home -> Lainnya -> 10 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2022
05 Oktober 2022 09:55

10 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2022

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 27, 2022

Ada banyak orang sukses di Indonesia. Saking suksesnya mereka sampai namanya berhasil masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Majalah besar dan terkenal seperti Forbes selalu rutin setiap tahunnya membuat daftar orang terkaya di dunia dan kali ini adalah Indonesia. Kesuksesan mereka jelas menjadikan motivasi bagi banyak orang untuk terus bekerja keras. Kira-kira adakah nama baru yang berhasil masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia di tahun 2022 ini? Mari kita simak daftarnya di bawah ini.

10. Bachtiar Karim - 3,5 Miliar USD

Bachtiar Karim

Bisnis kelapa sawit adalah bisnis yang membuat pundi-pundi kekayaan Bachtiar Karim melesat jauh. Bachtiar Karim bersama dengan saudara-saudaranya mendirikan Mas Group.  Musim Mas Group atau Musim Mas Holdings adalah salah satu perusahaan sawit terbesar d Indonesia yang kantornya berada di Singapura.

Grup perusahaan ini memiliki salah satu jaringan penyulingan minyak sawit terbesar di dunia. Di Indonesia, Musim Mas Group menjadi pemain utama dalam industri sabun dan penyulingan minyak nabati. Perusahaan yang dikelola oleh Bachtiar dan Burhan Karim ini adalah perusahaan yang diturunkan dari sang ayah, Anwar Karim.

9. Jogi Hendra Atmadja - 4,1 Miliar USD

Jogi Hendra Atmadja

Jika kalian berbelanja ke supermarket, pastinya akan menemukan produk makanan yang diproduksi oleh Mayora Group. Makanan seperti permen Kopiko, Astor, Beng-Beng, Choki-choki, Energen, dan Kopi Torabika Duo adalah contoh kecil dari makanan yang diproduksi oleh Mayora Group. Memang diketahui bahwa PT Mayora Indah TBK serta Mayora Group adalah perusahaan ayng bergerak di bidang makanan di Indonesia.

Sosok penting yang ada di Mayora Group adalah Jogi Hendra Atmadja. Dia adalah kepala dari Mayora Group. Perusahaan tersebut adalah perusahaan lama yang sudah dikelola turun temurun oleh keluarga Atmadja sejak tahun 1948. Saham dari Mayora Group sebagian besar dipegang oleh Keluarga Atmadja.

8. Boenjamin Setiawan - 4,2 Miliar USD

Boenjamin Setiawan

Kalbe Farma bukanlah perusahaan biasa. Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, suplemen, nutrisi, dan layanan kesehatan. Perusahaan internasional ini memiliki kantor pusat di Jakarta dan memiliki mottot "Mengabdikan Ilmu untuk Kesehatan dan Kesejahteraan". Pendirinya tidak lain adalah Boenjamin Setiawan.

Mungkin banyak di antara kita yang lebih mengenal sosok Boenjamin Setiawan dengan nama panggilan Dr. Wen. Bersama dengan 6 saudaranya, Boenjamin Setiawan mendirikan perusahaan Kalbe Farma dan mengembangkannya menjadi Kalbe Group. Kalbe Farma menjadi perusahaan farmasi terbesar yang ada di Indonesia.

7. Susilo Wonowidjojo - 4,8 Miliar USD

Susilo Wonowidjojo

Ada dua perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Pertama adalah Djarum dan yang kedua adalah Gudang Garam. Sebenarnya pendiri sebenarnya dari Gudang Garam adalah ayahnyayang bernama Surya Wonowidjojo. Lalu usaha Gudang Garam tersebut diturunkan pada anaknya. Awalnya yang mendapatkan hak untuk mengelola Gudang Garam adalah sang kakak yang bernama Rachman Halim atau Tjoa To Hing.

Rachman Halim meninggal dunia dan usaha tersebut dilanjutkan oleh Susilo Wonowidjojo. Susilo Wonowidjojo menjabat sebagai presiden direktur sejak 2009. Sementara saudara perempuannya, Juni Setiawati menjabat sebagai president commissioner. Gudang Garam melakukan ekspansi ke bidang infrastruktur di tahun 2019 dengan membangun jalan tol dan Bandara Dhoho di Kediri.

6. Chairul Tanjung - 5,5 Miliar USD

Chairul Tanjung

Sukses memimpin perusahaan CT Group membuat Chairul Tanjung menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Dari sekian banyak orang kaya di Indonesia, Chairul Tanjung menjadi salah satu orang yang diberikan posisi di kementrian sebagai Menko Perekonomian. Ia menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014 sampai 20 Oktober 2014.

Perusahaan yang ia dirikan yaitu CT Corp memiliki area bisnis yang mencakup kartu kredit, hypermarket, dan stasiun TV. Ada dua supermarket besar yang dikelola oleh Chairul Tanjung. Supermarket tersebut adalah Carrefour dan Transmart. Ia juga memiliki saham di Garuda, Wendy's, Versace, Mango, dan Jimmy Choo franchise.

5. Prajogo Pangestu - 6,1 Miliar USD

Prajogo Pangestu

Ada banyak pengusaha kaya dan terkenal di Indonesia dan salah satunya bernama Prajogo Pangestu. Setiap pengusaha pastinya memiliki bisnis utama yang menjadi sumber kekayaannya, begitu juga dengan Prajogo Pangestu. Prajogo Pangestu adalah pengusaha kaya yang menjalani bisnis di bidang kayu.

Ia sudah memulai bisnis kayu sejak tahun 1970an. Perusahaan yang ia didirikan bernama Barito Pacific Timber dan menjadi go public di tahun 1993. Perusahaan tersebut kemudian berganti nama menjadi Barito Pacific dikarenakan sudah mengurangi bisnis kayunya di tahun 2007. Di tahun 2007 juga perusahaan Barito Pacific mengakuisisi 70% saham dari perusahaan petrokimia Chandra Asri yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

4. Sri Prakash Lohia - 6,2 Miliar USD

Sri Prakash Lohia

Kehadiran nama Sri Prakash Lohia membuktikan bahwa di Indonesia bukan orang keturunan China saja yang bisa menjadi sukses. Sri Prakash Lohia adalah seorang pria berdarah campuran India-Indonesia. Profesinya adalah sebagai pebisnis, pendiri sekaligus chairman dari Indorama Corporation.

Indorama Corporation adalah grup korporat yang memiliki origin asli yaitu Indorama Synthetics. Indorama Synthetics Tbk adalah perusahaan tekstil yang memiliki kantor pusat di Jakarta. Pabriknya sekarang sudah tersebar di beberapa negara antara lain Uzbekistan dan Turki. Sri Prakash Lohia memiliki kedudukan sebagai chairman tapi diketahui memiliki tempat tinggal di London. Anaknya yang bernama Amit berposisi sebagai vice chairman.

3. Anthoni Salim - 8,5 Miliar USD

Anthoni Salim

Beberapa di antara kalian mungkin sudah ada yang kenal dengan sosok Anthoni Salim. Bagaimana tidak kenal, ia adalah sosok penting di balik perusahaan Salim Group. Salim Group adalah salah satu perusahaan konglomerat yang memiliki beberapa anak perusahaan. Salah satu yang terkenal adalah Indofood yang memproduksi mie instan dan Bogasari yang memproduksi tepung.

Pendiri awalnya adalah Sudono Salim yang mendirikan perusahaan ini pada tahun 1972. Tentunya bisnis yang begitu besar tidak mungkin ia kelola sendirian. Beberapa anak dan keluarga diberi tugas untuk mengelola bisnis tersebut. Beberapa hal yang menjadi fokus dari Salim Group seperti investasi di makanan, retail, banking, telekomunikasi, dan energi.

2. Keluarga Widjaja - 9,7 Miliar USD

Keluarga Widjaja

Sungguh keterlaluan jika mengaku orang Indonesia tapi tidak kenal dengan sosok Keluarga Widjaja. Keluarga Widjaja adalah keluarga yang mendirikan perusahaan Sinar Mas. Perusahaan tersebut bergerak di berbagai bidang seperti pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, jasa keuangan, developer, real estate, telekomunikasi, energi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

Awalnya eprusahaan tersebut didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja pada tahun 1962. Namun setelah ia meninggal dunia, perusahaan tersebut diwariskan ke anak-anaknya. Empat anaknya mengelola bisnis yang ditinggalkan oleh almarhum ayahnya. Dan anak yang lainnya ada yang memilih untuk membangun bisnis sendiri.

1. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono - 42,6 Miliar USD

robert budi hartono and michael bambang hartono

Memiliki perbedaan yang jauh, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono menjadi orang terkaya di Indonesia di tahun 2022 ini. Total kekayaan yang dimiliki oleh kedua orang mencapai angka yang fantastis yakni 42,6 miliar USD. Sudah bertahun-tahun, kedua orang ini juga menempati posisi utama dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Seharusnya semua orang sudah familiar dengan sosok Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Kakak beradik ini adalah pemilik dari Djarum dan Bank Central Asia. Djarum merupakan produsen rokok terbesar di Indonesia. Djarum juga menjadi penyumbang dana terbesar dalam olahraga bulu tangkis dengan mendirikan sekolah bulu tangkis. Kalau Bank Central Asia tentu sudah tidak perlu dijelaskan lagi betapa terkenalnya bank satu ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas