home -> Lainnya -> 10 Gedung Tertinggi Di Dunia 2022
08 Agustus 2022 15:22

10 Gedung Tertinggi Di Dunia 2022

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 04, 2022

Melihat bangunan tinggi yang ada di kota-kota besar memang mengagumkan. Betapa hebatnya manusia dan teknologi dalam menciptakan sebuah bangunan yang tingginya bisa mencapai ratusan meter dan ratusan lantai. Ketika ada sebuah bangunan atau gedung dengan tinggi yang sangat menjulang, ini bukan cuma mencatatkan rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia tapi juga bisa menarik minat wisatawan untuk datang. Ada 10 bangunan di dunia ini yang tingginya sangat luar biasa. Bangunan apa saja itu dan di mana lokasinya?

10. China Zun, Beijing - 527,7 Meter

China Zun

Menjadi urutan 10 dalam daftar bangunan tertinggi di dunia tahun 2022 tak membuat gedung China Zun menjadi bangunan yang biasa-biasa saja. Gedung ini tetap tinggi dan tingginya tidak main-main. China Zun tercatat memiliki tinggi hingga 527,7 meter. Dengan ketinggian ini, China Zun memiliki total lantai sebanyak 109 lantai.

China Zun merupakan gedung super tinggi yang berada di Central Businees District of Beijing. Sempat ditutup dengan alasan pembangunan pada 18 Agustus 2017, China Zun lalu dibuka lagi pada akhir tahun 2018. Dengan menara tertingginya adalah Menara CITIC, bangunan ini menjadi bangunan tertinggi yang ada di Beijing.

9. Tianjin CTF Finance Centre, Tianjin - 530 Meter

Tianjin CTF Finance Centre

Cina berhasil menjadi salah satu negara yang dianggap sebagai negara superpower bukan tanpa alasan. Ekonomi, perusahaan, kesehatan, dan hal-hal lain sebagainya yang dimiliki oleh Cina benar-benar maju dan melampui negara lain. Dan tidak hanya itu, ada banyak menara skycrapper yang dapat ditemukan di China.

Salah satu gedung pencakar langit yang ada di China adalah Tianjin CTF Finance Centre. Gedung pencakar langit ini berada di kota Tianjin. Lokasinya berada di bagian luar dari District of Tianjin Economic-Technological Development Zone. Didesain oleh Skidmore dan dibangun bersama dengan Owings & Merrill LLP, dan Ronald Lu & Partners. Gedung ini memiliki tinggi 530 meter.

8. Guangzhou CTF Finance Centre, Guangzhou - 530 Meter

Guangzhou CTF Finance Centre

Masih dari China, jika sebelumnya membahas gedung tinggi dari kota Tianjin, kini bergeser ke kota Guangzhou. Di kota ini, kalian bisa menemukan bangunan tinggi yang tingginya mencapai 530 meter. Bangunan tersebut adalah Guangzhou CTF Finance Centre. Kota Guangzhou yang merupakan kota pelabuhan memang dikenal sebagai salah satu kota dengan arsitektur yang modern.

Bangunan Guangzhou CTF Finance Centre tentunya dibangun dengan gaya arsitektur yang modern pula. Gedung ini selesai dibangun pada Oktober 2016 dan di dalamnya dapat dijumpai shopping mall, office, apartment, dan hotel. Total lantai yang ada di bangunan ini sebanyak 111 lantai. Pemilik dari gedung tinggi adalah Chow Tai Fook Enterprises.

7. One World Trade Center, New York - 541,3 Meter

one world trade center

Ketika membicarakan tentang Amerika, mungkin sebagian besar dari kalian akan menyebutkan beberapa kota besar seperti Los Angeles, Las Vegas, dan tentu saja New York. New York menjadi salah satu kota di Amerika yang sangat menarik perhatian banyak orang. Kota yang sangat modern, maju, dan banyak terdapat gedung dengan tinggi yang menjulang.

Di kota New York terdapat gedung pencakar langit yang bernama One World Trade Centre. Bangunan ini memiliki tinggi 541,3 meter dengan taotal lantai 94. Gedung setinggi ini sebagian besar digunakan sebagai kantor. Orang-orang yang pergi ke gedung ini bisa melihat pemandangan kota New York dari observatorium.

6. Lotte World Tower, Seoul - 554,5 Meter

Lotte World Tower

Menyebut Korea Selatan maka tidak mungkin teringat tentang musik Kpop, drama romantis, dan filmnya yang menarik. Tapi bukan cuma itu saja hal menarik dari Korea Selatan. Sebenarnya ada banyak hal menarik lain yang bisa dicari tahu dari negara satu ini. Seperti kuliner, budaya, dan tentu saja bangunannya.

Adalah satu bangunan di kota Seoul yang berhasil masuk dalam daftar bangunan tertinggi di dunia. Bangunan yang dimaksud adalah Lotte World Tower. Jika kalian ada kesempatan untuk melihat gedung tersebut, kalian bis amenemukan gallery, cafe, dan hotel di Lotte World Tower. Dengan tinggi 554,5 meter, kalian bisa melihat pemandangan kota Seoul yang indah di malam hari.

5. Ping An International Finance Centre, Shenzhen - 599,1 Meter

Ping An International Finance Centre

Kembali lagi ke China, di Tenggara China terdapat satu kota modern metropolis yang bernama Shenzhen. Kota Shenzhen terdapat banyak sekali tempat belanja. Jadi bagi mereka yang hobi belanja, kota ini bisa dibilang adalah surganya bagi shopaholic. Di kota ini juga terdapat satu gedung tinggi yang bernama Ping An International Finance Centre.

Ping An International Finance Centre dikelola oleh Ping An insurance. Untuk urusan desain dan pembangunan, gedung ini didesain dan dibangun oleh arsitektur asal Amerika, Kohn Pedersen Fox Associates. Ping An International Finance Centre selesai dibangun di tahun 2017 dan menjadi gedung tertinggi di Shenzhen. Tingginya mencapai 599,1 meter.

4. Abraj Al-Bait Clock Tower, Mecca - 601 Meter

Abraj Al-Bait Clock Tower

Bagi orang yang beragam Islam, Arab Saudi adalah negara suci yang sangat dihormati. Memiliki banyak kota penting, salah satunya adalah kota Mecca. Kota ini sangat penting bagi orang Islam karena di kota inilah lahir Nabi Muhammd. Apakah hanya itu yang menjadi daya tarik dari kota Mecca? Tentu saja tidak.

Di kota yang bersejarah ini pula terdapat salah satu gedung tertinggi di dunia. Gedung yang dimaksud bernama Abraj Al-Bait Clock Tower. Abraj-AlBait adalah kompleks 7 gedung pencakar langit yang merupakan bagian dari King Abdulaziz Endowment Project. Tujuannya adalah untuk memodernisasi dari para peziaraj di kota tersebut.

Nah, Central Hotel Tower, Mecca Royal Clock Tower, adalah jam terbesar yang ada di kota Mecca dan salah satu tertinggi di dunia dengan tinggi 601 meter.

3. Shanghai Tower, Shanghai - 632 Meter

shanghai tower

Gedung berikut ini menjadi gedung tertinggi yang ada di China dengan catatan rekor tinggi mencapai 632 meter. Nama dari gedung pencakar langit ini adalah Shanghai Tower. Sesuai dengan namanya, gedung ini berlokasi di kota Shanghai. Dan kota Shanghai dikenal sebagai kota terbesar di China dan pusatnya keuangan global.

Dengan tinggi mencapai 632 meter, Shanghai Tower memiliki jumlah lantai sebanyak 128 lantai. Memiliki lantai hingga ratusan pastinya membutuhkan lift yang cepat untuk bisa mengangkut orang. Kecepatan lift yang ada di Shanghai Tower juga bisa membuat orang kagum. Liftnya memiliki kecepatan maksimal hingga 74 km per detik.

2. Merdeka 118, Kuala Lumpur - 678,9 Meter

Merdeka 118

Shanghai Tower sempat menempati posisi 2 sebagai gedung tertinggi di dunia. Lalu posisinya tergeser ke posisi 3. Posisi 2 kemudian ditempati oleh gedung Merdeka 118. Gedung ini berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Nama lain dari gedung ini adalah Warisan Merdeka Tower. Gedung ini memiliki tinggi 678,9 meter dengan total 118 lantai.

Pembangunan gedung pencakar langit ini dimulai pada Juli 2014. Lalu rencananya pada tahun 2022, gedung ini akan benar-benar selesai dibangun. Diketahui bahwa gedung ini menjadi gedung pertama di Malaysia yang mendapatkan triple platinum rating dari worldwide sustainability certifications, termasuk juga Leadership in Energy and Enviromental Design.

1. Burj Khalifa, Dubai - 828 Meter

burj khalifa

Yang menjadi juara sebagai gedung tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa. Selama bertahun-tahun masih belum ada gedung lain yang tingginya mengalahkan atau bahkan menyanyingi Burj Khalifa. Burj Khalifa adalah bangunan pencakar langit yang berada di Dubai. Dinamakan dari Khalifa bin Zayed Al Nahyan of the United Arab Emirates.

Gedung ini masih menjadi gedung tertinggi di dunia dengan tinggi yang mencapai 828 meter. Total lantai yang ada di Burj Khalifa sebanyak 162. Konstruksi dimulai pada tahun 2004 dan resmi dibuka pada 4 Januari 2010. Sebagai pengingat, bangunan ini pernah digunakan untuk shooting film Fast and Furious 7.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas