home -> Lainnya -> 10 Jembatan Terpanjang Di Dunia 2022
01 Desember 2022 07:29

10 Jembatan Terpanjang Di Dunia 2022

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 08, 2022

Jembatan digunakan untuk menghubungan satu tempat ke tempat lain. Tidak musti hanya untuk disebrangi oleh orang tapi juga bisa disebrangi juga dengan kendaraan lain seperti motor, mobil, kereta, atau truk. Dengan adanya jembatan, maka akan mempermudah orang untuk berpindah ke tempat lain. Coba bayangkan jika tidak ada jembatang dan harus menelusuri jalan kecil, gelap, dan berliku. Pastinya akan memakan waktu yang lama. Berbicara soal jembatan, semakin panjang sebuah jembatan pastinya akan semakin terkenal dan tentunya bisa memecahkan rekor jika panjangnya mengalahkan jembatan-jembatan lain. Penasaran jembatan mana yang dianggap sebagai jembatan terpanjang di dunia?

10. Jiaozhou Bay Bridge, China - 41,5 Km

Jiaozhou Bay Bridge

Membuka daftar jembatan terpanjang di dunia dengan Jiaozhou Bay Bridge. Jembatan ini memiliki lokasi di sebelah Timur Shandong Province, China. Memang benar bahwa sejumlah jembatan yang memiliki panjang luar biasa banyak ditemukan di China. Dan Jiaozhou Bay Bridge ini yang menjadi permulaan.

Dibandingkan dengan jembatan panjang lain di China, mungkin ini tidak ada apa-apanya karena panjangnya hanya 41,5 km. Tapi ini cukup membuatnya masuk dalam daftar ini. China menjadi salah satu negara yang memiliki rencana jangka panjang yang baik. Ketika membangun sesuatu, mereka akan memastikan bangunannya dibuat agar kuat menahan gangguan seperti bencana alam.

Jiaozhou Bay Bridge dibangun sekuat mungkin agar bisa bertahan dari gempa bumi, typhoon, dan benturan dengan kapar. Masih menjadi bagian dari Jiaozhou Bay Connection Project yang termasuk juga Overland Expressway dan Qingdao Jiaozhou Bay Tunnel.

9. Beijing Grand Bridge, China - 48,2 Km

beijing grand bridge

Beijing Grand Bridge memiliki total panjang 48,2 km dan menjadi penghubung antara Beijing dan Shanghai. Jembatan ini termasuk bagian dari jalur Beijing-Shanghai high speed railway. Konstruksi dari Beijing Grand Bridge sebenarnya sudah selesai pada tahun 2010. Namun, jembatan ini baru bisa digunakan pada 30 Juni 2011.

Beijing Grand Bridge adalah sebuah jembatan panjang dengan tipe viaduct. Sedikit informasi mengenai viaduct, viaduct adalah jembatan yang dibangun dengan cara khusus yang terdiri dari beberapa lengkungan dan pilar yang menopang rel atau jalan layang yang panjang. Dengan keberadaan jembatan ini membuat mudah orang untuk pergi dari Beijing ke Shanghai dan sebaliknya.

8. Sheikh Jaber Al-Ahmad Al-Sabah Causeway, Kuwait - 48,5 Km

Sheikh Jaber Al-Ahmad Al-Sabah Causeway

Dari sekian banyak jembatan di dunia, ada satu jembatan di Kuwait yang berhasil masuk dalam daftar jembatan terpanjang dunia tahun 2022. Jembatan tersebut memiliki nama yang cukup panjang yaitu Sheikh Jaber-Al Ahmad Al-Sabah Causeway. Di dunia mungkin hanya berada di urutan 8, tapi ini adalah jembatan terpanjang satu-satunya yang dimiliki oleh Kuwait.

Sheikh Jaber-Al Ahmad Al-Sabah Causeway dibangun pada 12 September 2009. Butuh waktu hingga 5 tahun hingga jembatan ini benar-benar selesai dan bisa digunakan. Pembangunan jembatan ini diperkirakan memakan dana yang tidak sedikit yaitu 65 juta USD. Keberadaan jembatan ini sangat penting karena bisa menyediakan akses dari Shuwaikh Port District ke Kuwait City melalui Mina al-Shuwaikh Bay.

7. Bang Na Expressway, Thailand - 54 Km

Bang Na Expressway

Thailand merupakan sebuah negara yang tidak begitu besar namun memiliki daya tarik di sisi wisata dan kuliner. Banyak kuliner unik dan murah yang bisa dicoba ketika liburan ke Thailand. Tapi bukan hanya itu saja yang akan dibahas. Thailand terdapat satu jembatan yang sangat panjang bernama Bang Na Expressway.

Bang Na Expressway memang cuma menjadi jembatan terpanjang di dunia urutan 7, tapi kalau di Thailand, jembatan ini adalah jembatan yang terpanjang. Panjangnya mencapai 54 km. Bang Na Expressway dibuka pada tahun 2000 dan digunakan untuk lalu lalang kendaraan. Jalan yang selalu dipadati oleh kendaraan ini dibuat menggunakan lebih dari 1.800.000 meter kubik beton.

6. Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge, China - 55 Km

Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge

Membuat jembatan biasa saja bisa menelan biaya yang banyak. Tidak hanya biaya bahan pembuat jembatan tapi juga biaya untuk menggaji para pekerja. Semakin panjang dan banyak pekerjanya, maka akan semakin besar juga total biaya pembuatan jembatan. Jembatang Hong Kong-Zhuhai-Macai diperkirakan memakan biaya sebesar 18,8 juta USD.

Dengan biaya sebesar itu, jembatan tersebut berhasil dibangun dan panjangnya tidak main-main, 55 km. Jembatang yang dibangun di atas laut itu menjadi penghubung antara Hong Kong dan Macao. Dua kota tersebut adalah dua kota yang menjadi magnet turis. Begitu banyak hiburan dan pusat perbelanjaan yang bisa ditemukan di sana.

5. The Weinan Weihe Grand Bridge, China - 79,7 Km

Weinan Weihe Grand Bridge

Weinan Weihe Grand Bridge dibangun pada tahun 2008. Tidak mudah untuk membangun jembatan dengan panjang 79,7 km. Sebelum benar-benar berfungsi, Weinan Weihe Grand Bridge sempat didiamkan hingga 6 Februari 2010. Ketika dibuka, Weinan Weihe Grand Bridge digunakan untuk mengangkut kereta penumpang dan kargo.

Di tahun 2008, jembatan ini pernah didapuk sebagai jembatan terpanjang di dunia. Sayang, gelar tersebut tak berlangsung lama. Dia digeser oleh 4 jembatan lain dan kini hanya duduk di posisi 5. Tapi panjang 79,7 km tetap panjang yang luar biasa. Membangun jembatan yang panjang ini diberitakan membutuhkan 10.000 pekerja, 2.300.000 meter kubik beton, dan 45.000 ton baja.

4. Cangde Grand Bridge, China - 105,8 Km

cangde grand bridge

Melihat gambarnya bisa memberikan kesan indah sekaligus seram. Indah karena melewati Yangcheng West Lake. Bagian seramnya adalah ketika ketinggian air meningkat dan ombak. Ini merupakan foto dari salah satu jembatan terpanjang di dunia yaitu Cangde Grand Bridge. Lokasinya ada di China.

Cangde Grand Bridge memiliki panjang 105,8 km. Sebagai informasi, Cangde Grand Bridge masih menjadi bagian dari Beijing-Shanghai high speed railway. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2010 dan konstruksinya benar-benar kuat. Cangde Grand Bridge dibuat sekuat mungkin agar bisa bertahan dari gempa bumi, banjir, dan badai.

3. Tianjin Grand Bridge, China - 113,7 Km

Tianjin Grand Bridge

Ketika berbicara mengenai jembatan, jembatan memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara 2 titik atau lebih. Yang melalui jembatan itu bisa apa saja seperti orang dan juga kendaraan. Dengan keberadaan jembatan maka seseorang bisa berpindah tempat dengan lebih cepat. Dan Tianjin Grand Bridge berfungsi dengan baik untuk membantu orang berpindah.

Tianjin Grand Bridge berlokasi di China dan termasuk dalam bagian Beijing-Shanghai railway. Panjang jembatan ini diperkirakan mencapai 113,7 km. Kota Langfang dan Qingxian terhubung menggunakan jembatan satu ini. Jembatan satu ini bisa dibilang sangat unik. Selesai dibangun pada tahun 2010, Tianjin Grand Bridge memiliki jalur layang untuk kereta dan melewati banyak bangunan dan jalan. Ini membuat jarak tempuh jadi lebih dekat dan waktu yang diperlukan untuk berpindah jadi lebih singkat.

2. Changhua-Kaohsiung Viaduct, Taiwan - 157,3 Km

Changhua-Kaohsiung Viaduct

Orang China dan Taiwan sering dianggap sama oleh sejumlah orang. Secara etnis mungkin iya ada kesamaan, tapi orang China dan Taiwan juga ada banyak perbedaan yang membuat masing-masing unik. Menyebut Taiwan, memang negara ini tidak sebesar China, tapi ada satu jembatan di Taiwan yang menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia.

Jembatan di Taiwan bernama Changhua-Kaohsiung Viaduct memiliki panjang hingga 157,3 km. Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Taiwan dan juga terpanjang kedua di dunia. Jembatan panjang ini memiliki fungsi sebagai bagian dari Taiwan High Speed Railway. Changhua-Kaohsiung Viaduct terbentang dari Baguashan di Changhua ke Zuoying di Kaohsiung.

1. Danyang-Kunshan Grand Bridge, China - 164,8 Km

Danyang-Kunshan Grand Bridge

Jembatan terpanjang di China sekaligus terpanjang di dunia adalah Danyang-Kunshan Grand Bridge. Kalian bisa menemukan jembatan ini jika pergi Nanjing atau Shanghai. Jembatan Danyang-Kunshan Grand Bridge menjadi jembatan yang menghubungi dua kota tersebut yaitu Nanjing dan Shanghai. Panjangnya mencapai 164,8 km.

Jembatan ini resmi dibuka untuk umum pada Juni 2011. Jembatan ini menjadi salah satu bagian dari Beijing-Shanghai high speed railway. Tidak mudah untuk membangun jembatan dengan panjang 164,8 km ini. Pembangunan dimulai pada tahun 2006 dan berlangsung selama 4 tahun. Dibutuhkan sebanyak 10.000 pekerja dan dana sebesar 8,5 miliar USD.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas