada pilihan karena sebenarnya ada beberapa negara yang pariwisatanya sangat menarik, tiket perjalanan, penginapan, dan kuliner yang terbilang ramah di kantong. Thailand adalah salah satu negara yang dimaksud.

Dan jika kalian datang di waktu yang tepat, ada satu festival yang mungkin bisa kalian saksikan. Festival tersebut dinamakan Monkey Buffet Festival. Festival ini adalah pesta makan untuk monyet. Di provinsi Lopburi, populasi monyet di sana sangatlah banyak. Masyarakat di sana menganggap bahwa monyet adalah hewan yang dihormati dan bisa membawa keberuntungan.

Sebagai bentuk penghormatan pada monyet, masyarakat Lopburi menyediakan makanan untuk disantap oleh para monyet. Makanan tersebut terdiri dari buah-buahan dan sayur yang menjadi kesukaan monyet.

1. Blackawton International Festival of Worm Charming - Inggris

Blackawton International Festival of Worm Charming

Cacing, hewan yang dianggap menjijikan oleh sejumlah orang tapi memiliki manfaat untuk lingkungan. Cacing bisa membantu menyuburkan tanaman secara alami. Di setiap negara pasti bisa ditemukan cacing. Tapi ada satu negara yang punya festival dengan melibatkan hewan cacing ini. Negara yang dimaksud adalah Inggris.

Tepatnya di Tenggara Inggris yakni Devon, ada sebuah festival aneh bernama Blackawton International Festival of Worm Charming. Sejumlah orang harus bisa menangkap cacing dari dalam tanah dalam waktu  yang sudah ditentukan. Peraturannya mengharuskan para peserta untuk bisa menangkap cacing dengan usaha apa saja dan tidak boleh menggalinya.

Ada yang mencoba mengambil cacing dengan cara bernyanyi, menggunakan alat musik, menyiramkan cairan khusus, dan lain sebagainya. Intinya tidak boleh mengambilnya dengan cara digali.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas