home -> Lainnya -> 10 Negara Paling Bahagia Di Dunia
11 Agustus 2022 10:09

10 Negara Paling Bahagia Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 15, 2022

Semua orang pasti ingin memiliki hidup yang bahagia. Parameter hidup bahagia bisa dinilai dari berbagai hal seperti pendapatan minimum, pajak, fasilitas, pendidikan, social support, harapan hidup sehat, kebebasan dalam memilih pilihan hidup, dan tentunya minim korupsi. Tinggal di negara yang semua hal tersebut dapat dipenuhi pastinya akan membuat warganya hidup dengan bahagia. Setiap tahunnya selalu dibuatkan daftar negara mana saja yang warganya paling bahagia. Kalian juga pasti ingin hidup dan jadi warga negara tersebut. Inilah dia 10 negara paling bahagia di dunia.

10. New Zealand

New Zealand

Mengawali daftar negara paling bahagia di dunia dengan New Zealand. Negara dengan ibukota Wellington ini terletak di Barat Daya Samudra Pasifik dan bertetangga dekat dengan Australia. Negara ini terbagi dua pulau yaitu North Island dan South Island. Di sekitarnya masih ada sekitar 700 pulau dengan ukuran lebih kecil.

Negara yang tidak begitu besar tapi negara ini berhasil masuk dalam daftar negara paling bahagia. Berbicara soal pemandangan, tidak perlu diragukan lagi bahwa New Zealand memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Masyarakat yang tinggal di New Zealand memiliki kualitas hidup yang tinggi, pekerjaan yang baik dan seimbang, iklim yang sangat nyaman, dan polusi yang rendah. 

9. Israel

Israel

Nama Israel berhasil menyusup masuk daftar ini membuat banyak orang terkejut. Padahal jika melihat di berita, Israel terlibat perang dengan Palestina. Meski begitu, Israel masih dinilai sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia. Ternyata ada satu hal yang menjadi kunci Israel dianggap sebagai negara yang bahagia.

Dunia sempat mengalami pandemi Covid-19 dan banyak negara yang sulit keluar dari masalah tersebut. Tapi, Israel ternyata berhasil menangani masalah pandemi tersebut dengan baik. Pemerintah dan warga Israel bisa bekerja sama dengan baik dalam mengatasi pandemi Covid-19. Persentasi warga yang mendapatkan vaksin sangat tinggi sehingga sedikit orang yang meninggal dunia. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa Israel bisa masuk dalam daftar ini.

8. Norwegia

norway

Tidak hanya menarik dari segi wisata, ada banyak negara di Eropa yang menjadi negara impian untuk jadi negara menghabiskan usia tua. Pemandangan bagus, taraf hidup tinggi, kesehatan terjamin, ekonomi stabil, fasilitas yang lengkap, siapa juga orang yang tidak mau tinggal di negara yang semuanya serba dijamin oleh negara.

Norwegia adalah salah satu negara di Eropa yang bisa membuat warganya bahagia.  Gunung, glacier, dan pantai indah, negara ini seperti negara yang ada di dongeng. Semua segi kehidupan dari warganya bisa dijamin oleh pemerintah. Minimnya kasus korupsi juga membuat warga percaya dengan pemerintah.

7. Swedia

sweden

Ketika daftar negara paling bahagia dibuat, persyaratan untuk bisa suatu negara masuk dalam daftar tersebut adalah dengan melihat bagaimana cara negara tersebut menangani masalah pandemi yang dikarenakan virus Corona. Jika pemerintahnya berhasil menekan angka infeksi dan kematian, negara tersebut memiliki peluang besar untuk masuk dalam daftar.

Karena Swedia memiliki angka kematian karena Covid-19 yang tinggi, posisinya yang dulu berada di urutan 6 kini turun ke urutan 7. Meski begitu, Swedia masih dianggap sebagai negara yang bahagia. Pendapatan per kapita atau GDP nya yang tinggi membuat Swedia masih dipertimbangkan sebagai nilai positif. Sistem pendidikan yang baik, beban kerja yang tidak terlalu berat, dan kesetaraan sosial membuat Swedia cocok dijadikan negara menghabiskan waktu pensiun.

6. Luxembourg

Luxembourg

Kita tidak bisa mengaggap remeh suatu negara hanya dengan melihat ukurannya yang kecil. Luxembourg adalah salah satu negara di Eropa yang ukurannya cukup kecil. Negara ini dikelilingi oleh Belgia, Perancis, dan Jerman. Tapi dari negara-negara besar tersebut, justru Luxembourg yang berhasil masuk dalam daftar negara paling bahagia di tahun 2022 ini.

Sebagian besar Luxembourg masih terdiri dari pedesaan dengan hutan Ardennes hijau dan lebat dan taman alami di bagian Utara. Belum lagi ditambah dengan ngarai di Mullerthal Timur dan lembah Sungai Moselle di Tenggara. Populasinya tidak terlalu padat dengan sekitar 632.000 penduduk. Mereka yang bingung ingin menghabiskan sisa usia tuanya bisa mencoba untuk tinggal di Luxembourg.

5. Belanda

netherlands

Bahagia atau tidaknya hidup bisa dilihat dari level anak. Bagaimana anak menikmati hidupnya, cara mereka bersosialisasi, kesehatan, dan pendidikannya. Jika itu semua terpenuhi maka bisa disepakati bersama bahwa negara tempat anak tersebut tinggal memang pantas jadi negara yang bahagia. Dan Belanda adalah negara yang dimaksud.

Belanda adalah negara yang berada di Barat Laut Eropa. Negara ini terkenal karena kanal, buang tulip, kincir angin, dan rute sepeda. Belanda telah lama dianggap sebagai negara yang bahagia. Di tahun 2013 saja, UNICEF mengeluarkan penilaian yang menunjukan bahwa anak-anak yang tinggal di Belanda rata-rata menjalani hidupnya dengan bahagia. Pendidikan, kesehatan, dan keamanannya terjamin.

4. Switzerland

switzerland

Negara di Eropa yang terkenal akan jam, keju, dan Pegunungan Alpen, negara tersebut tidak lain adalah Switzerland atau Swiss. Karena pemandangan yang indah, kulinernya yang lezat membuat negara ini cukup banyak dibanjiri oleh turis asing. Jika liburan saja terasa indah, tentu tidak dibayangkan jika bisa menjadi warga negara Switzerland.

Tinggal di Switzerland dipastikan bisa bahagia. Kesehatan menjadi salah satu keunggulan dari negara satu ini. Jika negara lain memiliki masalah dengan obesitas, Switzerland tidak. Jarang sekali ditemukan orang yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan. Rata-rata umurnya juga cukup panjang. Penghasilan yang lebih tinggi daripada United State dan GDP nya juga tinggi.

3. Iceland

iceland

Jika kalian tidak begitu suka iklim dingin tapi ingin menjalani kehidupan yang tenang dan bahagia, mungkin negara Iceland bisa jadi pertimbangan. Iklimnya memang sangat dingin, tapi Iceland menjadi negara paling bahagia urutan 3 di tahun 20220. Negara kecil, tenang, populasi tidak terlalu padat, dan bersih.

Iceland benar-benar negara idaman untuk pensiun di sana. Karena negara ini kecil dan tidak terlalu padat penduduk, bersosialisasi jadi lebih muda. Culture di Iceland juga membuat orang bisa cepat akrab dengan tetangga sekitar. Warga lokal Iceland terkenal dengan kebaikannya. Tak jarang kalian akan mendapatkan undangan makan bersama jika tinggal di sana.

2. Denmark

denmark

Negara yang termasuk dalam Skandinavia memang dikenal sejak lama sebagai negara yang penduduknya bahagia. Karena Denmark termasuk dalam negara Skandinavia, otomatis Denmark juga masuk dalam daftar ini. Tidak main-main, Denmark berhasil menempati posisi 2 sebagai negara paling bahagia di dunia.

Semua segi kehidupan masyarakat Denmark dijamin oleh pemerintah. Kesehatan, kebebasan dalam memilih pilihan hidup, bersosialisasi, pekerjaan, kebersihan, social support, semua hal tersebut ada di Denmark. Mereka yang ragu untuk tinggal di Denmark bisa dicoba terlebih dahulu untuk liburan ke Denmark dalam jangka waktu yang lama. Melihat sendiri bagaimana suasana Denmark bisa membuat orang yang ragu jadi ingin menetap lebih lama lagi di Denmark.

1. Finlandia

finland

Tiba di urutan pertama negara paling bahagia dipegang oleh Finlandia. Finlandia adalah salah satu negara yang berlokasi di Utara Eropa. Negara ini bertetangga dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia. Ibukotanya adalah Helsinki. Hebatnya Finlandia, ternyata negara ini sudah 5x kali menduduki peringkat 1 sebagai negara paling bahagia di dunia.

Hal yang paling mencolok dari Finlandia adalah faktor pendidikannya. Kita tahu bagwa negara Korea Selatan, Jepang, dan Singapura memiliki sistem pendidikan yang bagus. Nah, Finlandia ini termasuk negara yang sistem pendidikannya sangat bagus. Pendidikan yang berjenjang dari sekolah dasar sampai tingkat master degree ada di Finlandia. Tenaga pengajarnya juga benar-benar yang berkualitas sehingga bisa membantu anak dalam hal mengerti pelajaran yang diajarkan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas